Rumah Mesin menggelar diskusi dengan Yayasan Jogjakarta Berdaya (YJB) di Limasan Media Center Rumah Mesin pada hari Kamis (17/10/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 20 peserta dan diisi langsung oleh Mansur Mashuri, S.T., Direktur Rumah Mesin.

Mansur Mashuri, S.T., Direktur Rumah Mesin Menyampaikan Materi Workshop

Pada kesempatana tersebut, peserta dari usia muda maupun tua produktif turut hadir untuk sharing dengan Mansur Mashuri, S.T., Direktur Rumah Mesin. Yayasan Jogjakarta Berdaya (YJB) sendiri merupakan lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya dalam bidang ekonomi. Lembaga ini terbentuk sebagai bentuk keresahan akan kesenjangan ekonomi yang terjadi di kalangan masyarakat.

Dalam diskusi tersebut dibahas mengenai Industri Pengolahan Kelapa Terpadu Berbasis Masyarakat Pedesaan. Mulai dari pengembangan produk kelapa hingga teknologi tepat guna apa saja yang dibutuhkan untuk mengolah kelapa sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Peserta Workshop

Seperti yang kita tahu, beberapa daerah di Indonesia merupakan penghasil kelapa dengan jumlah yang melimpah. Bahkan hampir seluruh wilayah pedesaan di Indonesia mampu menghasilkan buah kelapa. Hasil buah kelapa yang melimpah tersebut memberikan peluang untuk kita semua khususnya industri UKM untuk mengembangkan bisnis olahan produk kelapa.

Ada beberapa olahan produk kelapa yang setiap hari kita gunakan seperti minyak. Selain minyak, buah kelapa dari keseluruhan tubuh tumbuhannya dapat dimanfaatkan dengan maksimal seperti untuk olahan makanan, contohnya nata de coco¸kue dan lainnya. Dari segi industri dapat dimanfaatkan untuk membuat keset, karpet, kasur, dan lainnya.

Sesi Tanya Jawab

Pada kesempatan tersebut, Direktur Rumah Mesin menyampaikan bahwa kita sebagai generasi muda harus mampu menangkap peluang tersebut. Adanya Rumah Mesin ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya perkembangan UKM.

“Saya ingin menghadirkan atau membantu UKM dengan mesin-mesin yang kami produksi. Kenapa kami menghadirkan mesin-mesin ini? Salah satu alasannya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengolah bisnis yang sudah dikembangkan agar menjadi lebih mudah dan lebih efisien dalam mengembangkan usahanya dengan mesin yang berbasis teknologi”, jelas Direktur Rumah Mesin.

Kunjungan ke Bagian Produksi

Setelah sesi sharing selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke tempat produksi mesin-mesin di Rumah Mesin.