Home » Artikel » Artikel Proses » Tempat PKL Jurusan Mesin Di Jogja

Tempat PKL Jurusan Mesin Di Jogja

Tempat PKL Jurusan Mesin Di Jogja

Di Daerah Bantul Yogyakarta, tepatnya Jl. Parangtritis Km. 5,6 Sewon, terdapat sebuah Tempat PKL Jurusan Mesin yang bernama CV. Rumah Mesin.

CV. Rumah Mesin Merupakan sebuah perusahan yang menjual dan memproduksi alat serta mesin tepat guna untuk UMKM maupun industri besar.

Yang mana setiap harinya CV. Rumah Mesin selalu sibuk memproduksi mesin tepat guna yang syarat akan keahlian teknik yang mumpuni.

Untuk itu CV. Rumah Mesin memberikan sebuah kesempatan kepada adik-adik SMK Jurusan Permesinan ataupun Pengelasan untuk bergabung serta belajar bersama kami.

PKL Atau Prakerin sendiri merupakan program sekolah dalam rangka memberikan mendidik siswa siswi nya untuk belajar di dunia Industri sesungguhnya.

Di CV. Rumah Mesin adik-adik SMK akan mengaplikasikan keahliannya selama belajar di SMK sembari belajar dengan teknisi kami.

Keahlian seperti Gambar Teknik, Pengukuran Dan Matematika, CNC, Bubut, Pengelasan, Hidrolika, Analisa Bahan, dan masih banyak lagi.

Semua itu akan diterapkan dan dipelajarai oleh adik-adik SMK secara nyata dan menghasilkan sebuah produk yang berguna bagi masyarakat luas.

Sehingga tidak hanya bermanfaat bagi adik-adik SMK dan CV. Rumah Mesin, namun juga akan bermanfaat bagi dunia ( masyarakat ) luar.

Untuk bisa bergabung dan belajar di CV. Rumah Mesin anda bisa menghubungi Nomor yang akan kami berikan dibawah ini.

Berikut Alamat Dan Kontak / Nomor WA yang dapat dihubungi untuk keperluan PKL selanjutnya :

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Pak Nugroho:+62 857-8656-0237

Tempat PKL Jurusan Mesin Di Jogja

 

Testimonial

 

Apa itu PKL ?

PKL atau kalau dipanjangkan berarti “ Praktek Kerja Lapangan “ adalah sebuah program kegiatan dalam masa belajar (SMK / PT).

Program tersebut bertujuan untuk membuat siswa siswi SMK / Mahasiswa PT mengaplikasikan ilmu yang didapat ke dunia nyata (Industri).

PKL bisa dilaksanakan atau dikerjakan di Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, Organisasi, dan masih banyak lagi tempat untuk PKL.

PKL atau sering disebut Prakerin juga bisa menjadi ajang (tempat dan waktu) untuk bisa belajar hidup bermasyarakat yang sebenarnya.

Prakerin juga akan menjadikan peserta PKL belajar serta membiasakan diri dengan kondisi dunia kerja ( dunia industri ) yang sesungguhnya.

Oleh sebab itulah dibutuhkan sebuah Tempat PKL Jurusan Mesin yang bisa mengakomodasi atau menyediakan layanan seperti itu.

 

Manfaat PKL ( Praktek Kerja Industri )

PKL merupakan program sekolah yang memiliki banyak sekali manfaat baik itu bagi Siswa/Mahasiswa, Sekolah, Perusahaan, Maupun bagi dunia luar.

Pertama, manfaat bagi siswa/mahasiswa, keahlian serta ilmu mereka akan terukur dangan nyata, keahlian dan ilmu mereka akan lebih bertambah. Kemudian dari segi professionalitas dari diri peserta PKL juga akan lebih meningkat.

Kemudian juga akan menumbuhkan rasa pengalaman (Experiece), Peserta PKL juga akan memiliki sikap tanggung jawab tinggi, dan masih banyak lagi.

Yang Kedua, manfaat dari sisi Sekolah, yang pasti tujuan dan program pendidikan mereka tercapai. Kemudian juga dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah dengan berbagai evaluasi.

Yang Ketiga, manfaat bagi Perusahaan, yang pasti Perusahaan mendapatkan pekerja sementara yang akan membantu proses kerja mereka. Selain itu PKL juga akan memberikan nilai lebih bagi perusahaan baik dari segi masayarakat umum maupun dari pemerintah.

Dan Yang Terakhir adalah manfaat bagi Dunia Luar ( Masyarakat pada umumnya ). Antara lain, terlahirnya Sumber Daya Manusia yang siap dan berpengalaman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya.

Dan masih banyak lagi manfaat manfaat yang dihasilkan dari program Praktek Kerja Lapangan atau sering disebut Prakerin ini.

 

Beberapa Pekerjaan Dan Pembelajaran Yang Didapat Selama Di Tempat PKL Jurusan Mesin

1. Gambar Teknik

Gambar Teknik

Gabar Teknik merupakan jenis gambar yang syarat akan perhitungan matematika, mekanika, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan teknik.

Sedangkan menggambar teknik adalah cara dan proses mengambar yang bersifat tegas, detail, dan terukur. Yang mana terdiri dari beberapa garis, bidang, angka, serta bentuk yang telah disepakati atau standar hukum dan ilmu yang berlaku.

Sebuah Gambar Teknik merupakan suatu gambar benda nyata hasil dari rancangan, ide, dan perhitungan yang akan dibuat menjadi benda aslinya.

Gambar Teknik mungkin mempunyai banyak sekali bentuk dan jenis, namun metode dan ilmu yang digunakan untuk membuat gambar teknik sama. Sehingga menghasilkan Gambar Teknik yang inti dan tujuannya sama namun hanya berbeda pada ide, bentuk, ukuran.

 

2. Teknik Bubut

Teknik Bubut

Teknik Bubut ialah suatu cara kerja pemakanan benda kerja yang sayatannya dijalankan dengan metode memutar benda kerja. Kemudian dikenakan pada ukir yang dijalankan secara translasi paralel dengan sumbu putar dari benda kerja.

Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari ukir disebut gerak umpan.

Dengan mengendalikan perbandingan kecepatan perputaran dari benda kerja dan kecepatan translasi ukir. Oleh karenanya akan didapatkan beragam jenis ukiran dengan ukuran yang berbeda beda.

Hal ini bisa dikerjakan dengan teknik mengganti roda gigi translasi yang mengaitkan poros spindel dengan poros ukir.

 

3. Teknik Pengelasan ( Welding )

Teknik Pengelasan ( Welding ) merupakan salah satu teknik penyambungan logam dengan metode mencairkan beberapa logam induk serta logam pengisi. Dengan atau tanpa tekanan serta dengan atau tanpa logam penambah sehingga menciptakan sambungan yang berkelanjutan.

Lingkup pengaplikasian Teknik Pengelasan dalam kontruksi benar benar luas. Mencakup industri manufaktur, industri rangka baja, industri perkapalan, industri jembatan, pipa saluran dan lain sebagainya.

Disamping untuk konstruksi, pengerjaan dengan teknik las bisa juga diaplikasikan untuk reparasi, contohnya untuk mengisi lubang lubang pada konstruksi pengecoran.

Teknik Pengelasan sendiri bukan tujuan utama dari kontruksi, melainkan cuma sebagai sarana untuk menempuh konstruksi yang lebih bagus.

Oleh Sebab itu rancangan serta metode pengelasan seharusnya betul-betul memandang dan menonjolkan kesesuaian antara sifat-sifat Las dengan kegunaan kontruksinya.

 

Sebenarnya masih banyak lagi yang akan didapatkan oleh para peserta PKL DI Tempat PKL Jurusan Mesin yang akan ditempatinya.

Kami juga membuka kesempatan bagi anak SMK Jurusan Teknik Informatika, TKJ, Multimedia, dan yang sejenisnya untuk bergabung di Tempat PKL Di Jogja kami.

By | 2017-10-17T15:38:02+00:00 September 22nd, 2017|Artikel Proses|Comments Off on Tempat PKL Jurusan Mesin Di Jogja

About the Author: