Rumah Mesin gelar kelas tahsin rutin untuk seluruh karyawan. Kelas tahsin rutin ini dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 07.00 WIB dengan pukul 08.00 WIB. Adapun tujuan kelas tahsin tersebut adalah untuk meningkatkan spiritualitas karyawan dalam mempelajari Al-Qur’an. Kegiatan ini diisi oleh Ustad Zuban dari Kanggotan Pleret Bantul Yogyakarta.

Setiap karyawan diperkenankan untuk belajar membaca dari Iqro ataupun Al-Qur’an bagi yang sudah lancar membaca. Selain untuk karyawan, kelas tahsin ini juga terbuka untuk siswa ataupun mahasiswa yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Mesin.

Kelas Tahsin Rumah Mesin

Karyawan Rumah Mesin menyambut positif dan bersyukur atas diadakannya kelas tahsin yang sudah berjalan selama hampir setengah tahun ini. Mereka mengungkapkan bahwa kegiatan ini baik dan meningkatkan motivasi untuk belajar Al-Qur’an. Adanya kelas tahsin ini, yang tadinya tidak sempat belajar Al-Qur’an menjadi sempat, dan yang tadinya tadinya tidak bisa membaca Al-Qur’an menjadi bisa. Selain itu para karyawan juga merasa senang, dikarenakan bukan hanya bekal dunia saja yang diberikan oleh perusahaan, tetapi juga bekal akhirat.

Bagi umat muslim, belajar Al-Qur’an merupakan suatu hal yang penting. “Al-Qur’an merupakan kitab suci umat muslim, yang mana mau tidak mau kita harus bisa membacanya walaupun tanpa mengerti artinya. Dengan belajar membaca Al-Qu’ran setidaknya kita sudah belajar menjadi muslim dan mukmin yang baik. Jika kita yang muslim tidak mau belajar membaca lantas siapa lagi yang mau jika bukan kita?”, ungkap Ustad Zuban.

Membaca Al-Qur’an Bersama Ustad Zuban

Selain penting, belajar membaca Al-Qur’an juga akan memberikan banyak manfaat. Beberapa contohnya adalah menjadikan hati tenang, pikiran menjadi bersih. Dengan membaca Al-Qur’an juga melatih untuk membiasakan anggota tubuh kita, khususnya mulut untuk selalu mengucapkan sesuatu yang mulia, yakni firman dan kalamullah.

Selain dirasa positif oleh karyawan, kegiatan ini juga dinilai positif oleh Ustad Zuban sebagai pengajarnya. “Kelas ini bagus menurut saya, karena dengan adanya kelas ini, para karyawan yang kesulitan meluangkan waktu untuk belajar Al-Qur’an bisa melakukannya disini. Dan merupakan sebuah bentuk kepedulian dari pemilik Ruman Mesin kepada karyawannya”, ungkap Ustad Zuban.

Belajar Membaca Iqro dan Al-Qur’an

Harapan diselenggarakannya kelas tahsin rutin ini adalah para karyawan yang  masih belum lancar sepenuhnya dalam membaca Al-Qur’an tetap dan akan selalu membacanya setiap waktu. Dan bagi yang sudah lancar, diharapkan agar bisa lebih ditingkatkan lagi dengan mencoba menghafalkannya, di mulai dengan surat-surat pendek.