Tips Goreng Bawang Merah Renyah dan Tahan Lama

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

Dari waktu ke waktu, olahan bawang dari hari ke hari makin beragam dan berkembang. Olahan yang paling banyak peminatnya adalah bawang goreng. Karena peminat bawang goreng bertambah banyak setiap harinya, para pelaku usaha banyak yang menelateni bisnis ini. Akan tetapi masalah yang sering ditemui penjual adalah bawang goreng yang dihasilkan tidak renyah. Maka dari itu, hari ini kita akan membahas tips goreng bawang merah renyah . Yuk kita simak penjelasannya!

Tips goreng bawang merah renyah

Bawang Goreng

Olahan bawang goreng adalah salah satu dari sekian banyaknya olahan bawang merah. Bawang merah sendiri termasuk umbi-umbian yang menjadi bumbu pokok makanan masyarakat Indonesia. Sama dengan namanya, bawang goreng terbuat dari bahan dasar bawang merah yang dirajang tipis-tipis dan digoreng hingga garing atau renyah. Bawang goreng biasanya imemiliki rasa asin gurih yang lezat tapi agak pahit.

Selain itu, kamu juga bisa membuat bawang goreng dengan macam-macam varian rasa yang diinginkan. Mulai dari bawang goreng original, bawang goreng asin, bawang goreng gurih, bawang goreng balado, atau juga bisa bawang goreng keju. Karena rasa bawang goreng cocok dilidah masyarakat Indonesia, para pelaku usaha memanfaatkan hal ini.

Manfaat Bawang Merah

Semua tahu kalau bawang merah merupakan bumbu pokok untuk berbagai jenis masakan. Aroma yang harum dan rasa khasnya bisa menambah rasa kenikmatan pada makanan. Di samping itu, bawang merah juga memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat bawang merah:

Baik bagi kesehatan jantung

Mengonsumsi bawang merah bisa mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Memberikan efek Antialergi

Suplementasi oral bawang merah yang dikombinasikan dengan obat cetirizine dapat memberikan efek penyembuhan lebih baik dibandingkan dengan obat tunggal.

Dapat melawan radikal bebas

Polifenol dalam bawang berfungsi untuk antioksidan untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menghilangkan radikal bebas berarti dapat membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan serta kekebalan tubuh.

Bisa memperbaiki sistem pencernaan

Bawang merah mengandung serat sehingga dapat membantu proses pencernaan. Buang air besar pun bisa berlangsungsecara teratur.

Mencegah diare

Oligofruktosa pada bawang merah dapat membantu mengobati serta mencegah diare.

Menjaga kadar gula darah

Kromium yang terkandung pada bawang berpotensi membantu pengaturan gula darah. Di sisi lain, sulfur bisa bantu menurunkan kadar gula darah dengan memicu produksi insulin.

Penelitian di jurnal Environmental Health Insights pada 2010 mengungkap, manusia dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi bawang merah akan menunjukkan kadar glukosa yang lebih rendah hingga 4 jam.

Meningkatkan kepadatan tulang

Mengonsumsi bawang setiap hari bisa meningkatkan potensi kepadatan tulang pada wanita menopause. Wanita yang mengonsumsi bawang merah juga mempunyai risiko patah tulang pinggul sekitar 20 persen lebih rendah, dibandingkan wanita yang tak pernah makan bawang.

Meminimalisir risiko kanker

Zat kuersetin yang terdapat pada bawang merah kemungkinan merupakan agen antikanker yang baik. Senyawa tersebut bisa menghambat sel kanker pada payudara, usus besar, prostat, endometrium, dan paru-paru.

Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan pada bawang merah serta tumbuhan genus Allium lainnya bisa berperan pada berbagai tahap pembentukan, pertumbuhan, diferensiasi, dan metastasis sel kanker.

Tips Memilih Bawang Merah

Memilah dan memilih bawang merah bisa disebut gampang-gampang susah. Untuk orang yang baru berkenalan dengan keluarga umbi-umbian ini bisa menerapkan tips berikut ini untuk memilih bawang merah yang tepat sebelum mengolahnya menjadi bawang goreng yang nikmat dan renyah:

1. Tidak basah

Pilih bawang merah yang terlihat kering dan kulitnya mengkilat. Kemudian bonggol atau akarnya juga kering, tampak utuh dan padat. Tidak masalah jika berserabut, asalkan pilih yang tidak lembap.

2. Warna kulitnya tidak hitam

Kulit mengkilat atau tampak licin merupakan tanda jika bawang merah sudah diangin-anginkan dengan benar sehingga tidak mudah busuk. Jika warna kulit terluarnya berwarna merah gelap dan kusam, risiko cepat busuk juga semakin besar.

3. Belum dikupas

Ada beberapa penjual yang menjual bawang merah kupas sehingga pembeli siap menggunakannya. Tapi jangan membelinya jika tidak ingin langsung digunakan karena bawang merah yang sudah dikupas dapat dengan cepat busuk dan rentan terkontaminasi.

4. Padat dan tidak bertunas

Pilih bawang merah yang padat karena ini merupakan salah satu tanda bawang merah yang masih segar. Bawang merah yang dipijat terasa eempuk merupakan tanda bagian dalamnya mulai busuk atau tidak segar. Pilih juga yang tidak bertunas jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama lama.

5. Hindari memilih bawang merah yang kering, ringan, dan kopong.

Pasalnya, hal tersebut merupakan indikator bawang merah yang sudah disimpan jangka waktu yang lama. Namun demikian, biasanya umbi akan cepat busuk atau mengering. Maka hindari pembelian bawang merah yang kering, ringan, dna kopong.

6. Aromanya kuat

Cara memilih bawang merah dapat dilakukan dengan cara mengiris lalu mencium aromanya terlebih dahulu. Bawang merah yang bagus pada umumnya memiliki aroma yang kuat dan tajam. Jika saat perajangan dan penghalusan, mata pun secara otomatis akan menangis atau mengeluarkan air mata.

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

Bagi pelaku usaha bawang goreng, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Hal yang diperhatikan selama produksi adalah tekstur dan rasa bawang goreng. Tekstur dan rasa merupakan hal yang penting mengingat hal tersebut yang paling menentukan keberhasilan usaha.

Membuat bawang merah renyah sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun, terkadang rasa dan tekstur yang diinginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kendala yang sering dialami oleh pelaku usaha adalah tekstur bawang goreng menjadi lembek, tidak renyah. Selain itu, terkadang warna yang dihasilkan dari proses penggorengan juga tidak pas. Hal ini tentunya menjadi kendala yang harus diatasi oleh pemilik usaha.

Cara Membuat Bawang Merah Renyah

Berikut ini beberapa tips goreng bawang merah renyah, antara lain :

1. Kupas bersih bawang merah terlebih dulu

Pertama letakkan bawang merah di dalam ember atau baskom. Lalu siram menggunakan air panas hingga seluruh permukaan bawang merah dalam ember atau baskom terendam air panas.Tunggu hingga 3 menit. Kemudian buang air panas tadi, lalu lanjutkan dengan mengupas bawang merah hingga bersih dari kulitnya.

2. Rajang tipis bawang merah

Jika kamu terlalu tebal dalam merajang bawang merah, maka bawang goreng yang dihasilkan juga tidak bagus bagus bentuknya. Jika kamu mendapat kesulitan dalam proses perajangan sebaiknya untuk memotong bawang merah, gunakanlah alat atau mesin merajang bawang untuk hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan.

3. Cuci dengan air mengalir

Agar bawang goreng tetap higienis, sebaiknya cucilah menggunakan air bersih yang mengalir. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar bawang merah yang sudah dirajang terebut tidak terkontaminasi. Oh iya, selama proses pencucian jangan remas-remas bawang merah agar tidak remuk.

4. Tiriskan rajangan bawang

Setelah di cuci bersih, lalu tiriskan rjangan bawang. Dalam meniriskan rajangan bawang, ada yang perlu di garis bawahi yaitu jangan remas-remas agar bawang tidak menghitam ketika proses penggorengan berlangsung. Agar bawang merah lebih kering, kamu bisa mengeringkannya menggunakan tisu dapur. Atau bisa juga di angin-anginkan sebentar hingga agak kering.

5. Taburi garam secukupnya

Rajangan bawang yang sudah di tiriskan tadi lalu taburi garam dengan tujuan agar bawang goreng mempunyari rasa sedikit asin.

6. Goreng rajangan bawang

Panaskan minyak. Jika minyak sudah panas, segeralah masukkan rajangan bawang merha tadi ke dalam minyak panas.Jangan lupa goreng dalam minyak banyak dengan api sedang. Lalu aduk bawang hingga berwarna coklat merata.

7. Angkat bawang goreng

Aangkat bawang goreng jika sudah berwarna kuning keemasan dan kering. Jangan biarkan bawang goreng terlalu gosong, karena jika gosong bisa mengakibatkan kerugian.

8 Tiriskan bawang goreng

Agar bawang goreng tidak berminyak serta renyah, tiriskan gorengan bawang menggunakan mesin peniris minyak supaya bawang goreng renyah tidak berminyak dan tahan lama.

6 Tips Goreng Bawang Merah Renyah

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

1. Pilih bawang berukuran besar dan berisi

Sebaiknya pilihlah bawang merah dengan ukuran besar atau sedang dan masih dalam keadaan segar. Selain itu, pastikan memilih bawang merah yang kering agar hasil goreng bawang merah bisa bagus dan cantik.

2. Rajang tipis-tipis

Rajangan bawang merah jangan terlalu tebal ya. Usahakan ukurannnya pas. Agar lebih mudah, gunakan alat perajang bawang.

3. Rendam air garam

Merendam bawang emnggunakan air garam akan membuat hasil bawang goreng menjadi lebih renyah dan gurih. Kamu bisa merendamnya setelah merajang ataupun dalam keadaan utuh. Namun, jika bawang di rendam setelah terajang, biasanya aromanya cenderung pudar.

4. Tepung maizena
Jangan terlalu banyak menambahkan tepung maizena. Cukup satu sendok makan tepung maizena saja untuk satu kilo bawang merah. Setelah tercampur rata, biarkan bawang merah selama beberapa saat.

5. Tiriskan bawang
Biarkan bawang merah selama satu hingga dua jam agar air dari proses pencucian bisa berkurang. Cara ini bisa membuat bawang goreng bisa menjadi lebih renyah.

6. Goreng keemasan
Pada saat kamu menggoreng bawang, sebaiknya gunakan minyak yang cukup banyak hingga dapat merendam semua rajangan bawang. Jangan menggoreng bawang dalam jumlah banyak sekaligus agar hasilnya bisa bagus dan cantik. Jngan biarkan bawang merah terlalu lama dalam minyak penggorengan. Tiriskan jika sudah berwarna keemasan.

Cara Membuat Bawang Goreng Aneka Rasa

Bawang goreng yang akan kamu buat kali ini tidak hanya satu macam. Melainkan ada berbagai banyak varian rasa. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak.

1. Cara Membuat Bawang Goreng Original

Bahan-bahan:

  1. 250 gr bawang merah yang telah di kupas serta di cuci bersih
  2. Minyak secukupnya untuk menggoreng
  3. Garam secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Pertama yaitu, iris tipis bawang, kemudian taburi sedikit garam, remas-remas agar garam dapat meresap (jangan remas bawang hingga hancur, cukup hingga rata saja).
  2. Kedua, panaskan minyak, lalu masukkan bawang ke dalam minyak yang panas, masak dengan api sedang, kemudian aduk supaya matangnya lebih merata. Kemudian tunggu hingga bawang goreng berwarna keemasan.
  3. Ketiga, angkat dan tiriskan bawang goreng yang terlapisi tissue dapur dengan agak menyebarnya supaya minyak dapat terserap dan cepat kering tidak mengandung banyak minyak serta menghasilkan bawang goreng yang renyah.
  4. Sementara itu keika sudah dingin, segera masukkan ke dalam wadah yang kedap udara.

2. Cara Membuat Bawang Goreng Rasa Pedas

Bahan-bahan :

  • 1/2 Kg bawang merah yang sudah terajang
  • Garam
  • Lada
  • Irisan cabai rawit

Langkah-langkah:

  1. Pertama, campurkan garam, cabai rawit dan lada ke dalam bawang merah yang sudah terajang.
  2. Kedua, aduk-aduk semuanya hingga tercampur merata.
  3. Ketiga, panaskan minyak untuk menggoreng bawang.
  4. Kemudian masukkan bawang tersebut ke dalam minyak yang sudah panas. Lalu tunggu hingga berwarna keemasan.
  5. Sementara itu, jika bawang sudah mulai berwarna keemasan, angkat kemudian tiriskan. Jangan biarkan hingga coklat agar tidak gosong.
  6. Jika minyak yang terkandung pada bawang goreng sudah berkurang, segera masukkan ke dalam wadah yang kedap udara.

3. Cara Membuat Bawang Goreng Rasa Blado

Bahan-bahan:

  1. 1 Kg bawang merah
  2. 3 sdm tepung maizena
  3. 1 sdm tepung terigu
  4. 1 sdm bubuk balado
  5. Penyedap rasa
  6. Minyak Goreng

Langkah-langkah:

  1. Pertama, kupas kemudian rajang tipis bawang merah.
  2. Kedua, campurkan semua bahan pelengkap dengan bawang merah yang sudah di rajang. Kemudian tunggu selama 10 menit.
  3. Ketiga, panaskan minyak lalu tunggu sampai minyak memanas.
  4. Jika minyak sudah panas, segera masukkan campuran bawang dengan bumbu pelengkap tadi ke dalam minyak yang sudah panas.
  5. Selanjutnya tunggu hinga berwarna keemasan.
  6. Jika sudah berwarna keemasan maka selanjutnya angkat dan tiriskan di bwang goreng tersebut di atas tisu / kertas agar minyaknya hilang
  7. Jika minyak yang terkandung dalam bawang goreng sudah berkurang, segera masukkan ke dalam wadah yang kedap udara.

4. Cara Membuat Bawang Goreng Rasa Keju

Bahan:

  1. 150 gr kupasan bawang merah
  2. 100 gr
  3. 1 sdm tepung beras
  4. 1/2 sdt garam
  5. Bubuk cabai secukupnya
  6. Penyedap
  7. Minyak goreng

Langkah-langkah:

  1. Pertama, kupas bawang merah lalu rajang tipis-tipis kemudian angin-anginkan selama kurang lebih 30 menit.
  2. Kedua, Masukan 1 sdm tepung beras dan garam kedalam wadah yang sudah terisi rajangan bawang.
  3. Ketiga, aduk sampai tercampur dengan rata.
  4. Kemudian panaskan minyak, tunggu sampai minyaknya panas.
  5. Jika minyak sudah panas, segera masukkan bawang tadi kedalam minyak yang sudah panas. Kemudian tunggu sampai berwarna keemasan.
  6. Jika bawang sudah berwarna keemasan, angkat lalu tiriskan.
  7. Ketika minyak yang terkandung dalam bawang goreng tersebut sudah berkurang, segera masukkan bawang goreng tadi ke dalam wadah yang kedap udara.

Mesin yang Dapat Digunakan dalam Usaha Bawang Goreng

Dalam menjalankan usaha ini, tentuka kamu pasti menginginkan hal yang lebih mudah dan efisien jika ada caranya. Berikut merupakan mesin-mesin yang dapat kamu gunakan dala merintis usaha bawang goreng renyah:

1. Mesin perajang bawang

Mesin Perajang Bawang berfungsi untuk memotong bawang dengan berbagai ukuran. Bisa juga berfungsi untuk merajang bawang bombai, bawang putih ataupun bawang merah. Dengan alat pemotong bawang ini kamu akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

2. Mesin peniris minyak

Mesin Peniris Minyak merupakan sebuah alat bantu pemusing atau centrifuge untuk meniriskan minyak dari hasil penggorengan. Kualitas akhir penggorengan sangat mententukan kadar akhir dari minyak yang menempel pada penggorengan. Dengan menggunakan alat ini, maka gorengan kamu akan semakin kering, renyah, dan bertahan lebih lama.

3. Mesin pengupas bawang

Untuk mengupas bawang merah atau bawang putih pada umumnya menggunakan sistem manual, dan hal itu biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk memudahkan proses pengupasan bawang merah dan bawang putih, kami memberikan solusi untuk menggunakan sebuah mesin pengupas bawang merah dan bawang putih atau alat pengupas bawang.

4. Mesin kemasan sachet

Mesin Kemasan Sachet atau Mesin Pengemas Sachet merupakan alat yang berfungsi sebagai pengisi kemasan sachet sekaligus menutup atau menyegelnya dengan rapat dan steril. Kemasan sachet merupkan kemasan yang paling banyak di gunakan di berbagai belahan dunia. Dengan ukuran kemasan yang ekonomis bisa membuat banyak orang memungkinkan untuk tertarik / bisa membelinya.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •