Rumah Mesin melakukan uji fungsi Mesin Giling Sekam pada September 2020. Uji coba ini dilakukan untuk menguji kelaikan dan fungsi kerja Mesin Giling Sekam. Mesin Giling Sekam MGS K20 atau mesin penepung sekam padi adalah mesin untuk menggiling atau menepung sekam / kulit padi. Hasil Gilingan dari sekam tersebut digunakan untuk bahan baku bekatul sebagai campuran bahan pakan ternak. Mesin Giling Sekam MGS K20 menggunakan model Crusher, bukan hammer mild. Keuntungannya proses giling bisa lebih cepat dan maksimal.

Spesifikasi Mesin Giling Sekam MGS K20 :

mesin giling sekam

Kapasitas : 20 Kg / Jam.
Dimensi Mesin : 1000 x 700 x 1200 mm.
Bahan Material : Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material Rangka : Kanal UNP 65.
Penggerak : Diesel.
Daya ( Power ) : 8 PK RRT.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Bahan Material Pisau : Baja.

 

Jumlah Pisau Buah : 8
Jumlah Pisau Gerak : 2
Jumlah Pisau Diam : 6
Diameter Tabung : 350 mm x 410 mm

 

Mesin Giling Sekam MGS K20 menjadi alat dari sebuah proses penggilingan sekam padi atau gabah yang akan menghasilkan sekam, dedak, dan beras giling. Komposisi yang paling banyak dari hasil penggilingan gabah padi adalah beras yaitu sebanyak 50-60% sedangkan sekam yang dihasilkan dari proses ini sebanyak 20-30% dan dedak sekitar 10%. Dari ketiga bahan ini hanya sekam yang sedikit memiliki manfaat karena kandungan nutrisinya yang juga sedikit. Sekam digunakan untuk media tanaman atau sebagai alas pijak bagi hewan ternak dan bahkan menjadi limbah yang terbuang begitu saja.

Dengan menggunakan Mesin Giling Sekam MGS K20 Sekam bisa diubah menjadi campuran untuk pakan ternak (baik ayam bebek, mentok maupun unggas lainya). Salah satu kandungan sekam padi adalah karbohidrat yang bisa membuat ternak cepat kenyang serta membantu pertumbuhan ternak dengan kandungan proteinnya. Dengan Mesin Giling Sekam MGS K20, sekam yang kasar akan diubah menjadi dedak halus.

Mesin Giling Sekam MGS K20 ini mampu menjadi salah satu alat bisnis ternak yang bisa menggiling sekam padi sehingga menjadi dedak halus dan menjadi penggiling sekam padi sebagai bahan pencampur pakan. Peternak bisa mencampurkan dedak halus dari sekam padi ini dengan bekatul atau campuran lainnya. Hasil dari mesin penggiling sekam padi yaitu dedak.

Bagaimana mengoperasikan Mesin Giling Sekam MGS K20?

Cukup masukkan sekam padi kedalam Mesin Giling Sekam MGS K20 maka mesin akan menghaluskan sekam padi. Dengan menggunakan Mesin Giling Sekam MGS K20, proses penggilingan lebih cepat dan halus serta bisa menghasilkan 20Kg setiap jamnya. Oleh karena itu, jika Anda tertarik memiliki Mesin Giling Daging MGS K20 untuk kebutuhan pakan ternak, segera hubungi Rumah Mesin untuk konsultasi dan info pemesanan.