Home » Artikel » Artikel Proses » Tips Memulai Usaha Bawang Goreng Siap Saji Dan Strategi Penjualannya

Tips Memulai Usaha Bawang Goreng Siap Saji Dan Strategi Penjualannya

Bawang goreng mungkin makanan yang satu ini sudah tidak asing di telinga Anda. Bawang merupakan bumbu yang wajib ada di setiap masakan. Bawang goreng juga sering biasa dijadikan toping untuk hidangan makanan salah satunya masakan opor ayam, tak hanya toping untuk hidangan masakan opor ayam juga tapi berbagai masakan lainnya. Ide kreatif usaha bawang goreng menjadikan bawang goreng siap saji yang banyak dijual dipasaran, banyak orang yang mencari serba instan. Ini menjadikan bawang goreng siap saji menjadi pilihan banyak orang saat ini dan menjadikan usaha bawang goreng semakin diuntungkan, karena selain praktis bawang goreng yang dikemas dengan buatan sendiri akan berbeda rasanya, rasanya akan lebih lezat dalam kemasan.

Memulai Usaha Bawang Goreng Siap Saji

Usaha bawang goreng ini memerlukan sedikit modal namun akan memberikan keuntungan lebih jika Anda mengutamakan pembuatannya serta pemasarannya yang tepat sasaran. Anda juga harus memikirkan kualitas bawang goreng siap saji yang akan diproduksi, supaya konsumen lebih senang dengan produk kita dan itu akan membawa dampak positif bagi perusahaan Anda. Berikut tips yang bisa Anda lakukan sebelum memulai usaha bawang goreng, yaitu :

  • Persiapkan alat yang dibutuhkan untuk mulai membuat bawang goreng siap saji Anda seperti mesin perajang bawang dan mesin spinner. Kedua mesin ini bisa Anda dapatkan di Rumah Mesin dengan harga yang dijamin bersaing namun tetap mengutamakan kualitas produk. Dengan menggunakan mesin perajang bawang ini Anda dapat merajang bawang secara otomatis dengan kapasitas besar, mudah dan cepat.
  • Usahakan mencari bawang yang masih segar dan kulitnya tidak basah.
  • Berikan nama produk bawang goreng siap saji Anda pada kemasan sehingga akan membantu pemasaran produk bawang goreng Anda.
  • Buatlah kemasan varian bawang goreng siap saji mulai dari harga termurah hingga harga kiloan, sehingga banyak orang yang memilih sesuai kebutuhan mereka.

Strategi Penjualan Bawang Goreng Siap Saji

Setelah Anda mulai memikirkan kualitas bawang goreng siap saji yang akan Anda produksi, sekarang Anda bisa memulai memikirkan teknik penjualan bawang goreng yang akan Anda jual. Sehingga produk bawang goreng siap saji Anda dapat menembus pasar didekat rumah Anda dan kemudian produk bawang goreng siap saji Anda dapat merambah lebih luas lagi. Berikut strategi pemasaran bawang goreng siap saji yang dapat Anda terapkan untuk mempromosikan produk yang telah Anda buat :

  • Titipkan produk Anda pada penjual sayur keliling, kemas dengan kemasan kecil seharga Rp 500,- sampai Rp 1000,- jangan lupa memberikan nama produk bawang goreng siap saji yang Anda buat.
  • Tawarkan bawang goreng siap saji Anda bisa kepada teman sekantor Anda dan tetangga Anda.
  • Titipkan pada toko atau warung penjual sayur dekat rumah Anda. Anda bisa menerapkan sistem bagi hasil atau bisa dengan yang lainnya.

Fokus Memulai Usaha Bawang Goreng

Setelah Anda mengetahui bagaimana persiapan awal sebelum memulai usaha bawang goreng siap saji dan strategi penjualan produk Anda, kini saatnya Anda bisa fokus memulai usaha bawang goreng ini. Membuat bawang goreng siap saji yang gurih dan renyah serta tahan lama, akan menunjang karir masa depan usaha bawang goreng siap saji Anda. Cara membuat bawang goreng yang renyahnya tahan lama bisa kita lakukan sendiri dirumah dengan mudah dan sederhana melalui tips praktis membuat bawang goreng.

Persiapkan bahan dan bumbu

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 liter minyak goreng

Setelah Anda mempersiapkan bahan dan bumbu awal untuk membuat bawang goreng siap saji langkah selanjutnya adalah proses pembuatan, pada proses ini perlu juga diperhatikan kehigienisan bahan, karena kualitas bawang goreng yang akan dibuat itu sangat berpengaruh pada persiapan bahan.

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Siap Saji

  1. Kupas kulit bawang merah kemudian cuci bersih bawang merah yang telah dikupas dengan air bersih hingga bawang merah terlihat bersih.
  2. Masukkan bawang merah yang telah bersih tadi ke dalam mesin perajang bawang, secara otomatis mesin tersebut akan merajang bawang dengan cepat dan mudah hingga kapasitas besar.
  3. Rendam irisan bawang yang telah di rajang tadi ke dalam larutan garam yang dicampur dengan 200 ml air selama 20 menit. Tiriskan dan buang air rendamannya, tujuan perendaman ini adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bawang dan membuat bawang goreng tahan lama tanpa bahan pengawet.
  4. Panaskan minyak goreng dengan menggunakan api kecil supaya nanti bawang yang digoreng tidak cepat gosong dan bisa matang dengan sempurna. Sebelum dimasukkan ke dalam penggorengan coba terlebih dahulu apabila seiris bawang yang dimasukkan ke dalam wajan mengapung atau tidak, jika mengapung tandanya minyak goreng sudah panas.
  5. Masukkan semua irisan bawang ke dalam penggorengan, diamkan sebentar kemudian diaduk sesekali. Jangan terlalu sering diaduk supaya bawang goreng tidak hancur karena teksturnya basah. Setelah bawang berubah warna dan teksturnya mengeras harus sering diaduk supaya bawang goreng bisa matang merata dan sempurna hingga berwarna kuning lalu matikan api. Aduk terus bawang goreng sampai garing hingga berwarna kecokelatan.
  6. Angkat bawang goreng kemudian tiriskan bawang goreng dengan menggunakan mesin spinner, meniriskan bawang goreng dengan menggunakan mesin ini akan membuat tekstur bawang goreng lebih garing dan renyah, apalagi bawang goreng yang Anda buat akan tahan lama karena pada proses penirisan bawang goreng ini membuat sisa minyak goreng yang masih menempel ini hilang.
  7. Kemaslah bawang goreng siap saji anda semenarik mungkin, jangan lupa untuk beri nama produk bawang goreng yang Anda buat.

Itulah beberapa ulasan Tips Memulai Usaha Bawang Goreng Siap Saji Dan Strategi Penjulannya, Jika Anda sudah mengetahui persiapan awal sebelum memulai sebuah usaha bawang goreng, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas produk yang akan Anda buat, karena konsumen akan semakin senang dengan produk kita jika produk kita berkualitas, walaupun konsumen akan rela merogoh dompet lebih dalam lagi. Perhatikan juga Strategi Penjualan, jika Anda serius menekuni usaha bawang goreng ini maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

By | 2016-11-09T09:48:46+00:00 Juli 26th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Tips Memulai Usaha Bawang Goreng Siap Saji Dan Strategi Penjualannya

About the Author: