Bisnis Kelapa Tua Dan Tips Yang Kalian Harus Ketahui

bisnis kelapa tua

Apakah anda sudah mencoba bisnis kelapa tua? Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat harusnya bisa membantu kalian semua untuk memudahkan cara bisnis kelapa tua sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik & menguntungkan.

Cara Bisnis Kelapa Tua Serta Tips Yang Harus Kalian Coba

bisnis kelapa tua

Pohon kelapa memang dikenal sebagai salah satu pohon dengan sejuta manfaat. Mulai dari bagian akar, batang, daun dan buahnya bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Buah kelapa sendiri bisa berguna baik saat masih muda ataupun sudah cukup tua. Buah kelapa tua sendiri juga terbagi ke dalam kriteria yang membedakan dengan grade tertentu mewakili kualitasnya.

Kelapa tua sendiri, bisa bermanfaat dalam berbagai bahan yang memiliki nilai jual jauh lebih tinggi. Ini dia beberapa olahan buah kelapa tua yang bisa untuk di gunakan untuk memulai bisnis anda :

  1. Sabut kelapa yang bisa di jadikan sebagai bahan baku isian bantalan jok atau tempat duduk hingga di jadikan sebagai bahan baku pembuatan tali jalin untuk suvenir maupun aneka barang kerajinan yang sangat aestetic. Ada juga mesin untuk mengolah sabut kelapa. Mesin ini dapat membuat limbah sabut kelapa juga menjadi kerajinan yang bermanfaat.
  2. Batok atau tempurung kelapa yang juga bisa di jadikan sebagai bahan baku pembuatan barang kerajinan dan alat-alat rumah tangga, juga bisa di olah menjadi arang tempurung kelapa yang cukup menjanjikan untuk kelas karya industri.
  3. Air kelapa pada umumnya di gunakan pada industri makanan seperti pembuatan jelly, nata de coco hingga di jadikan sebagai bahan campuran pada makanan misalnya ayam pop dan masakan lain.
  4. Daging buah kelapa di gunakan sebagai bahan pembuatan coconut milk (santan kelapa ) yang juga menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan bermacam menu makanan tradisional seperti rendang dan gulai hingga menu olahan modern seperti fooding dan sebagainya.
    Begitu pula dengan parutannya yang juga sering di gunakan sebagai pelengkap jajanan dan makanan olahan lain.
  5. Ampas daging buah kelapa yang sudah di ambil santannya pun juga masih bisa di manfaatkan sebagai pakan ternak, sebagai pupuk alami di kebun bahkan untuk kebutuhan rumah tangga seperti untuk membersihkan lantai.

Tips Menjalankan Bisnis Kelapa Tua

Lalu apa saja yang anda butuhkan untuk ikut meramaikan bisnis kelapa tua ini dan mampu bersaing dengan para pemain lama yang sudah bertahun-tahun dan berpengalaman di bidang yang satu ini?

nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa coba Anda terapkan untuk ikut bisnis kelapa tua dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Nah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan atau persiapkan ini antara lain :

1. Niat

Anda perlu merenungi kembali niatan Anda untuk menjalani bisnis ini. Bahkan Anda juga bisa membuat catatan pribadi yang bisa Anda baca di kemudian hari, misalnya pada saat usaha Anda semakin berkembang atau sebaliknya saat usaha Anda terkesan jalan di tempat.

Bisa saja niat Anda bukan sekedar berbisnis, tetapi juga menyejahterakan warga di sekitar kebun atau para petani kelapa. Niat juga akan menentukan seberapa keras Anda berusaha dan bertahan nantinya.

2. Jaringan

Pertimbangkan untuk membuat jaringan mutualisme dengan beberapa petani (terlebih dahulu) untuk memenuhi permintaan. Hal ini karena tak jarang permintaan industri yang cenderung menuntut kuantitas yang banyak secara konsisten dengan standar kualitas tertentu.

Jika Anda tidak membuat jaringan yang solid, besar kemungkinan Anda akan mengeluarkan lebih banyak modal untuk mendapatkan stok buah kelapa tua dari petani atau bahkan pengepul lain.

3. Analisa pasar

Seperti halnya bisnis lain, mengenali pasar merupakan hal yang wajib di lakukan. Begitu pula dengan bisnis kelapa tua yang Anda geluti. Anda harus memahami apa yang di minta oleh pasar Anda. Ingat bahwa pasar ini bisa saja berbeda, meskipun sama-sama di garap oleh pebisnis kelapa tua. Hal ini karena kemampuan membaca peluang dan celah yang bisa saja berbeda masing-masing pebisnisnya.

4. Kreatif

Seperti yang sudah di jelaskan dalam potensinya di atas, pemanfaatan kelapa tua sudah sangat beragam. Walau begitu, tak menutup kemungkinan adanya celah lain yang menyembunyikan tingkat permintaan kelapa tua yang tinggi karena luput dari pengamatan kompetitor Anda.

Dengan kreativitas, Anda pun bisa membuka peluang baru yang jadi pasar baru, dengan peluang sukses yang juga lebih tinggi. Juga, jangan ragu untuk merambah pasar internasional yang mungkin mampu memanfaatkan komoditas kelapa tua dengan lebih maksimal.

5. Pemasaran

Anda harus melakukan pemasaran dengan memanfaatkan dukungan teknologi modern di mana internet semakin menjadi pasar yang menjanjikan untuk komoditas apapun. Meskipun barang yang Anda tawarkan adalah kelapa, jangan berpikiran bahwa pasar online bukanlah tempat Anda.

Saat ini, semakin banyak industri yang mulai beralih ke pasar online untuk mendapatkan bahan baku usaha mereka. Untuk memenuhi permintaan itu, tak ada salahnya Anda belajar cara memulai bisnis online dari nol untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda hingga ke belahan bumi yang lain.

Peluang Usaha Pada Kelapa Tua

bisnis kelapa tua

1. Sabut Kelapa / Cocofiber

Banyak Jenis Produk dari bahan sabut kelapa / cocofiber ini. Sejak dahulu para pengerajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diolah menjadi barang yang berguna, misalnya sapu lantai dan keset kaki.

Namun, dengan peralatan yang masih sederhana tentu tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga bisnis yang di jalankan tersebut tidak dapat berkembang. Dengan ketersediaan mesin-mesin industri skala rumahan, maka peluang usaha ini cukup menjanjikan dan prospektif.

Jika di lingkungan anda merupakan sentra penghasil kelapa, maka tiada salahnya  anda mencoba berwirausaha membuat produk ekonomi yang bermanfaat dari pengolahan sabut kelapa.

Hal ini telah di lakukan oleh kelompok Koperasi Bina Usaha Pembuatan Sofa Serabut Kelapa, di Topaya, Tanjung Pinang. Cocok dan sesuai dengan namanya, kelompok usaha ini memproduksi kursi sofa dari bahan serabut kelapa atau cocofiber atau sabut kelapa.

Bahan cocofiber yang sering digunakan untuk mengisi bagian jok kendaran dalam ternyata lebih murah, awet, dan ramah lingkungan daripada menggunakan busa gabus. Satu set sofa memerlukan sekitar 10 kg serat sabut kelapa. Dalam setiap bulan, kelompok usaha ini rata-rata mampu memproduksi 25 set sofa.

2. Batok Kelapa ( Tempurung Kelapa )

Banyak sebagian orang yang belum mengerti akan kegunaan dari limbah batok kelapa ini. Padahal, jika lebih dalam, batok kelapa bisa diolah menjadi arang yang sangat berguna untuk kebutuhan hidup. Bahkan, kini penjualan produk olahan itu sudah merambah ke pasar Eropa.

Kementrian mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mengolah dan memanfaatkan batok kelapa bekas untuk dirubah menjadi arang yang bermanfaat. Karena, ke depannya bukan tidak mungkin kalau barang tersebut menjadi penyumbang komoditas ekspor favorit ke berbagai negara. Ternyata batok kelapa yang dianggap limbah saat diolah dengan baik bisa menjadi komiditas ekonomi yang tinggi.

Baca Juga : Berbagai Kegunaan Pohon Kelapa Untuk Berbisnis

3. Air Kelapa

Di lihat dari kulitnya, ketika di ketok atau di ketuk memiliki tekstur yang keras berarti kelapa tersebut sudah tua. Jika sudah diparut, kelapa parut yang kualitasnya bagus adalah kelapa parut yang bersih dan benar-benar terpisah dari kulitnya. Agar lebih awet dan tahan lama, santan bisa di kukus terlebih dahulu setelah dibeli.

Air kelapa yang di olah menjadi santan ini sering di jumpai di sekitar kita. Di toko, di pasar tradisional, maupun di swalayan besarpun pasti ada air santan ini. Karena banyak sekalli kegunaan ari santan ini. Tidak hanya untuk pengobatan saja, air santan ini juga sering di gunakan untuk bahan masakan para masyarakat indonesia.

4. Daging Kelapa

Ada banyak sekali jenis olahan dari daging kelapa tua menjadi makanan ringan / jajanan pasar, seperti gandos, dan kue kelapa. Menariknya, jajanan tersebut bukan hanya bisa dibuat menggunakan buah kelapa segar, tapi juga yang kering. Jajanan yang bisa di sebut jajanan tradisional ini masih juga di perjual belikan di pasar tradsional di setiap daerah di Indonesia.

Peluang besar untuk usaha kelapa tua dengan mengolahnya menjadi beraneka ragam memiliki potensi cukup menguntungkan bagi kalian yang mau mencobanya. Apalagi di tengah maraknya kuliner kekinian ala Western saat ini, Anda bisa menghadirkan jajanan tradisional Indonesia dengan tampilan lebih menarik. Juga dapat melewati jalur internet yang sudah sangat berkembang ini.

5. Ampas daging kelapa

Tidak hanya santannya saja, ampas buah kelapa yag sudah di peras dan cairannya di jadikan santan ampasnyapun masih bisa di gunakan. Masyarakat biasanya mengolah ampas kelapa ini menjadi tepung kelapa maupun makanan ringan yakni keripik. Peluang bisnis ini juga sangat besar sekali saat ini.

Di daerah Indonesia sendiri banyak sekali olahan ampas ini, salah satunya yang menjadi tepung. Masyarakat indonesia mengolah tepung juga untuk membuat sebuah makanan ringan, pelengkap masakan, dan menjadi barang yang dapat di perjual belikan di pasaran Indonesia.

Manfaat Dari Sabut Kelapa

Meskipun sabut kelapa ini termasuk salah satu jenis limbah, namun, banyak manfaat yang dapat di gunakan menjadi banyak hal. Apa saja manfaat dari sabut kelapa ini? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya di antaranya :

1. Sebagai Bahan Bakar

Sabut kelapa memiliki sifat kering dan kasar sehingga benda ini mudah terbakar, Jadi sering dimanfaatkan untuk bahan bakar. Contohnya ialah bahan bakar dalam proses pembuatan arang batok kelapa, pengganti bahan bakar kayu di rumahan, di restoran tempat makan tradisional di kota besar yang menggunakan tungku tradisional, juga pada industri pembuatan keramik dan genteng.

2. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Sejak dari dulu, sabut kelapa sudah banyak di manfaatkan menjadi bahan baku untuk memproduksi aneka kerajinan yang bagus, baik berbentuk peralatan rumah tangga seperti contohnya sapu ijuk dan keset, barang keperluan hidup sehari-hari seperti tas dan dompet, pajangan dan hiasan, juga springbed, bantal, karpet, jok, dashboard kendaraan umum, serta yang lain sebagainya.

3. Untuk Menetralisir Air dan Bau Semen

Pada kolam air yang baru selesai di buat, bau atau aroma semen yang bercampur dengan air bisa menyebabkan ikan peliharaan mati. Sabut kelapa ini, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau tersebut. Selain itu, sabut kelapa juga akan menetralisir aroma kandungan air pada kolam yang baru selesai dibuat.

4. Sebagai Komponen Alat Penyaring Air Sederhana

Struktur benda sabut kelapa yang berserat dan padat dapat di gunakan untuk membantu proses penyaringan air yang keruh. Sabut kelapa yang di manfaatkan adalah yang telah di buang kulit arinya. Air yang melewati saringan sabut kelapa akan disaring dari sampah atau kotoran yang dapat menimbulkan kotoran limbah. Proses penyaringan harus dilakukan berulang-ulang kali untuk mendapat air yang benar-benar jernih dan bersih.

5. Pembuatan Pupuk Organik

Siapa yang tidak menyangka? ternyata, kegunaan sabut kelapa dapat di olah serta di manfaatkan menjadi salah satu jenis pupuk organik yang sangat bermanfaat. Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa bisa untuk menyadangkan air 60% lebih banyak di bandingkan pupuk merk yang lain. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi daerah yang memiliki curah hujan yang minim.

Selain itu, sabut kelapa juga mempunyai kandungan unsur hara serta mineral yang sangat bagus dan baik untuk pertumbuhan dari tanaman. Sehingga ini memang sangat cocok untuk di gunakan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organik yang dapat di jual di pasaran.

6. Sebagai Bahan Dasar Membuat Briket

Selain di gunakan untuk batubara, ternyata sabut kelapa juga bisa di gunakan sebagai bahan baku untuk membuat briket. Briket dari sabut kelapa ini adalah sifatnya yang ramah lingkungan dan juga biaya produksi yang sangat kecil sehingga, harga jualnya pun lebih murah.

Briket yang berbahan dasar dari sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis serta akan menekan biaya produksi menjadi kecil atau rendah. Karena biaya produksi briket sabut kelapa ini jauh lebih murah dibanding briket yang berbahan dasar dari batubara.

Menganalisa Dalam Bisnis Kopra

bisnis kelapa tua

Banyak jenis – jenis usaha atau bisnis menguntungkan yang bisa di coba, bahkan memiliki prospek yang baik di masa mendatang nanti, salah satunya adalah usaha kopra. Namun demikian, sebelum kami memberikan informasi lebih jauh mengenai analisa usaha kopra dan prospeknya,

Apakah anda sudah tahu apa itu kopra? Ini merupakan daging buah kelapa yang sudah melewati proses pengeringan. Daging kopra biasanya di jadikan sebagai produk turunan kepala yang tentu saja memiliki peranan utama yang cukup penting sekali sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunan lainnya.

Tentu saja untuk membuat kopra yang baik dan berkalitas, kalian perlu menyiapkan kelapa yang sudah umur kurang lebih sekitar 300 hari dan memiliki berat sekitar 3 – 4 kg.

Adapun juga teknik dalam pengelolaan kopra sendiri ada tiga macam, yaitu proses pengeringan dengan sinar terik matahari, proses pengeringan dengan pengarangan atau di panggang di atas api, dan proses pengeringan dengan pemasanan yang tidak langsung.

Kopra sendiri yang baik itu, memiliki kandungan air sekitar 6 – 7 persen sehingga tidak mudah terserang organisme pengganggu.

Analisa Usaha Kopra dan Prospeknya

Perkiraan modal usaha kopra yang dibutuhkan

  1. Penyewaan lahan Rp 1.600.000 juta
  2. Mesin parut kelapa Rp 1.300.000 juta
  3. Wadah Rp 20.000 ribu
  4. Mesin pengering Rp 900.000 ribu
  5. Mesin pengemas 450.000 ribu
  6. Pisau 15.000 ribu
  7. Peralatan tambahan lain Rp 150.000 ribu
    Total sekitar segitu ya sob

Biaya tetap untuk usaha kopra

  1. Sewa lahan ukuran 1/44 x Rp 1.600.000 juta = Rp 36.363
  2. Mesin parut kelapa 1/48 x Rp 1.300.000 juta = Rp 27.083
  3. Wadah 1/36 x Rp 20.000 ribu = Rp 555
  4. Mesin pengering 1/60 x Rp 900.000 ribu = Rp 15.000
  5. Mesin pengemas 1/48 x Rp 450.000 ribu = Rp 9.375
  6. Pisau 1/12 x Rp 15 ribu = Rp 1.250
  7. Peralatan tambahan yang lain 1/36 x Rp 150 ribu = Rp 4.166
  8. Gaji karyawan Rp 1.1 juta
    Total Rp 1.193.792

Biaya variable dalam usaha kopra

  1. Kelapa Rp 299.000 ribu x 30 = Rp 8.970.000
  2. Plastik Rp 45.000 ribu x 30 = Rp 1.350.000
  3. Gas LPG Rp 27.000 ribu x 4 = Rp 108.000
  4. Dana bagian listrik Rp 140.000 ribu
  5. Biaya untuk air Rp 110.000 ribu
  6. Pengeluaran tambahan lain – lain Rp 48.000 ribu x 30 = Rp 1.440.000
    Total Rp 12.118.000

Jadi, untuk menghitung biaya operasionalnya, biaya tetap + biaya variable. Yakni, Rp 1.193.792 + Rp 12.118.000 = Rp 13.311.792. Lalu untuk menghitung perkiraan keuntungan yang didapatkan dari usaha kopra ini adalah misalnya saja untuk harga jual kopra sebesar Rp 9 ribu per kg dan Anda berhasil menjual kopra sebanyak 55 kg per hari, maka openghasilkan per bulan yang didapatkan yakni :

55 kg x Rp 9 ribu = Rp 495.000
Rp 495.000 x 30 hari = Rp 14.850.000
Keuntungan per bulan Rp 14.850.000 – Rp 13.311.792 = Rp 1.538.208

 

Nah, Itu dia gambaran kecil untuk anda yang ingin memulai bisnis kelapa tua. Jadi bagaimana? Apakah kalian sudah siap untuk memulai bisnis ini? Mulailah dengan baik dan benar, kelola dengan sungguh – sungguh agar kalian bisa mencapai kesuksesan di bidang bisnis ini. Sekian Dan Terima Kasih

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •