Home » Artikel » Artikel Proses » Sssst….! Ini Dahsyat, 40 Peluang Aneka Bisnis Kerupuk Khusus untuk Kamu!

Sssst….! Ini Dahsyat, 40 Peluang Aneka Bisnis Kerupuk Khusus untuk Kamu!

Tentang Bisnis Kerupuk

Kekayaan kuliner di Indonesia sendiri sudah tidak diragukan lagi, ada banyak variasi makanan dan minuman dipasaran. Harganya pun bisa dari yang termahal dan Termurah. Salah satu yang murah adalah kerupuk. Bahkan Kerupuk bisa menjadi Bisnis Kerupuk yang menjanjikan.

Siapa yang tak suka makan kerupuk? Makanan ringan yang satu ini memang sudah sangat digemari di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Hampir setiap hari banyak orang yang makan kerupuk sebagai cemilan atau sebagai pelengkap makanan.

Meskipun harganya tergolong murah, tapi citarasanya tidak murahan, bahkan bisa bikin ketagihan. Nah, kerupuk ini adalah salah satu kuliner yang murah meriah, tapi punya rasa yang gurih, renyah, dan tentunya lezat. Bahkan ada banyak orang yang beranggapan, tak lengkap rasanya kalau makan tak ditemani kerupuk. Ya, memang citarasa kerupuk yang gurih dan renyah akan menambah kenikmatan tersendiri saat menyantap beragam hidangan.

Kerupuk pada umumnya terbuat dari adonan tepung tapioka, kemudian dicampur berbagai bahan perasa seperti udang atau ikan. Tapi belakangan ini, bisnis kerupuk semakin berkembang, banyak di kalangan masyarakat Indonesia yang secara kreatif membuat dan mengolah beranekaragam kerupuk, mulai dari kerupuk biasa, kerupuk ikan, kerupuk sayuran, kerupuk buah-buahan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, mesin pembuat kerupuk pun juga ada beragam, semua itu disesuaikan dengan kebutuhan.

Maka dari itu, disini kami akan mengulas berbagai macam kerupuk khas Indonesia yang memiliki citarasa yang enak dan lezat. Selain itu, kerupuk-kerupuk ini juga mempunyai prospek bisnis yang cerah, jadi bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda bisa memproduksi dan menjalankan bisnis kerupuk buatan Anda sendiri.

Aneka Bisnis Kerupuk Khas Indonesia

Berikut ini setidaknya 40 aneka bisnis kerupuk khas Indonesia yang menguntungkan bagi usaha Anda, yang sudah banyak beredar di kalangan masyarakat.

  1. Kerupuk Blek

Bisnis kerupuk blek

Kerupuk yang pertama adalah Kerupuk Blek, atau juga biasa dikenal dengan Kerupuk Mawar. Sebetulnya kerupuk ini punya berbagai macam sebutan, seperti ada yang menyebutnya kerupuk uyel karena bentuknya keriting, ada yang menyebutnya kerupuk blek (black) karena biasa dijual didalam wadah kaleng seng (blek), dan ada juga yang menyebutnya kerupuk putih karena berwarna putih. Kerupuk yang satu ini bisa dibilang salah satu kerupuk legendaris, karena sudah ada sejak jaman dahulu, dan masih eksis sampai saat ini. Kita masih sering menemukan kerupuk ini dimana saja, khususnya di warung makan. Kerupuk ini cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan, dan kerupuk selalu diminati oleh masyarakat karena memang rasanya yang enah dan gurih, selain itu rasa khas dari kerupuk ini membuat selera makan kita bertambah. Apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau membuat kerupuk ini selalu dicari oleh masyarakat.


  1. Kerupuk Kulit Pisang

kerupuk kulit pisang

Siapa bilang kulit pisang tidak ada manfaatnya? Faktanya, kulit pisang ternyata mengandung nutrisi dan gizi yang bisa kita konsumsi. Maka dari itu, kulit pisang ini masih bisa Anda olah menjadi olahan makanan, salah satunya itu dijadikan Kerupuk Kulit Pisang. Kerupuk ini sekarang sudah mulai banyak beredar dipasaran dan peminatnya juga lumayan banyak, karena kerupuk ini punya rasa yang gurih.


  1. Kerupuk Orong-orong

bisnis kerupuk orong-orong

Kerupuk orong-orong merupakan kerupuk khas Medan, tapi saat ini sudah mulai dikenal luas di kalangan masyarakat Indonesia. Kerupuk ini mempunyai karakteristik yang renyah dan rasanya yang gurih, serta memiliki bentuk silider yang tengahnya bolong. Kerupuk orong-orong ini bisa Anda nikmati sebagai cemilan atau juga bisa sebagai pelengkap makanan.


  1. Kerupuk Daun Bambu

kerupuk daun bambu

Anda sudah pernah mencicipi kerupuk yang satu ini? Ternyata tidak hanya batangnya saja, daun bambu pun masih bisa kita olah menjadi makanan yang enak dan berkualitas, salah satunya kerupuk daun bambu ini. Kerupuk ini berbahan dasar daun bambu yang digoreng dengan tepung dan bumbu sehingga bisa menghasilkan kerupuk daun bambu yang gurih dan renyah. Kerupuk ini bisa dikonsumsi sebagai cemilan maupun sebagai pelengkap makanan.


  1. Kerupuk Pangsit

kerupuk pangsit

Mungkin Anda sudah tidak merasa asing lagi dengan kerupuk yang satu ini, yaitu Kerupuk Pangsit. Kerupuk ini sering kita konsumsi sebagai pendamping mie ayam atau bakso. Kerupuk ini pun juga bisa kita jadikan sebagai cemilan. Rasanya yang renyah dan gurih ini membuat banyak orang yang menyukai dengan kerupuk pangsit ini, serta keberadaannya yang sudah terkenal menjadikan kerupuk ini menjadi salah satu olahan makanan yang mempunyai prospek bisnis kerupuk yang baik.


  1. Kerupuk Tette

kerupuk tette

Kerupu Tette ini merupakan jajanan khas Madura yang tidak hanya menjadi favorit masyarakat Madura, tetapi juga masyarakat luar Madura, terutama masyarakat Jawa. Bahan utama dari kerupuk ini adalah singkong. Disebut ‘Kerupuk Tette’ karena memang cara pembuatannya yang dipipihkan atau ‘ditette’. Rasanya yang gurih dan alami membuat kerupuk ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari. Pembeli biasanya membeli untuk dikonsumsi sendiri, atau juga dijual kembali. Baik dijual mentahnya yang belum digoreng, maupun yang sudah digoreng, sehingga menjadikan kerupuk ini salah satu olahan makanan yang baik untuk dijadikan peluang bisnis kerupuk.


  1. Kerupuk Jawer Nanggerang

kerupuk jawer nanggerang

Sebagian dari Anda mungkin belum terlalu mengenal dengan kerupuk yang satu ini. Kerupuk Jawer Nanggerang ini merupakan kerupuk khas Tasikmalaya. Bahan utama dari kerupuk ini cukup simpel, yaitu tepung beras, bawang putih, dan garam. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dan bisa dijual kembali.


  1. Kerupuk Bawang

kerupuk bawang

Kerupuk bawang sudah menjadi salah satu kerupuk yang paling populer di Indonesia, karena setiap hari banyak masyarakat yang mengkonsumsinya. Proses pembuatan kerupuk ini juga terbilang mudah. Selain itu, kerupuk ini memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah. Apalagi kerupuk ini memiliki harga yang sangat terjangkau, itu sebabnya banyak orang yang membelinya, sehingga bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis kerupuk yang menjanjikan.


  1. Kerupuk Getas

kerupuk getas

Kerupuk Getas ini berbahan dasar ikan tenggiri. Ikan tenggiri yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan telur dan tepung, dan juga bahan tambahan lain sesuai selera. Ciri khas kerupuk ini adalah bentuknya yang bulat-bulat, sehingga juga sering disebut dengan kerupuk atom. Kerupuk ini mempunyai rasa khas ikan tenggiri yang enak, gurih, dan renyah. Kerupuk ini juga sudah banyak beredar dipasaran karena memang ada banyak peminatnya.


  1. Kerupuk Jengkol

kerupuk jengkol

Siapa disini yang suka makan jengkol? Meskipun bagi sebagian masyarakat menganggap kalau jengkol itu jenis makanan yang bau dan dianggap kurang gaul, ternyata jengkol memiliki banyak mengandung vitamin C dan memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan tempe. Banyak orang Indonesia yang suka mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Apalagi jika diolah menjadi makanan ringan yang enak dan praktis. Kerupuk Jengkol ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini dibuat dengan bahan dasar jengkol. Kerupuk ini sangat nikmat untuk dijadikan sebagai cemilan karena rasa jengkol yang khas dan juga tekstur kerupuknya yang gurih dan renyah. Meskipun begitu, harga kerupuk jengkol ini tak terbilang murah, karena harga jengkolnya sendiri pun sudah lumayan mahal. Tapi bukan tidak mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis kerupuk yang menjanjikan.


  1. Kerupuk Kemplang

kerupuk kemplang

Kerupuk selanjutnya yaitu Kerupuk Kemplang yang merupakan kerupuk khas Palembang. Kerupuk ini berbahan dasar ikan dan beberapa bumbu tambahan, bahkan kalau Anda suka pedas, tinggal tambahkan bubuk cabai pada saat proses pembuatan kerupuk ini. Ikan yang digunakan pun bervariasi sesuai dengan keinginan. Kerupuk ini memiliki rasa yang enak, renyah, dan gurih. Jadi, Anda pun bisa membuatnya sendiri karena kerupuk ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan peminatnya juga sudah banyak.


  1. Kerupuk Puli

kerupuk puli

Kerupuk Puli ini merupakan salah satu kerupuk khas Indonesia. Kerupuk ini berbahan dasar adonan beras yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa rasanya jadi lebih gurih. Kerupuk ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan atau sebagai pelengkap nasi goreng atau makanan lainnya. Kerupuk ini juga sangat mudah untuk dibuat, jadi Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Kerupuk ini punya karakteristik yang renyah dan juga rasanya yang gurih, sangat ideal untuk Anda jadikan sebagai peluang bisnis kerupuk, karena kerupuk ini sudah dikenal luas oleh masyarakat.


  1. Kerupuk Rambak

kerupuk rambak

Kerupuk khas Indonesia yang populer selanjutnya adalah Kerupuk Rambak. Kerupuk ini agak beda dari biasanya, karena terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dan diberi bumbu rempah serta penambah rasa. Setelah melewati proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang sudah kering ini kemudian digoreng menjadi kerupuk yang siap dihidangkan. Meskipun kerupuk ini sedikit memiliki bau sapi atau kerbau, tapi rasanya sangat enak dan gurih, sangat cocok untuk dijadikan pendamping makanan. Selain itu, kerupuk rambak juga sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia, menjadikannya salah satu kerupuk dengan prospek bisnis kerupuk yang menjanjikan bagi Anda.


  1. Kerupuk Tahu

kerupuk tahu

Dari namanya saja pasti Anda sudah tau kerupuk ini terbuat dari apa. Ya, memang kerupuk ini berbahan dasar tahu, maka dari itu namanya Kerupuk Tahu. Kerupuk ini sebetulnya sudah ada sejak lama, berkat kreatifitas masyarakat Indonesia yang mengolah tahu menjadi olahan makanan ringan yang gurih dan renyah. Selain itu, kerupuk ini diolah tanpa bahan kimia apapun, jadi aman untuk kita konsumsi setiap hari. Rasa tahu yang enak dan gurih membuat kerupuk ini memiliki penggemarnya sendiri. Sangat nikmat untuk dijadikan sebagai pendamping makanan berkuah. Ketersediaan tahu yang melimpah dan juga harganya yang sangat terjangkau membuat Kerupuk Tahu ini menjadi salah satu kerupuk yang memiliki prospek bisnis kerupuk cerah.


  1. Kerupuk Tulang

kerupuk tulang

Kerupuk Tulang ini merupakan salah satu jenis kerupuk varian baru. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini berbahan dasar tulang, bisa tulang ikan, ayam, dan lain sebagainya. Tapi belakangan ini yang yang paling banyak diminati oleh masyarakat itu yang terbuat dari tulang rawan sapi. Kerupuk ini juga memiliki rasa yang enak dan gurih. Jadi, daripada cuma dibuang, lebih baik tulang ikan, ayam, atau sapi bisa Anda jadikan Kerupuk Tulang, karena kerupuk ini mempunyai nilai jual yang ekonomis.


  1. Kerupuk Palembang

kerupuk palembang

Tidak hanya pempek, Kerupuk Palembang ini merupakan salah satu makanan/cemilan yang populer khas Palembang. Kalau dilihat dari bentuknya sekilas hampir sama seperti kerupuk pada umumnya, tapi yang membedakan adalah aroma dan rasa gurihnya yang khas. Kerupuk Palembang ini juga sudah dikenal oleh masyarakat secara luas dan juga peminatnya yang lumayan banyak.


  1. Kerupuk Cumi

kerupuk cumi

Kerupuk tidak hanya sebatas berbahan dasar ikan, tapi juga bisa berbahan dasar dari cumi, contohnya Kerupuk Cumi khas Banyuwangi ini. Kerupuk unik ini memiliki rasa yang lezat, sangat cocok sebagai cemilan saat bersantai atau juga bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan. Kerupuk ini memang belum banyak dijual dipasaran, tapi dengan rasanya yang lezat membuat kerupuk ini mempunyai prospek bisnis yang cukup baik untuk ke depannya.


  1. Kerupuk Gurilem

kerupuk gurilem

Kerupuk Gurilem ini merupakan kash Bandung. Kerupuk ini berbeda dari kerupuk pada umumnya karena bentuknya yang memanjang seperti cacing dan juga rasanya yang gurih pedas. Kerupuk ini bisa dinikmati sebagai cemilan atau sebagai pelengkap makanan bagi Anda yang suka pedas. Melihat fakta banyaknya orang Indonesia yang suka dengan makanan pedas menjadikan kerupuk ini menjadi salah satu kerupuk yang mempunyai prospek bisnis kerupuk yang cerah.


  1. Kerupuk Ikan Lele

kerupuk ikan lele

Bagi Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan lele, jenis ikan air tawar yang satu ini memang selalu terasa nikmat untuk dijadikan sebagai olahan makanan, salah satunya itu Kerupuk Ikan Lele. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan juga rasanya yang enak dan gurih khas ikan lele. Meskipun begitu, belum ada banyak produsen yang mengolah ikan lele menjadi kerupuk. Padahal komoditas ikan lele di Indonesia selalu berkembang dari tahun ke tahun. Maka dari itu, ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk bisa mengolah ikan lele menjadi sebuah cemilan yang digemari masyarakat.


  1. Kerupuk Jumbo

kerupuk jumbo

Anda bosan dengan kerupuk biasa? Coba kerupuk yang satu ini, yaitu Kerupuk Jumbo. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini mempunyai bentuk jumbo (besar) dibandingkan kerupuk pada umumnya. Bahan-bahan yang digunakan pun juga hampir sama, tapi dengan ukurannya yang beda dari biasanya membuat kerupuk ini semakin dilirik oleh masyarakat karena terbilang unik. Selain itu, rasanya pun juga enak dan gurih. Cocok untuk dijadikan cemilan dalam ukuran yang besar. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis kerupuk baru.


  1. Kerupuk Pasir

kerupuk pasir

Kalau biasanya kerupuk itu digoreng, kerupuk yang satu ini terbilang cukup unik, karena cara pemasakannya itu dipanasi dengan media pasir. Kalau Anda sedang jalan-jalan ke Kediri, Jawa Timur, pasti Anda akan melihat ada begitu banyak kerupuk warna-warni yang digantung di toko yang menjual oleh-oleh makanan. Karena kerupuk ini memang hasil karya terkenal kota Kediri yang biasa disebut dengan Kerupuk Pasir. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, serta sensasi butiran pasir ketika kita mengunyahnya.


  1. Kerupuk Seblak

kerupuk seblak

Seblak itu adalah jenis makanan yang sudah terkenal dan populer. Seblak ini agak beda dari biasanya, karena prosesnya tidak sekedar digoreng, melainkan kerupuk mentah yang direbus di dalam air mendidih terlebih dahulu, kemudian ditumis dengan berbagai macam jenis bahan pelengkap lainnya. Seblak biasa kita temukan di jajanan pasar, atau kalau mau Anda pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah.


  1. Kerupuk Ceker

kerupuk ceker

Kerupuk Ceker ini berasal dari kota Malang dan berbahan dasar ceker ayam. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kerupuk ini mulai makin banyak peminatnya. Selain itu, proses pembuatannya pun juga cukup praktis dan mudah, jadi Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, ceker ayam sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, jadi bukan tidak mungkin kerupuk ini memiliki prospek bisnis kerupuk yang baik.


  1. Kerupuk Emping

kerupuk emping

Kerupuk Emping ini merupakan salah satu cemilan legendaris khas Indonesia karena memang sudah ada sejak dulu. Kita sering sekali menemukan kerupuk emping ini pada acara-acara tertentu. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang yang suka dengan kerupuk yang satu ini. Dipasaran kerupuk emping ini pada umumnya ada 2 rasa, asin dan manis. Tapi bagi Anda yang ingin mencoba membuat dengan rasa yang baru juga tidak ada salahnya. Siapa tahu dengan begitu Anda bisa memproduksi dan menjual Kerupuk Emping spesial buatan Anda sendiri.


  1. Kerupuk Mie

kerupuk mie

Kerupuk ini merupakan salah satu jajanan pasar yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Disebut dengan Kerupuk Mie karena memang bentuknya yang menyerupai mie. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan seperti rujak atau gado-gado. Karena masih banyaknya orang yang suka, menjadikan Kerupuk Mie ini menjadi salah satu kerupuk yang mempunyai prospek bisnis kerupuk yang bagus.


  1. Rengginang

rengginang

Siapa yang tak kenal dengan Rengginang? Ya, kerupuk legendaris khas Indonesia ini memang selalu menjadi primadona, terutama pada saat perayaan lebaran. Rasanya yang enak dan renyah membuat banyak orang yang suka dengan kerupuk ini, baik anak muda maupun orang tua. Proses pembuatan Rengginang ini pun tergolong cukup mudah. Selain itu, Rengginang juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jadi kerupuk ini mempunyai nilai jual yang ekonomis.


  1. Kerupuk Jamur

kerupuk jamur

Kerupuk Jamur atau yang biasa dikenal dengan ‘Jamur Crispy’ ini menjadi salah satu jenis makanan ringan yang paling populer diantara berbagai macam varian kerupuk. Saat ini sudah ada begitu banyak produsen Kerupuk Jamur ini, baik dari skala kecil, menengah, sampai ke skala industry. Bahan dasar jamur ini dipilih karena memang ketersediaannya yang melimpah dan juga harga bahan bakunya yang sangat terjangkau. Selain itu, Kerupuk Jamur atau Jamur Crispy ini memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah. Bisa dinikmati sebagai cemilan maupun pelengkap makanan. Dipasaran kerupuk ini ada berbagai macam varian, semua dibuat sesuai dengan keingingan dan kreatifitas produsennya. Jadi, bukan tidak mungkin Anda suatu saat bisa membuat Jamur Crispy khas buatan Anda sendiri, dan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis kerupuk yang menjanjikan.


  1. Opak Singkong

opak singkong

Opak Singkong makanan ringan khas Indonesia selanjutnya. Terbuat dari singkong atau ubi kayu kukus, garam, dan daun kucai. Rasanya yang gurih dan renyah membuat Opak Singkong ini banyak digemari oleh masyarakat, karena terasa sangat nikmat kalau dijadikan sebagai pendamping makan besar. Kita bisa menemukan Opak Singkong ini dipasaran, terutama pasar-pasar tradisional.


  1. Kerupuk Udang

kerupuk udang

Kerupuk Udang menjadi salah satu kerupuk yang paling populer selanjutnya. Kerupuk ini berbahan dsar udang, biasanya udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk sampai halus, selain itu juga ditambah tepung tapioka yang ditumbuk halus serta diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Sebetulnya Kerupuk Udang ini berasal dari Sidoarjo, tapi sekarang kerupuk ini sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru nusantara dan menjadi salah satu bagian dari pangan nasional. Karena kerupuk ini sudah dikenal oleh masyarakat luas, menjadikan Kerupuk Udang memiliki prospek bisnis kerupuk yang menjanjikan.


  1. Kerupuk Pisang

kerupuk pisang

Kalau sebelumnya tadi ada Kerupuk Kulit Pisang, kali ini Kerupuk Pisang. Bahan dasar yang digunakan adalah buah pisangnya. Cara pembuatannya cukup mudah, buah pisang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang sudah dibumbui. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih, manis, dan renyah. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan saat bersantai. Bagi Anda yang ingin mencoba bisa mulai membuat Kerupuk Pisang ini, karena kerupuk ini mulai banyak diminati oleh masyarakat dan nilai jualnya pun sangat ekonomis.


  1. Kerupuk Kulit

kerupuk kulit

Kerupuk Kulit merupakan salah satu makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan Kerupuk Kulit ini pada umumnya adalah kulit ayam, tapi sekarang sudah mulai dikembangkan ke beberapa varian, termasuk Kerupuk Kulit Ikan, seperti ikan patin, ikan tuna, ikan cucut, dan lain sebagainya. Kerupuk ini memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah. Bisa dijadikan sebagai cemilan atau pendamping makanan. Kerupuk ini juga sudah tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Maka dari itu, Kerupuk Kulit ini menjadi salah satu makanan ringan yang bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda jika ingin mencoba memproduksinya sendiri.


  1. Kerupuk Wortel

kerupuk wortel

Wortel ternyata tidak hanya dijadikan sebagai bahan tambahan untuk memasak sayur saja, tapi juga bisa diolah menjadi olahan makanan lainnya, salah satunya adalah Kerupuk Wortel. Kerupuk Wortel adalah keripik hasil olahan buah wortel yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa. Jika menggunakan cara penggorengan biasa yaitu dengan menggunakan kuali/wajan buah wortel tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih. Oleh sebab itu perlu peralatan khusus untuk mengolahnya menjadi kerupuk.


  1. Kerupuk Singkong

kerupuk singkong

Kerupuk singkong adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Kerupuk Singkong ini juga sudah dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.


  1. Rempeyek

rempeyek

Rempeyek atau biasa disebut dengan Peyek adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air sampai membentuk adonan kental, kemudian diberi bumbu seperti garam dan bawang putih, serta diberi topping yang khas, biasanya kacang tanah atau kedelai. Selain itu, bahan pengisi atau topping yang ditambahkan bisa juga berupa bahan lainnya, seperti ikan teri, ebi, udang kecil, daun bayam, maupun yang lainnya. Peyek ini menjadi salah satu makanan ringan yang sangat populer di Indonesia, terutama karena banyak orang yang suka dengan kerupuk yang satu ini.


  1. Kerupuk Bantal

kerupuk bantal

Kerupuk bantal adalah salah satu kerupuk yang ada di Indonesia yang memiliki tektur renyah dengan citarasa yang gurih. Kini kehadiran kerupuk bantal telah banyak disukai oleh semua masyarakat, baik masyarakat ekonomi bawah hingga masyarakat ekonomi atas. Karena kerupuk bantal ini banyak dicari oleh orang banyak, hal ini tentu menjadikan peluang usaha yang dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku usahanya.


  1. Kerupuk Sayur

kerupuk sayur

Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utamahingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, sampai yang mahal. Disamping bahannya yang sangat mudah didapat, serta kandungan gizi sayurnya yang tinggi. Kerupuk Sayur ini juga memiliki rasa yang gurih dan renyah. Selain itu, Kerupuk Sayur saat ini sudah mulai berkembang dipasaran. Maka dari itu, Kerupuk Sayur ini menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan bagi Anda.


  1. Kerupuk Bangka

kerupuk bangka

Siapa yang tak kenal dengan cemilan yang satu ini. Bagi masyarakat Indonesia, kerupuk ini biasanya dijadikan pendamping makan. Kerupuk ini hampir mirip dengan kerupuk palembang, hanya saja berbeda ukuran. Ukuran kerupuk bangka sedikit lebih besar dibanding kerupuk palembang. Rasanya pun juga tidak kalah enak, Kerupuk Bangka ini punya citarasa yang khas dan juga gurih.


  1. Kerupuk Amplang

kerupuk amplang

Amplang ini merupakan kerupuk asli Kalimantan yang mempunyai cita rasa dan aroma ikan yang khas. Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan. Makanan ringan bercita rasa gurih ini seakan sudah menjadi oleh-oleh wajin bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan.


  1. Kerupuk Buah

kerupuk buah

Mungkin Anda sudah tidak merasa asing lagi dengan jenis kerupuk yang satu ini. Kerupuk yang berbahan dasar buah ini selalu mempunyai ketertarikannya sendiri di kalangan masyarakat, karena buah yang digunakan untuk pembuatan kerupuk ini bervariasi, bahkan hamper semua buah bisa dijadikan kerupuk, tergantung dari bagaimana cara mengolahnya. Di pasaran banyak kita temukan berbagai macam kerupuk buah. Kerupuk buah ini juga memiliki rasa yang gurih, ada juga yang manis, asin, dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba memproduksi kerupuk buah buatan Anda sendiri, karena kerupuk ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, jadi memiliki prospek bisnis kerupuk yang cerah.


  1. Kerupuk Sanjai

kerupuk sanjai

Kerupuk Sanjai adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong yang diiris tipis lalu digoreng dan diberi garam sebagai penyedapnya. Kerupuk ini sangat populer populer sebagai makanan oleh-oleh khas kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Pada umumnya ada tiga jenis rasa kerupuk sanjai, yaitu pedas, gurih, dan manis.

Demikian informasi mengenai 40 Aneka Bisnis Kerupuk Khas Indonesia yang menguntungkan bagi Anda. Mengingat karena banyaknya masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi kerupuk, membuat bisnis kerupuk ini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda jika mau memproduksi dan menjalankan bisnis kerupuk buatan Anda sendiri. Terima kasih.

 

 

 

By | 2017-11-15T10:33:49+00:00 September 28th, 2016|Artikel Proses|Comments Off on Sssst….! Ini Dahsyat, 40 Peluang Aneka Bisnis Kerupuk Khusus untuk Kamu!

About the Author: