Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele Dengan Mudah

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele Dengan Mudah

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Tulang Ikan Lele Dengan Mudah

 

Salah satu bisnis yang juga sangat menjanjikan adalah bisnis kerupuk ikan lele, bagaimana hal ini bisa sangat menjanjikan? Tentu bisnis ini memang tidak mudah dilakukan, namun bisnis ini memiliki peluang yang terbuka lebar, pasalnya banyak sekali orang yang suka makan dengan tambahan kerupuk, apalagi kerupuk ikan yang memang terdiri dari banyak jenis ikan dalam pembuatan nya.

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele

 

Salah satu ikan yang bisa anda gunakan adalah ikan lele, ikan lele yang merupakan ikan air tawar yang banyak disukai oleh masyarakat ini memiliki rasa yang enak dan gurih, jadi tidak heran jika ketika ikan lele digunakan sebagai bahan dalam membuat kerupuk ikan, maka ikan lele akan menarik banyak konsumen dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pecinta kerupuk.

Ikan lele memang dikenal karena tubuhnya yang licin dan memiliki kumis pada bagian depan nya, lele berbentuk memanjang dan daging yang dihasilkan juga sangat gurih. Hal ini membuat orang banyak yang membudidayakan ikan lele dan meraih sukses dengan berbisnis ikan lele. Dan saat ini adalah giliran anda untuk meraih sukses dengan menggunakan ikan lele sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk ikan dan menggebrak pasar dengan kerupuk ikan lele special buatan anda.

Untuk memulai bisnis kerupuk ikan lele memang tidaklah mudah, anda harus bisa membuatnya dan memiliki teknik pemasaran yang bagus. Untuk itu kami akan mengulaskan Cara memulai bisnis kerupuk ikan lele dengan mudah di bawah ini:

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele Dengan Mudah

 

Bisnis Kerupuk Ikan Lele

 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah belajar membuat kerupuk ikan lele, dan berikut adalah resep atau bahan yang anda perlukan untuk memulai bisnis kerupuk ikan lele:

  • Daging ikan lele tanpa tulang sebanyak 500 gram.
  • Tepung tapioca 500 gram.
  • Minyak goreng
  • Air sebanyak 100 ml.
  • Gula
  • Garam
  • Telur bebek atau telur ayam sebanyak 2 butir
  • Plastik
  • Tali karet atau benang.

Usahakan bahan-bahan di atas anda dapatkan dalam keadaan segar agar hasil yang anda dapatkan juga lebih enak dan gurih, untuk memproduksi kerupuk ikan yang lebih banyak, anda tinggal menambahkan bahan sesuai data di atas sebanyak yang anda inginkan, namun dengan takaran yang pas. Untuk mempersempit biaya produksi, sebaiknya anda juga menggunakan mesin pembuat kerupuk agar proses dalam pemisahan tulang atau pencampuran bahan menjadi lebih baik dan efisien.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele:

  1. Bersihkan ikan lele dari patil, sirip, dan isi perutnya hingga bersih, kemudian cuci bersih.
  2. Kemudian kukus ikan lele yang sudah dibersihkan tadi hingga matang dan dinginkan.
  3. Haluskan daging dengan mesin penggiling daging atau jika memang tidak ada, anda bisa menumbuknya, namun untuk sekala yang besar sebaiknya menggunakan mesin penggiling daging agar hasilnya lebih bagus.
  4. Campurkan tepung tapioka yang sudah anda persiapkan tadi dengan air sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan daging ikan lele yang sudah halus, garam, gula dan telur bebek.
  5. Aduk dan uleni campuran bahan tersebut hingga kalis dengan mesin pengaduk atau secara manual.
  6. Kemudian bungkus adonan tersebut dan masukkan adonan yang sudah di bungkus dengan plastik pembungkus ke dalam pengukus. Setelah matang, anda bisa mengangkatnya dan dinginkan.
  7. Iris tipis adonan yang sudah dingin tersebut, dan jemur hingga kering di bawah sinar matahari atau anda bisa menggunakan mesin pengering agar prosesnya lebih cepat.
  8. Kemudian anda goreng kerupuk lele yang sudah kering dan tiriskan. Setelah di rasa cukup, anda bisa mengemasnya dengan kemasan yang bagus agar banyak konsumen yang membelinya.
  9. Kerupuk ikan lele anda telah siap untuk dijual dalam keadaan yang sudah matang atau digoreng, atau anda juga bisa menjualnya dalam keadaan mentah atau kering dalam kemasan yang baik pula.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus memang membutuhkan alat yang bagus juga, anda membutuhkan alat pengering, alat penggiling daging, alat pemisah tulang dan lain sebagainya untuk membuat kerupuk ikan lele dalam skala besar. Hal ini dikarenakan hasil yang akan anda dapatkan juga akan lebih bagus lagi ketika menggunakan mesin, apalagi waktu anda juga tidak akan terbuang cukup lama hanya untuk menunggu proses produksi.

Untuk memulai usaha bisnis kerupuk ikan lele ini memang membutuhkan modal dan keseriusan karena bisnis kerupuk ikan lele ini sangat menjanjikan, anda hanya perlu 1 partner yang akan membantu anda dalam proses produksi, sehingga anda bisa mengajak kerja sama orang terdekat anda dengan system bagi hasil, sehingga untuk permulaan anda tidak perlu membayar karyawan.

Untuk proses pemasaran atau distribusi, anda bisa menitipkan nya pada toko-toko terdekat di wilayah anda, dan lakukan dengan manajemen yang baik dan bagus agar anda tidak mengalami kerugian. Dan untuk memperluas usaha anda, sebaiknya anda mendaftarkan merk dagang anda untuk kerupuk lele tersebut dan mendaftarkan nya ke BPOM karena kebanyakan swalayan akan menerima penitipan barang dagangan anda hanya dengan syarat tersebut. Dengan begitu, anda akan lebih bisa mendapatkan banyak pembeli.

Demikian informasi tentang Cara memulai bisnis kerupuk ikan lele dengan mudah yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda untuk membuka usaha kerupuk ikan lele. Terima kasih.

By | 2017-10-17T16:53:19+00:00 April 28th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele Dengan Mudah

About the Author: