Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Renyah Dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Renyah Dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Yang Renyah dan Gurih

Camilan memang merupakan salah satu makanan yang selalu menajadi pendamping ketika makan atau ketika melakukan kegiatan lain nya, salah satu camilan yang banyak digemari saat ini adalah kerupuk. Kerupuk memang menjadi makanan khas Indonesia yang biasa menjadi pendamping saat makan.

Salah satu kerupuk yang saat ini menjadi incaran masyarakat adalah kerupuk ikan, namun baru-baru ini juga ada kerupuk yang terbuat dari tulang ikan, kerupuk ini merupakan salah satu temuan yang sangat bermanfaat karena limbah dari tulang ikan menjadi berkurang karena ternyata tulang ikan bisa di manfaatkan menjadi makanan seperti kerupuk yang sangat enak rasanya.

Kerupuk Ikan Tulang Lele

 

Rasa dari kerupuk tulang ikan lele memang tidak jauh berbeda dengan kerupuk ikan yang terbuat dari daging ikan lele, kerupuk dari tulang ikan ini juga memiliki banyak manfaat pada kesehatan karena mengandung banyak kalsium dan fosfor untuk tubuh, sehingga jika tulang ikan hanya dijadikan limbah dan di buang begitu saja sangat di sayangkan.

Saat ini anda sudah bisa menemukan banyak sekali swalayan atau pedagang yang menjual kerupuk ikan dari tulang atau yang biasa disebut dengan kerupuk tulang ikan. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk ikut andil dalam pembuatan kerupuk tulang ikan serta membuat inovasi baru dan memulai bisnis kerupuk tulang ikan di daerah anda.

Kerupuk tulang ikan sama seperti kerupuk ikan yang bisa dijadikan sebuah usaha yang banyak mendatangkan keuntungan, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan pasar tentang kerupuk tulang ikan ini. Kerupuk tulang ikan memang terbilang baru, namun sudah banyak konsumen yang mencari kerupuk tulang ikan ini.

Bahkan dengan anda menggunakan kerupuk tulang ikan sebagai suatu bisnis, anda bisa memanfaatkan daging nya juga sebagai kerupuk ikan, sehingga anda akan mendapatkan 2 keuntungan dari daging ikan serta tulang ikan yang anda gunakan.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuatnya, anda bisa menyimak ulasan berikut ini, yaitu tentang Cara membuat kerupuk tulang ikan lele renyah dan gurih:

 

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tulang Lele

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu sebanyak 50%
  • Garam
  • Bawang
  • Tulang ikan lele yang telah di ambil dagingnya 50%.

 

Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Renyah Dan Gurih:

  1. Rebus ikan lele hingga lunak, jika ingin cepat, gunakanlah panci presto.
  2. Jika ikan sudah lunak, blender atau haluskan ikan lele tersebut.
  3. Kemudian campurkan ikan yang sudah dihaluskan tersebut dengan bumbu yang sudah di persiapkan sebelumnya.
  4. Kemudian tambahkan tepung tergitu ke dalam campuran ikan lele dan bumbu tersebut, dan aduk hingga rata, dalam menambahkan tepung, anda harus menambahkan nya secara sedikit demi sedikit agar adonan tercampur sempurna.
  5. Setelah dirasa adonan sudah kalis, atau tercampur sempurna, anda bisa segera membungkusnya ke dalam plastik atau daun pisang, atau anda juga bisa menggunakan cetakan.
  6. Setelah itu masukkan adonan tersebut ke dalam tempat pengukusan, dan kukus hingga adonan matang dan harum. Untuk mengetahuinya, anda bisa menusukkan sebuah lidi ke dalamnya, jika sudah matang maka adonan tidak akan menempel di pada lidi tersebut.
  7. Setelah itu angkat adonan yang sudah matang, dan biarkan hingga adonan benar-benar sudah dingin dan mengeras.
  8. Setelah adonan kerupuk ikan sudah dingin, anda bisa memotongnya tipis-tipis atau sesuai selera, namun untuk lebih bagusnya dipotong tipis agar mudah kering.
  9. Setelah itu keringkan kerupuk tulang ikan tersebut di bawah sinar matahari, atau gunakan mesin pengering kerupuk ikan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan lebih cepat.
  10. Setelah kering, kerupuk ikan sudah siap untuk di goreng, atau anda bisa menyimpan atau menjual kerupuk tulang ikan yang masih mentah.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, maka sebaiknya anda menggunakan mesin pembuat kerupuk ikan. Dan lakukan langkah-langkah di atas dengan baik dan benar. Jangan sampai anda melewatkan satu langkah saja karena hasilnya tentu akan berbeda dan kerupuk tulang akan gagal.

Demikian informasi tentang Cara membuat kerupuk tulang ikan lele renyah dan gurih yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu anda untuk membangun sebuah bisnis kerupuk ikan. Terima kasih.

By | 2016-11-09T09:48:59+00:00 April 24th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Renyah Dan Gurih

About the Author: