Cara bikin bawang goreng itu sangatlah mudah. Banyak khalayak ramai yang menyukai bawang goreng. Oleh karena itu terdapat banyak manfaatnya dan juga kegunaanya. Seperti inilah jenis bawang merah  yang digoreng tapi sebelumnya diiris terlebih dahulu hingga berwarna keemasan dan renyah.

Barang kali demikian ini ialah bumbu tabur yang patut digunakan sebagai pelengkap dalam makanan atau penyedap yang ditaburkan di atas beraneka masakan indonesia.

Pasti tidak asing jika kalian mendengar kata bawang goreng ditelinga anda. kalau dalam bahasa jawa biasanya disebut dengan nama brambang goreng. Sangat banyak yang menggemari bawang goreng/brambang goreng ini oleh beberapa orang.

Tidak sedikit yang tidak menyukai dengan bau bawang tersebut. Banyaknya penggemar bawang goreng ini juga membuat meningkatnya pembelian pada bawang merah.

Bawang

bawang

Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui apa itu Bawang. Bawang merupakan sebutan umum untuk tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam golongan genus allium,umbi, daun,atau bunga. Kalian bisa memanfaatkan bawang biasanya dengan sayuran atau sebagai rempah-rempah tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Macam-Macam Bawang

Hal yang utama yang harus kalian ketahui adalah macam-macam bawang. Dalam tradisi jawa, bawang faktanya lebih merujuk pada  jenis bawang putih.Oleh karena itu, menurut pendapat yang lebih luas,banyak yang menggunakan bawang dengan jenis-jenis yang berbeda-beda:

1. Bawang Merah (Allium cepa L. var Aggregatum)

Selain digunakan sebagai bumbu, bawang merah diyakni dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.Selanjutnya bawang goreng adalah salah satu bumbu utama dunia yang berasal dari pakistan dan pegunungan di sebelah utaranya, kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis.

2. Bawang Putih (Allium sativum)

Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium  dan juga sekaligus nama dari umbi yang berhasil dihasilkan. Tentu saja tumbuh di Asia Tengah, dan juga  mungkin sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu rempah-rempah umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

3. Bawang Bombai

Sepertinya dalam masakan internasional, bawang bombai (Allium cepa) lebih populer dari pada bawang merah. Faktanya  juga bawang bombai paling banyak dan sangat luas  danbanyak yang telah membudidayakannya,dan banyak yang memakai sebagai bumbu maupun bahan rempah-rempah untuk masakan, berbentuk bulat yang besar dan berdaging  cukup tebal.

4. Bawang Daun

Bawang daun merupakan sejenis bawang pareniall. Nama lain dalam bahasa asing untuk tumbuhan bawang daun ini termasuk green onion, spring onion, scallion, escallion, dan juga salad onion. Nama-nama ini dapat berarti menjadi jamak, karena memakainya untuk sejumlah tumbuhan  yang serupa, atau tumbuhan bawang berdaun yang lain.

5. Bawang Kucai

Biasanya,kita mengenal Bawang kucai sebagai sayuran daun. Kucai jarang ada yang memakai dalam menu masakan Indonesia. Nama kucai berasal dari Bahasa Hokkian,  yaitu “Kú-chhài”. Penggunaannya umum dalam masakan Tionghoa, seperti bubur ayam dll.

6. Bawang Prei

Bawang prei tergolong dalam genus allium yakni keluarga bawang. Rasanya mirip  seperti dengan bawang bombai, tetapi mungkin lebih kurang tajam. Banyak yang menggunakannya dalam masakan di Eropa. Mentumis didalam mentega hingga menjadi layu sebelum dicampur dengan masakan lainnya.

Bawang Goreng

Bawang goreng adalah bawang merah yang kalian mengirisnya kemudian digoreng hingga berwarna keemasan dan dan berstektur renyah. Memang bawang goreng ini adalah bumbu tabur yang lazim dan banyak yang mengggunakannya sebagai tambahan pelengkap atau penyedap.

Begitu pula di luar negeri terdapat sejenis makanan yang mirip dengan bawang goreng yaitu fried onion atau banyak yang menyebutnya dengan bawang bombay goreng, tidak menggunakan bawang merah, tetapi menggunakan bawang bombay yang ukurannya lebih besar.

Bawang goreng bisa membuat masakan menjadi lebih enak dengan aromanya yang harumpun bisa menambah nafsu makan kita menjadi bertambah.

Kegunaan Bawang Goreng

Disini kita tidak hanya membahas cara bikin bawang goreng saja,tetapi juga kegunaanya. Bawang goreng memiliki aroma yang harum dan cita rasa yang gurih tapi terdapat sedikit pahitnya.

Olahan bawang goreng yang renyah ini biasanya ditaburkan di atas nasi putih,nasi uduk,nasi goreng, dan banyak lagi makanan lainnya, sebagai bumbu pelengkap, penyedap atau penambah gurih, atau garnis hiasan makanan.

Bawang goreng juga dapat digunakan untuk beraneka makanan seperti sayuran, sup, semur, kari, mie, nasi putih, selada,dan makanan lainnya  sebagai taburan. Dan juga bawang goreng yang siap pakai dalam  bentuk kemasan biasanya tersedia di minimarket dan juga pasar swalayan.

  1. Nasi uduk ditaburi dengan bawang goreng
  2. Nasi goreng  ditaburi bawang goreng
  3. Semur ditaburi bawang goreng
  4. Bawang goreng dalam kemasan siap pakai.

Manfaat Bawang Goreng untuk Kesehatan

  1. Menyembuhkan pada gangguan pernafasan (batuk,pilek)
  2. Melancarkan dalam pencernaan
  3. Meningkatkan pada kesehatan jantung
  4. Menjaga kesehatan  pada sel tulang
  5. Meningkatkan kualitas tidur,dll

Tips Memilih Bawang dengan Kualitas Bagus

Karena betapa populernya bawang goreng yang berada di Indonesia ini, kini terdapat banyak jenis dan beberapa merek bawang goreng beredar yang banyak mempasarkannya. Berikut ini beberapa poin-poin banyak yang menjadikan sebagai  acuan untuk menemukan bawang goreng yang enak, gurih,dan lezat.

1 .Pilih Berdasarkan Jenis Bawangnya

 

Ketika sedang belanja bumbu dapur di pasar, kemungkinan banyak orang akan membeli bawang karena itu merupakan bagian bumbu dasar dalam setiap masakan.Terkadang orang asal beli bawang sehingga mendapatkan bawang  yang mudah busuk atau tidak berkualitas baik.

Untuk mendapatkan merah dengan kualitas yang bagus yaitu tidak basah,warna kulit tidak hitam,belum mengkupasnya,padat dan tidak bertunas.

2. Pilih Berdasarkan Varian Rasanya

 

Saat ini, bawang goreng banyak yang menjualnya di pasaran  dan memiliki banyak varian rasa yang bermacam-macam. Bawang goreng tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.Banyak orang yang menggemari karena rasanya yang enak dan gurih.

Anda bisa memilih bawang goreng rasa original bila anda menyukai aroma asli bawang yang khas. Jika menginginkan rasa yang bervariasi anda bisa memilih rasa yang kombinasi. Tinggal kalian pelajari saja cara bikinnya bagaimana.

3.Pilih Berdasarkan Jenis Kemasannya

Bawang goreng banyak yang menjualnya di pasaran hingga memiliki berbagai macam-macam kemasan. Namun biasanya, secara garis besar orang mengkemas bawang goreng dalam bentuk plastik atau dengan memasukanya kedalam stoples.

 

Cara Bikin Bawang Goreng

Berikut ini terdapat beberapa macam resep cara bikin bawang goreng :

1.Cara Bikin Bawang Goreng Original

cara bikin bawang goreng original

Bahan-bahan :

  • 250 gram bawang merah (kupas,cuci bersih)
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng
  • Secukupnya garam

Cara Bikin Bawang Goreng Original  :

  1. Cara bikin bawang goreng original yang pertama yaitu,mengiris tipis bawang,kemudian mentaburi dengan sedikit garam,remas2 supaya garam  dapat meresap (jangan meremas sampai hancur,cukup hingga rata saja).
  2. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan bawang ke dalam minyak  yang panas,masak dengan api sedang , terus mengaduknya supaya matangnya bisa merata. Ketika bawang terlihat sudah tidak basah dan sedikit kecoklatan segeralah mengangkatnya.
  3.  Angkatlah & tiriskan diatas tisue dapur dengan agak menyebarnya supaya minyak terserap dan bawang cepat kering tidak mengandung banyak minyak & menghasilkan bawang goreng yanaag renyah.
  4.  Bila sudah dingin segera masukkan ke dalam wadah yang  kedap udara dan siap menggunakanya untuk pelengkap aneka masakan.

Note: jangan mengiris langsung bawang dalam jumlah banyak karena bawang akan berubah warna dan tidak cantik lagi ketika sedang menggorengnya. Sebaiknya mengiris secukupnya, lalu langsung menggorengnya.

Kalau membuat dalam jumlah banyak sebaiknya ada yang mengiris dan ada yg langsung menggoreng supaya warnanya tidak berubah.

2. Cara Bikin Bawang Goreng Rasa Pedas

Bahan-bahan :

  • 1/2 Kg bawang merah yang diiris
  • Garam
  • Lada
  • Irisan cabe rawit,

Cara Bikin Bawang Goreng Rasa Pedas:

  1. Cara bikin bawang goreng rasa pedas yang pertama yaitu campurlah garam, lada dan cabe rawit ke dalam bawang merah yang kalian sudah mengirisnya,yang belum kalian goreng.
  2. Aduk-aduk sampai  semuanya hingga merata
  3. Kemudian gorenglah dalam minyak yang panas.
  4. Ketika bawang sudah mulai menguning, angkatlah. Jangan menunggu sampai coklat supaya bawang tidak gosong.

3. Cara Bikin Bawang Goreng Rasa Balado

cara bikin bawang goreng balado cara bikin bawang goreng rasa balado

Bahan-bahan :

  • 1 kg bawang merah
  • 3 sdm Tepung maisena
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm bubuk balado
  • Royco
  • Minyak goreng

Cara Bikin Bawang Goreng Rasa Balado :

  1. Cara bikin bawang goreng rasa balado yang pertama yaitu,kupaslah dan potong tipis bawang merah
  2. Campurkan semua bahan pelengkap dengan bawang merah yang sudah di potong-potong. Mendiamkanlah selama  kurang lebih 10 menit goreng sampai kecoklatan
  3. Tiriskan di atas tisu / kertas agar minyaknya hilang

4.Cara Bikin Bawang Goreng Rasa Keju

Bahan-bahan :

  • 150 gr bawang merah (berat setelah dikupas)
  • 100 gr keju chedhar
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya bubuk cabe
  • Sedikit kaldu bubuk (boleh g pake)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Bikin Bawang Goreng Rasa Keju :

  1. Cara bikin bawang goreng rasa keju mendahuluilah dengan,kupas bawang merah.mengirisnya, lalu angin-anginkan  selama 30 menit.
  2. Setelah 30 menit, masukanlah 1 sdm tepung beras + garam. Mengaduklah hingga tercampur rata.
  3. Goreng dengan minyak panas. Api jangan terlalu besar.Sesekali mengaduklah dengan telaten.
  4. Setelah mulai menguning angkat lalu tiriskan.(nanti akan matang sendiri). Jangan menunggu kuning semua agar tidak terasa pahit.
  5. Oven keju dengan api kecil supaya keju kering tanpa gosong. Meletakanlah dirak atas.
  6. Setelah kurang lebih 15menit. Angkat  lalu medinginkannya. Campur dengan bawang goreng. Memberilah bubuk cabe dan kaldu bubuk bila suka. Mengaduk hingga tercampur rata.
  7. Setelah tercampur rata masukan toples.Siap memakannya bersama nasi hangat.

Bawang Bombay Goreng (Onion Ring)

Bawang bombay goreng atau Onion ring biasanya menghidangkannya bersama dengan hotdog dan burger. Onion ring memiliki rasa yang gurih serta manis. Makanan dengan bahan utama jenis bawang bombay ini di luar negeri juga terkenal. Biasanya kalau di sana menyebutnya dengan onion blossom.

Rasa onion ring yang berada di Indonesia ini juga tidak kalah lezatnya  jika dibandingkan dengan onion blossom.Tetapi untuk membuat onion ring ini bisa dibilang gampang-gampang sulit, dan juga tidak bisa memasaknya dengan cara sembarangan. Ingin menjadi crispy,alih-alih malah menjadi lembek.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

  1. Menjaga daya tahan tubuh
  2. Sumber makanan rendah gula dan hampir bebas lemak
  3. Memperkuat struktur gigi
  4. Mencukupi kebutuhan vitamin C harian
  5. Menurunkan kadar kolestrol dan gula darah
  6. Mencegah infeksi
  7. Anti kanker

Cara Bikin Bawang Bombay Goreng (Onion Ring)

cara bikin bawang bombay

Bahan-bahan :

  • 1buah bawang bombay ukuran besar
  • Tepung roti atau panir secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 2 cangkir tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air es secukupnya

Cara Bikin Bawang Bombay Goreng :

  1. Mengiris bawang bombay  dengan berbentuk lingkaran, melepaskan hasil potongan supaya bawang dapat semakin banyak.
  2. Merendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit. Lalu tiriskan.
  3. Mebuat adonan yang kering,kemudian mencampurlah tepung meizena, tepung terigu, kaldu bubuk, merica,dan garam. Mengaduk-aduk secara rata.
  4. Membaluri bawang dengan sedikit adonan tepung, lalu mensisihkannya.
  5. Membuatlah adonan yang basah, masukkan air es ke dalam adonan kering, megaduk secara rata. Membuat adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer.
  6. Mencelupkan bawang ke adonan basah, lalu membaluri dengan tepung roti atau panir.
  7. Menggoreng bawang sampai berwarna kecoklatan.

Cara Pemula Untuk Bisnis Usaha Bawang Goreng

  1. Memilih bawang merah dengan kualitas yang bagus
  2. Menggunakan minyak yang berkualitas tinggi
  3. Memakai alat memasak yang berkualitas
  4. Menggunkan mesin penyaring minyak
  5. Pasarkan di sosial media atau media cetak
  6. Fokus memulai usaha bawang goreng

Konsumen Bawang Goreng

Bawang goreng banyak yang membutuhkannya terutama oleh para ibu-ibu rumah tangga dan para pengusaha kuliner besar maupun kecil. Mereka merupakan konsumen dan target pasar untuk memudahkan dalam bisnis bawang goreng.

Sehingga bawang goreng ini memiliki target pasar yang besar menjadi sangat sangat tepat apabila anda yang memulai bisinis memilih berbisnis dengan mengandalkan bawang goreng.

Pemasaran Bawang Goreng

Supaya usaha bawang goreng ini dapat diterima oleh banyaknya masyarakat pada umumnya maka sangat diperlukan  untuk membuat kemasasan bawang goreng yang berkualitas serta menarik. Serta cara bikin bawang goreng harus dengan benar dan berkualitas.

Perlu juga mencantumkan kode kadaluarsanya dan mendaftarkannya di BPOM serta mensertifikasi halal. Supaya bawang goreng yang dipasarkan ini dapat diterima banyak masyarakat dengan baik dan bisa banyak yang mudah mempercayainya.

Cara Menarik Pelanggan

  1. Memberikan sesuatu / hadiah
  2. Temui berbagai banyak orang
  3. Melihat kembali hasil laporan penghasilan dan produk anda
  4. Membuat sesuatu yang unik
  5. Tunjukkan keahlian anda
  6. Menggunakan tekhnologi yang canggih
  7. Bikin sebuah perlombaan hadiah / giveaway
  8. Membuat sebuah acara seminar
  9. Menggunakan strategi pemasaran yang berbeda-beda
  10. Temukan mitra bisnis yang dapat membantu anda

Tips Usaha Bawang Goreng

Bahwa anda mungkin sudah mengetahui beberapa persiapan awal sebelum memulai sebuah usaha bawang goreng, jadi jangan lupa anda untuk memperhatikan bagaimana kualitas produk yang akan anda buat.

Karena  jika konsumen akan semakin merasa senang dengan produk kita jika produk kita lebih berkualitas. Walaupun konsumen akan rela merogoh dompet lebih dalam lagi. Maka dari itu cara bikin bawang gorengnya harus dengan benar.

Perhatikan juga  bagaimana strateginya penjualan, jika anda ingin serius menekuni  dalam usaha bawang goreng ini maka anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan yang lebih besar.

Mesin Pengupas Bawang Merah Dan Putih

Cara mudah mengupas bawang yaitu dengan mesin pengupas bawang. Untuk mengupas bawang merah atau bawang putih sebagian umumnya  sama menggunakan dengan proses sistem manual, dan itu biasanya akan lama prosesnya.

Untuk lebih mudahnya proses dalam pengupasan bawang merah dan bawang putih.Kami akan memberikan solusi mengenai sebuah alat dan mesin pengupas bawang. Mesin ini beroperasi dengan adanya sistem rotari yang digerakkan oleh motor.

Kemudian bawang yang sedang berputar itu akan bersentuhan langsung dengan karet-karet pelepas kulit ari bawang dan justru malah akan mempermudah pelepasannya menggunakan dengan media air.Tingkat rendemen kulit ari bawang yang mengelupas mencapai 80-90%.

Hal ini sangat membantu mempermudah mengelupas kulit ari secara cepat. Kami mempunyai beberapa jenis mesin pengupas bawang merah dan bawang putih yang bisa untuk anda andalkan dan menjadi referensi dan bisa juga mensesuaikannya dengan kapasitas yang anda inginkan.

Mungkin mulai dari yang sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti alat pengupas bawang. Oleh karena itu Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan beberapa macam mesin dari kami.

Rumah mesin hanya akan memberikan produk yang berkualitas untuk anda.  Oleh karena itu oleh tenaga ahli kami  membuatnya sendiri, dan sudah melewati Quality Control.Serta bisa anda mencoba sebelum anda membawanya pulang.

Sehingga anda akan lebih merasa puas terhadap pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas bagi kami.

Jadi berikut adalah artikel mengenai cara bikin bawang goreng. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Penjelasan diatas disimpulkan bahwa beberapa cara bikin bawang goreng itu sangatlah mudah.

Bisa memudahkan menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan khususnya dalam hal praktik dimana ingin menggeluti  dalam usaha bawang goreng. Terimakasih

 

 

 

WhatsApp Chat Whatsapp!