Cara Bikin Kerupuk Sayuran yang Sehat dan Enak, Yukk Cobain!!

cara bikin kerupuk

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Kerupuk Sayur dan juga tips-tips lainnya yang bermanfaat tentunya.

Tidak lengkap rasanya bukan, jika makanan anda tidak di lengkapi dengan kerupuk? Dengan renyahan kerupuk dapat membuat sensai makan menjadi lebih sedap.

Nahh buat kalian yang mau tau, baca yuukkk…

Pengertian Kerupuk Sayuran

cara bikin kerupuk

Kerupuk sayuran adalah kerupuk yang terbuat dari sayut-mayur, contoh sayuran yang sering di jadikan sebagai bahan baku kerupuk adalah sayur bayam, dan sayur-sayuran yang lainnya.

Dengan di buatnya kerupuk sayuran ini, kita bisa dimudahkan dalam memakan sayur. Dan tentunya baik untuk tubuh dan sehat juga loh!

Sejarah Kerupuk di Indonesia

Selain menjadi kudapan pendamping makan, kerupuk juga identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tidak lengkap jika pada saat lomba 17 Agustus tak di rayakan dengan lomba makan kerupuk.

Tapi terlepas dari asyiknya lomba makan kerupuk, ada sejarah kerupuk yang ternyata sudah menjadi makanan pendamping sejak dahulu kala loh.

“Kerupuk sudah tercatat dalam naskah Jawa kuno sejak sebelum abad ke-10 Masehi”

Dengan itu kerupuk berarti sudah menjadi makanan pendamping untuk masyarakat kuno pada saat itu. Nah rambak adalah salah satu kerupuk yang paling tua dan sudah lama di konsumsi oleh orang-oarang.

Dulunya rambak di buat sebagai makanan yang memanfaatkan kulit sapi atau kerbau. Namun berbeda dengan kerupuk aci, kerupuk ini di buat karena banyaknya produksi singkong di tanah Jawa pada abad ke-19.

Mengenal Kerupuk

Jenis dari kerupuk pun sangat beragam. Walaupun kebanyakan bahan bakunya menggunakan tepung tapioka, tapi ada juga yang terbuat dari nasi, beras ketan, biji melinjo, hingga kulit sapi atau kerbau.

Dalam proses produksi, penambahan zat lain juga di berikan dalam adonan seperti ikan, udang, bawang, garam, penikmat rasa, sampai pewarna buatan.

Adonan kerupuk tersebut lalu di bentuk kemudian di jemur hingga kering sebelum akhirnya siap di bungkus dalam kemasan.

Ada beberapa macam kerupuk yang populer di Indonesia yaitu kerupuk putih (di kenal juga dengan kerupuk uyel), kerupuk warna-warni; kerupuk udang, kerupuk ikan; kerupuk kulit dan emping. Kebanyakan macam-macam kerupuk di atas melengkapi makanan seperti nasi goreng, gado-gado, ketoprak, dan soto.

Kerupuk itu tergolong dalam makanan olahan karena di jual dalam bentuk kemasan dan masih dalam bentuk mentah sehingga perlu di goreng lagi.

Baca Juga : Tips Memilih Bahan Pakan Itik Yang Berkualitas Untuk Ternak Itik Anda

Kandungan Gizi Kerupuk Sayuran

Apakah Anda sering mengonsumsi olahan keripik dari sayur? Sekarang sudah pasti terdapat cukup banyak olahan kerupuk dari sayuran misalnya kerupuk bayam, kerupuk wortel atau kerupuk dari daun yang lain.

Pada umunya kerupuk sayuran, misalnya dengan sayur bayam, di sajikan dengan tepung lalu di goreng. Kira-kira apakah kandungan gizi sayurnya jadi berkurang?

Kerupuk sayuran sekarang ini sudah menjadi salah satu bentuk olahan lain dari sayur. Pemanfaatan sayur-mayur untuk olahan kerupuk sudah bisa di jadikan alternatif unyuk mendapat manfaat dari sayur tersebut.

Tetapi penggunaan minyak goreng dan tepung pada olahan keripik juga sangat memengaruhi kandungan gizi pada kerupuk tersebut.

  • Memiliki Kandungan Serat yang Cukup Tinggi

Kandungan serat pada 100 gram keripik sayur dari daun cukup tinggi yaitu sekitar 4 gram serat dalam 100 gram, atau setara 1 mangkuk sedang, keripik daun.

Kandungan dalam kerupuk sayuran ini tidak sama dengan kandungannya jika di sajikan dalam kondisi sayur segar, yaitu 6 gram, namun 4 gram serat dalam 100 gram bahan makanan termasuk kandungan yang cukup tinggi.

  • Tinggi Kandungan Karbohidrat

Jika menambahkan tepung terigu berarti sama saja menambah kandungan karbohidrat, kandungan karbohidrat pada keripik sayur menjadi lebih tinggi jika di bandingkan dengan sayur saat di sajikan segar, hal ini tentu menjadi tambahan kalori pada tubuh.

  • Kandungan Lemak yang Tinggi

Pada seluruh bahan makanan tentu akan menyerap minyak yang di gunakan untuk menggoreng makanan, begitu juga dengan sayur. Dalam 100 gram kerupuk sayur terdapat 7 gram lemak yang termasuk cukup tinggi.

7 Manfaat Kerupuk

  • Dapat Mengobati Maag

Manfaat kerupuk pertama yaitu dapat mengobati sakit maag.  Kerupuk sayur bisa untuk menyembuhkan rasa mual dan perih pada perut akibat masalah maag.

Jika anda  sering mengalami gejala maag, kalian bisa mencoba untuk memakan kerupuk setiap gejala tersebut muncul.

Dengan memakan kerupuk ini, bisa mengatasi rasa sakit dan juga perih di lambung  dapat menghilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

  • Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat mengkonsumsi kerupuk kulit selanjutnya yaitu baik untuk pertumbuhan tulang. Meski sekedar makanan ringan, namun kerupuk kulit punya kandungan protein hewani cukup tinggi, misalnya kalsium dan fosfor.

Kandungan kalsium dan fosfor sangat bagus sebagai pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi mengonsumsi kerupuk sangat bermanfaat bagi kalian yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain di sukai orang dewasa, kerupuk kulit juga di sukai oleh anak-anak.

  • Menambah Cadangan Energi

Kerupuk kulit juga dapat membantu menambah cadangan energi. Memakan kerupuk pada pagi hari atau siang hari lebih baik daripada malam hari karena bermanfaat sebagai penambah cadangan energi.

Kandungan protein hewani di dalamnya dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu aktivitas harian.

  • Tinggi akan Kandungan Protein

Kerupuk kulit merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang bermanfaat, dalam makanan ini adalah kandungan proteinnya yang tinggi.

Manfaat protein dalam kesehatan salah satunya bagus untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan, berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

Membantu pembentukan hormon dan keseimbangan hormon merupakan fungsi dari protein hewani.

  • Baik untuk Pencernaan

Kerupuk sayur yang di buat dengan sayuran mengandung serat yang  tinggi. Serat ini penting untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sulit BAB. Jadi dengan konsumsi kerupuk sayur setelah makan cukup baik bagi sistem pencernaan.

  • Rendah Kalori

Kerupuk sayur ini juga bisa di jadikan camilan ketika diet. Jika kalian sedang menjalani program diet, kerupuk ini merupakan salah satu makanan yang bisa kalian makan.

Kerupuk kulit ternyata rendah kalori, sehingga mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan kegemukan dan cocok di jadikan sebagai pendamping diet.

  • Penawar Rasa Pedas

Manfaat kerupuk sayur selanjutnya yaitu dapat di jadikan sebagai penawar rasa pedas. Pada kerupuk sayur terkandung minyak alami dari sayur-sayuran tersebut.

Yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa pedas di lidah. Jadi lebih baik makan kerupuk sayur untuk menghilangkan pedas dari pada dengan banyak minum air putih.

Efek Samping Mengonsumsi Kerupuk Berlebihan

Selain mengetahui manfaat kerupuk, kerupuk juga memiliki efek samping ketika dikonsumsi secara berlebihan diantaranya :

  • Kerupuk sayur mempunyai kandungan minyak yang cukup banyak, jika tidak di lakukan penyerapan minyak ,terutama jika sudah melewati proses penggorengan berulang-ulang. Dampak buruknya bagi kesehatan bisa menyebabkan kadar kolesterol menaik.
  • Dalam pengolahan yang salah kerupuk sayur sering di jumpai banyak yang mengandung bahan pengawet, pewarna makanan, MSG yang tinggi, kandungan tersebut tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  • Kerupuk sayur mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol jika mengonsumsi secara berlebihan.
  • Mengakibatkan berat badan berlebih atau obesitas, yang dapat berisiko pada penyakit kronis seperti jantung, diabetes dan stroke.

Dari uraian di atas manfaat dan efek samping mengkonsumsi krupuk kulit di atas maka sebaiknya memilih mengkonsumsi krupuk kulit yang terbaik kualitasnya dan membeli produk yang berasal dari sumber yang terbaik cara pengolahannya.

Hal yang Perlu Di Perhatikan Ketika Ingin Memakan Kerupuk 

  • Pilih kemasan terkecil
  • Perhatikankandungan lemaknya
  • Pilih yang mengandung sedikit garam
  • Lihat keterangan tabel informasi nilai gizinya apabila ada

Itu lah mengapa sebaiknya di sarankan untuk membatasi konsumsi kerupuk atau menggantinya dengan cemilan yang sehat seperti buah-buahan.

Selain itu, jika ingin mengonsumsi kerupuk lebih baik di goreng sendiri menggunakan minyak yang baru, bukan minyak yang di pakai berulang karena berbahaya untuk kesehatan.

Manfaat Sayuran

cara bikin kerupuk

Manfaat sayuran itu sebagai sumber serat, vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh dan juga kesehatan. Sayuran pun memiliki banyak sekali jenis yang mampu meningkatkan kesehatan serta metabolisme tubuh. Lebih jelasnya silahkan di simak infonya :

  • Melancarkan BAB
  • Sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh
  • Pencernaan yang sehat
  • Sumber utama serat
  • Meningkatkan sistem imun
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan kesehatan syaraf serta mata

Khasiat Sayuran

cara bikin kerupuk

  1. Mengonsumsi sayuran dengan rutin maka bisa menjaga gula darah agar selalu terkendali dan bisa menyembuhkan penyakit.
  2. Dapat di gunakan untuk menurunkan berat badan secara cepat dan efektif.
  3. Bisa di gunakan untuk mendinginkan otot dan saraf yang tegang dan baik untuk menurunkan berat badan.
  4. Dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mengobati masalah kulit.
  5. Bayam merupakan salah satu sayuran yang baik untuk meningkatkan zat besi serta sel darah merah. Kandungan kalsium pada bayam juga baik untuk kesehatan tulang.
  6. Brokoli juga menjadi sayuran yang kaya zat antioksidan baik untuk menghindarkan kerusakan pada sel karena radiasi sinar ultra violet yang bisa menyebabkan kanker.

Resep Kerupuk Sayur Wortel

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Sayur Wortel

  • 1 kg wortel
  • ½ ons bawang putih
  • 1 kg tepung terigu
  • 1 ons garam
  • ½ ons bawang merah
  • 50 gram gula sebanyak
  • 20 gram penyedap rasa
  • Ketumbar secukupnya

Cara Bikin Kerupuk Sayur Wortel

  1. Siapkan wortel dan kupas kulitnya lalu bersihkan.
  2. Jika sudah bersih, maka rebus wortel sampai menjadi lembek, kemudian di tiriskan.
  3. Kemudian wortel dapat di haluskan sampai menjadi bubur.
  4. Lalu campurkan bubur wortel dengan tepung serta bumbu lain, kemudian campur dengan merata dan sempurna.
  5. Adonan keripik yang telah di campur merata ini di kukus selama 1 jam. Bila sudah matang angkat dan adonan bisa di dinginkan selama seharian hingga adonan mengeras.
  6. Jika adonan sudah mengeras dan potonglah adonan dengan ketebalan 1-2 ml supaya tidak terlalu keras serta dapat mengembang sempurna ketika di goreng
  7. Kerupuk wortel yang sudah selesai di potong semua, selanjutnya di jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  8. Goreng keripik wortel hingga matang dan sajikan sebagai menu camilan.
  9. Bisa juga kemas kerupuk wortel menggunakan pengemas dan hand sealer agar aman.

Resep Kerupuk Bayam

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Bayam 

  • 250 ml santan
  • 150 gram tepung beras
  • 150 gram daun bayam
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 50 gram tepung kanji
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Bayam (Bumbu Halus)

  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • ½ cm kencur
  • 1½ sendok teh garam

Cara Bikin Kerupuk Bayam

  1. Cuci daun bayam hingga bersih usahakan jangan sampai sobek, kemudian di tiriskan.
  2. Lalu tepung beras di campur dengan tepung kanji dengan santan dan aduk sampai merata dan licin.
  3. Masukan bumbu halus dan beri air kapur siri aduk hingga merata semua.
  4. Panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang,
  5. Lalu celupkan bayam satu persatu ke dalam adonan tepung hingga semua daun terendam.
  6. Masukan daun bayam yang telah di celupkan ke adonan tepung di minyak yang panas, goreng hingga matang dan kering.
  7. Jika sudah maka daun bayam siap di angkat dan tiriskan.
  8. Bisa juga kemas kerupuk bayam menggunakan pengemas dan hand sealer agar aman.

Resep Kerupuk Sawi

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Sawi

  • 100 gram tepung beras
  • 4 butir kemiri
  • 1 1/2 sdm tepung maizena
  • Bawang putih 1 siung
  • 1 1/2 sdm  udang kering
  • 3 sendok teh garam
  • 10 lembar daun sawi utuh
  • 125 militer air
  • Minyak goreng

Cara Bikin Kerupuk Sawi

  1. Cucilah sawi sampai bersih dan siap di gunakan. Iris-iris sawi menjadi beberapa potongan dan sisihkan.
  2. Kemudian kupas kulit bawang putih dan haluskan.
  3. Haluskan juga kemiri dan juga udang kering yang sudah di siapkan sebelumnya
  4. Kemudian campurkan tepung maizena, tepung beras, kemiri yang telah di haluskan bawang putih, udang kering serta garam di dalam satu wadah. Dan aduk semua jenis bahan ini sampai merata dan adonan mulai terbentuk.
  5. Lalu masukkan potongan sawi satu per satu ke dalam adonan tepung tadi sampai merata.
  6. Kemudian panaskan minyak goreng. Lalu goreng sawi sampai berubah warna.
  7. Apabila sudah matang lalu angkat dan sisihkan.
  8. Kerupuk sawi ini pun telah siap disajikan.
  9. Bisa juga kemas kerupuk sawi menggunakan pengemas dan hand sealer agar aman.

Resep Kerupuk Tomat

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Tomat

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • ½ sendok teh baking powder
  • 35 gram tepung sagu
  • ¼ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 2 batang seledri, diiris halus
  • ½ sendok teh garam
  • 100 gram tomat (di rebus dan haluskan)
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 sendok makan saus tomat
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Bikin Kerupuk Tomat

  1. Pertama, campur tepung sagu, tepung terigu, kalud ayam, baking powder, merica dan garam lalu aduk hingga merata semua.
  2. Kemudian bahan yang tadi masukkan dengan blenderan tomat, saus tomat, daun bawang serta seledri. Aduk sampai merata dan gumpalkan.
  3. Giling adonan sampai tipis menggunakan gilingan mi dari ketebalan paling besar sampai ketebalan paling tipis. Pengilingan adonan di lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali pada tiap ukuran gilingan sambil di taburi dengan tepung terigu.
  4. Potong – potong bulat dengan diameter 5 cm.
  5. Panaskan minyak lalu goreng kerupuk hingga matang dan kering.
  6. Bisa juga kemas kerupuk tomat menggunakan pengemas dan hand sealer agar aman.

Resep Kerupuk Seledri

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Seledri

  • 170 gram tepung tapioka
  • Air secukupnya
  • ¼ sendok teh garam atau sesuai selera
  • ½ sendok makan kaldu bubuk
  • 2 siung awang putih, haluskan
  • 170 gram tepung terigu
  • Daun seledri cincang halus.

Cara Bikin Kerupuk Seledri

  1. Tepung terigu, tepung tapioca, kaldu bubuk, garam, dan daun seledri di campur.
  2. Beri tambahan air sedikit sedikit dan uleni sampai kalis sampai bisa di bentuk.
  3. Bentuk menjadi bulat bulat kecil dan giling adonan dengan menggunakan gilingan molen.
  4. Panaskan minyak goreng, lalu goreng sampai kecoklatan.
  5. Simpan dalam toples dan sajikan.
  6. Bisa juga kemas kerupuk seledri menggunakan pengemas dan hand sealer agar aman.

Resep Kerupuk Kentang

Bahan-bahan untuk Bikin Kerupuk Kentang

  • Kentang 1
  • Bawang Putih 1 ons
  • 1 kg  tepung sagu
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Bikin Kerupuk Kentang

  1. Pertama siapkan kentang kemudian di rebus sampai matang lalu tiriskan kentang, kupas kulit kentang dan di haluskan.
  2. Kemudian campur kentang yang sudah di haluskan dengan tepung sagu, bawang putih, dan garam lalu aduk adonan hingga rata.
  3. Jika kalian ingin kerupuk kentangnya berwarna-warni, maka bagi adonan menjadi 4 bagian kemudian beri warna masing-masing bagian yang berbeda warna.
  4. Kemudian jika sudah, giling adonan sampai pipih kira-kira 1/2 cm. Jika telah pipih semua, tumpuklah adonan  tersebut sampai menjadi lonjong memanjang panjangnya per satu  jengkal.
  5. Kukus adonan kerupuk ini selama 30 menit.
  6. Jika sudah kukus, angkat dan dinginkan. Lalu potong tipis – tipis.
  7. Jemur kerupuk kentang hingga kering
  8. Apabila sudah kering maka kerupuk kentang siap di goreng dengan menggunakan minyak panas.
  9. Kerupuk kentang pun telah siap di sajikan.
  10. Bisa juga kemas kerupuk kentang menggunakan pengemas dan hand sealer agar aman.

 

Sekarang sayur bisa di olah menjadi cemilan berupa kerupuk. Membuat berbagai macam kerupuk sayuran itu cukup mudah dan pastinya sehat. Kerupuk sayur merupakan olahan makanan yang cukup menarik.

Tetapi perlu di perhatikan juga kalau mengonsumsi kerupuk  sayur juga akan menambah asupan kalori dan lemak dalam tubuh. Jadi pastikan agar konsumsinya tidak berlebihan ya.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat kerupuk sayur. Semoga informasi yang telah saya sampaikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam pembuatan kerupuk sayur.

Selamat mencoba semuanyaa, semoga berhasil yaa!!

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •