Setiap orang menginginkan minyak kelapa yang murni dan sehat saat dikonsumsi. Namun dipasaran banyak juga kecurangan yang dilakukan. solusinya kita dapat membuat sendiri dengan Cara buat minyak kelapa murni yang sehat cukuplah mudah.

Apa Itu Minyak Kelapa?Gambar Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dari bahan dasar buah kelapa segar. Minyak ini sendiri di buat dengan cara mengambil Minyak yang terkandung dalam Buah Kelapa. Menggunakan metode pendinginan maupun pemanasan.

Minyak Kelapa Murni memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang sangat rendah, tidak berwarna (bening/transparan), harum, serta tahan lama.

Manfaat Dari Minyak Kelapa Sendiri

1. Mempertajam Fungsi Dari Kognitif Otak

Manfaat minyak kelapa yang sangat bermanfaat adalah memiliki kandungan asam lemak rantai sedang. Asam Lemak Rantai Sedang bukan hanya mudah diserap oleh hati dibandingkan dengan jenis asam lemak yang lainnya. Tetapi juga dimetabolisme lebih cepat.

Asam lemak ini juga dapat diolah lebih lanjut menjadi makanan keton/gugus fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Di dampingi dengan cara pola diet yang rendah karbohidrat. asupan keton/gugus fungsi dapat menyediakan sampai 70% dari energi yang dibutuhkan oleh otak kita.

Sudah terbukti memiliki peluang efek terapi bagi orang yang menderita kehilangan memori seperti dalam kasus penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri merupakan sebuah penyakit degeneratif progresif yang ada dalam otak dan pada umumnya menyerang banyak orang tua. Yang mana berkaitan pada perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak manusia.

Gejala dari penyakit ini seperti kebingungan,disorientasi,kegagalan memori,gangguan bicara,dan demensia. Yang penyebabnya belum pasti diketahui. Selain itu juga,senyawa fenolif yang unik dan hormon yang ditemukan dalam kandungan minyak kelapa dara mungkin dapat mencegah agregasi petida beta amiloid.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa murni, sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan asam-asam lemak lainnya.

Tubuh manusia dapat dengan mudah mengubah lemak menjadi energi. Keton/gugus fungsi, yaitu sebagai salah satu bentuk energi yang dihasilkan dari metabolisme lemak, diketahui memiliki efek mengurangi nafsu pada makan.

Manfaat minyak kelapa murni ini sudah terbukti sangat efektif membantu tubuh kita untuk menghilangkan atau mengurangi lemak pada tubuh yang ada pada perut kita. Lemak tersebut terkait dengan berbagai macam-macam penyakit yang bahkan sampai penyakit kronis.

Cara penggunaan seperti ini penting bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena pada dasarnya minyak kelapa dara ini membantu meningkatkan metabolisme Anda.

Satu studi telah menemukan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari akan meningkat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Oleh karena itu,manfaat minyak kelapa murni juga termasuk membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Minyak kelapa murni ini bisa membuat manusia memiliki sistem percenaan yang lebih baik untuk membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis-jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak , seperti magnesium dan kaksium.

Sebagian studi telah menguji bahwa MCT dalam kandungan Minyak kelapa murni benar-benar bisa mempromisikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya, Bisa dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme tubuh kita.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi Minyak kelapa murni dapat membantu melawan penyakit karena kandungan yang ada di dalamnya menjadi anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau terinfeksi apapun, cobalah untuk mengonsumsi minyak kelapa ini.

5. Membunuh Bakteri Dan Virus Penyebab Infeksi

Hampir 50% dari asam lemak yang terkandung/terdapat dalam Minyak kelapa murni adalah asam laruat. Ketika asam laruat dicerna, asam lemak sehat akan berubah menjadi zat-zat yang disebut dengan monolurin. Asam laruat dan monolaruin diketahui bisa membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi.

Spesifikasinya, kedua zat ini dalam minyak kelapa murni sudah terbukti mampu membunuh bakteri Stapahylococcus Aureus (patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, yaitu penyebab umum berbagai infeksi jamur.

Asam laruat diketahui baik untuk kesehatan jantung kita dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol. Manfaat lainnya dari Minyak kelapa murni adalah mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

6. Menaikkan Kadar Kolesterol Baik

Minyak kelapa murni dapat meningkatkan kadar kolesterol yang sangat baik dalam darah. Tidak semua kolesterol itu jahat adapun kolestrol baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita jadi jangan menyimpulkan bahwa semua  yang berkaitan dengan kolesterol itu selalu tidak baik .

Kolesterol yang dibawa oleh protein di dalam darah adalah lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein yaitu HDL (high-density lipoprotein) atau bisa di sebut kolesterol baik dan juga LDL (low-density lipoprotein) atau juga bisa di sebut kolesterol jahat.

7. Mengurangi Frekuensi Kejang Anak

Kandungan pada Asam Lemak Rantai Sedang dalam Minyak kelapa murni dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton. Selanjutnya akan dikirim ke otak sebagai sumber energi utama pada otak.

Bila kita mengkonsumsi minyak kelapa murni ini dilakukan secara teratur dan diet dengan cara makan makanan yang berkarbohidrat rendah maka, hasilnya akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan.

Yang mana bisa membantu mengurangi kejadian kejang-kejang pada anak yang memiliki epilespsi. Bahkan pada anak-anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat-obatan sekalipun.

8. Menyeimbangkan Hormon

Minyak kelapa bermanfaat baik untuk hormon. Minyak kelapa ini bisa membantu menyeimbangkan hormon secara alami. karena ini adalah sumber lemak jenuh yang hebat termasuk juga asam laurat. Sebagian studi menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa menjadi lemak yang sangat baik untuk dikonsumsi selama masa-masa menopause.

9. Membantu Kelenjar Tiroid

Sudah banyak orang yang percaya mengkonsumsi Minyak kelapa murni. karena Manfaat Minyak ini dapat membantu mengurangi gejala Hipotiroidisme. Namun,bukti ilmiah yang ada berlawanan dengan hal tersebut. Banyak dari orang penyakit Hipotiroidisme sukses memperbaiki Hipotiroidisme mereka sendiri dan berhenti menggunakan obat-obatan.

Perlu diingat,bahwa hal-hal tersebut tidak selamanya bekerja untuk setiap orang dan sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Untuk menyeimbangkan hormon secara alami, dapat melakukan dengan cara kurangi konsumsi gula dan gandum dan konsumsilah lemak sehat dari kelapa, alpukat, biji rami dan ghee.

10. Baik Untuk Kesehatan dan Kelembaban Kulit

Minyak kelapa murni juga bisa untuk melembabkan kulit kita. hasil dari Minyak kelapa murni ini akan membuat kulit kita tetap terlihat muda, sehat, dan segar. Dengan begitu kita bisa mengurangi pembelian produk untuk menjaga kulit kita. sebab hanya dengan menggunakan Minnyak kelapa kita dapat menjaga kulit kita tetap sehat dan terlihat muda dengan biaya yang tidak besar.

11. Anti Penuaan

Menurut penelitian yang dipublikasikan dari jurnal kesehatan, Minyak kelapa murni dapat meningkatkan kadar antioksidan dan bisa memperlambat penuaan. Minyak kelapa murni dapat bekerja mengurangi stres pada hati dan dapat menurunkan stres oksidatif.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa minyak kelapa murni melakukan detoksifikasi pada hati. Dan untuk memperlambat penuaan alami, minumlah satu sendok makan Minyak serta buah Beri yang kaya kandungan antioksidannya. Kita juga bisa menggunakannya langsung pada kulit untuk melembutkan dan memperoleh manfaat tambahan dari minyak tersebut.

12. Baik Untuk Kesehatan Kardiovaskuler

Walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi telah menemukan bahwa memakan Minyak kelapa ini tidak memiliki efek merugikan untuk jantung. Manfaat minyak kelapa dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung. Studi ini dilakukan pada hewan, bukan manusia.

Ada peneliti yang menemukan bahwa informasi dari hasil penelitian, bahwa kaum Polinesia di daerah dengan nama Cook. Dimana orang-orang yang tinggal disana memiliki kolesterol yang rendah dan rendahnya kasus penyakit serangan jantung, padahal mereka memiliki pola makan yang sangat tinggi akan minyak Kelapa.

Sangat berbeda jauh kalau di bandingkan, khususnya yang tinggal di New Zealand yang rata-rata tidak pernah mengkonsumsi minyak kelapa. Di Sri Lanka, sebuah studi telah menemukan, kasus serangan jantung telah meningkat seiring dengan turunya konsumsi minyak kelapa, disimpulkan bahwa minyak kelapa membantu menjaga kadar kolesterol tubuh.

Baca Juga : Sabut kelapa untuk tanaman

Cara Buat Minyak yang Berkualitascara membuat minyak vco

1. Persiapan Bahan Baku

Kelapa yang akan diolah menjadi bahan dari minyak yang digunakan adalah Kelapa yang berumur. Dalam ruangan antara 11 dan 12 bulan berbutir kasar dan berwarna Cokelat kelapa. Buah kelapa tua akan menghasilkan tanaman minyak yang tinggi. Cara buat minyak kelapa bisa dengan bantuan mesin vco.

2. Buat Santan

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pembuatan adalah kelapa tua. Rasio kelapa dengan udara adalah 2,5 butir versus 1,5 liter udara mendidih. Cara menghancurkan kelapa bisa menggunakan mesin pemotong kelapa. Kalau memungkinkan, gunakan mixer dalam skala kecil dengan cara memotongnya menjadi potongan yang kecil, setelah itu diaduk dengan udara.

Peras dan saring hingga santannya keluar, Langkah berikutnya masukkan santan ke dalam mangkok atau tutup transparan, lalu tutupi bagian atasnya. Biarkan santannya sampai terbentuk dua lapisan kurang lebih satu jam, lapisan yang paling atas disebut krim (cannell).

Lapisan yang paling bawah adalah udara yang memisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

Cara Buat Minyak Yang Bagus

Setelah krim di masukan ke lapisan atas, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan minyak kelapa yang terdiri dari 2 metode. Metode buat minyak kelapa murni sebagai berikut:

1. Metode Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini menghasilkan minyak yang bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yang tua dan mengikuti cara-cara membuat minyak kelapa murni sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa kemudian peras santannya (beri sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Masukkan santannya ke dalam kantong plastik lalu diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  3. Buatlah lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma, Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup dengan rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang minim sinar matahari selama 24 jam.4.
  4. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah), Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan dan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.5.
  5. Anda juga bisa menaruhnya di lemari es sehingga tiga lapisan yang paling atas membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyak, lalu ulangi langkah tadi dengan tisu atau kain bersih, Tetesan minyak dari proses ini disebut VCO.

2. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukannya. Krim yang diperoleh dari santan tadi dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, Lalu diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan apinya.

Pisahkan minyaknya dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat daripada metode lainnya.

Cara Fermentasi Minyak

Cara buat minyak kelapa murni dimulai dengan fermentasi yaitu menyiapkan santan dalam toples, Lalu kemudian menambahkan 1/4 sendok teh ragi. Aduk campuran, lalu tutup toplesnya, Biarkan (inkubasi) selama 24 jam.

Hasilnya terdapat 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

1. Metode Pancing

Metode pancing ini adalah metode yang mudah, Dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pancinganya untuk membentuk minyak baru. Langkah-langkahnya sangat mudah yaitu: siapkan krim, taruh di toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk rata. Tutup toples, lalu tunggu 24 jam, Hasilnya ada 3 lapisan yaitu: lapisan atas, lapisan tengah , dan lapisan bawah.

2. Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan untuk cara membuat minyak kelapa murni, Langkah-langkahnya yaitu: Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil, Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup, Tunggu selama 24 jam hingga 3 lapisan terbentuk.

Lapisan paling atas adalah minyak, lapisan tengah pirang, dan lapisan paling bawah adalah air.

3. Metode Enzim Nanas

Dalam buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa digunakan untuk cara membuat minyak kelapa murni, Langkah-langkahnya yaitu: Buat buah nanas sesuai selera (termasuk punuk tengahnya) dan parut, Campur nanas parut dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples yang tertutup. Biarkan selama 24 jam sampai membentuk 3 lapisan.

4. Metode Cuka Asam

Cara membuat minyak kelapa murni dengan asam sangatlah sederhana, cukup dengan tambahkan cuka makanan ke dalam santan, Perbandingannya adalah 200 ml krim kelapa dicampur dengan 2 sendok makan cuka, Kalau sudah tercampur dengan cuka, aduk hingga merata dan biarkan selama 24 jam hingga membentuk 3 lapisan.

Peluang Usaha Minyak Kelapa

usaha minyak kelapa

Minyak kelapa murni sendiri menjadi produk Agribisnis yang lagi ngehits, Lantaran diyakini manjur menyembuhkan berbagai macam penyakit. Minyak kelapa murni kini sedang naik daun di Indonesia. Hingga ajang gaul lewat milis internet pun menjadikan Minyak kelapa murni sebagai buah bibir yang hangat Berbagai iklan produk.

Virgin coconut oil sebenarnya sejenis minyak kelapa. Yang  Bedanya, kalau minyak kelapa pada umumnya beredar di pasaran itu terbuat dari kopra (kelapa yang dikeringkan), Kalau VCO dibuat dari daging kelapa segar yang diolah tanpa menggunakan bahan kimia. Makanya ia dijuluki sebagai minyak kelapa murni.

Demikian cara buat minyak kelapa yang sehat dan mudah. Pada dasarnya minyak kelapa yang dimanfaatkan adalah minyak yang telah melalui proses pemanasan guna menghilangkan asam lemak bebasnya. Manfaatnya banyak sekali. Makanya para ibu-ibu rumah tangga banyak yang memilih untuk membuat minyak kelapa itu sendiri.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •