Home » Artikel » Artikel Proses » Mau Tahu Bagaimana Cara Laminating Sendiri, Yuk Pantengin Terus..!

Mau Tahu Bagaimana Cara Laminating Sendiri, Yuk Pantengin Terus..!

Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Laminating Sendiri – Kita tentu memiliki dokumen-dokumen yang berharga, namun jika tidak dirawat tentu dokumen ini akan rusak dan berdebu. Untuk menghindari itu semua, cara yang bisa dilakukan adalah dengan laminating dokumen tersebut.

Maksud dari cara laminating sendiri adalah dengan melapisi dokumen tersebut dengan bahan transparan lain menggunakan alat khusus. Anda juga bisa laminating sendiri seoerti dalam artikel cara laminating sendiri ini.

cara laminating sendiri

Selain untuk mencegah kerusakan, alasan lain untuk laminating karena kerapian. Bahkan dengan laminating juga bisa membuat dokumen berharga anda tampak lebih bagus. Dokumen yang pada umumnya dilaminating adalah KTP, ijazah, sertifikat rumah, akta kelahiran, kartu keluarga dan surat-surat berharga lainnya.

Pengertian Laminating

Laminating itu berasal kata laminate, artinya melapisi,bisa juga disebut melapisi sesuatu dengan bahan tertentu dan alat khusus. Jadi laminating adalah membungkus atau melapisi dokumen menggunakan alat dan plastik khusus. Plastik laminating ini sifatnya lengket pada dokumennya.

Jadi dokumennya sudah tidak bisa diambil lagi. Jika kita memaksa untuk mengambil dokumen tersebut bisa jadi dokumen anda malah akan rusak. Maka akan mudah dan efektif dengan cara laminating sendiri ini.

Cara Menghindari Kerusakan Saat Proses Cara Laminating Sendiri

cara laminating sendiri

Ada banyak kemungkinan kerusakan terjadi pada dokumen saat proses laminating. Karena itulah Anda harus berhati-hati. Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau mencegah kerusakan pada dokumen yang sedang dilaminating:

  1. Untuk Menghindari Lengket

Bila anda melaminating dokumen, panas dari roll mesin akan mancairkan perekat yang ada di dalam kantong laminating secara otomatis. Perekat ini membantu mengikat kantong untuk dokumen anda. Perekat ini akan dilebur selama laminasi, biasanya sebagian akan cairan tersebut keluar dari kantong laminating pada mesin. Cairan ini tidak hanya mempengaruhi kinerja, tetapi tampilan dokumen anda juga. Nah, anda dapat mencegah kekacauan ini dengan menempelkan item yang disebut carrier.

  1. Untuk Mencegah Kemacetan

Kemacetan mesin saat anda melaminating tentunya dapat menghambat produktivitas. Hal ini terjadi jika anda melaminating tanpa carrier. Anda dapat mencegah kemacetan ini, jika anda mengatur dan melihat potensi masalah dari kemacetan mesin. Cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk memastikan tidak terjadi kemacetan adalah dengan menggunakan carrier ketika laminating.

Pembawa A tidak hanya mencegah perekat dari kantong dengan posisi yang tidak tepat, itu juga menambah kekakuan, sehingga memudahkan untuk dokumen anda dengan aman keluar dari mesin. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir tentang dokumen anda akan tergulung dalam laminating. Hal ini karena kemacetan mesin laminating, tidak hanya bisa menghambat pekerjaan anda bahkan dapat merusak mesin laminating anda juga

  1. Untuk Mendinginkan

Bila dokumen anda baru keluar dari mesin laminating biasanya itu akan sangat panas. Untuk mencegah hal ini anda dapat menggunakan sebuah carrier. Hal ini memungkinkan anda untuk menempatkan dokumen anda ke sisi mana saja, tanpa perlu takut kepanasan yang menyebabkan dokumen menjadi rusak atau mungkin membakar tangan anda.

Laminating merupakan suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan, bahkan anda tidak perlu repot-repot pergi ketempat fotocopi-an, Anda bisa melakukannya dirumah saja. Di bawah ini akan dijelaskan cara melaminating sendiri dengan dua cara yaitu dengan cara yang sederhana dengan menggunakan setrika dan cara laminating sendiri dengan menggunakan mesin bagi anda yang memiliki mesin laminating sendiri.

Cara Laminating Sendiri Menggunakan Setrika

Cara laminating kertas dengan cara yang paling sederhana adalah dengan laminating menggunakan setrika. Anda bisa menggunakan alternatif ini karena sangat murah dan bahkan cara ini bisa dibilang hampir gratis. Anda hanya tinggal menyiapkan plastik laminating dan kartu/ dokumen yang ingin anda laminating saja. Namun jangan lupa siapkan setrika, karena setrika ini adalah alat utama yang akan sangat berguna sebagai pengganti mesin laminating.

Peralatan Yang Dibutuhkan Dalam Cara Laminating Sendiri Menggunakan Setrika

  1. PVC cardpaper (kertas PVC) atau sering dikenal dengan kertas ID card. Biasanya 1 lembar kertas ini dihargai Rp. 5000 untuk ukuran A44. Di setiap pembelian 1 lembar kertas ini, anda akan mendapatkan 2 lembar kertas laminating transparan (untuk mencetak gambar) dan 1 lembar kertas PVC (plastik tebal)
  2. Setrika yang biasa anda gunakan untuk menyetrika pakaian anda, nah setrika ini bisa juga digunakan untuk melaminating

Langkah-Langkah Cara Laminating  Sendiri Menggunakan Setrika

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan memanaskan setrika anda
  2. Kemudian masukan kartu/dokumen yang akan anda laminating pada plastik laminating. Saat memasukannya usahakan tata letaknya pas ya
  3. Letakkan kartu yang sudah di beri plastik laminating di tempat yang datar. Pada bagian atasnya ditutupi kain. Pastikan kain itu memiliki tingkat ketebalan yang pas, jangan terlalu tipis dan jangan pula terlalu tebal. Untuk itu anda bisa menggunakan kain lap untuk proses ini
  4. Setelah itu setrika pada bagian atasnya, lihat hasilnya apabila kertas laminating ada yang belum melekat sempurna anda bisa ulangi kembali hingga mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan keinginan anda

Jenis-Jenis Plastik Laminating dalam Cara Laminating Sendiri

Untuk jenis plastik laminating yang cocok untuk laminating dengan menggunakan setrika adalah plastik laminating dingin. Namun kekurangannya plastik laminating ini harganya sangat mahal. Secara ekonomis tentu kurang menguntungkan. Namun untuk lebih murah anda juga bisa mengunakan plastik jenis laminating panas. Hal ini karena harganya yang lebih murah. Untuk plastik laminating panas ada 3 jenis yaitu:

  • Plastik laminating standart. Suhu yang dimiliki jenis plastik laminating ini adalah 100-115 derajat celcius
  • Jenis plastik laminating low melt. Suhu yang dimiliki jenis plastik laminating adalah antara 85-100 derajat celcius
  • Plastik laminating heatset. Suhunya 77-90 derajat celcius

Kalau anda memilih untuk laminating seperti foto dan menggunakan yang standart, maka hasilnya bisa rusak saat dilaminating karena suhunya yang terlalu panas. Plastik laminating yang paling cocok adalah plastik laminating panas yang low melt. Selain harganya yang murah, suhu laminating pun tidak terlalu panas, juga memberikan hasil laminating yang bagus dan mengkilap.

Cara Laminating Sendiri Menggunakan Mesin

Sering kita lihat mesin laminating biasanya hanya ada di fotocopyan, itu pun jika tempat itu lengkap. Untuk kemudahan tentu biasanya anda akan laminating di sana. Entah itu anda ingin laminating KTP, KK (Kartu keluarga), Ijazah, dan dokumen penting lainnya.

Namun jika anda sudah memiliki mesin laminating sendiri dirumah, tentu akan lebih praktis jika melakukan laminating sendiri. Nah bagi anda yang belum bisa mengoperasikannya anda tidak perlu khawatir lagi. Disini anda bisa mengikuti panduan bagaimana cara untuk laminating sendiri dengan cara yang sangat mudah menggunakan mesin.

Mesin Laminating

Mesin laminating adalah alat yang berfungsi untuk melaminasi atau melapisi sebuah dokumen atau produk dengan plastik atau film khusus. Tujuan pelapisan atau melaminasi dokumen dengan plastik atau film adalah agar dokumen lebih aman, bersih dan tidak rusak. Dengan adanya metode pemanasan plastik atau film yang tersistematis ini, kemudian menghasilkan lapisan pelindung atau laminasi plastik yang tidak mudah rusak. Sehingga membuat produk yang dilapisi dengan film laminasi tersebut lebih aman, bersih dan tidak mudah rusak. Salah mesin terbaik untuk laminating adalah mesin laminating SH-320.

Kegunaan Mesin Laminating

Selain untuk melaminating dokumen penting, mesin laminating merupakan mesin yang banyak digunakan oleh industri di seluruh dunia, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Hal ini karena mesin laminating dapat digunakan untuk melapisi berbagai macam produk seperti buku, kertas, surat, undangan, kemasan produk, dan masih banyak lagi.

Sehingga selain digunakan secara pribadi atau digunakan di tempat foto copyan , banyak sekali industri di dunia yang menggunakan mesin laminating. Mesin laminating digunakan untuk melapisi produknya maupun untuk membuka jasa laminating. Dengan menggunakan mesin laminating, anda dapat melindungi banyak sekali benda atau barang-barang anda dengan aman, rapi, dan bersih.

Dokumen anda seperti buku, kemasan biasa, kemasan window dan barang lainnya akan lebih terlihat semakin menarik. Kemasan window sendiri merupakan sebuah kemasan yang dilaminasi dengan film laminasi yang berfungsi sebagai penampilan produk (dikarenakan transparan).

Cara mengoperasikan Mesin Laminating ( Cara Laminating Sendiri )

Cara laminating kertas dengan mesin laminating bisa beresiko rusak karena mesin laminating sifatnya panas. Bisa-bisa dokumen anda rusak, tertekuk atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Untuk itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum laminating seperti :

  1. Usahakan Menggunakan Colokan Single

Maksud dari colokan single adalah, anda sebaiknya mengunakan stop kontak atau colokan laminating sendiri. Sebisa mungkin colokan itu tidak tercampur dengan colokan lainnya. Seperti anda mencampur dengan colokan televisi, kulkas, handphone dan perangkat lainnya.

  1. Memisahkan Atau Menyendirikan Tegangan

Memisahkan tegangan ini bertujuan agar lebih aman. Perlu anda ketahui, bahwa mesin laminating membutuhkan daya sekitar 600 watt saat dihidupkan. Setelah itu ketika panasnya sudah stabil akan menurun. Nah jika teganganya tidak kuat tentu akan menyebabkan terjadinya korslet.

  1. Pastikan Anda Paham Dengan Fungsi Panel Laminating

Sebelum anda melakukan laminating anda harus benar-benar paham. Sebenarnya memahami panel mesin laminating itu mudah. Hal ini karena panel yang ada pada mesin laminating ad tiga panel penting itu yaitu

  1. ON/OFF fungsinya untuk menghidupkan atau mematikan mesin laminating
  2. Tombol maju/mundur fungsinya untuk mengatur roll dan arah kertas kertas mau maju atau mundur
  3. Tombol suhu fungsinya untuk mengatur suhu panas. Kadang mesin laminating ada yang dilengkapi dengan thermostatmeter ada yang tidak tergantung spesifikasi dan harganya.
  4. Lakukan Percobaan Dulu

Sebelum anda laminating dokumen anda sendiri, ada baiknya anda melakukan contoh laminating dengan menggunakan kertas biasa. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan dokumen anda karena kegagalan laminating. Seperti yang diketahui terkadang pada roll laminating ada sejenis penghambatnya yang bisa membuat proses laminating terhambat. Cara mengetesnya yaitu dengan memasukan kertas kosong pada mesin laminating hingga keluar. Kalau tidak ada masalah atau tersangkut di mesin laminating berarti aman. Setelah itu anda bisa langsung melaminating dokumen anda.

Cara Menggunakan Mesin Laminating Dengan Benar

  1. Persiapkan mesin laminating, dokumen yang akan dilaminating, dan plastik atau film yang digunakan untuk melaminating
  2. Hidupkan mesin laminating dengan menekan tombol power atau tombol On. Namun jika mesin tampak tidak berfungsi coba anda periksa tombol siaga yang fungsi nya untuk membuat mesin dalam keadaan standby/ hibernasi
  3. Kemudian atur suhu pemanas yang akan digunakan untuk memanaskan plastik atau film nanti. Tunggu sekitar 10 menit sampai mesin panas. Di mesin ini biasanya terdapat lampu indikator yang bisa digunakan untuk menjadi petunjuk, saat mesin sudah panas dan siap digunakan.
  4. Pilih kecepatan mesin laminating dengan menyesuaikan kertas yang akan anda pakai. Untuk kertas yang tebal seperti karton anda bisa mengunakan pengaturan laminating yang lebih lambat daripada kertas tipis seperti kertas HVS
  5. Setelah itu lapisi dokumen atau produk dengan plastik khusus yang akan digunakan untuk melaminating dokumen. Saat inilah biasanya terdapat masalah seperti plastik lengket. Nah untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda melapisi lagi permukaan atas plastik laminating dengan kertas HVS
  6. Tekan tombol forward untuk memulai proses laminating dengan arah ke depan
  7. Letakan atau masukan dokumen yang sudah dilapisi plastik ke arah pemanas mesin laminating. Otomatis dokumen tersebut akan terseret atau masuk ke dalam alat laminating tersebut
  8. Dengan begitu dokumen atau produk akan mulai terlaminasi di dalam alat laminating dan akan keluar lewat sisi yang lain
  9. Jika dokumen anda sudah keluar dari sisi yang lainnya, anda dapat mengambilnya
  10. Ulangi proses tersebut hingga dokumen anda terlaminating semua

Jenis-Jenis Mesin Laminating

  1. Laminating Doft

Ini adalah jenis laminating yang menghasilkan lapisan plastik atau film yang berwarna gelap dan tidak mengkilap. Laminating Doff mempunyai kesan elegan, mewah dan eksklusif. Jenis laminating ini sering digunakan untuk melaminating dokumen seperti buku, majalah, undangan, kertas, surat, dan yang lainnya. Efek yang dihasilkan tidak mengkilap, terlihat redup namun tidak menghilangkan hasil cetakan. Fungsinya seperti laminating glossy

  1. Laminating Glossy

Laminating glossy adalah jenis laminating yang mempunyai karakter berseberangan dengan laminating Doff. Bagaimana tidak? Laminating Glossy akan menghasilkan lapisan plastik yang berwarna mengkilap pada sebuah produk yang dilapisinya. Jenis laminating Glossy juga akan mempunyai tekstur yang licin ketika disentuh. Laminating Glossy sering digunakan untuk melapisi dokumen seperti foto, sticker, poster, pamphlet, dan produk yang sama dengan laminating Doft. Laminating yang memberikan efek mengkilap pada media yang akan dilapisi. Aplikasi untuk laminating cover buku, kartu nama, poster, Xbanner, Roll up, banner

  1. Laminating Window

Laminating Window adalah laminating yang mempunyai fungsi untuk membuat kemasan tidak tertutup jadi dokumen dapat dilihat.Window laminating digunakan pada kemasan sebuah produk yang mempunyai area terbuka. Yang mana area tersebut akan ditutup dengan plastik atau film laminating yang tidak berwarna tranparan. Sehingga kemasan akan tertutup dengan optimal, namun tetap dapat menampilkan objek atau dokumen yang ada didalamnya. Laminating Window banyak digunakan atau dimanfaatkan pada kemasan Roti, Mainan, Makanan, Alat Elektronik, dan kemasan serupa lainnya

  1. Laminating Spot Uvi

Jenis laminating ini hampir sama dengan jenis laminating Glossy yakni menghasilkan lapisan permukaan berwarna mengkilat. Hanya saja laminating jenis ini hanya digunakan untuk area tertentu sedangkan Glossy digunakan untuk seluruh permukaan dokumen. Laminating Spot Uvi banyak digunakan pada benda atau dokumen tertentu seperti undangan.Terkadang ada enis undangan yang terdapat sebuah tulisan atau gambar yang memiliki warna yang lebih mengkilat dibandingkan permukaan lainnya. Tulisan atau gambar itulah yang mendapat lapisan Spot Uvi

Proses Laminating

Ada dua jenis proses laminating yang harus Anda tahu yaitu sebagai berikut:

  1. Laminating Panas

Proses pelapisan laminating ini menggunakan suhu panas yang disesuaikan dengan jenis laminatingnya maupun jenis media yang akan dilaminating. Untuk laminating glossy biasanya temperature lebih panas daripada daripada laminating Doft. Proses pemanasan ini untuk menempelkan media plastik (plastik khusus untuk laminating) ke media kertas yang akan dilapisi.

  1. Laminating Dingin

Media yang akan dilapisi tinggal dimasukkan ke mesin khusus laminating dingin, jadi anda tidak perlu melakukan pemanasan. Hal ini karena, media yang ada di mesin laminating sudah dilapisi semacam lem yang berfungsi untuk merekatkan ke media yang akan di laminating.

Untuk ukuran laminating ini tersedia dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar dari ukuran postcard sampai yang besar ukuran AO. Untuk laminating dokumen keluarga yang umum seperti KTP, Kartu keluarga, Ijazah, dll. termasuk jenis laminating glossy dengan proses pemanasan. Tersedia ukuran KTP sampai A3. Media yang tipis dan fleksible, digunakan untuk print Xbanner maupun Roll up banner.

Keunggulan Laminating Menggunakan Mesin Laminating

  1. Hasil laminating lebih kuat, bersih, rapi, tidak mudah rusak, dan tahan lama
  2. Melaminating dengan Mesin laminating lebih mudah dan praktis
  3. Proses laminating lebih cepat dan teratur.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda..

By |2017-11-15T12:49:09+00:00September 3rd, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Mau Tahu Bagaimana Cara Laminating Sendiri, Yuk Pantengin Terus..!

About the Author:

WhatsApp chat