Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu beberapa cara untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas agar tetap segar dan tidak cepat layu.

Sayuran

Cara Menyimpan Sayuran

Sayuran merupakan bahan dasar pangan yang berasal dari tumbuhan dan biasanya mengandung kadar air yang cukup tinggi dan biasanya di konsumsi dalam keadaan segar atau di konsumsi setelah sayuran tersebut selesai di olah menjadi beberapa menu makanan.

Ada beberapa cara untuk mengolah sayuran, yaitu dengan di rebus, di kukus, di sangrai, di goreng, bahkan ada juga yang di makan mentah-mentah.

Sayuran yang biasanya di makan mentah-mentah disebut dengan lalapan. Biasanya lalapan di makan dengan menggunakan sambal. Sayuran merupakan makanan yang sangat sehat jika kalian konsumsi.

Sayur merupakan komponen pengganti nasi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan termasuk juga jamur. Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif yang berasal dari tumbuhan yang pada umumnya berupa daun dan bisa juga tangkainya.

Akan tetapi dapat pula berupa batang yang masih terlihat muda. Misalnya rebung atau bonggol umbi.

Ada beberapa sayuran yang tumbuh di bagian yang tertutup dengan tanah seperti wortel dan juga lobak. Ada pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga yaitu turi dan kecombrang.

Sayuran yang berasal dari buah seperti terong, tomat, dan kapri. Yang berasal dari biji-bijian seperti buncis dan kacang merah.Bagian lainnya yang dapat juga di anggap sayuran adalah tongkol jagung dan juga jamur.

Akan tetapi, buah-buahan tidak di kategorikan sebagai sayuran, meskipun buah-buahan juga memiliki kandungan air yang tinggi. Karena biasanya yang memiliki rasa manis sangat tidak cocok untuk di masak atau di sayur.

Cara Menyimpan Sayuran di Dalam Kulkas Supaya Tetap Segar dan Tidak Mudah Layu

Cara Menyimpan Sayuran

1. Pilihlah Sayur-Sayuran yang Berkualitas

Kalian harus pintar-pintar memilih jenis-jenis produk sayuran yang berkualitas. Hal ini di maksudkan, agar kalian bisa saja mencoba segala cara untuk mencegah sayuran dapat layu pada saat di simpan di dalam lemari es, akan tetapi jika produk sayuran yang kalian simpan tidak berkualitas atau memiliki kualitas yang buruk maka tetap saja sayur akan layu dan mungkin saja akan menjadi busuk.

2. Pilihlah Terlebih Dahulu Sayuran Sebelum Kalian Menyimpan Sayuran di Dalam Kulkas

Cara pertama untuk menyimpan sayuran di kulkas agar lebih awet adalah dengan memilih bagian sayuran yang sudah berbeda warna nya atau kecoklatan.

Buanglah bagian yang sudah rusak atau berwarna coklat itu agar kerusakannya tidak menjalar ke bagian sayuran yang lain, selain itu potong juga bagian akar dari sayuran tersebut.

3. Cuci Sekaligus Keringkan Terlebih Dahulu Sebelum Kalian Menyimpan Sayuran di Dalam Kulkas

Setelah kalian selesai membeli sayuran, cuci bersih sayuran tersebut dengan menggunakan air yang mengalir dan juga menggunakan sabun anti bakteri.

Cara ini bertujuan agar seluruh kotoran dan bakteri yang menempel pada sayuran dapat lepas dari permukaan sayuran tersebut. Karena,  kotoran dan bakteri merupakan salah satu factor yang dapat mempercepat proses pembusukan pada sayuran.

Setelah kalian selesai mencuci sayuran, lalu lap dan keringkan dahulu sebelelum kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas.

4. Bungkus Sayuran Kalian Menggunakan Kertas ataupun Menggunakan Plastik yang Berlubang

Janganlah kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas dengan keadaan di tempat yang tertutup rapat. Hal tersebut dikarenakan sayuran juga membutuhkan oksigen untuk bertahan.

Maka dari itu sebaiknya kalian menyimpan menyimpan sayuran di dalam kulkas menggunakan kertas atau bisa juga menggunakan plastic yang berlubang.

Jika kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas menggunakan kertas, maka kertas akan mencegah suhu kulkas yang akan menyerap ke dalam sayuran tersebut.

Sementara jika kalian menyimpan sayuran didalam kulkas menggunakan plastic, maka plastic yang berlubang akan memberikan akses aliran udara kepada sayuran tersebut.

Tetapi ada cara lain untuk menyimpan sayuran dengan baik, yaitu dengan menggunakan vacuum sealer.

Vacuum Sealer atau yang biasa disebut sebagai Alat Pres Plastik Kedap Udara merupakan alat yang berfungsi untuk mengemas produk dengan menghampakan udara yang ada di dalam kemasan.

Sehingga membuat barang ataupun makanan kalian tetap aman, awet (tahan lama), fresh, bersih, dan juga menarik.

Dan khusus untuk jamur, bungkuslah menggunakan kertas. Karena jamur mudah lembab dan juga mudah busuk jika kalian menyimpannya di dalam plastic.

5. Pisahkan Terlebih Dahulu Antara Sayuran dan Buah-buahan Sebelum di Masukkan ke Dalam Kulkas

Kalian harus menyimpan sayuran tidak bersamaan dengan buah-buahan. Karena buah-buahan dapat menghasilkan zat etilen. Zat tersebut akan mempercepat proses kematangan pada bahan makanan segar.

Hal ini akan menyebabkan proses pembusukan pada sayuran akan lebih cepar dari pada biasanya. Jika kalian ingin menyimpan sayuran dalam waktu yang cukup lama atau kisaran tiga hari, maka kalian bisa menyimpan sayuran tersebut di rak khusus sayuran yang terpisah dari buah-buahan dan bawang-bawangan.

6. Di Usahakan Menyimpan Sayuran dalam Bentuk yang Utuh

Kalian sangat dianjurkan untuk menyimpan sayuran yang masih dalam keadaan utuh.

Janganlah kalian memotong sayuran sebelum kalian manyimpannya, hal ini dikarenakan dengan kalian memotong sayuran, maka itu akan membuat sayuran tersebut lebih mudah kering dan membusuk.

Kalian hanya perlu memotong bagian akar nya saja supaya sayuran terlihat bersih.

7. Cek Suhu di Dalam Kulkas Tersebut dengan Teratur

Rajin-rajin lah mengecek suhu di dalam kulkas yang kalian gunakan untuk menyimpan sayuran tersebut. Suhu yang baik digunakan untuk menyimpan sayuran adalah sekitar 1 sampai 4 derajat celcius.

Apabila suhu di dalam kulkas lebih tinggi dari 1 sampai 4 derajat celcius, maka bakteri akan lebih mudah berkembang biak dan akan membuat aroma pada sayuran menjadi tidak sedap.

8. Selalu Periksa Kondisi dan Kualitas Sayuran Saat Kalian Sedang Menyimpan Sayuran Tersebut

Pada saat kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas, kalian tidak dapat menyimpan sayuran di dalam kulkas selama berhari-hari.

Sayuran sebaiknya di simpan dalam waktu tidak lebih dari tiga hari untuk menjaga kesegaran sayuran tersebut.

Apabila kalian menyimpannya lebih dari tiga hari, maka kalian harus rajin-rajin mengecek nya setiap hari. Jika ada bagian sayur yang sudah mulai layu, maka segera lah kalian membuang bagian sayur yang layu tersebut agar tidak mengontaminasi sayuran yang lainnya.

9. Jika Akan Menyimpan Sayuran, Tata Sayuran Sesuai dengan Jenisnya di Dalam Rak Sayur

Di dalam lemari es pada umumnya terdapat 3 hingga 4 rak penyimpanan, maka dari itu kalian bisa memaksimalkan nya dengan baik rak tersebut untuk menyusun sayuran sayuran sesuai dengan jenis nya.

Contoh singkatnya seperti letak sayur-sayuran yang berdaun hijau seperti bangkung, bayam, dan sawi berada di rak bagian bawah.

Suhu pada rak bagian bawah cenderung stabil sehingga aman untuk menyimpan sayur-sayuran yang lebih cepat membusuk.

Lalu pada rak bagian tengah dapat di gunakan untuk menyimpan berbagai macam sayuran yang memiliki kadar air yang rendah seperti wortel, kacang panjang, kol, dan buncis.

Dan yang terakhir berada pada rak bagian atas yang dapat di gunakan untuk menyimpan berbagi macam sayuran yang memiliki kadar air yang cukup tinggi seperti cabai, tomat, paprika, dan mentimun.

Tips menyimpan sayuran sesuai rak nya ini akan sangat memudahkan kalian pada saat kalian akan mengecek bagaimana kondisi sayuran yang ada di kulkas kalian nantinya.

10. Dalam Menyimpan Sayuran, Tidak Semua Sayuran Dapat di Simpan di Dalam Kulkas

Ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh kalian simpan di dalam lemari es. Seperti tomat, hal ini bisa di karenakan udara dingin di dalam kulkas dapat menghambat proses pematangan pada tomat.

Apabila kalian ingin menyimpan tomat di dalam kulkas, pisahkan lah tomat dengan mentimun. Karena gas yang ada di dalam tomat akan membuat mentimun lebih cepat untuk membusuk.

Lalu daun kemangi, karena jika kalian menyimpannya dengan jarak yang berdekatan itu akan membuat nya lebih mudah layu dan tidak segar.

Sedangkan bumbu dapur sebaiknya di simpan di luar atau tidak di dalam kulkas karena kelembaban pada kulkas bisa membuat tekstur bumbu dapur menjadi lembek.

Kemudian kentang sebaiknya di letakkan atau di simpan di tempat yang lebih gelap dan juga dingin supaya zat tepung yang berada pada kentang tetap terjaga.

11. Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Menggunakan Wadah

Jika kalian menginginkan sayuran tersusun dengan lebih rapi, kalian juga bisa menyimpan sayuran menggunakan wadah. Namun cara ini hanya berlaku untuk sayuran yang memiliki batang yang keras misalnya wortel atau brokoli.

Caranya adalah cuci lah terlebih dahulu wortel dan brokoli nya. Lalu kupas atau kalian juga bisa memotong bagian yang akan di gunakan dan akan kalian simpan.

Wadah yang akan di masukkan ke dalam kulkas harus berada dalam kondisi yang tertutup rapat. Baru kalian bisa memasukkan wadah tersebut ke dalam kulkas.

Dan juga sangat di sarankan agar kalian menyimpannya pada lemari es bagian atas atau freezer.

Baca Juga : Cara Menyimpan Buah-buahan di Dalam Kulkas yang Baik dan Benar

Adapun Beberapa Jenis Sayuran yang Paling Sehat dan Wajib untuk di Makan

Cara Menyimpan Sayuran

1. Kubis Merah

Di dalam 89 gram kubis merah terdapat  anthocyanin, serat, serta dapat memenuhi 85% AKG vitamin C perhari nya.

Ekstrak kubis merah dapat mencegah meningkatnya kadar kolesterol di dalam darah. Bahkan, bisa juga melindungi jantung dan liver dari kerusakan.

2. Jahe

Banyak dari orang-orang yang mengenal jahe merupakan bagian dari rempah-rempah, padalah sebenarnya jahe merupakan jenis sayuran yang sehat dan juga paling bernutrisi.

Jahe sangatlah bermanfaat dalam segala macam penyakit, salah satunya adalah pengobatan untuk mengatasi diabetes.

3. Kacang Polong

Kacang polong termasuk sayuran yang mengandung karbohidrat dan juga kalori yang tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran yang lain.

Di dalam 160 gram kacang polong, banyak terdapat serat, thiamin, niacin, riboflavin, folat, dan juga vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin K yang baik untuk tubuh.

Karena kandungan serat kacang polong yang tinggi, kacang polong juga dapat memberikan makanan bagi bakteri baik  yang ada di dalam system pencernaan, dan bisa juga melancarkan BAB yang keras.

4. Kale

Kale merupakan sayuran berwara hijau yang mengandung nutrisi yang tinggi dan juga menyehatkan tubuh kita.

Di dalam sayur kale terdapat potassium, kalsium, copper, dan vitamin yang tinggi. Terlebih lagi di dalam kale juga terdapat antioksidan yang dapat menyehatkan jantung.

5. Taoge

Taoge bermanfaat untuk pria yang tersohor dan juga mengandung antioksidan yang bernama kaempferol. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh. Jika kalian mengonsumsi taoge, taoge juga dapat membantu kalian untuk mengoptimalkan proses detoksfikasi.

Di dalam sebuah penelitian, jika kalian mengkonsumsi taoge secara berkala, maka itu dapat meningkatkan produksi enzim untuk detoks sebesar 15% hingga 30%.

6. Bawang Putih

Kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih sangatlah berkhasiat untuk banyak hal. Khasiat ytersebut dapat membantu untuk mengendalikan kadar gula darah, menyehatkan jantung, mongoptimalkan sensitivitas insulin, dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Bahkan, bawang putih juga dapat berpotensi untuk mencegah kanker.

7. Sayur Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya sulfur dan terbukti mempunyai khasiat untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Tidak hanya kanker, brokoli juga merupakan sayuran yang sehat. Brokoli juga dapat mencegah seseorang dari terinfeksi penyakit kronis.

Di dalam 91 gram brokoli terdapat 116% AKG vitamin K, 135% AKG vitamin C, mangan, folat, dan juga potassium yang sangat di perlukan bagi tubuh kita.

8. Sayur Wortel

Di dalam 128 gram wortel terdapat 428% AKG vitamin A, dan juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan juga mengandung potassium.

Lalu di dalam wortel juga terdapat antioksidan betakaroten yang dapat berpotensi untuk mencegah paru-paru hingga  prostat.

9. Sayur Bayam

Sayuran yang paling sehat yaitu bayam, karena pada bayam banyak terdapat kandungan nutrisi. Jika kalian hanya mengonsumsi 7 kalori dalam setiap sajian, maka kalian sudah dapat memenuhi 56% kebutuhan vitamin A dan juga vitamin K.

Lalu bayam juga mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi kalian dari penyakit yang bernama kronis.

Adapun Beberapa Jenis Sayuran yang Aman Dikonsumsi dalam Keadaan Mentah

Cara Menyimpan Sayuran

1. Sayur Wortel

Wortel merupakan sayuran yang aman dikonsumsi dalam keadaan mentah. Karena di dalam sayuran ini terdapat banyak sekali vitamin A, vitamin B, vitamin B6, beta kolagen, serat, dan juga mengandung karbohidrat.

Jika kalian sering-sering mengkonsumsi wortel, maka kalian akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Manfaat tersebut seperti mencegah kanker, mencegah risiko terkena serangan jantung, dan juga dapat menjaga jesehatan mata kalian.

2. Sayur Kubis

Jenis sayuran yang aman dikonsumsi dalam keadaan mentah berikutnya adalah sayur kubis. Di dalam kubis terdapat kandungan nutrisi yang berupa vitamin C dan juga vitamin K.

Pada jaman dulu sayur kubis sudah dijadikan obat herbal. Contohnya pada jaman Yunani, pada jaman ini menjadikan sayur kubis sebagai pencahar.

Sementara itu pada jaman Romawi Kuno, sayur kubis dijadikan untuk menyembuhkan orang yang sedang mabuk.

Apabila kalian ingin mendapatkan banyak manfaat dari sayur kubis, maka kalian bisa mengkonsumsi sayur kubis secara  mentah. Dan juga bisa mengkonsumsi nya bersamaan dengan perasan lemon, minyak zaitun, dan juga bawang putih.

3. Tomat

Tomat sering digunakan untuk memasak atau biasa juga digunakan untuk membuat sambal. Tetapi tomat juga dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Tomat biasanya sering dikonsumsi sebagai jus karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan.

Di dalam tomat mengandung vitamin C, kalium, beta karoten dan juga folat. Maka dari itu tomat memiliki manfaat bagi tubuh.

4. Selada

Daun selada merupakan sayuran yang memiliki tekstur yang renyah. Lalu selada juga kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Di dalam selada itu terdapat vitamin A yang dapat mencegah penuaan dini dan juga meningkatkan kesuburan.

5. Seledri

Seledri terkenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan pada sel tubuh.

Kandungan yang terkandung di dalam seledri bermacam-macam seperti folate, potassium, vitamin B6, vitamin C dan juga vitamin K.

 

Demikian artikel tentang Cara Menyimpan Sayuran di Dalam Kulkas yang Benar dan juga beberapa jenis sayuran yang bermanfaat.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dalam menyimpan sayuran.

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •