Cara Memasak Beras Merah – Beras Merah memang telah lama dianggap sebagai beras yang tersehat dibandingkan dengan beras lainnya. Sebab beras merah memilik banyak kandungan nutrisi yanng sangat bermanfaat, Dan juga baik untuk Kesehatan tubuh. Beras merah biasanya dipilih pengganti karbohidrat saat proses diet.

Didalam beras merah ternyata ada berbagai macam jenis serat, mineral, vitamin dan rendah gula. Seseorang yang mempunyai kadar gula yang tinggi dan sedang menjalani diet disarankan untuk memakan beras merah untuk pengganti nasi putih.

Walaupun mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, masih banyak orang yang kurang suka dengan rasa dari beras merah. Banyak yang mengatakan rasa beras putih lebih enak dibandingkan dengan beras merah.

Ternyata beras merah memang mempunyai tekstur yang keras dibandingkan dengan beras putih, apabila beras merah dimasak dengan sembarang , matangnya pasti tidak akan pulen. mungkin yang dikatakan semua orang tidak benar, nasi merah akan enak bila cara memasaknya benar.

Ada sebuah cara memasak beras merah yang benar, caranya yang simple dan yang pasti hasilnya seperti yang kita inginkan.

Dengan cara ini beras merah yang akan kita masak pastinya menjadi lebih pulen dan tidak keras, jadi saat di makan akan mencul rasa nikmat sama halnya kita memakan nasi putih. Untuk itu bagaimana sih cara memasak beras merah agar pulen ? Oleh karna itu simak caranya berikut ini

Cara Memasak Beras Merah yang Pulen dan Tentunya Tidak Keras

  1. Pertama Hal yang perlu dilakukan bila ingin memasak beras merah adalah mencuci beras merah sampai bersih yang sudah disiapkan dalam wadah. Pastikan kalian mencucinya sampai bersih karena nanti bisa berpengaruh pada tingkat kepulenan beras.
  2. Saat memasak beras merah, disarankan menggunakan cara manual atau biasa dan tidak memakai  rice cooker, dikarenakan tetstur beras merah dengan beras biasa atau nasi putih yang berbeda
  3. Persiapkan panci yang ingin digunakan untuk memasak beras merah. Bila sudah disiapkan, Tumpahkan beras merah yang sudah dicuci sampai bersih tadi. Kemudian Tuangkan air mineral menggunakan  perbandingan 1 banding 4 ( 1 gelas beras merah dan 4 gelas air )
  4. Lebih baik lagi sebelum dimasak Rendam beras sekitar 30 menit sebelum digunakan untuk dimasak
  5. Bila sudah di rendam, hidupkan kompor yang akan digunakan untuk memasak beras merah. Lalu kalian baru bisa memasak beras merah.
  6. Aduk beras merah, tidak perlu lama dan kemudian tutup dengan penutup panci supaya air dapat medidih secara merata
  7. Bila air telah mendidih , kalian sudah bisa membuka penutup panci. Untuk memasaknya gunakan api berukuran sedang dan diaduk sesekali hingga air habis dan beras menjadi sengah matang
  8. Jika beras merah sudah setegah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu
  9. Sambil menunggu beras merah dingin, kalian dapat mengerjakan langkah berikutnya. Siapkan alat pengukus nasi yang akan digunakan untuk mengukus beras merah yang setengah matang tadi, jika sudah langsung saja masukkan beras dan kukus.
  10. Kukus hingga matang secara merata, bila telah matang. Angkat dan masukkan kedalam wadah nasi atau penanak nasi ( sesuai selera ).

Rahasia Cara Memasak Beras Merah yang Baik

Cara Memasak Beras Merah

Ternyata Cara Memasak Beras Merah ada rahasianya loh. simak penjelasannya dibawah ini

1. Simpan Beras Merah kedalam Lemari Es

Beras merah pada saat disimpan dilemari dengan waktu yang cukup lama akan membuat beras mengeluarkan rasa yang paling terbaik. Simpan Beras menggunakan Toples yang memiliki  penutup.

2. Jangan Memasak Beras Merah yang Sudah Terlalu Lama Disimpan

Disarankan untuk tidak menyimpan beras merah terlalu lama atau lebih dari satu tahun, karena jika disimpan terlalu lama , beras merah bisa menjadi pahit sebab didalam beras mengandung minyak. yang jika di simpan telalu lama minyak tersebut akan keluar

3. Perhatikan Saat Menakar Air

Perhatikan saat menakar air ketika sedang memasak beras merah. Cara memasak beras merah dan beras putih tentu saja berbeda, karena dibutuhkan air yang banyak air saat memasak beras merah.

Jika beras sudah bersih secara merata masukkan air dan beras merah dengan memakai perbandingan 1 : 4 ( 1 gelas beras merah dan 4 gelas air mineral )

4. Rendam Beras Merah Menggunakan Air

Supaya beras tidak terlalu keras ketika dimasak, kalian bisa merendamnya menggunakan air dan diamkan selama 30 menit. Kalian bisa mendapatkan beras yang empuk dan pulen bila menggunakan cara ini. Dan juga jangan lupa pastikan kadar air dengan beras adalah 1 : 4

5. Campur Bersama Beras Putih

Untuk yang baru pertama mencicipi nasi beras merah, sering kali agak terkejut dengan rasa dan terksturnya yang sangat beda dengan nasi beras putih.

Supaya menghasilkan tekstur yang empuk dan pulen, campur beras merah bersama dengan beras putih saat ingin dimasak. Contohnya , 100 g beras putih dicampur bersama 300 g beras putih

6. Panggang Beras Merah

Memang memanggang beras merah tidak akan mengubah teksuturnya, tapi dengan memanggangnya bisa memperkuat sentuhan kacang pada beras merah. Cara memanggangnya kalian bisa tumis beras dengan sedikit tambahan minyak zaitun, lalu tambah air dan aduk hingga wangi.

7. Hindari Menyajikan Nasi Secara Langsung

Cara ini dapat menghindari nasi dari tekstur lengket dan bergetah, nasi merah yang baru matang disarankan dibiarkan didalam panci dan ditutup penutup panci sekitar 10 menit.

Proses ini bertujuan supaya air terserap oleh nasi sampai nasi merah mempunyai tekstur yang mengembang dan ringan.

Manfaat Beras Merah Pada kesehatan

Cara Memasak Beras Merah

diatas tadi adalah Cara Memasak Beras Merah . dibawah ini merupakan manfaat dari beras merah ternyata banyak loh ! simak berikut ini .

1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Didalam beras merah terkandung asam gamma-aminobutyric (GABA) yang fungsinya sebagai zat ampuh yang bisa mengurangi kadar kolestrol pada tubuh.

Kadar kolestrol yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit kronis conotohnya stroke, diabetes dan jantung. Untuk itu makanlah makanan yang sehat seperti beras merah yang bisa menghindari dari berbagai penyakit tadi

2. Kesehatan Tulang Meningkat

Memakan beras merah dengan teratur setiap hari bisa membuat tulang lebih sehat dan dapat mencegah berbagai penyakit contohnya radang sendi, tubuh pegal, sampai osteoporosis.

Dalam beras merah terkandung banyak asam amino, antioksidan dan berbagai nutrisi yang begitu penting bagi tubuh, tidak hanya itu beras merah juga dapat membuat tulang mejadi kuat. Sebab didalam beras merah juga kaya akan mineral contohnya kalsium dan magnesium.

3. Mengobati Depresi

Mengkonsumsi beras merah bisa mengurangi depresi dan cemas yang berlebih sebab saat dimakan akan meningkatkan produksi serotin dalam otak, juga diperkaya akan kandungan gliserin, glutamin, dan asam gamma-aminobutyric.

Manfaat beras merah yang dapat mengurangi depresi telah terbukti dengan adanya banyak penelitian yang menyatakan beras merah merupakan bahan alami untuk mengobati depresi.

4. Detoksifikasi Racun

Tidak bisa dipungkiri lagi, terkadang kita tidak sadar memakan makanan yang tidak sehat dan didalam makanan itu terdapat racun yang akan diserap oleh tubuh bila memakannya, bila dibiarkan dapat menimbulkan berbagai penyakit contohnya demam, radang, bahkan tifus

Mendoteksi tubuh dengan beras merah merupakan hal yan tepat  bila ingin terhidar dari racun makanan yang tidak sehat tersebut, beras merah diperkaya akan antioksidan yang bisa membantu mendetoks tubuh dari bakteri, kuman dan racun, dengan cara membuangnya berama dengan ktoran dan urin

5. Mencegah Kanker

Beras merah diperkaya akan antioksidan yang sangat ampuh dalam mecegah sel kanker pada tubuh, Tidak hanya mendetoks racun , mengkonsumsi beras merah secara teratur dalam menu sehari-hari bisa menjauhkan tubuh kita dari penyakit kanker

6. Memaksimalkan Produksi Asi

Memamakan beras merah secara teratur bisa meningkatkan produksi asi dengan merangsang area kelenjar susu, bagi seorang ibu saat baru melahirkan harus bisa menjaga kesehatannya supaya segera membaik.

Tentunya mengkonsumi beras merah adalah hal yang tepat untuk ibu hamil karena bisa meningkatkan produksi Asi dan menjaga kesehatan ibu.

7.  Menghindari Dari Penyakit Jantung

Antioksidan yang melimpah dalam beras merah bisa mencegah penyakit jantung. Karena zat ini bisa memperlanjar peredaran darah dan membantu membersihkan plak yang terkumpul serta menempel dalam arteri.

8. Memelihara Sistem Pencernaan

Beras merah mengandung banyak serat yang baik untuk mengatur sistem pencernaan. Bagi seseorang yang ingin menajalani pola diet yang sehat, beras merah merupakan pilihan yang cocok dan terbaik.

Rutin memakan beras merah bisa mencegah berbagai macam penyakit pencernaan contohnya kembung, sembelit, bahkan maag

9. Mampu Mengontrol Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang juga terhubung dengan gangguan metabolisme, ketika tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk tubuh. Kadar gula dalam tubuh akan meningkat dan pada akhirnya akan timbul penyakit diabetes.

Kalian bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh dengan mengkonsumsi beras merah secara teratur yang cocok sebagai alternatif makanan pokok karena mengandung asam fitat dan serat yang begitu tinggi.

Cara Menanak Nasi Sampai Pulen

Cara Memasak Beras Merah

Setelah kita Membahas Cara Memasak Beras Merah, selanjutnya adalah Cara Menanak Nasi Sampai Pulen Simak dibawah ini.

Nasi adalah makanan pokok jika diindonesia. Bahkan ada hal yang membuktikan dan bilang “memakan nasi bersama garam saja sudah cukup” dan “ Belum kenyang kalo belum makan nasi”.

Nasi merupakan sumber energi  beraktifitas dan berfikir dalam setiap orang karena, dalam nasi terdapat karbohidrat yang tinggi dan berfungsi menyuplai energi pada tubuh

Di indonesia Mengkonsumsi nasi putih dan nasi merah dipercaya kaya akan khasiat dan cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Ada hal tersembunyi yang mengejutkan yaitu, tidak mudah membuat nasi mejadi pulen buktinya tidak semua orang bisa menanak nasi putih ataupun nasi merah.

Tapi untuk pemula saat menanak nasi hasilnya akan menjadi terlalu lembek atau terlalu kering karena kurang air dan caranya yang salah, bahkan nasi bisa terlihat kotor dan kusam. Ha ini terjadi karena  tidak teliti saat membersihkan beras

Sebenarnya nasi akan pulen saat disantap, bila menanak nasinya benar. Seiring perkembangan teknologi dijaman sekarang, menanak nasi cukup menggunakan alat penanak nasi khsus atau bisa juga memakai rice cooker. Tapi, Cara menanak nasi bisa jua menggunakan cara tradisional dengan memakai panci atau dandan.

Untuk menghasilkan nasi yang pulen, ada beberapa langkah pada proses menanak nasi yang perlu diperhatikan . Berikut merupakan tahapan saat menanak nasi, Tahapan ini terbagi menjadi 2 yaitu Tradisional ( memakai panci dan tungku ), dan Modern ( memakai rice cooker )

Cara Tradisional

Warga perkotaan telaha lama meninggalkan cara menanak nasi menggunakan tungku dan panci . biasanya cara tradisional ini masih digunakan pada rakyat pedesaan. Tapi , memasak mengunakan cara tradisional nasi yang dihasilkan akan memiliki aroma yang lebih wangi dan panas nassi akan terasa lebih lama.

  1. Pertama pilih jenis panci yang akan digunakan bisa panci biasa ataupun panci pengukus karena, langkahnya agak sedikit berbeda sebab akan dinanak 2 kali.
  2. Pilihlah beras yang berkualitas untuk mendapatkan nasi yang bagus. Ada baiknya sebelum dicuci menyorti beras jika masih ada batu kecil gabah, dan kotoran yang terselip diberas.
  3. Bila sudah bersih dari kotoran yang terselip pada beras, Rendam bersih menggunakan air bersih hingga sampai satu ruas jari telunjuk dan mulailah menanak nasi menggunakan api yang sedang. Saat memasak, beras harus selalu diaduk supaya tidak berkerak dibagian dalam panci
  4. Proses mengaduk dimulai dari air yang dingin hingga air menjadi panas dan diserap oleh beras hingga matang menjadi nasi
  5. Bila menanak nasi menggunakan panci pengukus , lakukan menanak kedua kalinya
  6. Dalam proses menanak nasi memakai panci biasa dengan panci pengukus sebenarnya hanaya ada sedikit perbedaan , tapi jika menggunakan panci pengukus ada hal yang harus dilakukan
  7. Bila nasi sudah setangah matang, angkat dan ganti menggunakan panci pegukus . ambil air dan dan masukkan keddalam saringan yang ada dalam panci pengukus. Lalu pindahkan nasi yang setengan matang tadi kedalam panci pengukus.
  8. Kemudian, kukus nasi selama 15 sampai 30 menit tergantung berapa banyak nasi yang ditanak. Nasi pun siap dihidangkan

Cara Modern

Sekarang orang tidak perlu lagi menunggu dan repot untuk memastikan nasi tidak gosong atau harus selalu diaduk. Menanak nasi memakai rice cooker merupakan pilihan yang banyak digunakan pada zaman sekarang.

Pembuatanya yang mudah dan keuntungan dalam menanak nasi menggunakan rice cooker yaitu, nasi tetap akan hangat kapanpun jika ingin dimakan karena adanya fitur penghangat pada rice cooker

  1. Sama dengan cara tradisional menanak nasi, beras disarankan untuk dibersihkan terlebih dulu, bila sudah bersih masukkan beras kedalam rice cooker. Cek tinggi air, apakah sudah satu ruas jari telunjuk atau belum
  2. Ada batas maksimal seberapa banyak beras yang bisa dimasak didalam rice cooker, Perhatikan garis ukur yang berada dalam panci rice cooker supaya beras tidak meluao keluar dan nasi dapat mengembang dengan sempurna.
  3. Kemudian masukkan beras dan air kedalam rice cooker, colokan kabel rice cooker ke saklar listrik dan tekan tombol memasak nasi, tunggu sampai ada bunyi “ Tek “ atau asap keluar melalui lubang yang ada di atas rice cooker yang fungsinya sebagai penanda nasi sudah matang
  4. Nasi siap dihidangkan

Baiklah itulah tadi Cara Memasak Beras Merah yang Pulen dan Cocok Untuk Diet, semoga informasi yang bisa penulis rumahmesin.com tadi berguna untuk sahabat dirumah, dan tentunya akan puas bila sudah bisa memasaknya

Biasakan untuk selalu memasak dirumah sendiri ,karena segala sesuatu membutuhkan usaha dan tidak selamanya selalu simple , masakan rumah pasti memiliki keistimewaan tersendiri .

sampai disini dulu pembahasan kita tentang Cara Memasak Beras Merah yang Pulen dan Cocok Untuk Diet Ingat masakan sendiri lebih enak ketimbang hasil membeli.