Arang batok kelapa pun sangatlah bermanfaat sebagai energi alternatif pembakaran. Cara membuat arang batok kelapa pun terbilang mudah.

Indonesia merupakan komoditas tanaman kelapa terpenting. Hampir setiap daerah menghasilkan pohon kelapa. Tanaman kelapa sudah dikenal masyarakat sejak lama sebagai tanaman yang memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, mulai dari akar hingga daunnya.

Lokasi Indonesia berada di iklim tropis yang sangat cocok untuk penanaman pohon kelapa. Keberadaan pohon kelapa di daerah tropis ini dikarenakan pohon kelapa dapat hidup dimana saja walaupun struktur tanahnya berbeda-beda. Terdapat banyak pohon kelapa yang hidup di daerah pesisir, dataran, dan di daerah pegunungan.

Pemanfaatan pohon kelapa banyak dijumpai di sekitar kita. Mulai dari daun, batang, batang, buah, dll. Berbagai penelitian berhasil membuktikan khasiat bagian-bagian pohon kelapa. Namun masih ada bagian dari pohon kelapa yang perlu diteliti dan dikembangkan manfaatnya yaitu batok kelapa.

Batok kelapa adalah bagian dari buah kelapa yang berbentuk endokrin, keras, dan dilapisi sabut kelapa. Bagian kelapa ini biasanya digunakan sebagai bahan kerajinan, bahan bakar, dan briket tempurung kelapa.

Batok kelapa yang diolah dapat menghasilkan nilai tambah yang sangat berharga. Batok kelapa memiliki potensi yang besar dan praktis dalam penggunaannya. Bentuk batok kelapa yang bulat dan keras memudahkan para pengrajin batok kelapa untuk membuat kerajinan tangan.

Saat ini yang menjadi pusat perhatian dan pemanfaatan terbesar dari batok kelapa adalah sebagai penyimpan energi.

 

Penggunaan Batok Kelapa

cara membuat arang batok kelapa

Batok kelapa dapat digunakan sebagai bahan bakar langsung. Contoh arang batok kelapa digunakan oleh pedagang, pedagang ikan bakar, industri keripik, pedagang jagung bakar, dll. Selain sebagai bahan bakar langsung, batok kelapa juga digunakan sebagai penyimpan energi listrik.

Bahan baku arang berkualitas baik adalah batok kelapa bagian dalam yang sudah tua (sabutnya sudah kering). Cangkang yang gelap ketakutan dengan warna bagian luarnya yang coklat tua dan bagian atasnya yang mengilap.

Baca Juga : Ngalor Ngidul Menyoal Santan Kelapa, Cairan Nikmat Penuh Manfaat

Kandungan Batok Kelapa

Batok kelapa mengandung 75-95% karbon. Batok kelapa juga mengandung bahan lain yaitu: H2O sebanyak 8,7%; nitrogen sebanyak 2,9%; oksigen sebanyak 7,0%; dan pH 6,4%.

Arang tempurung kelapa dapat digunakan sebagai penyimpan energi listrik, membuat briket arang tempurung kelapa, penjernihan dan penjernihan udara, penyerap zat-zat racun, penurun kolesterol, pengikat unsur hara di udara, mempercepat pertumbuhan tanaman, dan penyembuhan luka.

Dari sekian banyak manfaat arang tempurung kelapa, pemanfaatan yang paling efektif adalah untuk menyimpan energi listrik. Daya serap arang tempurung kelapa cukup tinggi, karena arang tempurung kelapa memiliki diameter pori yang kecil, sehingga memiliki kapasitas internal yang lebar.

Luas permukaan arang adalah 2 x 104cm2 per gram, tetapi setelah aktivasi kimia memiliki luas 5 x 106 cm2 hingga 1,5 x 107 cm2 per gram. Arang tempurung kelapa merupakan salah satu sumber energi alternatif dan merupakan penyimpan energi yang ramah lingkungan dan dapat menunjukkan ekspresi bahan bakunya.

 

Arang Tempurung Kelapa

cara membuat arang batok kelapa

Batok kelapa awal (puyuh, gading) dan hibrida yang tidak baik untuk arang karena terlalu tipis dan rapuh. Tidak boleh memasukkan batok kelapa yang terlalu tua yang bersisik dengan warna keputihan.

Kondisi cangkang harus utuh. Bisa dibelah menjadi dua (setengah kelapa) atau bagian empat (seperempat kelapa). Cangkang yang lebih kecil atau yang sudah terkelupas, masih bisa digunakan sebagai bahan bakar starter.

Bahan cangkang harus disiapkan di dekat peralatan di lokasi pembakaran. Setelah peralatan dan bahan siap, sistem pembakaran dimulai.

Arang tempurung kelapa yang telah dibakar dan dihaluskan dapat digunakan sebagai penyimpan energi.

Arang tempurung kelapa (coconut shell) merupakan energi alternatif yang sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia. Jenis arang tempurung kelapa banyak tersedia dan energinya sangat ramah lingkungan.

Arang tempurung kelapa juga menjadi jaminan pasokan energi listrik bagi masyarakat. Arang tempurung kelapa merupakan sumber alam yang dapat diterima.

Sehingga bahan bakunya dapat direncanakan dengan baik, berbeda dengan sumber daya alam seperti batu bara, minyak bumi, gas yang tidak dapat diakses sehingga bahan baku tersebut dapat mengganggu penyediaan energi listrik bagi masyarakat.

Jika melihat potensi alam Indonesia, sangat memungkinkan untuk dikembangkan sumber energi yang berbahan dasar arang tempurung kelapa.

Potensi batok kelapa banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan tidak produktif yang dapat meningkatkan nilai tambah. Belum banyak orang yang melakukan pembuatan arang tempurung kelapa, padahal potensi bahan bakunya cukup banyak tersedia di sekitar kita.

Arang tempurung kelapa mampu menjadi sumber energi alternatif dan penyimpan energi alternatif yang perlu dikembangkan untuk mengatasi kesulitan energi yang melanda Indonesia dan negara lain di dunia saat ini.

 

Penggunaan Arang Batok Kelapa

Arang tempurung kelapa merupakan salah satu tempat penyimpanan energi alternatif yang dapat diisi ulang dengan menggunakan tenaga angin, akumulator, adaptor, atau alat lainnya. Energi listrik yang tersimpan dalam arang tempurung diukur dengan amperemeter dan voltmeter. Dan digunakan sesuai kebutuhan sebagai berikut.

1. Sumber Energi Listrik

2. Sumber Penerangan

Melihat penjelasan di atas, menjadikan wawasan baru yang layak untuk kita ilhami dan bermanfaat akan berguna dan selanjutnya manfaat batok kelapa.

 

Manfaat Arang Tempurung Kelapa bagi Kesehatan

1. Sebagai Obat Bisa Ular

Manfaat arang tempurung kelapa yang sudah melalui proses yang sangat efektif digunakan sebagai penawar racun.

Bisa ular hewan seperti ular, laba-laba atau lebah bisa dibantu dengan menggunakan arang batok kelapa baik yang sudah berbentuk karbon aktif, tapi bisa juga menggunakan arang yang masih arang biasa.

2. Sebagai Anti Racun

Arang tempurung kelapa adalah penyerap racun yang sangat efektif. Racun dalam tubuh yang Anda peroleh dari makanan dapat diserap secara efektif dengan mengkonsumsinya.

Namun alangkah lebih baiknya jika menggunakan arang yang sudah menjadi karbon aktif. Karena selain jauh lebih efektif, karbon aktif jauh lebih aman karena telah melalui proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman untuk tubuh Anda.

3. Menurunkan Kolesterol

Tidak semua kolesterol harus dikeluarkan dari tubuh Anda, lho. Apalagi kolesterol adalah kolesterol baik. Kolesterol jahat dan kolesterol baik sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Tetapi harus dalam level normal dan tidak melebihi ambang normal. Untuk mengatasi kolesterol tinggi, karbon aktif dapat menjadi solusi efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

4. Membersihkan Sistem Pencernaan

Ingin pencernaan bersih dan lancar? Manfaat arang batok kelapa dapat membantu membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Arang tempurung kelapa dapat digunakan untuk mendetoksifikasi atau menghilangkan kotoran dan racun di organ pencernaan Anda.

5. Jauhkan dari Sakit Perut

Karbon aktif bisa sangat berguna untuk mengobati sakit perut. Seperti yang Anda ketahui, karbon aktif yang terbuat dari batok kelapa merupakan media detoks yang sangat efektif.

Karbon yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif akan menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran dan racun di usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

6. Sebagai Obat Inflamasi

Selain mengeluarkan racun di dalam tubuh, arang tempurung kelapa bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Karena racun, bakteri, virus, atau penyebab peradangan lainnya dapat diserap dengan baik oleh karbon aktif yang berasal dari arang tempurung kelapa.

7. Menyembuhkan Luka

Selain mengobati infeksi, luka bernanah pun bisa diobati dengan menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana yaitu dengan menempelkan karbon aktif pada luka.

8. Untuk Mengobati Diare

Karbon aktif yang berasal dari arang tempurung kelapa juga bisa digunakan untuk diare. Seperti yang sudah diketahui, manfaat arang tempurung kelapa terutama yang berupa karbon aktif dapat membantu mengeluarkan racun penyebab diare dan menyembuhkan diare.

9. Mencegah Mabuk dengan Arang Batok Kelapa

Arang tempurung kelapa, terutama yang berbentuk karbon, dapat digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya. Ini sudah banyak dibuktikan. Dan sangat dianjurkan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

10. Memurnikan dan Menjernihkan Air

Karbon aktif dari arang tempurung kelapa dapat digunakan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang terbawa udara. Karbon aktif juga dapat digunakan untuk menjernihkan air minum dan dapat Anda konsumsi setiap hari.

11. Arang Batok Kelapa Untuk Mempercantik Kulit

Karbon yang dapat digunakan untuk mempercantik kulit digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif akan mengangkat kotoran yang menempel di permukaan kulit serta mengangkat kulit yang mati dan menjadikan kulit lebih cerah, putih dan cantik.

12. Untuk Menghilangkan Berbagai Penyebab Penyakit

Adanya toksin di dalam butuh bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. Penyakit-penyakit yang bisa disebabkan oleh toksin ini di antaranya sakit hati hingga gagal ginjal.

Bahkan toksin yang menumpuk di dalam tubuh juga bisa menyebabkan depresi. Mendetoks tubuh dari toksin bisa meminimalisir kemungkinan terkena berbagai penyakit yang tergolong berat tersebut.

 

Cara Membuat Briket dari Arang Batok Kelapa

cara membuat arang batok kelapa

Briket tempurung kelapa merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang memiliki banyak keunggulan saat digunakan. Beberapa keuntungan menggunakan briket batok kelapa adalah hemat dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan.

Briket tempurung kelapa bersifat mudah terbakar, tahan lama dan menghasilkan energi panas yang tinggi, sehingga jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, briket tempurung kelapa lebih hemat.

Pengolahan briket ini tidak menambahkan bahan kimia sehingga pada saat digunakan tidak mengeluarkan asap dan abunya tidak beterbangan. Dengan menggunakan briket ini, Anda tidak perlu khawatir dengan noda hitam, karena briket tidak meninggalkan noda pada peralatannya.

Bahan Pembuatan Briket Kelapa:

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air

Peralatan:

  • Mesin bubuk arang / diskmill
  • Printer briket
  • Mesin pengaduk adonan
  • Briket oven

Membuat Briket Batok Kelapa

1. Proses Pengarangan

Batok kelapa dibuat arang dengan arang manual menggunakan tong kemudian dibakar dan ditutup hingga hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang. Arang ini juga dapat menggunakan proses pirolisis, dimana batok kelapa dimasukkan ke dalam tangki pirolisis tertutup kemudian dikondensasikan secepatnya untuk mendapatkan asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang yang telah dihasilkan melalui sistem pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis kemudian dihancurkan menggunakan bantuan mesin diskmill.

3. Proses Penyaringan

Jika sudah melalui proses peremukan arang, maka wadah pengayakan dapat menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung batok kelapa ini kemudian diguncang dengan air dan lem pati. Saat proses pengadukan ini bisa ditambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa.

5. Proses Cetak Briket Arang Batok Kelapa

Jika semua bahan sudah tercampur rata, maka lakukan proses printing menggunakan print.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket yang telah dicetak menggunakan oven pada suhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini dapat menggunakan bantuan sinar matahari. Briket batok kelapa ini siap untuk dikemas dan dipasarkan.

Membuat briket dari batok kelapa cukup dan sederhana. Anda bisa mencoba cara membuat briket dari bahan batok kelapa ini. Anda juga bisa menggunakan mesin briket arang kelapa. Briket tempurung kelapa akan mempermudah proses memasak.

Hasil memasaknya juga memuaskan dengan menghasilkan cita rasa makanan yang enak yang menguntungkan baik bagi ibu rumah tangga, warung makan, restoran maupun pengguna industri.

 

Keunggulan Briket Batok Kelapa

  • Briket batok kelapa ini memiliki banyak keunggulan yaitu:
  • Lebih murah dan ekonomis.
  • Tidak ada resiko meledak atau terbakar seperti kompor minyak tanah dan kompor LPG.
  • Panas yang tinggi dan terus menerus sangat baik untuk pembakaran yang membutuhkan waktu lama.
  • Tidak menimbulkan suara apa pun dan tidak terlalu waspada, sehingga tidak merusak peralatan memasak.
  • Ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan, terutama bagi ibu rumah tangga yang sering memasak di dapur.
  • Sumber briket dari batok kelapa sudah tua.

 

Bisnis Briket Arang

Batok atau batok kelapa sering kali dibuang di pasar tradisional. Padahal, batok kelapa bisa dijadikan bahan baku untuk diolah menjadi arang. Briket arang tempurung kelapa sebagai bahan baku setengah jadi juga dapat diolah kembali menjadi produk arang yang inovatif.

Bisnis briket arang tempurung kelapa bisa Anda pilih sebagai salah satu alternatif bisnis yang mudah Anda jalankan di rumah. Memproduksi briket arang tempurung kelapa di rumah anda, bisnis briket arang tempurung kelapa merupakan sebuah ide yang bisa dikatakan simple dan mudah dilakukan.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis briket arang tempurung kelapa terlalu besar, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk segera memulai bisnis briket arang tempurung kelapa ini. Yang perlu Anda persiapkan sejak awal adalah tekad yang kuat dan mentalitas yang keras.

Seorang pengusaha harus memiliki mental yang tangguh untuk menjadi tangguh. Ia harus tahan menghadapi segala macam cobaan karena bisnis tidak bisa dibangun dengan mudah tanpa ada kendala. Modal ini sebenarnya sangat penting bagi seorang wirausahawan khususnya para pemula.

 

Peluang Bisnis Briket Arang Batok Kelapa

Jika memungkinkan siapkan Mesin Briket Arang Kelapa baru yang bisa dipesan di Rumahmesin.com sehingga bisa membahayakan kerusakan peralatan pada proses produksi nantinya.

Jika memungkinkan, tangani sendiri proses produksi usaha arang tempurung kelapa ini agar tidak perlu membayar gaji karyawan. Apabila proses produksi dan distribusi selanjutnya berjalan lancar sesuai rencana, Anda tinggal mulai merekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Untuk proses distribusi atau penjualannya, Anda harus bisa memanfaatkan berbagai media yang ada di sekitar Anda. Apakah mungkin untuk menjual secara manual? Jika tidak mendukung Anda, Anda dapat memanfaatkan media lain seperti radio, media cetak, atau internet.

Untuk saat ini internet telah merambah ke berbagai kalangan sehingga mungkin lebih cocok untuk digunakan sebagai media pemasaran. Dengan internet, Anda seperti memiliki toko atau outlet sendiri yang pengunjungnya jauh lebih banyak daripada toko manual.

Kemungkinan untuk menjualnya akan lebih besar. Selain itu, alangkah baiknya jika Anda dapat bekerja sama dengan mitra atau perusahaan lain yang mendukung Bisnis Rumahan Arang Batok Kelapa Anda.

Potensi pasar ekspor briket arang tempurung kelapa masih besar. Di Eropa, arang tempurung dibutuhkan untuk memanggang daging (barbeque). Di Timor Tengah, arang tempurung banyak digunakan untuk “pengasapan” atau shisha.

Sedangkan di Asia, seperti Jepang dan Korea Selatan, briket arang tempurung digunakan untuk keperluan memasak di restoran.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •