Home » Artikel » Artikel Proses » Ngalor Ngidul Menyoal Santan Kelapa, Cairan Nikmat Penuh Manfaat

Ngalor Ngidul Menyoal Santan Kelapa, Cairan Nikmat Penuh Manfaat

Seperti kita semua tahu sebelumnya, santan kelapa adalah cairan hasil olahan dari perasan daging kelapa. Akan tetapi tidak sembarang daging kelapa bisa diolah menjadi santan kelapa. Untuk menghasilkan santan kelapa, daging kelapa yang digunakan harus berasal dari daging kelapa yang sudah tua.

Kelapa yang sudah tua cenderung memiliki daging yang tebal. Daging yang tebal ini nantinya dihaluskan lalu diperas dan hasilnya adalah santan kelapa. Kurang lebih itulah gambaran umum bagaimana santan kelapa dihasilkan.

 

Pembuatan Santan Kelapa

Di daerah-daerah tropis seperti India, Thailand, serta Indonesia, santan kelapa sangat umum ditemui sebagai bahan masakan. Meskipun santan dalam bentuk kemasan sangat mudah anda temui, namun membuat santan kelapa sendiri adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan dan siapapun bisa membuatnya.

Apalagi di Indonesia, yang notabene adalah negara dengan jumlah pesisir yang tak terhitung, dimana pohon kelapa biasa tumbuh. Di Indonesia, anda bisa menemukan kelapa dimanapun dan kapanpun. Nah, di bawah ini saya akan menjabarkan 4 cara mudah untuk membuat santan kelapa sendiri.

 

1) SANTAN DARI KELAPA PARUT KEMASAN

  1. Beli satu kemasan kelapa parut. Beli yang tidak mengandung pemanis di supermarket atau minimarket di lingkungan Anda. Kelapa parut harusnya ditemukan di area bahan kue.
  2. Masukkan kelapa parut ke blender. Tiap setengah buah kelapa bisa dibuat menjadi dua gelas santan. Timbang atau ukur jumlah atau banyak kelapa yang Anda masukkan sesuai dengan keperluan Anda.
  3. Didihkan air. Anda perlu dua gelas air panas untuk tiap gelas santan. Jadi, didihkan air sesuai dengan jumlah santan yang akan Anda buat.
  4. Tuangkan air panas ke dalam blender. Jika blender Anda kecil, lakukan satu per satu. Gunakan sendok untuk mengaduk campurannya sebelum diblender.
  5. Blender kelapa parut tersebut dengan air. Tutup blender Anda dan nyalakan blendernya, tunggu sampai campuran air dan kelapa parutnya menjadi halus. Tahan tutupnya dengan rapat, karena ketika Anda memblender sesuatu yang panas, tutupnya bisa saja lepas begitu saja.
  6. Saring hasilnya. Pastikan saringan yang Anda gunakan mempunyai lubang yang kecil atau rapat. Atau, Anda bisa menggunakan kain yang tipis sebagai pengganti. Cairan yang keluar dari saringan itulah yang menjadi santan Anda. Jangan lupa untuk meremas sisa parutan kelapa yang tertinggal di saringan untuk mendapatkan sisa-sisa santan yang masih tertinggal di sana. Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan mesin pemeras santan.
  7. Simpan santan Anda. Tuangkan santan ke dalam botol atau tempat apapun yang memiliki tutup, lalu simpan di kulkas. Lemak yang terkandung pada susu ini akan langsung naik ke bagian atas. Jadi, jika Anda ingin menggunakannya nanti, kocok terlebih dahulu tempatnya agar lemaknya kembali menyebar.

2) SANTAN DARI TEPUNG KELAPA

  1. Campur tepung kelapa dengan air atau susu dalam jumlah yang sama ke dalam panci.
  2. Panaskan dengan api kecil selama dua sampai empat menit. Jangan lupa untuk mengaduknya, dan jangan memanaskannya terlalu lama (apalagi sampai mendidih).
  3. Saring dengan saringan atau kain tipis. Remas sisa kelapanya agar mendapat sebanyak mungkin santan dari sisa tersebut.
  4. Selesai. Simpan atau gunakan santan Anda sesuai keinginan.

3) SANTAN DARI BUAH KELAPA SEGAR

  1. Buka atau belah buah kelapanya. Siapkan buah kelapa yang sabutnya sudah dibuang. Pegang buah kelapanya dengan satu tangan, lalu belah menggunakan pisau besar atau parang. Biasanya Anda perlu mengayunkan pisau Anda di tempat yang sama beberapa kali sampai bagian tersebut betul-betul terpotong, lalu pindah, seterusnya sampai kelapanya terbelah.
  2. Pastikan kelapa yang Anda pakai masih segar. Anda bisa memeriksanya dari daging dan baunya. Jika dagingnya masih lembab dan putih serta baunya masih enak, maka kelapa itu masih segar. Tapi jika baunya sudah tidak enak dan dagingnya sudah kering dan berubah warna, sebaiknya dibuang saja.
  3. Tuang air kelapanya ke blender. Ketika Anda membelah kelapa, air kelapanya pasti keluar dari potongan yang Anda buat. Tampung air kelapa tersebut ke dalam blender. Tergantung cara Anda memotong, Anda mungkin harus langsung menampungnya begitu Anda membuat potongan pertama ketika membelah kelapa Anda.
  4. Ambil daging buahnya. Gunakan sendok atau alat lainnya untuk mengambil daging kelapa. Ambil sebanyak mungkin yang Anda bisa. Jika buah Anda memang segar, harusnya Anda bisa mengambil dagingnya dengan mudah. Masukkan dagingnya ke dalam blender.
  5. Haluskan daging dan air kelapa dengan blender. Tutup blendernya dan nyalakan dengan tenaga tinggi sampai santannya menjadi halus. Setelah itu Anda bisa langsung menuangkannya atau menyaringnya terlebih dahulu.
  6. Simpan santannya.

4) SANTAN DARI KELAPA PARUT SEGAR

  1. Parut kelapa Anda dengan mesin atau alat parut.
  2. Masukkan parutannya ke dalam blender.
  3. Tambahkan 1 1/4 gelas air panas.
  4. Mulai memblender. Tutup blendernya dan mulailah memblender. Hati-hati jangan sampai tutupnya lepas.
  5. Saring hasil blendernya.
  6. Simpan santannya.

Nah dari sekian banyak alternatif membuat santan, tentu santan yang kita hasilkan ingin bagus dan tidak mudah pecah. Dan Artikel berikut bisa sedikit membantu menjelaskan, bagaimana cara membuat santan kelapa agar tidak mudah pecah

 

Jenis-jenis Santan Kelapa yang ada di Pasaran

Santan yang di jual di pasaran tidak hanya satu macam, melainkan ada beberapa macam jenis. Di antaranya:

Santan Instan.

Santan ini mempunyai tekstur sangat kental daripada santan biasa. Jika ingin menggunakan perlu di larutkan dengan air sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Tetapi sayangnya santan ini kurang tepat untuk jenis masakan karena santan instan ini jika di masak/di dalam masakan tidak dapat mengental dan tidak mengeluarkan minyak. Dan tepatnya jika di gunakan dalam pembuatan aneka kue agar kue terasa lezat.

Santan Murni.

Santan murni ialah santan yang di hasilkan dari parutan kelapa asli yang sudah tua. Kelapa masih muda atau menjelang tua juga menghasilkan santan namun hanya sedikit dan kurang kental dan semakin tua kelapa semakin banyak santannya. Santan murni bisa di pakai untuk semua jenis masakan dan semua jenis kue. Tetapi sayangnya santan ini langsung di gunakan karena tidak bisa tahan lama.

Santan bubuk.

Santan ini termasuk jenis santan instan hanya saja bentuknya bubuk. Bahan makanan satu ini terbuat dari campuran kelapa dan tepung kanji yang sudah melalui proses pengeringan. Santan bubuk ini perlu di seduh jika mau di gunakan.

Penggunaan Santan Kelapa dalam Makanan

Santan kelapa segar memiliki konsistensi serta sedikit rasa manis yang agak serupa dengan susu sapi. Ditambah lagi, jika pembuatan santan kelapa anda benar, maka harusnya tidak ada lagi aroma kelapa yang tertinggal.

Santan kelapa dapat dikonsumsi secara mentah dan segar, atau bisa anda tambahkan sebagai pengganti tambahan susu untuk kopi atau teh. Santan kelapa juga bisa dikombinasikan dengan buah dan difermentasikan untuk membuat yoghurt.

Sebagai bahan makanan yang sangat umum, santan kelapa digunakan pada banyak hidangan negara tropis seperti Burma, Kamboja, Filipina, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, Cina selatan, bahkan hingga Brazil, Karibia, dan kepulauan pasifik lainnya.

Sementara itu santan kelapa sangat sering digunakan untuk hidangan sejenis kari. Biasanya, untuk membuat kuah kari, pertama-tama santan kelapa dimasak dengan tingkat panas yang tinggi agar memisahkan unsur krim dan minyaknya. Setelah itu saus kari ditambahkan beserta bumbu dan rempah-rempah lainnya, daging, sayuran, dan lain-lain.

Di Indonesia, Nasi Uduk adalah hidangan yang sangat populer. Nasi Uduk ini adalah nasi yang dimasak dengan menambahkan santan kelapa dengan beras. Di Malaysia, hidangan ini disebut Nasi Lemak. Santan kelapa juga digunakan untuk hidangan manis semacam serabi, yang dibuat dengan mengolah santan kelapa dan tepung beras.

Di Brazil, santan kelapa biasa digunakan bersama seafood serta bersama makanan penutup. Di Kolombia dan Panama, dikenal hidangan bernama titote, yang dibuat dengan cara menggoreng parutan daging kelapa bersama santan, sedikit air kelapa, serta tambahan gula. Sisa konsentrat hasil gorengannya disebut titote dan digunakan untuk membuat nasi kelapa dengan sedikit rasa manis.

Di Venezuela, kebanyakan hidangan daging umumnya disajikan dengan santan kelapa. Ketika santan kelapa dihidangkan bersama dengan suwiran daging ikan, hidangan ini disebut mojito en coco. Santan kelapa juga bisa digunakan untuk membuat majarete, yakni hidangan penutup yang cukup umum di Venezuela.

Penggunaan Santan Kelapa dalam Minuman

Di negara-negara Asia Tenggara, dikenal sebuah minuman dingin yang populer bernama cendol. Cendol ini dibuat dengan menggunakan santan dingin yang ditambahkan dengan agar-agar berwarna hijau/putih yang terbuat dari tepung beras dan dimaniskan dengan gula aren.

Santan kelapa juga biasa digunakan dalam minuman-minuman hangat tradisional, seperti bandrek dan bajigur dari Jawa Timur, Indonesia.

Di Cina bagian selatan dan Taiwan, santan kelapa cair yang telah dimaniskan biasa disajikan sebagai minuman selagi musim semi dan musim panas. Minuman ini dibuat dengan menambahkan gula dan susu segar dalam proses pembuatan santan.

Di Brazil, santan kelapa dicampurkan dengan gula dan cachaca untuk membuat koktail yang disebut batida de coco. Sementara itu di Puerto Rico, terdapat minuman khas yang disebut pina colada, yang umumnya mengandung santan kelapa atau krim kelapa.

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan

1. Cegah penuaan

Serat, lemak dan nutrisi serta antioksidan dalam santan kelapa bisa membantu mencegah terjadinya penuaan. jadi bagi yang mengkomsumsi santan kelapa dengan teratur, kemungkinan besar Dia akan awet muda.

2. Kaya zat besi

Zat besi dalam santan kelapa mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Anemia terjadi karena tubuh tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup untuk aktivitas sehari-hari. Akibatnya Anda jadi lemas, cepat lelah, dan tidak produktif.

3. Menguatkan tulang

Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan zat kalsium saja, tetapi juga fosfor yang banyak terdapat pada santan kelapa. Konsumsi santan kelapa juga membantu menyehatkan dan menguatkan tulang Anda.

4. Memperkuat imunitas

Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka flu dan infeksi akan jarang terjadi.

5. Kaya antioksidan

Santan kelapa ternyata juga kaya antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel.

6. Penyubur Rambut

Ternyata minyak dari santan kelapa yang telah diproses atau sisa perasan santan kelapa yang berupa Ampas kelapa, berkhasiat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut, kurang percaya!! coba saja secara rutin

7. Memperketat Kulit

Santan kelapa yang menjadi olesan wajah atau sabun bagi wajah dipercaya mampu memperketat kulit atau mencegah penuaan dari kulit anda, khususnya baik digunakan bagi wanita

Manfaat Santan Kelapa untuk Kecantikan

Selain untuk bahan masakan, santan juga dikenal berkhasiat untuk merawat rambut. Sejak dahulu bilasan santan sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk menyuburkan. Dan ternyata tak hanya itu manfaat santan untuk kecantikan. Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat santan untuk kecantikan:

1. Memelihara kesehatan rambut

Santan dapat memberikan sensasi dingin pada kulit kepala. Santang dapat memberikan kelembaban alami dari akar hingga ke ujung rambut. Anda bisa menggunakan santan untuk cream bath.

Teteskan pada kulit kepala dan pijat selama tiga sampai lima menit. Diamkan selama 20 menit, kemudian keramas rambut Anda seperti biasa. Ini akan memulihkan rambut yang kering, rusak, rapuh, dan bercabang serta meningkatkan kesehatan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan.

Dan untuk mengetahui lebih dalam tentang manfaat santan kelapa khusus rambut, bisa dibaca pada artikel tersebut.

 

2. Kondisioner alami

Benar sekali, santan dapat difungsikan sebagai kondisioner alami. Kandungan minyak alami dalam santan menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur. Aplikasikan santan di rambut setelah keramas untuk mendapatkan rambut lebih lembut. Jika rambut Anda kusut, Anda juga bisa meneteskan sedikit santan di rambut dan menyisirnya hingga tak kusut lagi. Rambut akan terurai tanpa menjadi patah.

3. Pelembab alami

Karena sifatnya yang mendinginkan, santan juga bisa dijadikan pelembab untuk kulit. Coba tambahkan setengah cangkir air mawar dan secangkir santan segar dalam air mandi Anda. Pakai untuk berendam selama sekitar 15 menit. Proses ini akan membantu mengembalikan kelembaban kulit yang hilang.

Atau Anda dapat langsung menggosokkan santan segar pada kulit dan biarkan selama 30 menit agar nutrisinya diserap kulit. Lakukan secara rutin dan Anda akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

 

4. Mendinginkan kulit yang terbakar matahari

Kulit Anda kemerahan atau mengelupas karena terpapar sinar matahari? Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan santan dingin ke kulit. Lemak dan minyak dalam santan akan membantu mengurangi kemerahan dan mengembalikan kelembaban pada kulit yang terbakar sinar matahari. Santan juga dapat meringankan rasa perih luka bakar atau ruam yang disebabkan oleh paparan matahari.

 

5. Anti penuaan

Konsumsi santan atau aplikasi di kulit akan meningkatkan elastisitas kulit, karena kandungan vitamin C dalam santan akan menjadikan kulit lebih elastis dan memperlambat proses penuaan kulit.

 

6. Pengobatan penyakit kulit

Karena sifatnya yang melembapkan, santan dapat menenangkan gejala psoriasis, dermatitis dan eksim. Asam lemak alami dalam santan ini dapat membantu mengobati kulit kering dan iritasi serta menangkal bakteri dari permukaan kulit.

 

7. Make-up remover

Santan dapat digunakan sebagai make-up remover. Anda dapat mencampur minyak kelapa dan santa dengan rasio 1:2 dan menggunakan ramuan ini untuk menghapus make-up mata dengan lembut serta melembabkan kulit.

Selain manfaat diatas, santan memiliki manfaat khusus untuk wajah, khususnya bagi kecantikan dan kebersihan wajah. Yang berhurup tebal tersebut, merupakan link artikel yang menjelaskan point tersebut.

Atau kemudian anda ingin secara luas mengetahui manfaat santan kelapa,  ada sebanyak minimal 30 manfaat santan kelapa bagi kesehatan yang bisa anda pelajari dan praktekkan.

Kandungan Gizi dalam Santan Kelapa

Santan terbuat dari perasan buah kelapa tua yang diparut. Sebagian besar dari kita menganggap makanan yang mengandung santan akan mengandung banyak lemak, sehingga dapat membahayakan kesehatan.

Padahal santan merupakan makanan yang kaya nutrisi. Juga merupakan bahan makanan serba guna, karena dapat digunakan untuk berbagai makanan, termasuk kue-kue. Ketika dimasak, komposisi kimia di dalam santan tidak kehilangan nilai gizinya.

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam santan kelapa?

Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam santan:

  • Kalori. Kandungan kalori dalam santan terbilang cukup tinggi, yaitu 120 kalori untuk setiap sendok makan santan. Mengonsumsi 1 sendok makan santan per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
  • Lemak. Kandungan lemak santan terdiri dari beberapa jenis, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak omega 3, lemak omega 6 dan lemak tak jenuh tunggal. Dengan konsumsi yang tepat, lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan serta melumasi sel-sel dan sendi.
  • Gula. Rasa santan yang sedikit manis disebabkan kandungan sejumlah kecil gula seperti glukosa dan fruktosa, hanya sekitar 1 – 2 persen gula saja. Gula bermanfaat untuk energi bagi tubuh.
  • Kalsium. Satu cangkir santan kelapa mengandung sekitar 200 IU kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi.
  • Protein. Meskipun kandungan protein dalam santan termasuk rendah, namun kandungan alanin, sistin, arginin dan serene yang mudah dicerna tubuh tetap bermanfaat untuk mempertahankan dan membangun sel-sel baru. Juga bermanfaat untuk rambut, kuku dan kulit.

Selain kandungan nutrisi tersebut, santan juga mengandung bermacam mineral seperti natrium, kalium, fosfor, zat besi dan tembaga. Penggunaan santan kelapa secara tidak berlebihan selain membuat masakan menjadi lebih enak dan gurih, juga sangat bermanfaat untuk tubuh.

By |2016-11-22T22:14:01+00:00November 18th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Ngalor Ngidul Menyoal Santan Kelapa, Cairan Nikmat Penuh Manfaat

About the Author:

WhatsApp chat