30 Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui

santan kelapa

Sekilas Tentang Santan Kelapa

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kesehatan – Siapa yang tak kenal dengan buah kelapa? Buah yang identik dengan nuansa pantai ini memang sangat enak untuk dimakan, apalagi jika kelapa tersebut muda. Pasti kebayang bagaimana segarnya.

Tapi siapa sangka, buah dengan kulit keras ini nyatanya memiliki banyak manfaat. Salah satu hasil olahan kelapa yang banyak memberi manfaat adalah santan.

Santan kelapa (Coconut Milk) adalah cairan berwarna putih yang diperoleh dari pengepresan atau pemerasan daging kelapa segar dengan atau tanpa penambahan air.

Akhir-akhir ini ada kecenderungan konsumen untuk menggunakan produk siap pakai. Santan yang dikemas melalui proses pasteurisasi (sterilisasi) tidak hanya awet tetapi juga siap untuk disajikan atau di olah.

Pengolahan santan yang tahan lama dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain jenis dan ukuran buah kelapa, cara dan tahap pemerasan dan faktor-faktor lainnya.

santan kelapa

 

Untuk menghasilkan santan pada umumnya dilakukan dengan memeras kelapa parut dengan menggunakan mesin santan kelapa, lalu kemudian memerasnya bisa dengan metode peras manual atau dengan menggunakan mesin pemeras santan kelapa

Metode dan tahapan yang dilakukan dalam pemerasan mempengaruhi mutu dan ketahanan simpan produk santan yang diperoleh.

Disamping metode dan tahapan pemerasan, untuk memproduksi santan akan menguntungkan jika dipergunakan buah kelapa yang berukuran kecil karena persentasi daging buahnya lebih banyak dibandingkan buah yang berukuran besar.

Baca Juga : 6 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat Alami

Peluang Usaha Santan Kelapa

Teknologi pembuatan santan kelapa mudah diterapkan dan memiliki peluang yang sangat bagus di pasaran, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk berwirausaha masyarakat di Indonesia.

Disamping itu, wirausaha pengolahan buah kelapa ini juga dapat dikembangkan untuk menghasilkan produk olahan yang lainnya.

Sebagai contoh, dalam pengolahan buah kelapa pasti akan yang menghasilkan limbah berupa air kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk membuat nata de coco, kecap, sampai ke produk kesehatan dan kecantikan.

Semua jenis produk ini juga memiliki peluang pasar yang cukup bagus di pasaran. Dengan demikian penerapan teknologi pembuatan santan kelapa dan pemanfaatan limbahnya, yaitu air kelapa, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menumbuhkan wirausaha baru, sehingga dapat membuka peluang usaha bagi Anda.

Besarnya manfaat santan kelapa, berikut ini  kami sajikn 30 manfaat santan kelapa untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib Anda ketahui:

 

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit dan Wajah

  1. Membersihkan Kulit dan Pori-Pori Kulit

30 Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui

Santan kelapa bermanfaat untuk membantu membersihkan pori-pori kulit. Caranya itu Anda bisa menggunakan santan kelapa sebagai scrub yang dioleskan ke wajah, dengan cara ini pori-pori kulit bisa dibersihkan, dan juga bisa mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, dengan cara mencampurkan 4 sdm santan kelapa, 1 cangkir garam halus, dan 1,5 liter minyak kelapa. Campurkan semuanya sampai rata, kemudian oleskan pada kulit sambil Anda pijat dan gosok secara perlahan dan merata. Selain itu, cara ini juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati.

 


  1. Menghaluskan Kulit

30 Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 1

Selain untuk membersihkan, santan kelapa juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang memiliki tekstur yang kasar. Karena sebagian besar kulit kasar ini disebabkan oleh sel kulit mati, nah seperti yang sudah saya jelaskan di poin sebelumnya, sel kulit mati bisa diatasi dengan menggunakan scrub santan kelapa yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Caranya itu dengan mencampurkan satu mengkok santan kelapa dengan seperempat sendok makan bubuk kunyit, aduk hingga rata lalu gosokkan perlahan ke seluruh bagian tubuh. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Setelah mandi, jangan lupa oleskan body lotion saat tubuh Anda  masih terasa lembab. Jika dilakukan secara rutin, ramuan ini bisa menghaluskan kulit Anda.

 


  1. Mencerahkan Kulit Wajah

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 2

Tidak cuma susu, bengkoang, dan yogurt saja, santan kelapa juga mempunyai kandungan vitamin yang bisa mencerahkan kulit wajah Anda. Anda bisa menggunakan santan kelapa ini sebagai masker wajah atau untuk membersihkan kulit wajah.

Dengan membersihkan kulit wajah secara rutin akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih putih dan cerah alami.

 


  1. Melembabkan Kulit

Anda bisa mendapatkan kulit yang lembab dan cantik hanya dengan menggunakan santan kelapa. Caranyapun sangat mudah sekali yaitu tinggal Anda oleskan minyak kelapa pada kulit wajah anda dan diamkan selama 30 menit. Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Maka kulit Anda akan lembab dan cantik alami.

 


  1. Mencegah serta Mengatasi Komedo dan Jerawat

Santan kelapa dipercaya memliki khasiat yang sangat baik untuk membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, jadi bisa mencegah dan mengatasi timbulnya komedo dan jerawat. Komedo dan jerawat ini merupakan masalah yang umum diderita semua orang. Meskipun bukan suatu penyakit yang berbahaya, tapi keduanya ini bisa merusak penampilan wajah.

 


  1. Mengatasi Keriput/Kerutan dan Tanda Penuaan

Selain membersihkan dan menghaluskan kulit wajah, santan kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi tanda penuaan seperti keriput atau garis halus pada wajah Anda.

Santan kelapa bisa Anda gunakan untuk membasuh wajah dan bermanfaat untuk mencegah kerutan halus sekaligus menyamarkan flek hitam. Karena santan kelapa mengandung vitamin C yang mampu mengembalikan kekencangan kulit.

Cara penggunaannya itu cukup mudah, dengan cara mengoleskan santan kelapa pada kulit wajah, diamkan selama beberapa menit, baru setelah itu Anda bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal.

 


  1. Membersihkan Bekas Make Up

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 3

Make up memang bisa menunjang kecantikan seseorang, khususnya wanita, tapi make up yang telah tercanpur dengan kotoran, debu dan polusi ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kalau tidak segera diatasi. Maka dari itu sangat penting untuk membersihkan make up.

Anda bisa membersihkan make up dengan menggunakan santan kelapa. Kotoran bekas make up yang masuk ke dalam pori-pori kulit akan terangkat dengan mudah menggunakan santan kelapa. Caraya yaitu oleskan santan kelapa pada kulit wajah Anda sambil dipijat secara lembut, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

 


  1. Melindungi Kulit dari Sinar UV Matahari

Seperti yang kita ketahui akan bahaya sinar UV matahari yang dapat merusak kulit seperti menyebabkan kulit merah, terbakar, gelap dan lain sebagainya. Tapi sekarang Anda tidak perlu kawatir lagi, karena masalah sinar UV bisa diatasi dengan menggunakan santan kelapa. Berdasarkan penelitian, santan kelapa mampu melindungi kulit serta mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

 


  1. Mengatasi Gangguan Kulit

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 4

Masalah gangguan kulit seperti gatal-gatal, alergi, dan kulit kering berminyak dan  lain sebagainya dapat diatasi dengan menggunakan santan kelapa. Santan kelapa sangat efektif mengatasi berbagai masalah kulit.

  1. Menghilangkan Kulit Mati

Scrub dari santan kelapa efektif membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut dan tampak sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mencampurkan 1 cangkir garam, 4 sdm. santan kelapa, dan 1-2 sdm minyak kelapa sebagai pewangi. Tambahkan santan kelapa hingga campuran kekentalannya sesuai keinginan. Oleskan campuran ini pada kulit untuk mendapatkan efek pengelupasan alami dan murah yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

  1. Mengurangi Minyak Wajah

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 5

Produksi minyak berlebih di wajah membuat riasan cepat luntur. Selain itu kulit berminyak juga membuat penampilan menjadi lusuh. Santan kelapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Tambahkan parutan kelapa dengan sedikit air agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.

 


  1. Menghaluskan Tumit Pecah-pecah

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 6

Tumit pecah-pecah jadi masalah bagi perempuan. Karena kalau itu terjadi, dia tidak mungkin memperlihatkan bagian kaki lebih banyak. Tapi Anda jangan khawatir, santan kelapa juga bisa digunakan untuk menghaluskan tumit pecah atau bagian telapak kaki yang biasanya kasar karena sering bergesekan dengan lantai atau tanah.

 


  1. Menyamarkan Lutut dan Siku yang Menghitam

Lutut dan siku mungkin menjadi area tubuh yang luput dari perhatian dan perawatan, akibatnya kedua bagian itu menghitam. Ambil jeruk lemon ukuran sedang, belah jadi dua dan ambil airnya. Sisihkan air perasan itu, karena yang dibutuhkan adalah lemonnya.

Selanjutnya teteskan setengah sendok teh minyak kelapa ke lemon, usap perlahan namun berulang ke bagian lutut dan siku yang menghitam, sambl digosok secara lembut. Lakukan berkali-kali sampai lemon dan minyak kelapa habis, lalu bersihkan. Lakukan setiap hari sampai warna hitamnya memudar.


 

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

  1. Menutrisi Rambut

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 8

Sama halnya dengan minyak kelapa atau air kelapa, santan kelapa juga baik sekali untuk menutrisi rambut Anda. Santan kelapa mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik sekali untuk rambut kita. Jadi rambut Anda bisa lebih terawat dan terlihat lebih berkilau.

 


  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Santan kelapa juga dapat meningkatkan pertubuhan rambut. Karena santan kelapa itu mengandung vitamin E dan minyak esensial yang bisa meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan rambut. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Caranya itu cukup mudah, dengan mengoleskan santan kelapa yang telah dicampurkan dengan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala Anda, terus diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

 


  1. Mengatasi Rambut Kering

 

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 9

Rambut Kering juga merupakan masalah yang kerapa membuat orang tidak percaya diri. Tetapi sekarang anda tidak perlu khawatir, masalah rambut kering ini bisa diatasi dengan menggunakan santan kelapa.

Santan kelapa, selain bisa untuk melembabkan kulit wajah. juga mengandung protein alami yang bisa melembabkan rambut sehingga rambut kering teratasi.

Caranya mudah sekali. Yaitu hanya dengan mengoleskan santan kelapa pada rambut anda, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air.


 

  1. Mengatasi Masalah Rambut Rontok

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 7

 

Permasalah rambut rontok ini sering sekali terjadi, terutama pada orang lanjut usia dan juga orang yang berada di lingkungan dengan tingkat stress yang tinggi.

Nah santan kelapa baik sekali untuk mengatasi masalah rambut rontok. Bahkan santan kelapa mampu mencegah kebotakan permanen yang disebabkan rambut rontok.

Tentu hal ini adalah kabar gembira bagi Anda semua yang memiliki masalah rambut rontok, karena tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mengobatinya.

Cara menggunakannya seperti biasa, yaitu Anda oleskan santan kelapa pada rambut dan kulit kepala Anda sambil Anda pijat, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.


 

  1. Membuat Rambut Menjadi Hitam Berkilau

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 10

 

Wanita mana yang tak ingin memiliki rambut hitam dan berkilau. Pasti semua wanita menginginkannya.

Anda pun bisa mendapatkan rambut yang hitam berkilau dengan melakukan perawatan menggunakan santan kelapa. Santan kelapa akan menutrisi rambut sehingga rambut akan menjadi sehat, hitam dan berkilau cantik alami.


 

  1. Mengatasi Rambut Lepek dan Susah Diatur

Rambut lepek dan susah diatur juga merupakan masalah serius, khususnya bagi para wanita. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan santan kelapa. Santan kelapa akan membuat rambut menjadi lemas, tapi tidak lepek, jadi bisa dengan mudah untuk ditata sesuai keinginan.


 

  1. Mengatasi Masalah Ketombe dan Kulit Kepala yang Gatal

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 11

Masalah ketombe dan kulit kepala yang gatal kerap menjadikan seseorang menjadi tidak percaya diri. Ketombe disebabkan oleh kotoran atau kulit kelapa yang mengelupas.

Santan kelapa dapat mengatasi masalah kulit kepala yang gatal dan mengelupas, sehingga masalah ketombe juga dapat teratasi menggunakan santan kelapa.

Cara menggunakannya sangat mudah sekali, Anda oleskan santan kelapa pada rambut dan kulit kepala Anda sambil dipijat-pijat, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.


 

  1. Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Dengan merawat rambut menggunakan santan kelapa, Anda memberikan perawatan protein tinggi pada rambut yang membuat tumbuh lebih cepat dan lebih tebal. Protein juga sangat esensial untuk mencegah rambut bercabang atau pecah-pecah.

Masalah rambut rusak seperti rambut bercang juga dapat diatasi dengan menggunakan santan kelapa.

Caranya yaitu anda oleskan santan kelapa pada rambut anda, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Anda dapat mengaplikasikan santan setidaknya sekali dalam sebulan untuk rambut yang lebih indah


 

  1. Memperlambat Pertumbuhan Uban

Stress dan menggunakan shampo yang tidak cocok bisa menyebabkan rambut uban tumbuh lebih cepat meski usia masih muda.

Santan kelapa bisa bermanfaat untuk menunda dan mencegah munculnya rambut uban. Bahkan ketika usia seseorang sudah lanjut, santan kelapa bisa mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memarut kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Tambahkan garam pada santan, lalu embunkan semalam. Keesokan harinya tinggal dioleskan pada rambut.


 

  1. Melembabkan Rambut

Rambut akan lebih mudah patah pada jenis rambut kering. Untuk mengatasi rambut kering dan mudah patah, cara terbaik yang bisa kita lakukan pastilah dengan mengembalikan kelembaban rambut.

Air kelapa bisa kita gunakan untuk melembabkan rambut. Karena kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus memberi kelembaban.

Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur air kelapa dari kelapa yang tidak begitu tua dengan air biasa. Perbandingannya satu banding satu. Selanjutnya basuhkan ke rambut setiap habis keramas.


Manfaat Santan Kelapa Untuk Kesehatan

  1. Mencegah Penuaan

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 12

Santan kelapa mengandung kadar serat, lemak, dan nutrisi cukup tinggi yang bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Jadi bagi Anda yang mengonsumsi santan kelapa secara teratur, kemungkinan besar Anda akan jadi lebih awet muda.


 

  1. Kaya Zat Besi

Zat besi dalam santan kelapa mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Anemia terjadi karena tubuh tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup untuk aktivitas sehari-hari. Akibatnya Anda jadi lemas, cepat lelah, dan tidak produktif.


 

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 13

Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan zat kalsium saja, tetapi juga fosfor yang banyak terdapat pada santan kelapa. Konsumsi santan kelapa juga membantu menyehatkan dan menguatkan tulang dan gigi Anda.

 


 

  1. Memperkuat Imunitas

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 14

Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka flu dan infeksi akan jarang terjadi.


 

  1. Kaya Antioksidan

Santan kelapa ternyata juga kaya antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel.


 

  1. Kandungan Lemak Jenuh dan Asam

Nah, ini bagi Anda yang mau berdiet. Tidak masalah ternyata mengonsumsi santan kelapa. Walau tinggi lemak jenuh, nyatanya santan dapat membantu menurunkan berat badan.

Karena lemak jenuh dalam santan kelapa terdiri dari asam lemak rantai pendek yang dengan cepat diubah tubuh menjadi energi, jadi tak menimbun lemak.

Santan kelapa juga mengandung asam laurat, asam kaprat, dan lipit antimikroba yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Dalam tubuh, asam laurat dirubah menjadi monolaurin yang diyakini efektif untuk melawan virus dan bakteri penyebab herpes, influenza, bahkan HIV.


 

  1. Kesehatan Jantung

30 Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui 15

Berdasarkan penelitian, santan kelapa mengandung asam lemak rantai medium yang bermanfaat untuk menjaga dan memperkuat kesehatan jantung.

Faktanya, banyak masyarakat yang tinggal di pesisir pantai yang secara umum lebih sering mengkonsumsi minyak dna santan kelapa ketimbang minyak sayuran atau hewan, terbukti mempunyai resiko lebih rendah terkena penyakit jantung.


 

Demikian informasi mengenai 30 manfaat santan kelapa bagi kesehatan dan kecantikan yang wajib Anda ketahui. Karena dengan begitu Anda jadi semakin tahu bahwa sebetulnya kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat yang diperoleh dari bahan alami, salah satunya adalah santan kelapa.

Selain itu, bahannya pun bisa dengan mudah dan murah didapatkan, dan proses pembuatan santan kelapa juga terbilang mudah. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •