Home » Artikel » Artikel Proses » 6 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat Alami

6 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat Alami

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

 

Tentu banyak orang yang ingin rambutnya ingin sehat alami, ada banyak perawatan yang memberikan tipsnya, dan disini akan kami tampilkan manfaat santan kelapa untuk rambut.

Rambut sehat, kuat, dan lebat menjadi dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya tentu saja kita harus menambah pengetahuan kita terhadap permasalahan rambut dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut kita.

Seperti halnya tubuh, rambut juga butuh nutrisi. Untungnya manfaat santan kelapa dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut, hebatnya lagi santan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk wajah supaya Wajah Tampil Lebih Berseri dan Cerah Alami.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut

Santan kelapa atau dalam bahasa inggris disebut coconut milk ini dihasilkan dari perasan parutan daging kelapa.

Jika kita biasa menggunakan santan kelapa sebagai bahan tambahan masakan, atau dengan kata lain mengkonsumsi santan kelapa untuk dimakan, menggunakan santan kelapa untuk perawatan rambut tentu saja cara penggunaannya pun berbeda.

Merawat rambut tidak hanya dilakukan ketika ada masalah, tetapi merawat rambut sebaiknya juga dilakukan untuk mencegah dan juga untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan indah.

Jika Anda memiliki masalah rambut namun tidak tahu penyebab dan masalah apa yang terjadi pada rambut Anda, kenali dulu yuk gejala dan ciri – ciri rambut yang bermasalah.

 

Baca Juga : Segala Hal tentang Santan Kelapa

 

Masalah Pada Rambut

  • Rambut kering dan kusam

Masalah rambut kering sering kali terjadi pada setiap orang, karena penyebab utamanya adalah seringnya terkena paparan sinar matahari. Hal ini membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering.

Tetapi masalah rambut kering tidak hanya disebabkan dari sinar matahari saja. Jadi bagi Anda yang jarang keluar ruangan tetapi memiliki masalah rambut kering, bisa jadi ada penyebab lain yang membuat rambut Anda kering.

Seperti penyakit Anoreksia Nervosa, penyakit ini muncul akibat kekurangan berbagai mikronutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, sehingga rambut menjadi kering dan rusak.

Anda juga harus berhati – hati dengan penggunaan produk – produk perawatan rambut dan semir rambut. Banyak kandungan kimia yang sebenarnya berbahaya dan menjadi penyebab rambut kering.

Penyebab lain yang jarang disadari adalah berenang. Bukan aktivitasnya yang membuat rambut kering, tetapi air kolam renang, apalagi kolam renang umum yang banyak mengandung klorin sehingga membuat rambut menjadi kusut dan kering.

  • Rambut kasar dan bercabang

Penyebab umum masalah rambut kering dan bercabang adalah rambut kekurangan nutrisi. Hal ini akan berdampak pada kutikula rambut, atau lapisan terluar yang membungkus rambut.

Kutikula ini berfungsi sebagai pengikat serat – serat rambut. Kurangnya nutrisi pada rambut akan membuat fungsi kutikula menjadi bermasalah, sehingga fungsi pengikat serat – serat rambut menjadi berkurang dan membuat rambut kita menjadi bercabang.

Usia rambut juga penyebab terjadinya masalah rambut bercabang, semakin panjang rambut maka usia rambut akan semakin tua, sehingga rambut yang panjang cenderung lebih rentan terhadap masalah ini.

Faktor luar juga memiliki potensi terhadap masalah rambut bercabang. Seperti penggunaan alat penata rambut dan produk – produk perawatan berbahan kimia.

Alat penata rambut yang memanfaatkan panas atau biasa disebut catok, jika digunakan terlalu sering akan membuat rambut menjadi kasar dan bercabang.

  • Rambut rontok

Lagi – lagi penyebabnya adalah kurangnya asupan nutrisi pada rambut. Rambut yang kekurangan nutrisi akan tumbuh menipis dan mudah rapuh sehingga rambut mudah rontok.

Sering melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia seperti penggunaan semir rambut, penggunaan zat kimia pada proses pelurusan rambut atau sering disebut rebounding juga menjadi penyebab lain timbulnya masalah rambut rontok.

Perlu berhati – hati juga jika Anda adalah orang yang hidup dalam tekanan seperti terlalu sibuk bekerja, atau sedang menghadapi masalah yang berat.

Karena stress akibat tekanan akan membuat otot syaraf kepala menegang dan menyebabkan akar rambut melemah sehingga kerontokan rambut bisa terjadi tiba – tiba.

  • Rambut kusut dan susah ditata

Rambut kusut dan susah ditata sebenarnya adalah masalah kelanjutan dari masalah rambut kering. Karena kering itulah indikasi bahwa rambut kekurangan nutrisi yang juga beresiko membuat rambut kusut.

Ditambah lagi faktor luar seperti proses pengeringan rambut yang salah seperti mengeringkan rambut dengan menggosok – gosok dengan handuk dan ini bukan langkah yang baik.

Sebaiknya hindari mengeringkan rambut dengan menggosok – gosokkan handuk dan lakukan dengan memberikan tekanan – tekanan lembut dengan handuk.

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut maka sebaiknya menggunakan suhu rendah, lebih baik mengeringkan rambut perlahan tapi lebih aman.

  • Rambut apek dan berketombe

Penyebab rambut berbau apek dan berketombe adalah jamur pada kulit kepala. Ini adalah gejala dari infeksi kulit kepala yang akan mengakibatkan kulit kepala menjadi bersisik, rambut mudah patah, bau apek dan berketombe.

Jamur kepala bisa timbul akibat gaya hidup dari orang itu sendiri atau karena kekurangan nutrisi kulit kepala.

Gaya hidup seperti terlalu sering keramas, tidak mengeringkan rambut sebelum memakai penutup kepala, juga penggunaan produk yang salah sangat beresiko tumbuhnya jamur pada kulit kepala.

Masalah dari dalam seperti kekurangan nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala seperti zat besi dan vitamin B memiliki resiko tinggi munculnya jamur dan ketombe.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa semakin nutrisi rambut tercukupi maka ketahanan rambut juga akan semakin baik terhadap pengaruh luar.

Nutrisi yang dibutuhkan rambut dapat kita dapatkan dari santan kelapa. Karena didalamnya mengandung kalori, lemak omega 3 dan omega 6, gula, kalsium, protein, vitamin dan mineral.

Untuk vitamin, diantaranya vitamin B, C, E dan mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, dan magnesium yang baik untuk menutrisi rambut dan kulit kepala.

 

Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut

  1. Melembabkan rambut dan kulit kepala

Santan kelapa mengandung beberapa lemak baik, diantaranya omega 3 dan omega 6. Lemak inilah yang dapat kita gunakan sebagai pelembab rambut dan kulit kepala.

Dengan kulit kepala dan rambut yang lembab maka kita dapat mencegah dan mengatasi masalah ketombe dan rambut kering.

Untuk menggunakan santan kelapa sebagai pelembab cukup teteskan santan kelapa pada kulit kepala kita.

Berikan pijatan secara merata selama 5 menit dan diamkan sampai kira – kira 20 menit. Setelah itu bisa Anda bilas bersihkan dengan keramas seperti biasanya.

 

2. Melembutkan rambut

Masalah rambut kusut dapat kita atasi dengan melembutkan rambu dengan santa kelapa. Santan kelapa dapat kita jadikan sebagai kondisioner yang akan membuat rambut kita menjadi halus dan lembut.

Untuk menggunakan santan kelapa sebagai kondisioner, dapat kita lakukan dengan meneteskan sedikit santan kelapa pada rambut dengan bantuan cotton buds atau kapas lembut sampai meresap dan biarkan selama satu jam.

Terapkan cara ini setidaknya seminggu sekali maka rambut Anda akan lebih lembut dan terhindar dari rambut kusut dan kaku.

 

3. Mengatasi kerusakan dan kerontokan rambut

Santan kelapa mampu menutrisi ulang rambut dan kulit kepala secara alami dan efektif. Santan kelapa mampu memasok protein yang dapat memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan.

 

4. Menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Setelah Anda terbebas dari masalah ketombe dan kerontokan rambut. Maka Anda dianjurkan untuk tetap menggunakan santan kelapa untuk perawatan rambut berikutnya.

Karena kandungan lemak esensial dan vitamin E dalam santan kelapa dapat merangsang pertumbuhan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga rambut akan lebat kembali.

Kedua kandungan tersebut adalah nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala untuk menahan dan memperkuat akar rambut supaya tidak gampang rontok.

Dalam proses ini Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun dan memberikan pijatan lembut pada kulit kepala dan rambut untuk memaksimalkan efeknya.

 

5. Membuat rambut tampak berkilau

Setelah berhasil mengatasi masalah – masalah pada rambut dan kulit kepala. Kini saatnya memaksimalkan penampilan rambut Anda dengan membuatnya tampak lebih berkilau.

Oleskan santan kelapa (bisa ditambah dengan madu) pada rambut selama beberapa jam dan lakukan dua kali dalam seminggu maka rambut Anda akan tampak berkilau alami.

 

6. Melindungi rambut

Sudah mendapatkan rambut yang sehat dan indah bukan berarti Anda berhenti melakukan perawatan menggunakan santan kelapa.

Lindungi kesehatan serta keindahan rambut dan kulit kepala Anda dari paparan sinar matahari dan polusi untuk mencegah masalah timbul kembali.

Cukup gunakan santan kelapa sekali dalam seminggu agar rambut tetap lembab, lembut, sehat, dan berkilau.

 

Baca juga : Manfaat santan kelapa untuk kesehatan secara lengkap

Cara Mendapatkan Santan Kelapa

Santan kelapa kemasan bisa kita dapatkan di supermarket, tetapi saya sarankan untuk menggunakan santan kelapa segar yang dapat Anda pastikan prosesnya sehingga dapat menjamin kemurniannya.

Untuk bisa mendapatkan santan kelapa yang berkualitas dengan hasil yang banyak kita harus pilih kelapa yang agak tua. Kenapa? Karena kelapa agak tua memiliki daging yang tebal dan tidak terlalu lunak.

Jika kelapa terlalu tua maka dagingnya akan cenderung kering dan santan yang dihasilkan pun sedikit dan kualitasnya pun berkurang.

Sebelum daging kelapa diparut, lebih baik kupas dan bersihkan kulit ari kelapa. Jika tidak maka santan yang dihasilkan kurang bersih.

Daging kelapa yang tebal dan tidak terlalu lunak, selain dapat menghasilkan santan yang banyak juga memudahkan kita saat proses pemarutan. Atau bisa juga menggunakan mesin pemarut kelapa sehingga proses pemarutan akan lebih mudah, cepat, dan hasil yang optimal.

Kalau anda ingin praktis dalam memeras santan, bisa juga memakai mesin pemeras santan kelapa sederhana kami.

Namun jika Anda menggunakan cara manual menggunakan parutan biasa, maka gunakan parutan kelapa yang dapat memarut daging kelapa dengan lembut. Semakin lembut parutan maka saat diperas, sari yang dikeluarkan pun semakin banyak.

Saat proses pemerasan gunakan air yang cukup panas (bukan air mendidih) untuk dapat memeras parutan daging kelapa dengan hasil santan yang lebih sempurna dan lebih banyak.

Cara Menyimpan Santan Kelapa

Setelah itu manfaat santan kelapa dapat Anda gunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala Anda. Dan jika santan yang Anda pakai banyak yang tersisa, bisa Anda simpan untuk perawatan berikutnya.

Tetapi cara menyimpan santan tidak boleh sembarangan, supaya santan tetap aman digunakan. Untuk itu yang harus Anda lakukan adalah,

  1. Masukkan sisa santan kelapa ke dalam plastik atau wadah, penyimpanan santan kelapa harus tertutup rapat.
  2. Kalau sudah dipastikan rapat, simpanlah dalam lemari es untuk jangka waktu 4 – 6 hari. Jika ingin disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi, bisa Anda bekukan dalam freezer. Dengan cara ini santan kelapa dapat bertahan sampai 3 bulan.
  3. Jika Anda ingin menggunakan kembali, terutama untuk santan yang sudah Anda bekukan dalam freezer, harus Anda cairkan di dalam lemari es (refrigerator). Diamkan kira – kira 24 jam supaya santan kelapa mencair terlebih dahulu.
  4. Kalau sudah cair, sebelum digunakan aduk – aduk santannya terlebih dahulu. Cara ini dilakukan supaya lapisan tebal santan yang naik ke permukaan tercampur seperti semula.

Perlu Anda ketahui, meskipun dengan cara ini santan kelapa dapat disimpan dalam waktu yang lama, tetapi semakin lama disimpan tentu saja kualitasnya pun akan semakin berkurang.

Jadi lebih baik disimpan cukup 1-2 minggu saja, dan penyimpanan dilakukan sekali saja untuk kemudian diganti dengan santan kelapa segar supaya khasiatnya tetap terjamin.

By | 2017-11-16T18:29:39+00:00 November 20th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 6 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat Alami

About the Author: