Home » Artikel » Artikel Proses » Wajah Cerah Berseri dengan 5 Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah

Wajah Cerah Berseri dengan 5 Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah

Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah

Wajah yang sehat akan tampak lebih cerah, halus, dan berseri yang dapat memancarkan aura positif sepanjang waktu. Anda mau?

Untuk mendapatkan wajah yang sehat tentu saja harus dilakukan cara yang tepat dan aman karena wajah yang sehat butuh perawatan dan asupan nutrisi yang cukup. Hal ini hanya dapat kita lakukan dengan bahan alami saja yang aman digunakan dalam waktu yang lama dan tanpa efek samping.

Apa itu? Coconut milk atau santan kelapa. Bahan yang biasa kita gunakan sebagai pelengkap masakan ini ternyata bisa kita gunakan untuk perawatan wajah.

 

Baca Juga : Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut Anda

Manfaat Santan Kelapa Untuk Wajah Anda

Manfaat santan kelapa untuk wajah dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang menyebabkan wajah terlihat kusam akibat kurangnya nutrisi untuk kulit wajah.

Santan kelapa kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga baik untuk kulit wajah, seperti kalori, lemak omega 3 dan omega 6, kalsium, vitamin B, C, E, dan juga mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, dan magnesium.

Supaya kita dapat menggunakan santan kelapa tepat sesuai dengan permasalahannya, kita harus tahu masalah kulit wajah apa saja yang sering terjadi pada wajah kita dan kemudian mempelajari bagaimana mengatasinya dengan manfaat santan kelapa untuk wajah.

 

Soal apa itu santan kelapa, Baca Artikel Lengkap Tentang Santan Kelapa ini

 

MASALAH UMUM PADA KULIT WAJAH

Kulit kering

Masalah yang paling umum terjadi adalah kulit kering. Hal ini bisa disebabkan oleh cuaca, apalagi bagi orang – orang yang tinggal di wilayah yang bersuhu dan kelembaban udara yang rendah sangat rentan mengalami masalah ini.

Sama halnya dengan orang yang bekerja di ruangan yang menggunakan Air Conditioner dengan waktu yang lama dalam suhu yang rendah. Selain itu juga penggunaan produk makeup memiliki pengaruh terhadap kulit wajah yang kering.

 

Kulit sensitif

Bagi kita yang tinggal di wilayah tropis yang hanya memiliki 2 musim, kemarau dan hujan, dapat menikmati pasokan sinar matahari yang lebih banyak.

Namun, tidak semua orang memiliki ketahanan kulit yang baik sehingga kulit akan mudah mengalami masalah ketika terlalu banyak terkena paparan sinar matahari langsung. Selain pengaruh paparan sinar matahari, perubahan cuaca dan suhu juga semakin menyiksa bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Penggunaan produk – produk kosmetik dapat mempengaruhi, mengganggu, dan menurunkan daya tahan kulit sehingga kulit menjadi sensitif terhadap pengaruh luar.

 

Kulit kusam

Masalah ini terjadi akibat pengaruh dari dalam seperti stress dan pengaruh luar seperti debu dan radikal bebas yang dapat memberikan pengaruh buruk pada kulit wajah. Dan bagi Anda yang hobi begadang harus hati – hati, bisa jadi itu penyebab utamanya.

Kurangnya konsumsi air putih serta kurangnya konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin B dan E turut menyumbang terjadinya masalah kulit kusam.

 

Pori – pori besar

Umumnya masalah ini juga diikuti dengan masalah wajah berminyak. Masalah ini umum terjadi pada seseorang dalam usia produktif yang berkaitan erat dengan hormone androgen sehingga dapat memicu peningkatan produksi kelenjar minyak pada kulit wajah.

Namun munculnya masalah pori – pori membesar juga terjadi ketika tiba proses penuaan dimana kulit mengendur dan tertarik ke bawah akibat tarikan gravitasi yang lambat laun pori – pori tampak melebar.

Kebiasaan buruk juga menjadi pemicu melebarnya pori – pori wajah, contohnya ketika ada komedo dan jerawat yang membuat kita relfeks untuk berusaha memencet dan mengeluarkan secara paksa karena seharusnya untuk mengankat komedo perlu tindakan aseptik yang benar.

Kebiasaan buruk lainnya seperti mengusap wajah dengan handuk atau tisu dengan keras berharap wajah menjadi bersih tetapi malah berdampak buruk pada ukuran pori – pori yang membesar.

 

Jerawat

Baik laki – laki atau perempuan, masalah jerawat sering kali terjadi yang akhirnya mempengaruhi kepercayaan diri terhadap penampilan.

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, faktor dari dalam seperti makanan kurang mengendalikan asupan seperti makan makanan berlemak.

Faktor luar seperti debu dan kotoran yang tidak segera dibersihkan, ditambah lagi dengan minyak berlebih yang membuat debu dan kotoran semakin pekat dan lengket.

 

Keriput

Wajar jika kulit keriput muncul di usia senja. Namun akan menjadi masalah besar jika hal ini terjadi pada usia produktif. Timbulnya keriput akan sangat mengganggu karena membuat wajah tampak lebih tua dari umur sebenarnya.

Terlalu sering menggunakan produk kosmetik, ditambah kurangnya asupan air dan vitamin akan memicu terjadinya kulit keriput di usia muda.

Kurang istirahat serta suasana hati yang tidak terkendali akibat stress dan lainnya akan mempengaruhi ekspresi wajah yang akan lebih sering mengerutkan kening sehingga keriput – keriput pun terbentuk.

 

Gatal – gatal akibat alergi

Munculnya alergi pada kulit wajah terjadi karena ketidakcocokan penggunaan produk – produk kosmetik dan bisa juga karena alergi – alergi terhadap makanan tertentu. Gejalanya seperti rasa gatal yang diikuti dengan ruam merah, bentol, bahkan bengkak.

Sebaiknya bagi penderita masalah kulit wajah yang satu ini untuk memilih perawatan secara alami yang lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

 

Manfaat santan kelapa untuk wajah berikut ini bisa kita gunakan untuk membasmi masalah – masalah yang sering terjadi pada kulit wajah. Dengan penggunaan yang benar dan dilakukan secara rutin maka wajah kita sehat, tampak lebih cerah dan berseri.

5 MANFAAT SANTAN KELAPA UNTUK WAJAH

Sebagai krim pelembab kulit wajah

Untuk menggunakan santan sebagai krim pelembab kulit wajah ada 2 cara. Cara yang pertama dengan mencampurkan santan dengan bubuk cendana, setelah itu bisa dioleskan pada wajah secara merata dan diamkan sekitar 15 sampai 20 menit, baru kemudian bisa dibilas.

Cara yang kedua hanya menggunakan santan kental tanpa campuran apapun, oleskan pada wajah secukupnya dengan merata. Berikan pijatan – pijatan lembut agar otot – otot wajah menjadi rileks dan memaksimalkan penyerapan, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

 

Melembutkan kulit wajah

Gunakan santan kelapa untuk melembutkan kulit Anda dengan menyiapkan satu mangkok santan kelapa segar dan campurkan seperempat sendok makan bubuk kunyit.

Camurkan dan aduk – aduk sampai rata lalu oleskan pada permukaan kulit wajah dengan sedikit tekanan. Jika sudah dioleskan rata keseluruh kulit wajah, biarkan sekitar 5 sampai 10 menit.

Jika sudah bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin setiap sebelum tidur maka kulit wajah Anda akan lebih lembut dan halus.

 

Membasmi alergi dan meringankan rasa gatal

Untuk permukaan kulit yang alergi dan terasa gatal, campurkan santan kelapa dengan bubuk cendana dan oleskan pada permukaan kulit terasa gatal. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, jika terasa semakin gatal jangan digaruk. Biarkan khasiatnya meresap dengan baik.

 

Sebagai face scrub

Santan kelapa dapat kita gunakan sebagai scrub yang dapat mengecilkan pori – pori kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Dengan cara mencampurkan 1 cangkir garam halus, 1 ½ sendok makan minyak kelapa dan santan kelapa. Campurkan dan aduk – aduk sampai kekentalannya cukup. Oleskan campuran dan ratakan ke semua permukaan kulit wajah dan gosok – gosok dengan lembut.

 

Sebagai makeup remover

Untuk Anda yang suka memakai makeup, santan juga bisa digunakan untuk menghapus makeup dengan aman. Caranya mudah, campurkan santan kelapa dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1:2 dan gunakan untuk menghapus makeup Anda.

Dengan cara ini selain lebih murah, aman digunakan secara rutin, kulit wajah Anda juga akan lebih lembut dan terjaga kelembabannya.

 

Baca juga Artikel Pelengkap:  Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan yang Lebih Detil

 

Setelah mengatahui khasiat ampuh dari santan kelapa untuk perawatan wajah, masihkah Anda tertarik untuk menggunakan produk – produk kosmetik berbahan kimia dan harganya pun mahal. Lebih baik menggunakan santan yang jelas dari alam dan tanpa efek samping.

 

Apalagi sekarang sudah ada mesin pemarut kelapa dan mesin pemeras santan sederhana yang akan memudahkan saat pengolahan santan sehingga hasil lebih baik dan proses pun lebih cepat.

Santan kelapa juga dapat kita gunakan untuk perawatan rambut lho, bisa Anda kunjungi artikel Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut agar rambut Anda sehat, kuat, dan lebat.

By |2017-11-16T13:11:42+00:00November 22nd, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Wajah Cerah Berseri dengan 5 Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah

About the Author:

WhatsApp chat