Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak, Renyah, Tahan Lama

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

Cara membuat bawang goreng tidak berminyak memang sangatlah mudah. Namun tak semua orang tau cara membuat bawang goreng tidak berminyak yang renyah dan bisa bertahan lama. Apalagi bawang merah yang menjadi bahan baku usaha bawang goreng tidak berminyak yang terbilang cukup mudah untuk diperoleh dan harganya juga terjangkau. Penyedap rasa makanan ada berbagai macam, dan salah satunya adalah bawang merah goreng. Teksturnya yang crispy dan rasanya yang gurih bisa membuat makanan apa pun jadi terasa lebih nikmat dan lengkap setelah ditaburi bawang goreng.

Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak

Sejarah Bawang Merah

Tanaman bawang merah konon katanya berasal dari Asia Tengah, terutama di sekitaran Palestina dan India. Selain itu, sebagian literatur juga memperkirakan tanaman bawang merah berasal dari Asia Tenggara dan Mediterranean. Tanaman bawang merah ini merupakan tanaman paling tua dari budidaya tanaman lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan keberadaan bangsa Mesir pada zaman I dan II atau 3200-2700 sebelum masehi, sering melukiskan bawang merah pada patung dan tugu- tugu yang mereka buat.

Sementara di Israel tanaman bawang merah ini konon katanya telah terkenal sejak tahun 1500 sebelum Masehi. Sedangkan di zaman Yunani Kuno bawang merah ini telah berkembang sebagai sarana pengobatan sejak tahun 2100 sebelum masehi.

Bawang merah mempunyai nama latin yaitu Allium cepa var aggregatum. Bawang merah mempunyai umbi yang berlapis serta memiliki akar serabut dan berdaun silindris seperti pipa. Pangkal pada daun bawang merah bersatu yang membentuk batang semu. Batang semu tersebut terdapat di dalam tanah dan berubah bentuk menjadi umbi lapis atau bulbus.

Berbagai Jenis Bawang

1. Bawang Merah (Allium cepa L. var Aggregatum)

Merupakan salah satu bumbu memasak paling utama di dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, tetapi kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis. Bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat yaitu dapat mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena dipercaya bisa menghambat penimbunan trombosit serta meningkatkan aktivitas fibrinotik.

2. Bawang Putih (Allium sativum)

Adalah nama tanaman yang berasal dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Faktanya bawang putih ini sudah terbukti mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bumbu makanan di daerah sekitar Laut Tengah, tidak hanya itu, bawang putih juga merupakan bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Bawang putih ini mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

3. Bawang Bombay (Allium Cepa)

Tidak hanya bawang merah, sementara itu bawang bombay juga tak jauh lebih populer dari bawang lainnya. Penggunaannya di Indonesia awal mulanya populer dipakai pada masakan Cina dan Eropa, namun belakangan ini banyak sekali makanan Indonesia yang mempergunakannya. Bawang bombai juga memiliki manfaat umum yaitu bisa menyembuhkan aneka penyakit pencernakan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan membunuh cacing dalam perut.

4. Bawang Daun (Allium Fistulosum)

Bawang daun merupakan tanaman bahan masakan yang berasal dari Asia, terutama di Asia Timur dan di Asia Tenggara. Sementara itu di Tiongkok, Jepang dan Korea, sehingga diberi nama Inggris: “Japanese bunching onion“. Di barat, bawang daun sering digunakan sebagai scallion atau “salad onion“, tetapi juga luas kegunaannya di berbagai tempat di dunia, khususnya di Asia Timur.

 

Tips Memilih Bawang

1. Tidak basah

Lebih disarankan pilih bawang merah yang tampak kering dan kulitnya mengkilat. Tidak hanya itu, pilih yang bonggol atau akarnya juga kering, tampak utuh dan padat. Tidak menjadi masalah jika bawang merah berserabut, asalkan pilih yang tidak lembap.

2. Warna kulitnya tidak hitam

Kulit mengkilat atau terlihat  licin merupakan tanda bahwa bawang merah diangin-anginkan dengan benar sehingga tidak mudah busuk. Jika warna kulit terluarnya berwarna merah gelap dan kusam, risiko cepat membusuk juga akan semakin besar.

3. Belum dikupas

Ada beberapa penjual yang menjual bawang merah kupas dengan tujuan menaikkan harga bawang serta memudahkan pembeli untuk menggukanannya. Tapi jangan membelinya jika tidak ingin langsung digunakan karena bawang merah yang sudah dikupas akan cepat membusuk dan rentan terkontaminasi.

4. Padat dan tidak bertunas

Pilih bawang merah yang padat dan berisi karena ini merupakan tanda bawang merah yang segar. Bawang merah yang dipijat terasa empuk adalah tanda bagian dalamnya mulai busuk atau sudah tidak segar lagi. Pilih juga bawang merah yang tidak bertunas jika masih ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.

 

Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak

Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak

Kita pernah membahas artikel cara membuat bawang goreng aneka rasa dan pengolahannya. Kali ini merupakan artikel mengenai cara membuat bawang goreng tidak berminyak. Simak tata caranya berikut ini.

1. Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak Original

BAHAN-BAHAN :

  • 250 gr of Bawang Merah.
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm of Tepung T.apioka.
  • Minyak goreng.

CARA MEMBUAT BAWANG GORENG TIDAK BERMINYAK ORIGINAL:

  1. Kupas bawang menggunakan Mesin pengupas bawang, kemudian iris lalu cuci bersih. Mencuci nya tidak perlu diaduk-aduk pake tangan. Setelah itu kalian tiriskan, serta taburi garam sesuai dengan selera.
  2. Panaskan minyak, kemudian goreng bawang sampai ringan dan kuning keemasan.
  3. Kemudian kalian angkat ketika warnanya mulai menguning, tiriskan keatas tisu atau kertas.
  4. Masukkan ke dalam toples.

2. Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak Rasa Balado

BAHAN-BAHAN :

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 liter minyak goreng
  • Bumbu Balado

CARA MEMBUAT BAWANG GORENG TIDAK BERMINYAK BALADO:

  1. Kupas kulit bawang merah dan cuci bersih, rajang menggunakan mesin perajang bawang.
  2. Rendamlah irisan kecil bawang merah tadi ke dalam air garam yang telah tercampur dengan air selama 20 menit. Kemudian tiriskan dan buang air rendamannya.
  3. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan penggorengan lalu panaskan dengan menggunakan api yang kecil.
  4. Masukkan irisan bawang, kemudian diamkan hingga berubah warna hingga kecoklatan, setelah itu aduk sekali.
  5. Setelah bawang goreng matang hingga berwarna kekuningan, segera matikan api.
  6. Angkat dan tiriskan bawang, tiriskan hingga benar-benar kering lalu letakkan ke dalam wadah yang sudah teralasi dengan kertas koran agar minyaknya menyerap dan kering.
  7. Kemudian tambahkan bumbu balado. Simpan kedalam toples.

NB: JIKA INGIN BAWANG GORENG ANDA BENAR BENAR KERING, RENYAH, DAN TAHAN LAMA GUNAKANLAH MESIN PENYARING MINYAK GORENG YANG DAPAT BEKERJA SEMAKSIMAL MUNGKIN AGAR BAWANG GORENG TIDAK MENGANDUNG MINYAK YANG BERLEBIH.

Mesin Penyaring Minyak Goreng

Cara praktis agar bawang goreng tidak berminyak adalah menggunakan mesin penyaring minyak. Banyak usaha yang mengeringkan bawang goreng biasanya menggunakan cara yang biasa yaitu menggunakan kertas atau tisu untuk mengurangi kadar minyak yang terkandung dalam bawang goreng. Jika ingin usaha kita berkembang dengan maksimal, maka gunakan juga alat usaha yang maksimal. Contohnya menggunakan alat penyaring minyak, alat perajang bawang, alat pengupas bawang, dan masih banyak lagi alat yang dapat mempermudah usaha kita, juga terdapat banyak manfaatnya.

Untuk lebih praktisnya dalam proses pengeringan atau penyaringan minyak, kami akan memberikan solusi mengenai sebuah alat penyaring minyak goreng.

Mesin Penyaring minyak goreng merupakan alat yang berguna untuk memperbaiki kualitas akhir dari gorengan, seperti bawang goreng. Alat penyaring minyak ini memiliki kinerja seperti mesin centrifuge, yaitu dengan memutarkan makanan yang berminyak dengan cepat dan efektif.

Kualitas akhir wajan sangat menentukan level akhir minyak goreng yang menempel di wajan. Minyak yang menempel di wajan akan mengganggu tampilan dalam  kemasan. Yang selanjutnya akan mempengaruhi bau dan aromanya yang mengakibatkan bau tengik serta tidak layak untuk konsumsi masyarakat umum. Dengan Demikian, kehadiran Mesin penyaring minyak ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas akhir dari penggorengan.

Dengan menggunakan mesin penyaring minyak goreng ini anda akan lebih banyak mendapatkan keuntungan, seperti menghemat pengeluaran anda, selain menghemat pengeluaran, anda juga akan lebih menghemat bahan minyak goreng yang anda gunakan dalam usaha anda, selain itu juga bisa menghemat biaya dengan menggunakan minyak goreng bekas ini. Apalagi harga minyak akhir-akhir ini naik tinggi.

Jika dibandingkan dengan cara yang sebelumnya Anda gunakan untuk mengeringkan bawang goreng, mesin penyaring minyak goreng akan memiliki kualitas yang lebih baik lagi. Mesin penyaring minyak goreng ini baik dan aman digunakan, karena minyak disaring dengan menggunakan alat yang canggih dan higienis. Menjadikan bahan penggorengan minyak lebih sehat dan higienis serta berkualitas.

Keunggulan Mesin Penyaring Minyak

Usaha makanan merupakan salah satu bisnis yang selalu menjanjikan karena manusia pasti membutuhkan makanan setiap hari. Tetapi, untuk bertahan di industri makanan juga tidaklah mudah, Anda harus bersaing dengan puluhan pebisnis lainnya. Oleh karena itu tentunya Anda harus menggunakan strategi bisnis yang berbeda dan unik.

Untuk bisnis di bidang bawang goreng tidak berminyak bisa membuat konsep bawang goreng yang sehat. Masalah dengan gorengan adalah minyak goreng, yang bisa menyebabkan terlalu banyak lemak dan kolesterol yang terkandung dalam makanan ini. Anda bisa menggunakan Mesin Penyaring minyak goreng untuk menyaring minyak yang akan berfungsi untuk menggoreng agar gorengan dijamin lebih sehat. Dengan konsep ini tentunya akan lebih mudah memikat minat banyak konsumen.

Menggunakan Mesin Penyaring Minyak

Saat ini belum banyak pebisnis yang bersedia menggunakan mesin penyaring minyak goreng karena terlalu merepotkan dan tentunya anda juga harus mengeluarkan biaya lebih karena harus membelinya, tapi pikirkan keuntungan jangka panjang yang bisa anda raih.

Bawang goreng tidak berminyak dan segala jenis makanan yang Anda jual akan lebih sehat karena minyaknya langsung tersaring menggunakan alat penyaring minyak goreng. Anda dapat memasukkan informasi tentang penggunaan Mesin Penyaring Minyak goreng pada brosur bisnis Anda sehingga pelanggan dapat mengetahui keunggulan tersebut dan meyakini jika produk Anda lebih sehat dengan produk lainnya. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan atau manfaat dari penggunaan mesin penyaring minyak goreng dalam usaha bawang boreng tidak berminyak.

Sementara itu bagi pelanggan yang memiliki masalah dengan kolesterol dan menyukai gorengan selama ini menjadi dilema karena tidak bisa sering memakannya, nah dengan usaha anda menggunakan Mesin Penyaring Minyak goreng ini tentunya dapat menjadi solusi bagi pelanggan yang takut dengan kandungan kolesterol dalam makanan goreng berminyak.

Mesin penyaring minyak goreng ini sangat mudah penggunaannya, sekelilingnya terlindungi agar tidak terasa panas saat terkena tangan saat menggoreng bawang, namun harus hati-hati dalam menggunakannya agar tetap aman. Alat ini berguna untuk menyaring minyak goreng dari bawang goreng dan memisahkan hasil penyaringan berupa ampas sehingga menghasilkan minyak yang bening atau berkualitas seperti baru.

Harga yang kami tawarkan sangat bersaing dengan harga pasaran, tentunya dengan kualitas produk yang lebih unggul dan lebih baik serta lebih berkualitas. Kami bersedia memberikan garansi produk selama 1 tahun dengan ketersediaan sparepart terlengkap.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak

  • Meningkatkan Sistem Imun.
  • Menyehatkan Jantung.
  • Mengatasi Sembelit.
  • Mengatasi Radang Tenggorokan.
  • Memperkuat Pengelihatan.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur.
  • Menurunkan Berat Badan.
  • Mencegah pada penyakit kanker.

Cara Pemula Usaha Bawang Goreng Tidak Berminyak

Seperti yang kita ketahui cara membuat bawang goreng dapat terbilang termasuk lumayan sulit. Hal tersebut bisa terlihat dari bagaimana cara kita memasaknya. Tetapi selain itu bawang goreng ini dapat kita jadikan sebagai usaha.

Oleh karena itu, kita akan berbagi bagaimana cara membuat bawang goreng tidak berminyak, renyah dan gurih untuk usaha penjualan bawang goreng. Memulai usaha bawang goreng perlu Anda ketahui persiapannya dalam memulai usaha bawang goreng tidak berminyak.

Untuk mendirikan sebuah usaha bawang goreng tidak berminyak, Anda bisa memerlukan sedikit modal, namun akan memberikan keuntungan lebih jika Anda mengutamakan proses pembuatannya dan juga bagaimana cara pemasaran produk yang tepat sasaran.

Kualitas produk bawang goreng yang Anda buat akan membawa dampak yang baik bagi kelangsungan usaha bawang goreng tidak berminyak. Hal itu terjadi karena konsumen lebih menyukai produk yang berkualitas cukup baik.

Tips Memulai Usaha Bawang Goreng Tidak Berminyak

  1. Mempersiapkan alat untuk membuat bawang goreng tidak berminyak.
  2. Pilihlah bawang merah yang jenisnya masih segar dan kulit yang tidak basah.
  3. Menyiapkan nama produk bawang goreng tidak berminyak pada kemasan sehingga akan membantu pemasaran produk.
  4. Buatlah kemasan variasi bawang goreng tidak berminyak siap saji mulai dari harga yang paling murah hingga harga per-kilogramnya, sehingga banyak orang mudah untuk memilih sesuai kebutuhan mereka.

Pemasaran Bawang Goreng Tidak Berminyak

Setelah produk usaha bawang goreng tidak berminyak yang kita buat memiliki nilai jual yang cukup maksimal, selanjutnya mulai lakukan langkah pemasaran yang tepat dan aman. Pertama-tama kita mulai menjualnya kepada target sekitar saja.

Mulai dari teman-teman, saudara hingga berlanjut pada pasar warga sekitar. Dengan cara menitipkannya ke toko-toko, warung, atau kepada kios-kios pasar tradisional. Selain itu, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk menawarkan produk bawang goreng tidak berminyak yang kita buat. Jika banyak yang menyukai rasa bawang goreng ini, kita bisa menjalankannya dengan konsisten dan keuntungan yang tidak sedikit.

Dengan cara inilah maka permintaan dapat meningkat dengan sendirinya dengan skala yang lebih luas dan lebih bagus lagi seiring dengan berjalannya waktu.

Ucapan Terimakasih

Kami, Rumah Mesin hanya akan memberikan produk yang berkualitas bagi anda. Oleh karena itu tenaga ahli kami membuatnya sendiri, secara langsung dan sudah melewati Quality Control. Selain itu anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum anda membawanya pulang. Sehingga anda akan merasa lebih puas terhadap pelayanan yang kami berikan, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas bagi kami. Semoga menjadi manfaat bagi kita semua. Penjelasan tersebut dapat terbukti bahwa beberapa cara membuat bawang goreng tidak berminyak itu sangatlah mudah.

Dapat mempermudah menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan khususnya dalam hal praktik saat ingin menggeluti dalam usaha bawang goreng tidak berminyak. Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak kali ini, semoga bisa membantu sahabat Rumah Mesin memulai bisnis sampingan di rumah. Silahkan bagikan artikel ini kepada sahabat atau saudara lainnya. Terimakasih telah berkunjung di Website Rumah Mesin.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •