Cara Membuat Coffee Latte yang Mudah dan Hemat

cara membuat coffe latte

Nonton TV paling enak sambil minum kopi, secangkir coffee latte mungkin cukup untuk teman nonton TV anda. Berikut adalah beberapa cara membuat coffee latte yang mudah dan hemat.

Sejarah Coffee Latte

cara membuat coffee latte Coffee latte pertama kali ditemukan di Italia pada akhir tahun 1950 oleh Lino Meiorin. Lion Meiorin merupakan pemilik dari sebuah cafe dan juga barista pertama dari Italia.

Menurut bahasa Italia, latte atau coffee latte ini artinya adalah kopii susu. coffee latte adalah minuuman espreso atau kopi yang dipadukan dengan susu dan terdapat lapisan busa tipis di atasnya.

Perbandingan yang dibutuhkan antara kopi dan susu untuk membuat caffee latte ini adalah 1:2. Di Amerika Serikt, kombinasi latte mencapai 1/3 espresso dan 2/3 susu panas, sehingga susunya lebih terasa dibanding dengan cappucinonya.

Pada saat itu pengunjung cafe tidak terbiasa dengan cappuccino tradisionalnya karena rasanya yang sangat tajam dan karena itu meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopinya.

Lama-lama Lino memilih untuk menjual minuman espresso dengan susu yang lebih banyak dan menyebutnya dengan nama “caffee latte”.

Saat itulah, ia menyajikan caffee latte menggunakan mangkuk lalu beralih menggunakan gelas bir. Dan hingga kini, caffee latte disajikan dalam cangkir dan sering diberi latte art.

Perbedaan Coffee Latte dan Cappuccino

Latte dan cappuccino secara garis besar memiliki komposisi yang sama tetapi takarannya berbeda. Dalam satu gelas latte dan cappuccino sama-sama mengndung espresso, steamed milk, dan foamed milk.

Komposisi yang dimiliki cappuccino cukup seimbang ditiap bahannya. Sementara latte memiliki komposisi steamed milk yang paling besar. Perbedaan takaran komposisi tersebut yang membuat rasa cappuccino dan latte jadi berbeda.

Latte memiliki rasa yang milky atau rasa susunya yang lebih pekat. Sedangkan, cappuccino memiliki rasa yang cenderung lebih pahit dari pada latte.

Latte atau cappuccino biasanya disajikan saat masih panas. Namun, juga bisa disajikan dengan es batu. Tetapi jika dicampur es, foam pada cappuccino akan menipis atau hilang.

Hal tersebut juga berlaku pada latte, sehingga rasa keduanya akan cenderung mirip satu sama lain ketika diberi es.

Cara Membuat Coffee Latte

Caffee latte dan cappuccino biasanya terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu sering juga diberi latte art diatasnya. disini kita akan membahas cara untuk membuat masing-masing komponen tersebut.

1.) Cara Membuat Espresso

Anda dapat menggunakan mesin pembuat kopi yang anda punya. Namun, disini Saya akan menggunakan aeropress. Langkah-langkah yang harus dilakukan diantaranya, yaitu:

  1. Taruh filter di tutup bagian bawah aeropress yang digunakan untuk menyaring kopi, kemudian pasang kembali.
  2. Letakkan aeropress di atas gelas untuk menampung espresso. Selanjutnya, basahi filter menggunakan sedikit air panas agar rasa kertasnya hilang.
  3. Masukkan bubuk kopi halus sebanyk dua sendok ke dalam aeropress, kemudian, tuangkan air panas sebanyak setengah cangkir. Kira-kira airnya bersuhu 85-96 derajat Celsius.
  4. Lalu, aduk dengan sendok dan biarkan kuraang lebih selama 30 detik.
  5. Joka sudah 30 detik, saatnya menekan plunger agar menghasilkan ekstras espresso. Tekan plunger secara perlahan, hingga seluruh espresso menetes ke gelas.
  6. Secangkir espresso sudah siap.

2.) Cara Membuat Steamed dan Foam Susu

Untuk membuat steamed and foam susu bisa menggunakan alat sederhana sebenarnya tidak diperlukan menggunakan alat yang mewah.

Jika sudah punya Aerolatte di rumah pasti sudah bisa membuat steamed and foam susu untuk caffee latte dan cappuccino jadi lebih mudah. Tapi bagaimana jika tidak punya alat kopi untuk membuatnya? Tidak perlum khawatir karena membuat foam susu tak sesulit yang Kita kira. Berikut ini adalah cara membuat foam susu:

  1. Masukkan susu ke dalam toples yang tahan panas dan tutup rapat-rapat.
  2. Kocok susu hingga berbusa. Usahakan shake dengan cepat dan berulang-ulang hingga satu menit.
  3. Buka tutup toples, kemudian, masukkan toples tadi ke dalam microwave. Diamkan sekitar 30 detik. Saat dipanaskan, susu akan menjadi foam dengan sendirinya.
  4. Foam susu sudah siap untuk digunakan.

3.) Cara Membuat Caffee Latte atau Cappuccino

Cukup mudah untuk membuat coffee latte dan cappuccino, diambah lagi Kita juga sudah membuat espresso dan foam susu. Berikut ini adalah cara membuatnya.

  1. Pertama, siapkan cangkir kopi.
  2. Kemudian, masukkan espresso yang telah dibuat tadi.
  3. Tambahkan susu yang telah dimasukkan ke microwave tadi.
  4. Tambahkan juga secukupnya foam susu yang sudah dibuat tadi. Jangan terlalu penuh supaya tidak tumpah di cangki.
  5. Tambahkan foam menggunakan sendok pada bagian tengah kopi agar lebih rata.
  6. Tambahkan toping cokelat bubuk atau sesuai selera Anda.
  7. Caffee latte atau cappuccino sudah siap untuk dinikmati.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Cappuccino Lengkap dan Lezat

Latte Art

cara membuat coffee latte

Latte art adalah sebuah seni untuk menghias secangkir kopi dengan menggunakan bahan dasar minuman cappuccino atau caffee latte. Terdapat dua teknik untuk menghias kopi.
Teknik yang pertama adalah teknik free pour, yaitu teknik menuangkan susu yang sudah di-steam secara langsung ke atas espresso. Bentuk yang dihasilkan bisa bermacam-macam sesuat kreatifitasnya, biasanya bisa seperti hati, bunga, atau inovasi lainnya.
Teknik yang kedua adalah etching, yaitu teknik menuang susu ke atas espresso dan dibentuk menggunakan alat bantu agar bisa membuat gambarnya.
Seiring perkembangannya, coffee shop tidak bisa lepas dengan mudah dari latte art. Kopi yang biasa dianggap pahit dan banyak kaum wanita yang tidak sukai, kini sudah mulai menjadi primadona dan banyak disukai karena tampilannya yang menarik.
Dalam penyajian kopi, permintaan untuk membuat macam-macam latte art lama-lama menjadi lumrah, sehingga bisa memacu para barista dan peracik kopi untuk berupaya memberi dan menciptakan inovasi dalam seni secangkir kopinya.
Sebenarnya yang harus diperhatikan saat proses pembuatan latte art ini, selain pada espresso-nya, juga kehalusan padaa steamed milk yang dihasilkan para barista. Itu bisa memudahkan dalam penuangan susu ke atas espressonya dan untuk mempercantiknya.

Macam-macam Makanan Pendamping Coffee Latte

cara membuat coffee latte

Masih kurang jika hanya kopi saja, lebih enak jika temani makanan atau cemilan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang cocok untuk pendamping coffee latte Anda.

1.) Kue

Kue bisa menjadi camilan pendamping secangkir kopi favorit Anda. Entah kue buatan sendiri maupun kue yang Anda beli di toko. berikut adalah beberapa macam kue yang bagusn untuk pendamping kopi.

a. Croissant

Kue khas Perancis yang satu ini bisa dinikmati bersama dengan segelas kopi. Namun kamu juga bisa coba nikmatinya dengan cafe au lait, hidangan kopi yang diberi susu panas.

b. Donat

Donat dapat dijadikan sebagai cemilan pelengkap berbagai macam minuman kop. Pecinta kopi dan donat berpendapat bahwa gula dan susu bisa menjadi pendampingi jenis kopi apa pun.

c. Muffin

Tidak berbeda dengan donat, hampir semua jenis kue muffin bisa dijadikan sebagai pelengkap berbagai jenis minuman kopi. Namun lebih cocok jika dinikmati dengan kopi Kosta Rika dan Meksiko.

d. Kue kismis Oatmeal

Kue kismis oatmeal paling nikmat jika disantap bersamaan dengan Kopi Nikaragua dan Kona light atau medium roast

e. Scone

Scone pada umumnya disantap bersamaan dengan minuman teh, tetapi scone buah bisa dinikmati bersama dengan kopi Yaman, Kenya, maupun Haiti.

Sedangkan untuk scone tanpa rasa, bisa di  nikmati bersama dengan kopi Kosta Rika. Untuk scone kismis, kamu dapat menyantapnya dengan kopi Kona atau Nikaragua. Scone jeruk bisa dinikmati dengan kopi Meksiko dan Ethiopia.

f. Shortbread (Kue Tradisional Skotlandia)

Rasa shortbread yang menyerupai mentega dan teksturnya yang sedikit lebih keras membuat kue shortbread cocok untuk dimakan bersama kopi Kosta Rika atau Brasil maupun breve coffee.

g. Roti Manis

Roti kacang zucchini bisa disantap bersama dengan kopi Kolombia. Sedangkan roti kacang pisang dapat dimakan bersama dengan kopi Kosta Rika, Kenya, maupun Kona. Roti kacang labu lebih cocok jika disantap dengan kopi Kolombia atau Kosta Rika.

2.) Hidangan sarapan

Pagi hari, menyantap sarapan bersama dengan kopi merupakan rutinitas yang umum dilakukan oleh masyarakat. Namun ada beberapa menu sarapan yang cocok dinikmati dengan jenis kopi yang berbeda.

a. Crepes

Gurihnya crepes yang camput dengan sayuran, rempah, keju, atau daging, bisa disantap bersama kopi Pulau Pasifik. Sedangkan crepes cokelat maupun Nutella bisa dengan kopi Kolombia. Crepes beri bisa dinikmati dengan kopi Kenya atau Haiti.

Sementara itu, semua crepes bisa dipadukan dengan espreso atau kopi yang berbahan dasar dari espreso, seperti cappuccino dan coffee latte.

b. Telur dan bacon atau sosis

Hidangan sarapan berciri ala Amerika ini bagus disantap bersama kopi Kosta Rika. Tetapi untuk telur dadar, dapat dibarengi dengan kopi Indonesia yang pas untuk berbagai hidangan gurih.

c. Quiche

Hidangan quiche ini cocok untuk dimakan bersamaan dengan kopi Pulau Pasifik yang memiliki cita rasa yang gurih.

d. Roti gandum bakar

Kopi Kosta Rika, Kolombia, ataupun Brasil light atau medium roast pas untuk disajikan sebagai pendamping sarapan yang sederhana seperti roti bakar atau sereal.

Manfaat Minum Coffee Latte

1.) Mengandung Banyak Mineral dan Vitamin

Pada kopi tidak hanya tergandung kafein saja. Mineral dan vitamin, juga bisa didapat dari minuman kopi. Dalam satu cangkir kopi, terkandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, dan magnesium.

2.) Membakar Lemak di Tubuh

Kafein percaya mampu membantu dalam meningkatkan metabolisme pada tubuh, termasuk pada pembakaran lemak. Akan tetapi, manfaat minum kopi yang satu ini kurang efektif, apabila mempunya kebiasaan minum kopi sebelumnya.

3.) Meningkatkan Stamina

Kafein bisa membantu memecah lemak pada tubuh dan mengubahnya menjadi stamina. Jadi, tidak ada salahnya apabila Kita minum kopi satu setengah jam sebelum berolahraga.

4.) Meningkatkan Fungsi Otak

Ketika Kita minum kopi, kafein yang terkandung di minum kopi akan masuk ke dalam darah, kemudian berjalan menuju otak. Di otak, kafein akan mengaktifkan saraf dan hormon yang akan meningkatka fungsi otak, misalnya daya ingat, suasana hati, sampai fungsi mental.

5.) Menambah Energi

Kafein merupakan stimulan yang dapat membuat tubuh Kita merasa lebih segar dan lebih berenergi. Kafein sendiri adalah bahan psikoaktif yang banyak digunakan di dunia.

6.) Menurunkan Risiko Munculnya Diabetes

Kopi hitam, dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Manfaat ini dapat diperoleh apabila mengonsumsi kopi kurang lebih empat gelas kecil perhari.

7.) Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah suatu penyakit yang menyerang saraf dan yang paling banyak diderita di dunia dan merupakan penyebab penyakit demesia.
Kedua penyakit itu tidak dapat disembuhkan, hanya mampu dicegah, salah satunya adalahdengan mengonsumsi coffee.
Mengonsumsi kopi dengan rutin dan jumlah yang tepat, akan mampu menurunkan risiko timbulnya penyakit Alzheimer hingga 50% lebih.

8.) Menekan Risiko Munculnya Penyakit Parkinson

Mengonsumsi kopi empat gelas kecil dalam sehari, mampu menurunkan risiko penyakit Parkinson sekitar 5 kali lipat. Kafein yang terkandung pada kopi mampu membantu mengontrol pergerakan bagi penderita Parkinson dalam.

9.) Organ Hati Terlindungi

Sirosis adalah terbentuknya jaringan parut akibat kerusakan organ hati yang disebabkan oleh gangguan hati yang lain, seperti hepatitis atau perlemakan hati.
Rajin minum kopi empat gelas per hari, mampu menurunkan risiko terkena sirosis hati sekitar 80%.

10.) Membuat Lebih Bahagia

Di samping rasa pahit kopi, ternyata dapat memberikan manfaat yang manis bagi Anda. Mengonsumsi  kopi, dipercaya manpu menurunkan risiko terkena depresi.

11.) Menekan Risiko Kanker Hati

Manfaat lain dari minum kopi yang bisa didapatkan adalah mampu menurunkan risko terkena kanker hati, sampai 40%. Bahkan, mengonsumsi kopi sebanyak tiga gelas sehari mampu mengurangi risiko kanker hati sebanyak 50%. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.
Harus diingat, jumlah kopi yang dikonsumsi, jenis tubuh, dan kondisi tubuh, berpengaruh terhadap naik turunnya risiko kanker.

12.) Menurunkan Risiko Stroke

Perempuan yang rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup, dipercaya memiliki risiko terkena stroke yang lebih rendah.
Manfaat mengonsumsi kopi ini tetap bisa diperoleh, meskipun, konsumsi kafein berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah.

13.) Mencegah penyakit

Antioksidan yang terkandung dalam secangkir kopi, dapat melindungi tubuh dari macam-macam penyakit. Bahkan, antioksidan pada kopi, tidak berbeda dari antioksidan yang ada pada buah dan sayuran.

14.) Baik untuk jantung

Dua gelas kecil kopi setiap hari, dapat menjadi resep untuk melindungi diri dari gagal jantung. Jika tidak berlebihan, kopi mampu menurunkan risiko gagal jantung sekitar 10%.

Batas Minum Kopi Per Hari

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, mengonsumsi 6 gelas kopi atau lebih per hari, justru dapat menambah risiko penyakit jantung sampai 22%. Risiko tersebut jika dibandingkan dengan orang yang hanya mengonsumsi 1-2 gelas kopi seharinya.

Tapi, bukan berarti Kita tidak diperbolehkan meminum kopi sama sekali. Minum kopi dengan jumlah yang cukup dalam seharinya, dapat memberikan Kita berbagai manfaat, seperti penjelasan tadi.

Orang yang tidak pernah meminum kopi atau yang memilih minum kopi tanpa kafein, justru memiliki riwayat gangguan jantung yang cenderung lebih tinggi, jika dibandingkan dengan orang yang rajin minum 1-2 gelas kopi per harinya.

Risiko dan Efek Samping Minum Kopi

Di samping banyaknya manfaat dari minum kopi yang sudah Kita ketahui, risiko dan efek samping dari minum kopi juga harus diwaspadai dan dipahami. Jangan kebanyakan minum kopi, jika tidak ingin terkena efek sampingnya. Efek samping minum kopi diantarnya, yaitu:

  • Gangguan pencernaan
  • Insomnia
  • Diare
  • Kecanduan kafein
  • Meningkatnya tekanan darah
  • Badan yang merasa lemas
  • Kurangnya massa otot
  • Jantung berdebar, dsb

Bagi penikmat kopi, semoga mendapatkan manfaat dari minum kopi Kalian. Supaya manfaatnya lebih terasa, iringi hobi minum kopi Anda dengan olahraga yang teratur dan makan-makanan yang bergizi.

Tadi itulah cara membuat coffee latte dan beberapa manfaat dan akibat yang ada pada kopi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita.

_Terima Kasih_

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •