Crepe yaitu panekuk tipis yang terbuat dari bahan gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari sekali di seluruh daratan Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam dan cara membuat crepes pun sangatlah mudah.

Terdapat dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis yang terbuat dari bahan tepung gandum dan crêpe asin yang terbuat dari bahan tepung buckwheat. Crêpe berasal dari daerah yang bernama Bretagne, sebuah wilayah yang di Perancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh.

Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah sangat meluas di seluruh daratan yang ada di Perancis. Buckwheat berasal dari daerah yang ada di Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut blintz.Di Bretagne, crêpes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel.

Semua julukan dari crepes berasal dari kata Rumania pl?cint? (bahasa Latin placenta yang artinya adalah ‘kue’). Di kebanyakan daerah yang ada di Jerman, crêpe disebut juga sebagai Pfannkuchen, dan dalam bahasa Belanda pannenkoeken. Kedua kata ini, berasal dari kata yaitu kata ‘pan’ dan ‘cake’ yang masing-masing yang artinya adalah ‘pemanggangan’ dan ‘kue’.

Sejarah Crepes

Bila dilihat dari sejarahnya crepes, usia dari kue Crepes sudah sangat tua sekali. Menurut beberapa sumber, mengatakan bahwa crepes sudah dikenal ribuan tahun lalu. Pada jaman dulu sudah banyak sekali orang orang yang sudah menikmati crepes dengan berbagai banyak bentuk.

Crepes sudah dikenal sebagai kue dadar yang dimasak di atas wajan yang datar. Eropa mengklaim bahwa sebagai tempat lahirnya yang namanya kue crepes. Sementara dari sebuah teks yang ada dari sebuah daerah yaitu Celtic, Irlandia menyebut kebiasaan masyarakat di sana menyantap crepes sejak abad 18.

Sementara itu beberapa sumber mengatakan bahwa resep crepes ditemukan pertama kali di Perancis pada tahun 1390. Memang, banyak sekali teori yang menyebutkan tentang soal sejarah kue crepes, bahkan dengan berbagai macam banyak resep resepnya.

Tetapi dalam prakteknya proses pembuatan crepes tidak semudah yang sebagaimana yang sudah banyak banyak ditulis.Alkisah ada seorang perempuan yang sedang memasak sepanci bubur. Sebagian buburnya banyak yang tumpah di atas batu yang ada di dalam sebuah tungku itu.

Sejarah Crepes

Tak disangka sama sekali, tumpahan dari sebuah bubur itu menjadi matang lebih cepat dari biasanya,dan sangat mudah sekali digulung, dan lezat pula! Sebagian banyak orang percaya bahwa ketidaksengajaan itu awal dari sebuah kelahiran dari kue yang bernama crepe pada ribuan tahun silam.

Crepe adalah kue yang berbentuk tipis yang bisa diisi apa pun di dalamnya, lalu dilipat. Orang Indonesia menyebutnya dadar.Crepe tradisional lembut dan tipis. Apa pun isinya yang ada didalam kue crepes, crepe yang nikmat adalah crepes yang sederhana.

Yang asin, disebut dengan nama galette, yang terdiri atas campuran bahan bahan dasar, terigu, buckwheat (sejenis gandum), telur, dan susu.Galette biasanya dimakan sebagai salah satu makanan pembuka pada saat makan.

Sementara jenis crepe manis, terbuat dari bahan bahan seperti tepung terigu, telur, susu, dan gula, disajikan untuk sebagai salah satu makanan untuk penutup.

Sejarah kuliner menunjukkan bahwa resep resep dari kue crepe yang pertama ditemukan di daerah yang ada di Prancis pada tahun 1390 dalam buku yang berjudul Manger de Paris (Makanan yang berasal dari Paris).

Sang penulis menjelaskan bahwa cara membuat crespes dengan bahan bahan dari tepung terigu, telur, air, garam, dan anggur. Crepe ini dimasak pada campuran lemak dan mentega, dan ditaburi dengan yang namanya gula bubuk sebelum crepes dihidangkan.Resep kuno itu tidak menunjukkan bawhwa resep crepe yang terbuat dari buckwheat.

Maklumlah, tanaman ini berasal dari daerah yang ada di Asia, dan belum sampai ke daerah yang ada di Eropa sampai abad ke-15. Begitu sampai di Bretagne pada abad ke-16, buckwheat tumbuh sangat subur di tanah dengan kandungan asam yang ada di kawasan ini.

Cara Membuat Crepes

Cara Membuat Crepes

Bahan Untuk Membuat Crepes

  • 100 gram Tepung terigu protein sedang
  • 150 ml susu cair. Anda juga bisa mempergunakan susu cair sapi atau bisa juga menggunakan susu bubuk yang telah Anda cairkan, sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.
  • 1 butir telur
  • Mentega atau margarin secukupnya (kurang lebih 1 sendok makan saja). Margarin atau mentega yang ada dilelehkan terlebih dahulu kemudian disisihkan ditempat yang bersih
  • ½ sendok teh baking powder

Bahan Isi Crepes

Bahan yang dipergunakan untuk membuat crepes bisa disesuaikan dengan selera Anda misalnya saja dengan isian buah pisang yang telah dipotong menjadi bagian bagian yang kecil-kecil, selai coklat,keju, choco cip, meses, dan susu.

Bahan-bahan lain yang juga bisa untuk anda jadikan bahan isian. Bahan bahan yuang bisa anda dipergunakan sebagai bahan isian haruslah secara terpisah atau dicampurkan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat untuk dimakan.

Cara Membuat Crepes

  1. Pertama-tama kocok susu dan telur yang ada dengan menggunakan whisk hingga campurannya menjadi merata dan terlihat sudah berbusa.
  2. Setelah itu pastikan untuk mengocok adonan hingga adonannya berbusa untuk membuat adonan crepes tetap menjadi lebih lentur
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dengan cara sedikit demi sedikit ke sebuah wadah.
  4. Ada baiknya Anda memasukkan tepung terigu dengan sambil diayak agar tepungnya jatuh berjatuhan secara merata dan membuat proses pencampuran menjadi sangat lebih mudah. lalu aduk terus hingga semua bahan tercampur cukup merata
  5. Setelah itu masukkan juga baking powder kedalam campuran yang sudah di buat tadi dan kemudian aduk lagi hingga semuanya tercampur hingga merata
  6. Kemudian masukkan mentega atau margarin yang telah dilelehkan sebelumnya, kemudian aduk lagi hingga semuanya tercampur dengan merata
  7. Persiapkan juga wajan yang akan dipergunakan untuk membuat sebuah kue crepes.
  8. Anda bisa mempergunakan wajan yang untuk membuat sebuah martabak atau wajan yang anti lengket yang sudah ada. lalu panaskan wajan tersebut terlebih dahulu
  9. Setelah wajannya sudah dirasa cukup panas, kemudian angkat dulu dari kompor, lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue crepes, lalu putar putar wajan hingga adonannya menjadi merata dan cukup tipis
  10. Setelah itu letakkan kembali wajan diatas kompor. Ingatlah untuk memasak sebuah kue crepes dengan menggunakan api yang kecil atau sedang agar adonan crepes tidak cepat gosong
  11. Sementara adonan kue crepes masih ada diatas kompor, lalu letakkan bahan untuk isian diatasnya misalnya dengan  potongan buah pisang kemudian ditaburi dengan meses dan keju parut
  12. Setelah itu lipat kue crepes yang sudah diisi dengan sebuah isian seperti pisang dll menjadi dua bagian, lalu dilipat sekali lagi hingga membentuk sebuah bentuk segi tiga
  13. Lalu angkat dan sajikan

Cara Membuat Crepes Basah

Crepes Basah sudah menjadi salah satu camilan favorit banyak orang dari orang dewasa hingga remaja terutama anak-anak. Nah, buat kamu yang ingin sekali mencoba cara membuat crepes basah yang mudah dan simple di rumah. Berikut resep crepes basah dan cara membuat crepes yang mudah.

Bahan Untuk Membuat Crepes Basah

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 200 ml susu cair
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 butir telur
  • 2 sdm mentega cair
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Isian Untuk Membuat Crepes Basah

  • Buah pisang, iris tipi
  • ssaus coklat
  • meses coklat secukupnya

Cara Membuat Crepes Basah

  1. Pertama-tama aduk telur bersama gula pasir dan susu cair hingga semuanya tercampur hingga merata, lalu tambahkan juga vanili bubuk, garam, tepung terigu dan mentega cair, aduk hingga semuanya tercampur hingga benar benar merata dan adonan tidak ada yang menggumpal.
  2. Setelah itu panaskan panci teflon dengan api yang kecil atau sedang.
  3. Kemudian ambil sekitar 1 sendok sayur adonan, lalu buat dadar, masak dengan api kecil hingga bagian bawah crepes agak berwarna menjadi kecoklatan tapi jangan sampai afonan kue crepes menjadi kering dan tidak perlu dibalik.
  4. Setelah itu di atasnya di tambahkan dengan sebuah irisan dari buah pisang, taburan meses dan saus coklat, lalu lipat adonan kue crepes sesuai selera anda. Lakukan hingga adonan menkadi habis.
  5. Crepes basah siap untuk disajikan dan dimakan.

Cara Membuat Crepes Crispy

Crepes merupakan salah satu jenis jajanan yang sangat disukai oleh banyak orang mulai dari kalangan orang dewasa himgga remaja terutama dari kalangan anak anak. Bentuk kue crepes yang tipis dan garing serta memiliki berbagai macam varian isi dan toping membuatnya sangat digemari bukan hanya oleh anak-anak namun juga oleh orang dewasa.

Crepes ini sendiri merupakan jajanan yang berasal dari daerah yang ada di benua Eropa namun sudah tersebar ke berbagai penjuru yang ada di dunia. Bila dilihat dari sebuah segi bahasa, nama crepes berarti dari meringkuk, yang diambil dari sebuah bahasa Perancis, crispa.

Bila dilihat sekilas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk karena saat disajikan, adonan crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu dan sudah diisi dengan toping.

Sebagai salah satu jajanan yang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, tidak heran bila kita bisa menemukan penjual crepes di berbagai sudut kota.

Namun jika anda ingin memakannya, Anda tidak perlu membeli kue ini karena anda bisa membuatnya dirumah hanya untuk bisa menikmat renyahnya crepes. Anda bisa membuatnya sendiri di dapur Anda dengan mengikuti cara membuat crepes yang kami sajikan berikut ini.

Bahan Untuk Membuat Crepes Crispy

  • 2 SDM tepung terigu
  • 8 Sdm tepung beras
  • 2 sdm maizena
  • 1 butir telur
  • 6 sdm gula pasir
  • 1 sachet susu bubuk Dancow putih
  • 150 ml air
  • 1/2 sdt soda kue
  • Sejumput garam
  • Isian Untuk Membuat Crepes Crispy

  • skm
  • Keju parut
  • Ceres

Cara Membuat Crepes crispy

  1. Campur semua bahan dan aduk rata..setelah tercampur rata lalu saring adonan
  2. Panaskan teflon dengan api kecil.
  3. lalu ambil 1 sndk sayur tuangkan ke teflon yg sudah panas dan ratakan.
  4. lalu beri 1sdt SKM,Ceres,dan keju parut..
  5. Setelah berwarna kecoklatan lipat adonan seperti digambar.dan selesai.crepes crispy siap dinikmat

Cara Membuat Crepes Cake

Cara Membuat Crepes Cake

Bahan Untuk Membuat Crepes Cake

  • 1 gram mentega + sedikit untuk masak
  • 800 ml susu cair (pisah menjadi 675ml dan 125ml)
  • 6 telur
  • 210 gram tepung + sedikit lagi jika adonan terlalu cair
  • 80 gram bubuk cocoa
  • 105 gram gula
  • 170 gram cokelat masak
  • 1 liter whiped creme atau 1 paket whipped cream instan bubuk
  • Gula bubuk secukupnya untuk taburan di atas kue

Cara Membuat Crepes Cake

  1. Cairkan mentega sampai cokelat
  2. Tambahkan susu lalu panaskan sampai sedikit mendidih
  3. Di mangkuk terpisah, masukan tepung, gula, dan bubuk cocoa lalu aduk sampai rata
  4. Masukan telur dan aduk sampai rata, tambahkan cairan susu dan mentega yang sebelumnya, aduk rata dan diamkan selama 30menit
  5. Tambahkan sedikit mentega di panci agar adonan tidak nempel, tambah kan sekitar 79 ml atau 1/3 cup ke panci, dan ratakan, tunggu sampai bawah adonan sudah sedikit a mencoklat lalu balik, ulangkan langkah ini sampai adonan sudah habis
  6. Siapkan whipped sesuai cara yang ada di kotak whiped cream
  7. Setelah semua crepe sudah di buat dan whiped creme sudah di siapkan, tumpuk crepe dengan whipped di antara setiap crepe, lakukan ini sampai sudah habis
  8. Setelah jadi, diamkan di kulkas selama 30menit sampai 1jam
  9. Sambil menunggu, siapkan ganache. Dengan cara masukan susu dan cokelat kedalam panci, aduk sampai cokelat mencair
  10. Taruh ganache di atas kue sampai semua sisi tertutup
  11. Jika mau, tambahkan gula bubuk diatas kue dan kue siap di makan

Cara Membuat Crepes  Mille Rambow

Mille crepe merukapan sebuah jenis kue klasik  yang berasal dari Perancis. Kue ini terdiri dari lapisan sebuah crepe yang tipis dan yang satu sama lainnya di olesi dengan sebuah krim pastry sehingga memiliki citarasa yang manis juga lembut pada saat dimakan.

Keunikan kue ini adalah warna-warna crepenya yang variatif alias ceria. Kreasi kue ini bisa kamu sajikan saat acara ulang tahun yang simpel, sederhana, namun tetap menarik.

Bahan Untuk Membuat Crepes Mille Rambow

  • 90 grMentega, lelehka750 ml
  • Susu cair
  • 6 butir Telur
  • 275 gr Terigu serbaguna
  • 100 gr Gulaku tebu
  • ½ sdt Garam
  • 2 sdm Minyak sayur
  • 1 sdt Pewarna merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu
  • 500 ml Whipped cream instant

 Cara Membuat Crepes Mille Rambow

  1. Aduk menggunakan mixer telur, tepung, Gulaku, garam dan susu hingga rata.
  2. Tambahkan mentega leleh, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.
  3. Bagi adonan menjadi 6 bagian, masing-masing diberi pewarna merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu.
  4. Panaskan wajan anti lengket diameter 20 cm dengan suhu sedang. Oles dengan minyak sayur. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan diatas teflon.
  5. Masak higga matang, sisihkan. untuk masing-masing warna 6 lembar dari total 36 lembar.
  6. Siapkan 6 piring yang diisi dengan 6 lembar dadar warna berbeda.
  7. Olesi whipped cream instant tipis-tipis ditiap lapisan crepe. Lakukakan hingga 6 lapis untuk tiap warnanya.
  8. Susun lapisan crepe dengan susunan ungu, biru, hijau, kuning, orange, dan merah. Total 36 lapisan.
  9. Dinginkan minimal 2 jam dalam freezer.Setelah dikeluarkan dari dalam freezer diamkan 30 menit di suhu ruang sebelum disajikan.

Gimana udah pada tau kan cara membuat crepes, nah sekarang kalian bisa deh coba resep resep diatas dan kalian kreasikan sendiri biar lebih enak dan nikmat. Ok itulah tadi ulasan tentang cara membuat crepes semuga bermanfaat untuk anda dan selamat mencobanya dirumah.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari kami dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat telur dadar gulung yang enak anda bisa menyimak pada ulasan berikut.