Cara Membuat Es Krim dengan Garam

Es krim adalah makanan dingin yang biasa disajikan ketika makanan utama di sajikan, atau biasa di sajikan sebagai dessert, makanan yang dingin. Dengan teksturnya yang lembut ini menjadikan makanan ini salah satu dessert yang paling banyak disukai oleh banyak. Dan itu bisa dibuat dengan Cara Membuat Es Krim Dengan garam. 

Efek dari makan es krim ini,  bisa membuat seseorang yang memakannya akan merasakan ketenangan, di samping rasa nya yang manis, es krim memiliki daya tarik tersendiri karena teksturnya yang akan membuat lidah orang yang memakannya ketagihan.

Cara Membuat Es Krim Dengan Garam

 

Jenis-Jenis Es Krim

Saat ini ada banyak sekali jenis es krim yang ada, dan tidak menutup kemungkinan para chef dari seluruh dunia akan terus bereksperimen dengan pembuatan es krim rasa terbaru nya, bahkan saat ini es krim yang memiliki rasa unik sudah ada, seperti Es krim rasa pedas, Es krim bekatul dan lain sebagainya.

Saat ini Jenis es krim modern sudah sangat mendunia seperti es krim coklat misalnya, dan pembuatan nya yang sudah modern, Namunn demikian Es krim dengan pembuatan yang tradisional juga tidak kalah dalam bersaing dengan es krim modern.

Baca Juga : Cara Membuat Es Krim dengan Susu Segar yang Menyegarkan

Hanya saja, harga nya memang cukup terpaut karena memang es krim yang dibuat menggunakan es krim maker membutuhkan biaya yang cukup besar di bandingkan dengan es krim yang dibuat dengan cara tradisional seperti pembuatan es krim yang hanya menggunakan es batu dan garam saja.

Dengan menggunakan kemampuan garam, es krim yang enak dan menyegarkan sudah bisa di buat dengan cukup mudah, namun pembuatan nya memang cukup rumit jika di bandingkan dengan es krim yang dibuat dengan menggunakan ice cream maker.

Namun untuk rasanya tidaklah kalah dengan es krim yang dibuat menggunakan ice cream maker karena rasanya sama-sama manis.

Hanya saja untuk tingkat kelembutan memang kalah dengan es krim modern yang ada saat ini, namun sensasi ketika memakan es krim dengan garam ini tentu akan lebih terasa karena proses pembuatan nya yang cukup rumit di bandingkan dengan es krim yang dibuat dengan ice cream maker.

 

Cara Membuat Es Krim Dengan Garam Yang Lembut

Membuat es krim dengan cara tradisional memang cukup sulit dan rumit, namun cara ini terbukti bisa membuat es krim jadi dengan sempurna, meskipun cara ini cukup aneh dan tidak banyak diketahui oleh masyarakat, namun cara ini adalah salah satu cara yang wajib anda coba.

Membuat es krim dengan cara tradisional membutuhkan ketelitian karena biasanya es krim yang dibuat secara tradisional memakai garam untuk mengurangi suhunya.

Biasanya es krim dibuat beku dengan menaruhnya di atas pecahan es dan garam, garam memang bisa membuat air cair berada di bawah titik beku air murni.

Dan membuat wadah tersebut mendapatkan sentuhan yang rata oleh air es yang ada. Jika anda ingin membuat es krim dengan garam ini, mungkin anda bisa melihat ulasan cara membuat es krim dengan garam berikut ini.

 

Bahan dalam Pembuatan Es Krim Dengan Garam

Berikut ini adalah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat es krim dengan cara tradisional menggunakan garam yang hasil akhirnya nikmat:

  • Santan sebanyak 200 ml.
  • Gula pasir 75 gram.
  • Satu butir Kuning telur.
  • ½ sendok makan Tepung Maezena.
  • 1 sendok makan tape ketan.
  • Es batu secukupnya.
  • Garam dapur secukupnya.

 

Tips Cara Membuat Es Krim Menggunakan Garam

Berikut ini adalah urutan atau langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat es krim menggunakan garam atau membuat es krim dengan cara tradisional:

  1. Campurkan kuning telur, tepung maizena dan tape ketan dalam satu wadah, kemudian campurkan hingga merata dan tidak menggumpal atau kalis.
  2. Kemudian rebuslah santan dan gula pasir hingga mendidih, setelah itu masukkan campuran bahan yang sudah anda persiapkan di atas ke dalam nya sedikit demi sedikit.
  3. Setelah itu biarkan adonan menjadi dingin dan masukkan ke dalam rantang atau kaleng.
  4. Kemudian bekukan di dalam kulkas hingga membeku.
  5. Kemudian buatlah campuran es batu yang sudah di pecah-pecah dan tambahkan garam dapur di atas nya, gunakan baskom yang berukuran cukup besar.
  6. Setelah itu masukkan kaleng yang sudah berisi adonan es krim ke dalam campuran pendingin atau campuran es baru dan garam yang sudah mencair tersebut.
  7. Kemudian buang air yang ada di baskom, dan masukkan kembali es batu dan garam ke dalam nya, putar terus hingga adonan es krim menjadi beku.

 

Cara membuat es krim dengan garam ini, telah lebih terkenal di masyarakat sebagai es putar. Dan untuk membuatnya menggunakan Mesin Pembuat Es Putar.

Dan untuk membuat es krim moderen, memang membutuhkan mesin es krim pabrikan. Mau tahu secara lengkap mesin ini, KLIK DISINI…!  Mesin Pembuat Es Krim

Sebelum membuat es krim dengan cara yang modern memang orang dulu membuat es krim menggunakan garam. Namun cara ini juga cukup ampuh untuk membuat es krim yang enak dan menyegarkan.

Dan tidak luput dari itu, cara tradisional tentunya memiliki rasa khas tersendiri yang bisa membuat es krim modern akan kalah dari pembuatan es krim dengan cara tradisional.

Dalam hal ini anda juga bisa menambahkan topping di atas es krim tradisional yang sudah anda buat, tidak kalah dengan es krim modern yang memang menggunakan ice cream maker untuk membuat nya.

Anda bisa menambahkan semacam saus coklat, saus strawberry, wafer, waffle, messes dan lain sebagainya untuk tembahan es krim agar lebih enak dan menarik tampilan nya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa es krim yang memiliki rasa khas dan enak memang banyak sekali di cari saat ini, es krim yang rasa nya unik juga menjadi salah satu makanan yang banyak di cari.

Oleh karena itulah es krim tradisional dengan garam ini merupakan salah satu makanan yang bisa dilestarikan cara pembuatan nya.

Ingin tahu cara usaha Es Krim, Baca Disini…! Tips-tips dan Cara Persiapan Usaha Es Krim.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Es Krim Dengan Garam yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin belajar membuat es krim dengan cara tradisional.

Dan bagi Sobat Mesin yang ingin mencoba berbagai macam Resep Es Krim Buah, atau pun resep unik seperti Cara Membuat Es Krim Bekatul kami punya resepnya.

Yang mana, Sobat Mesin bisa memanfaatkanya untuk dijadikan sebagai referensi Usaha Es Krim atau Bisnis Es Krim Sobat Mesin.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.