Home » Artikel » Artikel Proses » Resep Keluarga : Tips Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Alami

Resep Keluarga : Tips Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Alami

Es Krim Sederhana dan Alami

Bahan alami merupakan bahan yang memang memiliki banyak keunggulan karena bahan tersebut masih belum tersentuh oleh bahan tambahan yang berbahaya, selain itu bahan alami  Aman jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, apalagi untuk Es Krim. Maka Kami sajikan cara membuat Es Krim Sederhana dan alami.

Salah satu es krim yang biasa digunakan sebagai dessert juga terbuat dari bahan alami, es krim alami memang tidak banyak dikenal di luaran sana, namun rasa dari es krim ini tetaplah enak dan lezat sama seperti es krim lainnya yang terbuat dari coklat, buah-buahan dan lain sebagainya.

Cara Membuat Es Cream Alami yang Enak dan Menyegarkan

Es krim adalah salah satu makanan yang sangat tinggi permintaan pasarnya, di samping rasanya yang manis dan enak, tekstur lembut nya mampu membuat orang ketagihan ketika makan es krim, jadi tidak heran, banyak orang yang mulai merambah dunia es krim untuk dijadikan sebagai usaha unggulan.

Dalam membuat es krim sederhana dan alami tidaklah sulit seperti yang anda bayangkan, es krim alami sama saja dengan pembuatan es krim biasanya, hal pertama yang harus anda siapkan adalah bahan-bahan yang berkualitas, kenapa bahan yang digunakan harus berkualitas?

Karena jika anda menggunakan bahan yang sudah tidak bagus lagi, maka rasa yang dihasilkan dari es krim juga akan sedikit berbeda dengan penggunaan bahan yang bagus.

Manfaat es krim juga tidak lepas dari rasa nya yang bisa membuat orang bisa melepaskan penat dan rasa stress yang sedang di alaminya, dan juga manfaat yang bisa di bermanfaat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya secara teratur dan juga dalam jumlah atau takaran yang pas.

Baca Juga : Mau Tahu manfaat Es Krim lebih Lengkap, Baca Disini ya…!

Mengkonsumsi es cream yang berlebihan juga tidak akan mendatangkan hal yang baik. Namun dengan takaran yang pas akan membantu anda untuk menjaga kesehatan anda dengan baik. Sebenarnya apa yang bisa membuat es cream menjadi bagus bagi kesehatan tubuh anda?

Kandungan es cream seperti gula, vitamin dari buah yang digunakan dalam pembuatan es cream buah, dan lain sebagainya bisa memberikan vitamin yang bagus untuk anda dan kalsium untuk pertumbuhan tulang anda.

Baiklah jika anda sudah penasaran bagaimana cara membuat es krim sederhan dan alami yang enak dan menyegarkan, berikut kami akan mengulaskan cara nya untuk anda.

Cara Membuat Es krim Sederhana dan Alami

Cara Membuat Es krim sederhana dan Alami

Bahan Dalam Pembuatan Es Krim Alami :

  • 120 gram gula pasir.
  • 3 gram stabilizer es cream buatan.
  • 400 gram air.
  • 250 gram jus jeruk.
  • 1 buah lemon yang diperas dan di ambil air nya saja.

Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Alami Yang Enak dan Menyegarkan :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam Cara Membuat Es Krim sederhana dan Alami yang Enak dan Menyegarkan adalah mengaduk gula dan stabilizer hingga merata.
  2. Setelah di rasa sudah merata, anda masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam nya sambil terus mengaduknya dan tunggu hingga merata.
  3. Kemudian masaklah adonan yang sudah anda buat tadi dengan api sedang, tunggu hingga adonan mendidih dan angkat adonan tersebut lalu dinginkan.
  4. Setelah adonan dingin, anda tambahkan jus jeruk dan air lemon ke dalam nya.
  5. Setelah itu masukkan adonan ke dalam mesin es cream hingga adonan tersebut mengental.
  6. Setelah itu anda masukkan ke dalam mesin freezer agar es cream mendingin dan anda bisa menyimpan nya hingga waktu tertentu.

Dalam penyimpanan es krim ini sebaiknya tidak lebih dari seminggu karena adonan es cream akan sedikit berubah tekstur nya, dan rasa nya juga akan sedikit berubah.

Jadi cepat habiskan sebelum seminggu berlalu. Meskipun anda sudah menyimpan nya di dalam freezer, namun jika lebih dari waktu tersebut maka es cream anda akan berubah.

Baca Juga : Cara Membuat Es Krim Tradisional Es Krim Cone

Jika anda tidak memiliki mesin pembuat es Krim, anda masih bisa menggunakan cara manual untuk membuatnya, namun anda harus rela menggunakan beberapa waktu anda dalam cukup lama karena pembuatan es krim dengan cara manual akan lebih lama di bandingkan dengan pembuatan es krim yang menggunakan mesin, dan berikut kami ulaskan cara membuat es krim alami secara manual:

  1. Lakukan proses yang ada di nomor 1 hingga 4 sama persis seperti cara di atas.
  2. Kemudian setelah adonan jadi, anda mizer adonan tersebut hingga halus.
  3. Lalu masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 1 hingga 2 jam sampai adonan membeku.
  4. Setelah adonan es cream membeku, anda keluarkan adonan tersebut dan blender kembali hingga halus.
  5. Setelah itu masukkan kembali ke dalam freezer dan ulangi langkah ke 3 dan 4 sekitar 2 – 3 kali, hingga es cream benar-benar menjadi sangat lembut.
  6. Setelah lembut, anda tuangkan adonan es cream tersebut ke dalam wadah yang tertutup rapat, dan diamkan dalam lemari es atau freezer sampai es cream menjadi beku. Jangan lupa untuk menutup wadah es cream dengan baik agar es cream tidak mengkristal nantinya.
  7. Setelah es cream membeku, maka es cream sudah siap untuk dinikmati.
  8. Simpan sebagian es cream di dalam freezer agar tidak membeku, dan sebagain anda sajikan dalam gelas saji dan tambahkan beberapa topping di atas nya seperti waffle, wafer, permen, buah leci, strawberry dan topping menarik lain nya agar tampilan ice cream menjadi lebih menarik.
  9. Kemudian anda bisa segera menyajikan nya.

Dalam hal penyajian anda bisa menyajikan es krim yang dibuat manual ataupun dengan mesin es Krim menggunakan cara tersebut karena semuanya sama saja.

Hanya saja pada proses menjadikan adonan tersebut menjadi es cream lah yang berbeda. Dan lebih efisien waktu, tenaga dan rasa nya jika menggunakan mesin es krim dalam pembuatan nya.

Baca Juga : Sumber Es Krim Sehat, Es Krim Buah

Demikian informasi tentang Cara Membuat Es Krim  sederhana dan Alami yang Enak dan Menyegarkan yang bisa kami berikan untuk para pecinta es cream yang ingin mencoba membuat sajian es cream yang berbeda dan unik seperti es krim alami ini.

Jangan lupa untuk mencoba ice cream pedas, es krim bekatul dan lain sebagainya karena rasa nya tidak kalah enak dengan es cream lain nya.

Terima kasih banyak.

By |2018-07-16T16:17:53+00:00April 27th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Resep Keluarga : Tips Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Alami

About the Author:

WhatsApp chat