Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Es Krim Bekatul yang Enak dan Lembut

Cara Membuat Es Krim Bekatul yang Enak dan Lembut

Tentang Bekatul

Berbicara tentang bekatul, tentu sebagian dari anda ada yang sudah sangat paham tentang bekatul. Iya bekatul adalah salah satu bahan yang biasa digunakan sebagai tambahan pakan ternak, dan ternyata bisa untuk es cream. Berikut Cara Membuat Es Krim Bekatul.

Bekatul yang memang memiliki nilai serat yang tinggi ini, selama ini hanya banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam pakan ternak. Tetaapi saat ini, percaya atau tidak, bekatul dijadikan salah bahan dalam pembuatan es cream, tentu anda bertanya-tanya, apakah es cream tersebut berbahaya? Karena anda tahu nya bahwa bekatul itu adalah makanan ternak.

 

Cara Membuat Es Krim Bekatul

 

Tentu anda tidak boleh salah dalam persepsi anda karena bekatul ini juga bisa dijadikan makanan yang enak dan manis serta menyehatkan seperti es cream. Kandungan seratnya yang tinggi akan membuat es Krim bekatul semakin kaya akan nilai gizi yang dikandung nya.

Es Krim Bekatul

Anda belum pernah mendengar es cream bekatul? Tentu sebagian dari anda pasti pernah mendengarnya, namun memang sangat jarang sekali ada penjual es krim bekatul karena tidak banyak pengusaha es krim yang tahu tentang es krim bekatul ini.

Untuk itu anda bisa mengambil peluang ini untuk membuat usaha es Krim anda semakin maju dan memiliki banyak menu es cream yang unik.

Apakah pembuatan nya mudah? jika itu pertanyaan anda, maka kami hanya bisa memberikan pernyataan bahwa pembuatan nya sama saja seperti es cream pada umum nya, cara membuat es krim bekatul cukup mudah, apalagi jika anda membuatnya menggunakan mesin pembuat es cream, tentu akan semakin mudah dan cepat dalam membuatnya.

Bagaimana dengan rasa es krim bekatul? Kalau itu sudah tidak perlu anda tanyakan lagi karena yang nama nya es cream pasti memiliki rasa yang manis, segar di lidah, lembut serta ada rasa khas yang ada di dalam es cream, sama seperti es cream coklat dan es cream lain nya yang memiliki rasa khas serta enak di lidah.

Bahkan bahan yang digunakan sebagai pelengkap dalam pembuatan es cream bekatul ini sama seperti es cream pada umumnya, yaitu membutuhkan susu, gula dan lain sebagainya.

Baca tips Lain : Cara Membuat Es Krim Buah Kelapa

 

Cara Membuat Es Krim Bekatul

Es krim bekatul ini juga menyehatkan dan tinggi serat, jadi anda tidak perlu khawatir lagi untuk mulai membuat es krim bekatul untuk keluarga anda atau untuk dijual kembali. Dan berikut ini kami akan mengulaskan cara membuat es krim bekatul yang enak dan lembut di bawah ini untuk anda praktikkan:

Cara Membuat Es krim Bekatul

Bahan Dalam Pembuatan Es krim Bekatul:

  • 40 gram coklat bittersweet
  • 500 cc susu
  • 120 cc gula.
  • 50 cc cocoa.
  • 4 butir kuning telur.
  • 15 gram bekatul.

Cara Membuat Es Krim Bekatul yang Enak dan Lembut:

  1. Langkah pertama dalam Cara Membuat Es Krim Bekatul yang Enak dan Lembut adalah anda harus memotong coklat yang sudah anda persiapkan sebelumnya dengan potongan besar-besar.
  2. Rebus gula dan susu sebanyak 60 cc dalam saucepan, kemudian aduk campuran tersebut hingga mendidih.
  3. Kemudian matikan api terlebih dahulu, setelah itu tambahkan coklat, cocoa dan bekatul ke dalam nya, baru anda bisa mengocok nya hingga coklat larut dan adonan menjadi lebih halus.
  4. Langkah selanjutnya adalah anda masukkan air dan es ke dalam baskom atau wadah, kemudian masukkan gula dan telur sebanyak 60 cc ke dalam nya dan mixer adonan tersebut hingga menjadi pucat dan mengental.
  5. Tambahkan adonan coklat yang masih panas ke dalam nya sambil di kocok, kemudian pindahkan adonan tersebut ke saucepan.
  6. Kemudian masak adonan tersebut dengan api sedang sambil di aduk dengan sendok yang terbuat dari kayu hingga adonan tersebut mengental dan meningggalkan bekas di bagian sendok jika di gores dengan jari. Namun jangan sampai adonan tersebut sampai mendidih.
  7. Tuanglah adonan tersebut ke dalam sebuah panci yang dimasukkan ke dalam air dingin, namun jangan lupa menggunakan saringan karena memang adonan yang dimasukkan harus melalui penyaringan.
  8. Simpan adonan tersebut ke dalam freezer selama 1,5 jam hingga 3 jam hingga adonan es cream menjadi beku. Namun bila anda memiliki mesin pembuat es cream, sebaiknya anda menggunakan nya sesuai petunjuk dari mesin tersebut atau dari pabrik.
  9. Kemudian keluarkan adonan es cream yang anda masukkan ke dalam freezer tersebut dan aduk atau blender es cream tersebut agar tidak mengkristal dan tekstur nya menjadi lembut.
  10. Kemudian masukkan kembali ke dalam freezer.
  11. Ulangi proses memasukkan ke dalam freezer dan memblender tersebut sebanyak 1-3 kali hingga es cream menjadi halus.
  12. Jika sudah halus, es cream bekatul sudah siap untuk disajikan.

Cara di atas memang sedikit rumit karena untuk menghaluskan es krim harus dilakukan pengadukan atau blender sebanyak 1 – 3 kali hingga es cream benar-benar halus, namun jika anda memiliki mesin es cream atau mesin pembuat es cream, maka anda tidak perlu lagi membuat nya dengan sulit, anda hanya perlu mengikuti aturan pemakaian mesin atau biasanya langsung memasukkan adonan ke dalam mesin es cream, dan saat selesai es cream tersebut sudah halus dan langsung bisa di makan.

Baca juga : Tips Cara Membuat Es Krim Durian

Dengan menggunakan mesin es pembuat cream juga akan membuat pekerjaan anda dalam membuat es cream menjadi lebih mudah dan lebih cepat, jadi bagaimana?

Mudah bukan untuk membuat es cream unik dari bekatul yang rasa nya tidak kalah jika di bandingkan dengan es cream rasa lain nya, apalagi es cream bekatul ini juga di beri tambahan coklat yang akan membuat nya terasa lebih enak tentunya.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Es Cream Bekatul yang Enak dan Lembut yang bisa kami berikan, semoga informasi di atas bisa membantu anda untuk mendapatkan idea tau inovasi dalam usaha es cream anda atau untuk anda berikan kepada keluarga anda di rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

By | 2017-10-24T09:01:04+00:00 April 18th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Es Krim Bekatul yang Enak dan Lembut

About the Author: