Setelah artikel ke-4 saya kemarin, kali ini saya akan menyajikan artikel baru yang ke-5 mengenai cara membuat ice americano coffee. Namun diantara kalian pasti belum banyak yang tahu apa itu kopi americano, jadi sebelum kita ke bagian cara membuatnya, kita terlebih dahulu kita bahas kopi americano dulu.

Apa Itu Kopi Americano??

cara membuat ice americano

Americano adalah minuman kopi espresso yang ditambahkan dengan menggunakan air panas. Namanya diambil dari cara orang Amerika meminum espresso. Konon katanya, disebut americano adalah karena dianggap sebagai lelucon dan ejekan kepada orang-orang Amerika yang suka membuat espresso-nya yang lebih encer.

Ada banyak varian minuman kopi yang berbasis espresso dan menjadi populer di banyak coffee shop. Minuman kopi tersebut ada bermacam-macam, mulai dari espresso itu sendiri, lalu coffee latte, cappuccino, mocha, dan masih banyak macam lagi. Dari sekian banyak varian kopi tersebut, pernahkah Anda mencoba varian kopi jenis americano?

Jika dilihat, kopi americano memang hampir serupa dengan varian kopi hitam (black coffee) atau kopi tubruk. Namun, sebenarnya cara membuat kopi americano tak sama seperti ketika membuat kopi hitam pada umumnya.

Kopi americano dibuat dengan cara dari satu atau dua shot espresso, lalu ditambahkan dengan menggunakan air panas di atasnya. Sementara kopi hitam sendiri adalah minuman kopi yang dihasilkan dari  seduhan bubuk kopi tanpa menggunakan espresso.

Jadi, jangan sampai Anda salah pesan kopi saat anda beli kopi varian ini karena mengira bahwa americano sama seperti kopi hitam.

Namun anda tidak akan menemukan sebuah crema (buih berwarna cokelat) yang kental seperti yang ada pada kopi espresso umumnya pada kopi americano. Alasannya, karena crema yang biasanya ada pada permukaan kopi espresso telah terpecah dan tercampur oleh siraman air panas.

Maka dari situlah minuman ini memiliki bentuk yang hampir sama menyerupai black coffee.

Perbandingan atau rasio antara espresso dengan air panas pada kopi americano yang biasanya paling umum digunakan adalah 1:4. Perbandingan satu digunakan untuk single atau double shot espresso, dan perbandingan empat diguanakn untuk air panas. Secangkir kopi americano biasanya disajikan dengan kopi sebanyak 240 ml.

Selain menggunakan rasio tersebut, ada juga beberapa orang atau penjual kopi yang membuat kopi americano dengan menggunakan rasio 1:2 atau bahkan dengan rasio 1:1. Sah-sah saja mau menggunakan  rasio yang mana karena setiap masing-masing orang punya selera kopi yang berbeda-beda.

Bicara masalah selera, tidak ada jenis kopi khusus yang paling baik untuk digunakan dalam membuat kopi americano. Anda bisa menggunakan single origin maupun dengan menggunakan coffee blend.

Cara Membuat Americano dan Disukai Banyak Orang

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh orang. Sebagai minuman yang sering diminum untuk  pengawal pagi hari, kopi juga sangat pas untuk membangkitkan semangat agar lebih giat dalam menjalani hari. Kandungan kafein dalam kopi jika dikonsumsi dalam takaran yang pas memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kopi dihidangkan sesuai dengan selera masing-masing orang. Untuk memenuhi hal tersebut maka kopi pun  buat untuk menghadirkan kopi dalam beragam racikan. Jenis kopi yang paling banyak digemari oleh orang-orang adalah jenis kopi americano.

Mayoritas banyak orang yang mengemukakan bahwa kopi tersebut ditemukan pada saat perang dunia ke-2. Cara membuat kopi americano pun tidak terlalu sulit.

Para tentara Amerika yang berperang di Eropa merasakan kopi espresso yang dibuat oleh orang Eropa memiliki citarasa kopi yang terlalu berat dan pekat. Kemudian para tentara Amerika membuat kopi espresso tersebut dengan ditambahkan menggunakan air panas agar cita rasanya bisa sesuai dengan selera mereka.

Cara Membuat Ice Americano yang Enak, Dapat Menggunakan Teknik Ini

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Filter

Pada umumnya terdapat banyak sekali teknik yang dapat digunakan dalam cara pembuatan kopi americano. Cara atau teknik pertama yang sering digunakan untuk membuatnya adalah dengan menggunakan metode filter. Cara dengan menggunakan metode filter tersebut merupakan cara yang paling sederhana dalam penyajian kopi americano.

Sangat efisien dan tak butuh banyak waktu. Caranya anda cukup meletakkan bubuk kopi di atas kertas saring yang biasa digunakan untuk pembuatan kopi pada corong bejana kopi. Tuangkan air panas ke atasnya. Lalu kopi direndam air panas dengan memanaskan bejana. Tuang ke dalam gelas, tambahkan es. Kopi americano siap dihidangkan.

Cara Membuat Ice Americano dengan Teknik French Press

Cara lain dalam membuat kopi americano adalah dengan menggunakan alat yang dinamakan french press.Hanya perlu memeasukkan bubuk kopi ke dalam french press setelah itu menyusul air panas. Pada saat air panas dituangkan dari teko, posisikan teko tersebut lebih tinggi daripada french press.

Dengan begini gelembung kopi yang akan timbul menjadi lebih banyak dibanding menggunakan metode filter  dan aroma kopi juga lebih harum. Kemudian aduk-aduk perlahan dan diamkan kopi  kurang lebih selama 4 menit.

Lalu tekan tutup french press pelan-pelan dan kopi bisa dituang ke dalam cangkir dan tambahkan dengan es akan lebih enak. Anda bisa juga membuat kopi dengan menggunakan mesin kopi untuk membuat kopi yang lebih mudah.

Cara ini membuat rasa kopi lebih lebih kuat. Belakangan ini sudah banyak kedai kopi yang menggunakan cara atau teknik french press ini, karena dengan alasan rasa kopi menjadi jauh lebih terasa dan nikmat.

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Turkish Coffee

Metode turkish coffee ini sudah dikenal banyak orang sejak abad ke-15 silam di Turki. Cara penyeduhan ini juga sering disebut dengan teknik Arab method. Dengan penggunaan metode tersebut, cita rasa yang dihasilkan kopi akan menjadi lebih kental dan kuat.

Penggilingan biji kopi harus dengan cara manual. Kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalam bejana kopi dan ditambah dengan gula dan air.panas setelahnya diaduk dan didiamkan, setelah itu masukkan es maka kopi siap dihidangkan.

Cara Membuat Ice Americano dengan Metode Espresso

Jika metode turkish coffee adalah cara yang bisa dibilang tradisional, maka berbeda dengan teknik satu ini. Teknik espresso ini harus menggunakan alat canggih yang berteknologi tinggi dan prosesnya lebih praktis. Menyajikan kopi americano dengan teknik espresso harus memiliki ketrampilan yang mumpuni.

Biji kopi harus digiling dengan mesin ini. Anda dapat mengatur tekstur bubuk kopi sesuai yang diinginkan. Membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menghasilkan kopi yang enak dengan menggunakan teknik espresso.

Setelah biji kopi menjadi bubuk, masukkan bubuk kopi tadi ke dalam gelas saji, tuang air panas dan terakhir tambahkan es batu.

1.Cara Membuat Es Americano

  1. Siapkan alat masing-masing mesin espresso, Java Lorek Coffee, gelas atau cangkir.
  2. Nyalakan mesin espresso, tunggu hingga lampu indikator tanda siap untuk digunakan menyala.
  3. Sebelum memasukan kopi bubuk ke dalam mesin espresso, bersihkan terlebih dahulu tempat portafilter mesin espresso dengan menyalakan mesin tersebut ke pilihan seduh espresso.
  4. Masukkan kopi bubuk halus ke dalam portafilter mesin espresso hingga terisi penuh atau jika memiliki timbangan anda lebih baik menimbangnya dahulu, untuk yang singel shot dapat menggunakan bubuk kopi sekitar 7-9 gram dan untuk yang double shot dapat menggunakan sekitar 14-18 gram.
  5. Tekan menggunakan tamper bawaan yang ada di mesin espressomu.
  6. Pasang portafilter mesin kopi dengan benar dan tempatkan gelas untuk menampung espresso nanti  dengan tepat.
  7. Nyalakan mesin espresso tersebut dengan pilihan seduh espresso, untuk espresso yangg one-shot tunggu sampai mencapai 25-30 ml dan untuk double shot hingga 50-60 ml.
  8. Pindahkan espresso ke cangkirmu.
  9. Tambahkan air panas sesuai selera.
  10. Tambahkan juga es batu untuk membuatnya lebih dingin.
  11. Kopi Americano siap untuk anda nikmati.

2.Ice Americano

Bahan-bahan 

  • 1,5 sdt bubuk kopi nescafe classic
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm air panas
  • Es batu
  • secukupnya Air putih biasa

Alat :

  • Whisk ukuran apa saja

Langkah-langkah

  1. Campur kopi, gula serta air panas di mangkuk

  2. Aduk menggunakan whisk selama 3-5 menit

  3. Siapkan gelas yang sudah berisi oleh es dan air putih sampai 3/4 gelas

  4. Masukkan kopi yg sudah diaduk ke dalam gelas yg berisi es tadi

  5. Ice americano siap dinikmati. Paling pas diminum sesaat sebelum beraktivitas atau siang hari waktu cuaca lagi panas-panasnya.

  6. Selamat mencoba!

Efek Negatif dan Positif Minum Kopi

membuat americano

Efek Positif Kopi

  • Kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.
  • Dapat mengurangi risiko terkena pengakitprkinson
  • Meminum kopi dapat membantu dalam meningkatkan memori jangka pendek pada manusia.Hal ini disebabkan oleh karena kafein yang terkandung pada kopi bereaksi secara kimia dapat menstimulasikan dan membantu otak kita dalam menangkap dan fokus terhadap informasi yang sudah diterima untuk memori jangka pendek tertentu.
  • Dapat mengurangi rasa sakit kepala, kandungan yang ada didalam kopi atau kafein dapat meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit kepala yang tidak berkepanjangan seperti aspirin, midol dan excedrin. Kebanyakan dari obat sakit kepala dan migrain dapat mengandung kafein meskipun dalam jumlah sedikit.
  • Kopi merupakan antioksidan efektif.
  • Kopi merupakan diuretic yang baik. Orang yang meminum kopi akan sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh manusia dalam membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi bagi tubuh.
  • Dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Efek Negatif Kopi

1.Merusak gigi

Kopi mengakibatkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak

2.Menyebabkan inkontinensia

Kafein dapat mengakibatkan inkontinensia => atau lebih tepatnya tidak dapat mengontrol dalam buang air kecil. Universitas Alabama melakukan sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi banyak kafein 70% lebih mungkin mengalami inkontinensia.

3.Insomnia

Kafein bisa mengkibatkan insomnia atau tidak bisa tidur pada malam hari. Kafein yang ada di sistem seseorang pada waktu tidur dapat menimbulkan gejala insomnia.

4.Mengganggu pencernaan

Efek minum kopi dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Orang yang sering mengonsumsi minuman berkafein akan merasakan sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya. Ini terutama terjadi ketika minuman dikonsumsi saat perut kosong.

 5.Sakit Kepala

Kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Sementara saat sesekali meminum dengan dosis kafein ringan dapat meringankan gejala sakit kepala, lain halnya dengan penggunaan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dan menyebabkan migrain.

6.Masalah Kesuburan

Kafein bisa mengurangi kesuburan pada wanita. Sebuah penelitian dari The University of Nevada School of Medicine mengemukakan bahwa kafein bisa menurunkan peluang seorang wanita untuk hamil sekitar 27%.

7.Berisiko Keguguran

Bahaya minum kopi bagi wanita berisiko keguguran. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, mengonsumsi setidaknya dua kali meminum minuman yang berkafein sehari selama minggu-minggu pada wanita hamil sebelum konsepsi sedikit dapat meningkatkan risiko keguguran.

8.Berisiko Pada Pengidap Diabetes

Kafein mungkin saja juga tidak sehat untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa kafein merusak metabolisme glukosa pada mereka yang menderita diabetes tipe 2.

9.Gangguan Jantung

Mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan kontraksi jantung yang lebih kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah minum minuman yang kafein terlalu banyak, jantung dapat menghasilkan lebih banyak kontraksi yang kuat. Tidak jelas apakah ini memiliki implikasi kesehatan jangka panjang atau tidak kecuali bagi mereka yang sudah  mengetahui kondisi kesehatannya sendiri.

Perbedaan Cara Membuat Ice Americano, Long Black dan Kopi Tubruk

1.Americano

Sama seperti namanya, Americano tentu saja kopi ini adalah kopi hitam yang berasal dari Amerika. Meskipun di kedai-kedai  kopi di Amerika dan sekitarnya tentu tidak hanya menyediakan kopi americano, masih ada banyak menu lainnya seperti menu long black. Walaupun sama-sama dari varian kopi hitam, Americano jelas sangatlah berbeda dengan kopi jenis long black.

Yang membedakan atau perbedaan yang ada dari keduanya sebenarnya sederhana saja yaitu cara pembuatannya yang berbeda. Cara pembuatan kopi americano adalah espresso disiapkan terlebih dahulu lalu ditambahkan dengan air panas setelahnya. Hasil Americano biasanya hampir tidak meninggalkan crema di permukaan cangkir. Hal ini dikarenakan espresso  yang dicampurkan dengan air panas sehingga memecah crema dan bercampur pada kopi yang ada didalam espresso.

Hal itulah perbedaan yang paling terlihat antara Americano dan long black. Crema yang ada pada permukaan cangkir kopi inilah yang membedakan kedua jenis kopi hitam ini.

2.Long Black

Jenis minuman ini tergolong ke dalam “keluarga kopi hitam” adalah minuman kopi yang terdiri dari air panas dan espresso. Minuman ini disajikan ke dalam gelas dengan menyiapkan air panasnya terlebih dahulu dan setelah itu dituangkan juga espresso ke dalamnya.

Long black adalah minuman jenis kopi hitam yang berasal dari Australia dan Selandia Baru oleh karena itu cara penyajiannya juga haruslah mengikuti cara penyajian negara asalnya, dan tidak boleh sebaliknya.

Untuk perbandingan antara takaran air panas dan espressonya biasanya tergantung oleh selera masing-masing orang. Namun ada yang mengatakan jika memakai 160 ml air panas, sebaiknya menggunakan espresso sebanyak 30 ml.

Tapi itu semua dapat disesuaikan dengan selera orang penikmatnya masing-masing. Long black memiliki ciri khusus yang ada yaitu sisa-sisa crema yang ada di atas permukaan kopi.

Karena menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap utuh berada di permukaan cangkir. Inilah yang membuat kopi long black berbeda dengan jenis kopi hitam pada umumnya.

3.Kopi Tubruk

Jika membahas soal kopi hitam tak lengkap rasanya jika tak membahas sedikit tentang kopi jenis tubruk ini. Apa yang membuat kopi tubruk berbeda dari jenis kopi lainnya?? Dengan dua jenis kopi di atas selain ketradisionalannya adalah tentu dari cara penyajiannya yang berbeda.

Kopi tubruk adalah jenis kopi hitam yang dinikmati dengan cara dinikmati ampas kopinya sekalian. Oleh sebab itu, kopi tubruk biasanya disiapkan dengan kopi bubuk yang dapat digiling halus atah medium, sesuai selera penikmatnya lalu disiram dengan air panas yang mendidih.

Beberapa orang lebih suka mengaduknya lalu mendiamkannya sesaat agar ampasnya dapat tenggelam ke dasar cangkir kopi. Kemudian setelah itu bisa diseruput nikmat tambah ditemani dengan pisang goreng hangat.

 

Sekian artikel saya pada kali ini semoga kalian semua  terbantu.Terima Kasih.

 

Jumlah kata : 2095

WhatsApp Chat Whatsapp!