Home » Artikel » Artikel Proses » Resep Es Krim Melon yang Enak Dan Segar

Resep Es Krim Melon yang Enak Dan Segar

Es Krim Melon

Buah yang kaya vitamin ini, memiliki bentuk bundar dan memiliki warna daging hijau agak kekuningan, rasanya manis dan menyegarkan, hampir sama seperti semangka, namun memiliki daging yang lebih padat dan airnya juga tidak sebanyak buah semangka. Kerena itu cocok jadi bahan es krim. Dan kami kupas Resep Cara Membuat Es Krim Melon yang Enak dan Segar.

Buah melon ini juga tidak memiliki biji seperti buah semangka, dagingnya berada di bagian kulit nya yang menempel, sehat dan menyegarkan, apalagi jika di makan langsung ketika buah lemon dingin atau disimpan dalam freezer, tentu akan sangat enak rasa nya ketika di makan waktu dingin.

Resep Es krim buah lain, Baca Disini…! Cara Membuat Es Krim Pisang

cara membuat es krim melon

Resep es krim Melon yang Enak Dan Segar

Apalagi jika melon dijadikan salah satu jenis es krim, meskipun buah yang satu ini jarang sekali dijadikan makanan yang beraneka ragam, namun siapa sangka bahwa makanan ini sebenarnya bisa digunakan untuk pembuatan segala makanan, seperti cake dan es krim tentunya.

Es krim yang merupakan makanan yang paling banyak digemari dan dikonsumsi setiap harinya oleh masyarakat adalah salah satu makanan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Kandungan susu yang ada di dalam nya serta bahan lain nya memang memiliki banyak fungsi dan manfaat, jadi sangat cocok jika di makan bagi anak-anak ataupun orang dewasa.

Bahkan penelitian membuktikan bahwa ice cream tidak akan membuat tulang anda keropos atau anda akan menjadi lebih gemuk ketika makan es krim karena kandungan susu nya bisa membuat gigi anda lebih kuat, tubuh anda juga akan lebih langsing.

Apalagi jika es krim tersebut ada tambahan bahan seperti melon ini, yang memiliki banyak sekali manfaat nya, tentu selain enak akan membuat tubuh anda menjadi semakin sehat.

Mau Tahu manfaat Es Krim lebih Lengkap, Baca Disini ya…!

Cara Membuat Es Krim Melon

Pasti anda sudah penasaran sebenarnya bagaimana cara membuat es krim melon ini, pastinya cara membuat es krim melon ini sama saja dengan pembuatan es krim lainnya.

Hanya saja bahan nya yang sedikit berbeda karena ice cream ini terbuat dari buah melon yang tentunya membutuhkan perhatian khusus di bandingkan dengan bahan cair seperti coklat dan lain sebagainya.

Dan berikut ini kami akan mengulas tentang resep cara membuat es krim melon yang enak dan segar yang bisa anda gunakan untuk panduan dalam pembuatan ice cream melon:

Bahan Yang Diperlukan Dalam Cara Membuat Es Krim Melon :

  • 200 gram daging buah melon yang sudah di blender lembut.
  • 600 ml susu tawar segar atau susu cair.
  • 60 ml krim kental atau double cream.
  • 200 gram gula pasir.
  • 3 sedok makan susu kental manis.
  • 1 sendok makan tepung maizena.
  • 1 sendok teh esen melon atau esen jeruk.
  • ¼ sendok teh garam halus.

Langkah Dan Cara Membuat Es Krim Melon :

  1. Langkah pertama dalam pembuatan ice cream melon adalah anda campurkan bahan tepung maizena dan gula pasir dengan susu tawar cair, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  2. Kemudian rebus campuran bahan tersebut hingga mengental dan mendidih.
  3. Setelah itu dinginkan adonan tersebut dan tunggu beberapa saat.
  4. Langkah selanjutnya adalah masukkan melon yang sudah anda blender, krim kental, esen melon, susu kental manis, dan garam secukupnya ke dalam nya. Setelah itu aduk hingga adonan merata.
  5. Setelah itu masukkan adonan tersebut ke dalam mangkuk atau baskom dan tutup dengan plastic hingga rapat, setelah itu masukkan ke dalam freezer selama 2 sampai 4 jam.
  6. Setelah itu keluarkan adonan tersebut dan keruk ke dalam mixer atau blender, dan anda mixer kembali adonan ice cream melon tersebut hingga lembut dan halus.
  7. Masukkan kembali ke dalam freezer dengan tutup yang rapat.
  8. Tunggu hingga membeku dan ulangi cara tersebut hingga 2 atau 3 kali, yang jelas anda harus membuat adonan ice cream tersebut halus, baru anda membekukan nya kembali ke dalam freezer dan anda bisa menyajikan nya.

Baca Juga..! Tips lain cara membuat es krim buah

Untuk penyajiannya kami memberikan saran untuk menaruhnya di gelas saji menggunakan alat pengeruk agar tampilan nya bisa bagus.

Kemudian tambahkan topping yang enak dan cantik seperti lelehan coklat cair sebagai saus nya atau saus strawberry, irisan coklat batangan, messes, waffle, wafer, permen dan lain sebagainya. Itu akan membantu anda untuk membuat tampilan ice cream melon anda menjadi lebih menggugah selera.

Selain itu, tambahan irisan melon di atas nya juga akan menambah rasa nya menjadi lebih enak dan segar tentunya.

Apalagi ice cream melon ini memang dibuat bukan hanya agar orang-orang yang tidak menyukai melon bisa memakan buah melon. Karena ice cream ini rasa nya akan sangat enak jika anda bisa membuat nya dengan takaran yang bagus dan teknik yang tepat.

Untuk pembuatannya, pada saat adonan ice cream melon sudah jadi atau pada tahap ke 5, anda tidak perlu melakukan tahap selanjutnya jika anda menggunakan mesin pembuat ice cream.

Karena anda bisa dengan mudah membuat ice cream tanpa harus memasukkan nya ke dalam freezer terlebih dahulu.

Anda hanya perlu memasukkan nya ke dalam mesin dan ikuti petunjuk penggunaan mesin pembuat ice cream tersebut.

Itu adalah salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menghemat waktu dan tenaga tentunya, lebih praktis dan hasilnya juga akan lebih memuaskan.

Ketika anda sudah selesai membuat ice cream, tinggal anda sajikan bersama topping yang anda inginkan atau anda bisa menyimpan nya di dalam freezer yang sebagian untuk dimakan besok. Karena jika anda tidak menyimpan nya di dalam freezer, maka ice cream tidak akan bisa bertahan lama.

Untuk ketahanan ice cream bermacam-macam, karena ice cream itu ada yang diberi pengawet makanan dan ada yang tidak.

Jika tidak diberi pengawet, sebaiknya anda menghabiskan ice cream buatan anda dalam waktu 1 minggu karena rasa nya tentu akan berubah ketika lebih dari waktu tersebut, dan biasanya lebih encer dan tidak se enak ketika masih baru di buat. Jadi ukur berapa takaran kira-kira ice cream yang akan anda habiskan dalam waktu kurang dari seminggu.

Untuk tambahan bahan pengawet, itu relative dan tergantung dari anda sendiri, namun jika memang anda ingin yang lebih alami, sebaiknya jangan menggunakan pengawet.

Namun jika anda ingin ice cream melon anda bisa bertahan lama, hal yang paling baik adalah anda harus memberikan pengawet makanan yang memang aman untuk dikonsumsi.

Demikian informasi tentang resep ice cream melon yang enak dan segar yang bisa kami berikan untuk anda para penggemar ice cream.

Jangan takut untuk berinovasi, masih ada banyak lagi jenis ice cream yang harus anda coba buat, Es Krim Bekatul contohnya. Aneh? daripada anda bertanya tanya, cek aja yuk Cara Membuat Es Krim Bekatul, siapa tau bisa jadi ide Bisnis Es Krim yang viral tuh.

Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

By |2018-07-16T15:40:02+00:00April 30th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Resep Es Krim Melon yang Enak Dan Segar

About the Author:

WhatsApp chat