Penasaran Gak Si Cara Membuat Gendar Dari Nasi Sisa? Yuk Simak Pembahasannya

cara membuat gendar

Haii teman – teman, Kali ini saya akan memberi tau bagaimana cara membuat gendar menggunakan nasi sisa, nasi sisa bukan berarti nasi basi yang sudah tidak layak makan. Disini kita menggunakan nasi sisa yang masih layak makan, yang belum berwarna dan tidak berbau. Sebelumnya udah pada tau belum nih apa itu kerupuk gendar?

Kerupuk gendar kadang hanya disebut gendar , Makanan itu merupakan kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang di beri bumbu. Seringkali diberi rempah dan penambah rasa gurih agar gendar terasa lebih nikmat. Jika dirasa kurang kenyal anda bisa menambahkan tepung tapioka sebagai bahan alami agar adonan mentahnya menjadi kenyal dan padat.
cara membuat gendar

Penjelasan

Gendar bisa di sebut juga Legendar, cemilan yang satu ini memiliki rasa enak dan lezat, rasa alaminya juga sangat terasa. Karena kerupuk ini terbuat dari salah satu menu pokok makanan Indonesia yaitu nasi. Kerupuk gendar merupakan sejenis kerupuk khas dari jawa. Di antaranya yaitu makanan khas kota Wonosobo. Memang kerupuk ini terbuat dari bahan dasar nasi yang sudah dibumbui dengan bumbu dan resep yang beragam.

Buat kerupuk dengan nasi yang matang lalu di tumbuk atau di uleg (bisa juga diblender) hingga lumayan halus dan lumat. Buat adonan dan potong sebisa mungkin tipis (agar waktu dalam penjemuran atau pengeringannya menjadi lebih cepat) lalu dijemur. Selanjutnya gendar sampai matang dan siap jika kerupuk sudah kering.

Bila Anda ingin berkreasi sendiri membuat gendar dengan bahan utama masih berupa beras, maka cara yang dilakukan juga tidak terlalu susah. Hanya mencampurkan air dengan bumbu halus, kemudian rendam beras selama sekitar 2 jam. Setelah itu kukus beras selama sekitar 30 menit sampai beras mekar lalu tumbuk atau haluskan beras yang sudah menjadi nasi tersebut.Lalu campurkan  beras tersebut dengan tepung tapioka hingga menjadi adonan yang menggumpal. Anda bebas membentuk adonan sesuai bentuk yang anda inginkan lalu dipotong tipis-tipis untuk dijemur agar kering dan mudah digoreng.

Baca Juga : Gimana sih Resep Nasi Uduk Betawi Yang Lezat? Simak Disini

Berikut ini ada resep kerupuk gendar sederhana dengan rasa gurih dan renyah saat dikunyah, dijamin bikin ketagihan loh. Ingin tau cara membuatnya? Simak yuk resep berikut:

Kerupuk Gendar Gurih Renyah

 

Ibu rumah tangga biasanya sering punya nasi sisa yang masih bagus tidak habis dimakan. Sedangkan anda bingung harus melakukan apa pada nasi tersebut. Nasi sisa bisa dibuat kerupuk gendar yang merupakan cemilan dengan menggunakan nasi sisa sebagai bahan pokok. Selain itu gendar rumahan ini terbuat dari bumbu yang gampang dicari dengan rasa yang gurih. Kerupuk akan mengembang ketika digoreng, walaupun tanpa bahan pengembang dan renyah saat digigit. Berikut resep cara membuat gendar yang bisa anda coba di dapur rumah

Bahan Yang Digunakan untuk membuat gendar:

Bahan Biang :

  • 100 ml Air panas yang baru mendidih atau sangat panas
  • 3 sdm Tepung tapioka

Bahan Adonan :

  • 1/2 sdt Ketumbar, sangrai dan haluskan
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Kaldu bubuk
  • 450 gram Nasi hangat (1 mangkuk bakso)
  • 4 siung Bawang putih, haluskan

Cara Membuat Gendar

1. Pertama tuangkan air yang mendidih mendidih atau sangat panas ke dalam tepung tapioka lalu aduk-aduk hingga mengental seperti lem.

2. Kedua masukkan adonan tadi ke dalam nasi hangat (nasinya harus hangat, tidak boleh dingin). Setelah itu tambahkan bumbu halus, garam dan kaldu bubuk. Selanjutnya tumbuk nasi supaya pecah dan hancur.

3. Lalu siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng kemudian alasi plastik, olesi minyak lagi agar tidak lengket. Kemudian tuang adonan kerupuk nasi ke dalam loyang, setelah masuk semuanya ratakan dan padatkanadonan gendar. Setelah itu kukus sampai matang kurang lebih 30 menit.

4. Sesudah itu angkat dan dinginkan dahulu.

5. Dan selanjutnya potong kerupuk nasi sesuai selera dengan pisau yang sudah diasah lalu bungkus pisau dengan plastik. Kemudian pipihkan setiap potongan agar lebih tipis, setelah itu pindahkan ke tampah/nampan dan jemur hingga kering dibawah sinar matahari (Jika musim panas, jemur dari pagi sampai sore bisa kering sempurna asalkan potongan adonan gendar dibalik ketika sudah setengah kering).

6. Kerupuk gendar sudah siap untuk digoreng.

Berikut ini cara menggoreng kerupuk gendar agar renyah dan mengembang sempurna:

Menggoreng kerupuk memang bukan hal yang susah, akan tetapi ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan agar kerupuk mekar sempurna dan renyah. Tidak hanya dari tekniknya, jenis kerupuk juga mempengaruhi rasanya.

Sebelum menggoreng, sebaiknya anda perhatikan kerupuk terlebih dahulu. Jika kerupuk terlihat agak lembab atau masih belum terlalu kering sebaiknya jemur dulu di bawah sinar matahari hingga kering. Karena kerupuk gendar yang lembab bisa membuat kerupuk bantat atau tidak dapat mengembang dengan sempurna pada saat digoreng.

Saat menggoreng kerupuk lebih baik gunakan wajan yang cekung, agar minyak yang ada pada wajan tersebut dapat menenggelamkan kerupuk. Jadi bisa menggoreng kerupuk matang merata.

Pengaturan api juga sangat pentingsaat menggoreng gendar. Karena jika wajan dan minyak terlalu panas, kerupuk akan cepat gosong tapi daya kembang dari kerupuk gendar berkurang. Lebih baik saat menggoreng kerupuk gunakan api sedang saja, jika api terasa terlalu panas atau mengeluarkan asap sebaiknya matikan atau kecilkan api.

Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Yang Terdapat Pada Kerupuk Gendar :

Nama Makanan : Kerupuk Gendar

  • Kerupuk gendar Goreng yang akan diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Legendar Goreng yang bisa dimakan (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Energi Legendar Goreng = 407 kkal
  • Protein Legendar Goreng = 6,4 gr
  • Vitamin C Gendar Goreng = 0 mg
  • Lemak Legendar Goreng = 28,2 gr
  • Karbohidrat gendar Goreng = 32 gr
  • Kalsium Legendar Goreng = 216 mg
  • Vitamin B1 Gendar Goreng = 0,16 mg
  • Fosfor Legendar Goreng = 62 mg
  • Zat Besi Legendar Goreng = 1,6 mg
  • Vitamin A Legendar Goreng = 0 IU
  • Khasiat atau kegunaan Gendar Goreng : – (Belum Tersedia)

Sumber dari Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sumber lainnya.

Keterangan :

Riset atau penelitian pada Kerupuk Gendar yang berbeda dapat menghasilkan hasil berbedah yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.

Sekian pembahasan tentang kerupuk gendar sebagai cemilan khas dari daerah jawa yaitu salah satunya adalah wonosobo. semoga menambah wawasan pengetahuan memasak anda tentang cemilan khas Indonesia.

Peluang Usaha Kerupuk Gendar

Jenis kerupuk pun sangat banyak jadi anda bisa memilih sesuai dengan keinginan. Salah satunya yaitu kerupuk gendar, kerupuk yang satu ini banyak disukai oleh banyak orang sebab rasanya gurih dan enak. Kerupuk ini yaitu kerupuk nasi, itu karena memang kerupuk ini berasal dari bahan nasi, cara membuat gendarpun termasuk mudah. Di samping itu banyak yang menyukai kerupuk gendar membuat peluang usaha kerupuk gendar menggiurkan untuk dicoba. Di samping itu jika anda menjalankan usaha kerupuk gendar pun tidak membutuhkan banyak modal. Yuk simak peluang usaha  kerupuk gendar!

1. Usaha Kerupuk Gendar

Faktanya gendar di jadikan sebagai camilan dan teman makan nasi. Karena kerupuk yang gurih ini akan membuat semua kalangan menyukainya. Bahkan karena cita rasa yang lezat, gendar mampu membuat usaha ini berjalan dengan mudah. Ketika anda ingin menjalankan usaha kerupuk gendar pastikan anda menjalankan usaha dengan terlebih dahulu mengetahui dan memahami cara membuat gendar, menjalankan usaha, target pasar, bahan baku usaha, peralatan dan sebagainya.

2. Target Pasar 

Kerupuk gendar ini banyak yang menyukai sehingga target pasarnya bisa didapatkan dengan mudah. Selain itu semua kalangan mulai dari anak – anak, remaja sampai dengan orang tua bisa menikmatinya. Dengan banyaknya target pasar maka akan membuat usaha ini semakin mudah diterima masyarakat.

3. Bahan Baku Usaha 

Cara membuat gendar sangat mudah karena bahan baku kerupuk sangat mudah ditemukan. Bahan – bahan yang anda butuhkan untuk membuat kerupuk gendar yaitu nasi, tepung, garam, bumbu halus dan sebagainya. Gunakan bahan  yang berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang enak dan nikmat.

4. Peralatan Usaha 

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk gendar ini cukup banyak yaitu baskom, pengukus kerupuk, oven pengering, pengemas , dan perekat plastik. Pada saat ini sudah banyak alat perekat plastik yang beredaran, kualitasnya juga beragam. Rumah Mesin menyediakan alat perekat plastik atau Hand Sealer dengan kualitas yang pastinya terjamin. Penggunaan mesin yang berkualitas dan memadai akan mempercepat produksi.

5. Pembuatan gendar

Pembuatan kerupuk gendar begitu mudah dan sederhana sehingga dapat di ikuti oleh siapa pun. Pertama campurkan bahan nasi dengan tepung tapioka dan bumbu yang telah di siapkan, lalu aduk sampai tercampur merata. Setelah itu jika sudah cetak kerupuk dengan menggunakan bantuan plastik. Selanjutnya, kukus kerupuk dan jemur jika dirasa sulit . Kemudian goreng kerupuk gendar yang sudah siap.

6. Pengemasan Produk 

Tidak hanya rasanya yang harus enak, anda juga harus membuat kemasan yang menarik dan unik untuk menarik perhatian konsumen.Selain itu tempel nama produk dengan label yang unik dan belum dipakai oleh produsen lain. Tujuan nya agar mudah diingat oleh konsumen. Daftarkan juga produk kerupuk gendar ke BPOM agar produk lebih dipercaya konsumen. Jadi kenikmatan dan kelezatan dari produk kerupuk gendar ini harus tetap terjaga.

7. Promosi Produk 

Promosikan produk camilan kerupuk gendar ini dengan berbagai cara diantaranya adalah promosi melalui media social, menawarkan pada teman atau saudara. Dengan proses promosi yang meluas maka dapat meningkatkan angka penjualan produk. Selain itu kerupuk gendar pun akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan pemasarannya akan semakin gampang.

8. Strategi Usaha gendar

Pelajari strategi atau cara agar usaha anda berkembang besar. Contohnya dengan pengemasan produk yang unik sehingga membuat kerupuk gendar lebih diminati. Buatlah kualitas kerupuk gendar yang berkualitas dan tahan lama, saat ini sudah ada berbagai cara membuat gendar di berbagai situs yang memudahkan anda untuk berkreasi. Jual dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas bagus untuk produk kerupuk gendar ini.

Contoh Analisa Usaha gendar

Buat sebuah analisa usaha yang akurat dan mudah dipahami. Oleh karena itu mari kita simak mengenai analisa usaha dari peluang bisnis kerupuk gendar yaitu :

Asumsi Masa penggunaan :

  • Pertama wajan selama waktu 3 tahun
  • Kedua wadah selama waktu 2 tahun
  • Ketiga pengukus selama waktu 3 tahun
  • Selanjutnya alat penjemur selama waktu 4 tahun
  • Kemudian timbangan selama waktu 2 tahun
  • Lalu pengemas gendar selama waktu 3 tahun
  • Setelah itu mesin peniris minyak selama waktu 4 tahun
  • Terakhir peralatan tambahan selama waktu 2 tahun

Peralatan

 Harga 

 Wajan Rp.135,000
 Wadah Rp.70,000
 Pengukus Rp.400,000
 Alat penjemur Rp.320,000
 Timbangan Rp.130,000
 Pengemas kerupuk Rp.450,000
Mesin peniris minyak Rp.1,850,000
 Peralatan tambahan Rp.300,000
 Jumlah Investasi Rp.3,655,000

 

Biaya Operasional per Bulan

 Biaya Tetap Nilai
 Penyusutan wajan  1/36 x Rp. 135.000 Rp.3,750
 Penyusutan wadah 1/24 x Rp. 70.000 Rp.2,917
 Penyusutan pengukus 1/36 Rp. 400.000 Rp.11,111
 Penyusutan alat penjemur 1/48 x Rp. 320.000 Rp.6,667
 Penyusutan timbangan 1/24 x Rp. 130.000 Rp.5,417
 Penyusutan pengemas kerupuk 1/36 x Rp. 450.000 Rp.12,500
 Penyusutan mesin peniris minyak 1/48 x Rp. 1.850.000 Rp.38,542
 Penyusutan peralatan tambahan  1/24 x Rp. 300.000 Rp.12,500
 Total Biaya Tetap Rp.93,403

 

Biaya Variabel

 Nasi Rp.160,000 x30 = Rp.4,800,000
 Tepung Rp.40,000 x30 = Rp.1,200,000
 Bumbu halus Rp.50,000 x30 = Rp.1,500,000
 Minyak goreng Rp.120,000 x30 = Rp.3,600,000
 Kemasan Rp.35,000 x30 = Rp.1,050,000
 Gas Lpg Rp.30,000 x4 = Rp.120,000
 Biaya listrik Rp.45,000 x1 = Rp.45,000
 Biaya air Rp.80,000 x1 = Rp.80,000
 Biaya tambahan lain Rp.200,000 x30 = Rp.6,000,000
 Total Biaya Variabel Rp.18,395,000

 

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel = Rp.18,488,403

 

Pendapatan per Bulan

 Penjualan rata – rata =
60 kemasan x Rp.11,000 = Rp.660,000
Rp.660,000 x30 hr = Rp.19,800,000

 

Keuntungan per Bulan

 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.     19,800,000 –18,488,403 = Rp.1,311,597

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan = Rp.3,655,000 :1,311,597 =3 bln

 

Faktanya menjalankan usaha kerupuk gendar ini mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar, asalkan dalam menjalankan ini usaha anda mampu menjalankannya dengan maksimal dan baik. Kerupuk gendar yang sudah populer ini banyak di minati sehingga menghasilkan keuntungan tersendiri bagi pelakunya, selain itu cara membuatnya pun bisa dikatakan sangat mudah.

Strategi Penjualan Kerupuk Gendar Agar Usaha anda Cepat Sukses

1. Titipkan gendar hasil produksi kebeberapa pos, tempat penjualan, warung-warung (seperti yang dilakukan Yana) atau sub-sub agen penjualan khususnya dipasar-pasar tradisional.

2. Selain itu sediakan tempat distribusi atau agen-agen gendar pada setiap pasar tradisional yang besar seperti di setiap Kabupaten/kota.

3. Kemudian pemenuhan stok barang  produksi selalu dalam keadaan ready, mengingat produksi ini (gendar) merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat untuk kehidupan sehari-hari. Terutama pada bulan-bulan istimewa islam seperti Sya’ban, Bulan Ramadhan, dan Bulan Syawal. Pada bulan-bulan tadi masyarakat banyak yang melaksanakan Khajatan, menikahkan anaknya dan banyak kegiatan-kegiatan pada bulan Ramadhan sampai pada puncaknya yaitu pada bulan syawal untuk lebaran Hari Raya Idhul Fitri, banyak sekali masyarakat yang membutuhkan kerupuk gendar ini. Produsen harus menyediakan stok barang sebanyak tiga kali lipat dari kebutuhan sehari-hari biasanya. Kemudian berikan 50 sampai dengan 100 Ball, dan 1 Ball seberat 4 kg untuk setiap agen.

4. Jadi setiap dua hari sekali harus rutin memantau kebeberapa agen untuk menampung beberapa keluhan dari konsumen. Contohnya seperti kendala pada rasa kerupuk seperti kurang garam, kurang sedap dan sebagainya, hal seperti ini berguna untuk produksi gendar dapat lebih memperhatikan kepuasan konsumen, termasuk besaran kerupuk dari waktu kewaktu.

5. Kualitas produk bentuk serta varians produk harus selalu mengikuti permintaan pasar, karena hal ini yang dapat membuat perjalanan perusahaan bisa berkembang dan bertahan sampai sekarang ini. Pembagian prosentase pada agen dan pengecer selalu di beritahu dari awal sehingga semua jelas dan dikemudian hari sedikit kemungkinan terjadi perselisihan. Sehingga perjalanan usaha pembuatan gendar anda bisa berjalan harmonis, sinergis, terbangun komunikasi dan saling percaya disertai kejujuran yang tulus. Di samping itu perusahaan juga harus selalu menggunakan strategi ekspansi dan strategi stabilitas, artinya perusahaan berusaha untuk mencari peluang pasar baru atau konsumen baru dengan memperhatikan stabilitas kondisi perusahaan dan tingkat usaha yang sama.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat , dan mohon maaf kalau ada kesalahan dalam artikel ini.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •