Resep Nasi uduk Betawi adalah nama sejenis ini makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut. Serta dibumbui dengan suatu pala, kayu manis, jahe, daun serai serta merica. Resep nasi uduk betawi ini  makanan pokok sangatlah turun temurun.

Makanan ini kemudian dihidangkan dengan suatu emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang telah sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari sebuah kacang. Makanan ini merupakan khas dari betawi yaitu nasi uduk betawi.

Makanan ini biasanya lebih sering dijual pada pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan pada malam.Pada malam hari ini,biasanya nasi uduk dijual di sebuah warung pecel lele, yaitu warung yang menjual suatu nasi uduk beserta lauknya, seperti lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng, dan lainnya.

Resep nasi uduk betawi ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat indonesia. Justru makanan ini menjadi sebuah makanan idola bagi kalangan masyarakat. Sekarang makanan ini sudah sangat jarang untuk ditemui. Bahkan tak sedikit yang bisa menjumpai makanan ini di daerah manapun.

Oleh karna itu kita sebagai generasi penerus kita harus bisa mengembalikan lagi makanan yang telah tergeser zaman modern ini. Makanan ini sebuah makanan  karbohidrat yang sangat lezat dan bisa dijumpai di warung warung pinggir jalan. Makanan ini berasal dari betawi dan orang betawilah yang pertama membuat ini.

Kemudian selanjutnya berkembang dimasyarakat dan dengan pesatnya perkembangan tersebut. Makanan ini Banyak di cari cari oleh masyarakat luas. Para pencari makanan ini biasanya datang dari luar kota dan berbagai daerah di indonesia. Dan Resep nasi uduk betawi ini sangat di cari dan di tiru masyarakat.

Sejarah Nasi Di Indonesia

Menurut dari bukti2 arkeologi yang dipercaya banyak para ahli sejarah, beras pertama kali dikultivasi di negara Cina sekitar 10000-8000 tahun yang lalu. Namun itu, persebarannya pun ke bagian lain dunia secara sangat cepat dimulai sekitar milenium ke 3 SM yaitu ke barat ke India dan ke tenggara ke daerah sebuah Asia Tenggara.

Ternyata sangat butuh waktu yang sangat lama, yaitu sekitar kurang lebih 3000-5000 tahun bagi umat manusia untuk menyadari kedahsyatan nasi ini!. Yang sangat kemungkinan besar disebabkan oleh telanjangnya sebuah pantat petani Cina saat menanamnya. Siapa yang ingin makan coba liat ginian???

Di jaman yang dahulu, di saat bahaya sebuah kelaparan, penyakit yang mengerikan menular, naga, stegosaurus, dan bangsa orc yang pemakan manusia masih menguasai dunia, survivability sangatlah penting.  Salah satu syarat survivability adalah  makan ini tentu saja untuk mengatasi bahaya kelaparan dan menambah sebuah tenaga.

Maka di jaman itu saja bahan makanan, terutama bahan makanan pokok seperti suatu nasi, sangatlah penting sekali sampai sampai menjadi mata uang. ya, di negara  Jepang, beras sudah pernah menjadi mata uang. Akibatnya itu, pemangkatan samurai juga memakai suatu takaran berupa beras.

Satuannya yaitu koku, yang adalah sebuah jumlah nasi yg cukup buat 1 orang 1 tahun. Kalo mau jadi suatu Oda Nobunaga yang seorang daimyo, minimal suatu  pendapatan adalah sekitar 10000 koku per tahun, yang bisa untuk membiayai  sekitar 10000 orang prajurit dalam per tahun.

Nasi Uduk Khas Betawi

Nasi Uduk adalah suatu makanan nasi khas Betawi. Berbeda dengan nasi putih ini pada umumnya, Nasi Uduk ini tidak terlihat putih dan butiran nasinya tidak lengket satu sama lain. Hal itu dikarenakan pada proses memasak beras yang terlebih dahulu diaron dengan menggunakan suatu air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga sampai matang.

Hasilnya pun, rasanya pun juga menjadi gurih dan beraroma sangat harum. Maka makanan ini sangat di minati banyak masyarakat dari berbagai kalangan.Makanan ini sangat laris di manapun. Karna rasanya yang sangat lezat dan enak. Resep nasi uduk betawi ini juga sangat rahasia.

Hidangan ini biasanya juga disajikan dengan sebuah taburan bawang goreng, dengan lauk berupa suatu ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sambal kemiri kental berwarna kemerahan yang rasanya sangat pedas, serta daun kemangi. Kadang-kadang juga dilengkapi juga dengan sambal bercampur kecap manis.

Konon katanya, awalnya Nasi Uduk ini dijual secara tradisional di kawasan Kebon Kacang, Jakarta. Daerah ini memang dikenal sebagai suatu asal muasal Nasi Uduk yang racikannya sangat enak sehingga nama “Kebon Kacang” sering digunakan para penjual Nasi Uduk di daerah lain sebagai embel-embel untuk menarik semua pembeli.

Nasi Uduk khas Kebon Kacang ini dibungkus menggunakan sebuah daun pisang berbentuk kerucut, dan bagian atasnya ditaburi bawang goreng. Makanan ini biasanya di hidangan dalam kondisi hangat. Resep nasi uduk betawi ini merupakan turun temurun dari nenek moyang. Resep nasi uduk betawi sangat populer.

Nasi Uduk sering juga disajikan bersama suatu lauk pauk lainnya seperti udang goreng, empal, jeroan goreng, telur dadar, dan ditambah dengan sayur asem atau lalapan. Nasi Uduk cocok dimakan kapan saja dan dimana saja, baik untuk sebagai sarapan, makan siang, atau pun untuk makan malam.

Kelezatan Nasi Uduk Betawi

Sensasi dari gurih dan enak dapat anda rasakan ketika menyantap nasi uduk yang berasal asli dari Betawi. Bahkan tambahan suatu bahan pelengkap komplit akan menambah gizi harian keluarga anda. Kini anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah dan disajikan untuk menambah suatu variasi olahan beras yang menggugah selera.

Nasi uduk Betawi ini berbeda-beda dalam penyajiannya, hal ini dikarenakan banyak sekali tempat di Betawi ini yang memiliki nasi uduk yang khas. Hanya saja umumnya nasi uduk Betawi ini menggunakan tambahan sambal kacang atau bumbu kacang. Resep makanan nasi uduk betawi ini juga sangat mudah.

Sedangkan untuk sebuah lauk pauk pelengkapnya dapat pula disesuaikan dengan selera.Lauk pauk pelengkap nasi uduk Betawi ini terdiri dari telur, empal, ikan , daging ayam , tempe dan tahu. Untuk anda yang ingin sekali membuatnya sendiri, tidaklah begitu susah. Nasi uduk betawi ini sangatlah mudah untuk di masak.

Bahan-bahan yang cukup mudah untuk didapatkan ditambah dengan proses suatu memasak yang sangat mudah.Dapat anda praktikan saja di rumah untuk memanjakan keluarga anda. Pasti keluarga anda akan tertarik dan ingin lagi di buatkan nasi uduk betawi ini.

Macam Dari Nasi

Nasi merupakan salah satu jenis makanan pokok Indonesia. Bahkan sampai lahir juga sebuah istilah, “Belum makan namanya kalau belum makan nasi juga.”. Nasi ini menjadi makanan yang sangat di gandrungi masyarakat indonesia dan mancanegara. Nasi uduk betawi ini lah salah satunya.

Nasi kerap hadir pada suatu menu sarapan, makan siang, hingga makan malam juga. Olahannya pun semakin sangat beragam dan tak lagi hanya sekedar sebagai nasi putih saja. Nasi putih ini biasanya mengandung banyak karbohidrat sehingga membuat perut kenyang.

Hidangan dari nasi Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara adalah suatu nasi goreng. Olahan nasi ini merupakan suatu nasi yang ditumis bersama dengan suatu bahan dan bumbu lain. Isian nasi goreng pun juga beragam mulai dari daging sapi, daging kambing, seafood, hingga suatu sayur-sayuran.

Nasi ini sangat mudah di temui di indonesia khususnya di pulau jawa. Karna pulau jawa adalah salah satu pembudidaya beras paling tinggi di dunia. Maka dari itu indonesia telah di nobatkan sebagai negara terkaya sumber daya alam di dunia termasuk beras tersebut. Nasi uduk betawi makanan sangat enak.

Contoh Masakan Dari Nasi

1. Nasi Kuning

RESEP NASI UDUK BETAWI

Panganan ini biasanya disajikan pada saat sarapan, juga ketika sedang ada acara syukuran atau perayaan. Rasa nasinya yang gurih dan berwarna kuning karena dimasak dengan bumbu kunyit, rempah-rempah, dan santan. Dalam satu sajian nasi kuning ini, terdapat telur balado, sambal ati, orek tempe, orek telur, serta suatu sambal.

2. Nasi Uduk

RESEP NASI UDUK BETAWI

Nah pasti tau, kalau olahan nasi khas Betawi ini memiliki citarasa yang sangat gurih dan berempah karena dimasak dengan santan. Nasi uduk biasanya ditemani dengan berbagai macam makanan pelengkap seperti orek tempe, sambal kacang, bihun goreng, gorengan bakwan, dan tentu juga semur jengkol. Tambahkan dengan sebuah kerupuk.

3. Nasi Bebek

RESEP NASI UDUK BETAWI

Jika nasi uduk dan nasi kuning dimasak dengan suatu bumbu, maka nasi bebek di Indonesia istimewa karena makanan pendampingnya. Nasi khas dari daerah Timur Jawa ini dilengkapi dengan olahan bebek yang sangat empuk. Selain bebeknya juga, sambal khas nasi bebeknya pun juga menggetarkan lidah anda.

4. Nasi Liwet

RESEP NASI UDUK BETAWI

Nasi liwet ini merupakan juga nasi khas Solo. Dimasak dengan menambahkan sebuah teri, daun salam, dan lengkuas. Agar semakin lezat rasanya, nasi liwet dimasak dengan menggunakan suatu kastrol diatas api. Pendampingnya berupa sebuah ayam, lalapan, tahu, tempe, dan tentu saja sambal yang pedas.

5. Nasi Padang

RESEP NASI UDUK BETAWI

Siapa yang tak suka dengan nasi Padang? Nasi yang digunakan memang suatu nasi putih biasa, hanya saja lauk dan pendamping yang digunakan sangat sekali menggugah selera. Nasi padang ini sangat enak dan komplit topingnya bermacam macam.

Pilihan lauknya sangat beragam mulai dari suatu rendang, gulai concang, gulai tunjang, gulai ati dan limpa, ayam bakar, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Selain itu juga, nasi juga disiram dengan sebuah kuah gulai serta rendang, tak lupa daun singkong rebus dan tentu saja sambal hijau yang dimasak dengan ikan teri.

6. Nasi Bakar

RESEP NASI UDUK BETAWI

Nasi bakar merupakan sebuah nasi putih yang dicampur dengan bumbu, ikan asin, daun kemangi dan berbagai tambahan jenis isian lainnya kemudian dibungkus berbentuk membulat dengan daun pisang, lalu proses masaknya dengan cara dibakar.

Hal yang membuat nasi ini istimewa adalah aroma dari daun pisangnya menyerap ke dalam setiap butir sebuah nasi. Moms bisa menambahkan sebuah lauk yang lain seperti ayam bakar atau tempe goreng atau lalapan yang lain sesuai dengan selera.

Cara Membuat Resep Nasi Uduk Betawi Asli Komplit Spesial Dan Lezat

Cara Membuat Sebuah Nasi Uduk Betawi

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dulu beras, lalu untuk membuat sebuah hasilnya teksturnya lembut, beras dapat direndam selama sekitar 30 menit, kemudian tiriskan sebentar lalu kukus hingga 30 menit, setelah itu sisihkan.

2. Lanjutkan dengan merebus sebuah santan hingga mendidih kemudian masukan sebuah  kayu manis, lengkuas, bunga pala, cengkeh, sereh dan juga jahe. Masak hingga santan menjadi berbau harum.

3. Setelah itu pula, campurkan sebuah beras yang sudah anda kukus dengan suatu santan kelapa kental tanpa menggunakan sebuah api, kemudian aduk hingga rata dan air sudah mulai meresap kedalam beras.

4. Lanjutkan dengan mengukus sudah nasi, kurang lebih hingga sekitar 40 menit, lalu angkat .

5. Sajikan ketika masih hangat dengan tambahan suatu sambal kacang, aneka gorengan , lauk seperti sebuah ayam, empal, daging sapi, daging kambing, usus , tempe atau tahu serta yang lain.

Untuk memudahkan anda dalam membuat suatu nasi uduk Betawi yang asli dengan cita rasa yang enak dan dengan tambahan sebuah bahan pelengkap . Salah satu diantaranya adalah sebuah nasi uduk kebon kacang. Sedangkan saran penyajian untuk membuat hidangan pelengkap dapat disesuaikan dengan selera masing masing.

Diantaranya dapat meggunakan sebuah sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah dicampur dengan cabai rawit dengan tambahan suatu cuka kemudian dimasak ditambahkan dengan bumbu kaldu dan garam secukupnya. Didihkan hingga sambal tersebut menjadi sangat mengental.

Berbeda dengan sebuah bumbu kacang yang dibuat dengan tambahan kacang tanah yang digoreng kemudian di haluskan bersamaan dengan sebuah bumbu gula merah, garam dan tambahan air kaldu hingga berbentuk mengental. Bumbu kacang inilah yang sangat nikmat rasanya dengan goreng ayam, empal , tahu,tempe dan lainya.

Beras Dari Dalam Negeri Sendiri

1. Beras Putih

RESEP NASI UDUK BETAWI

Beras putih adalah sebuah beras yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Beras putih ini diperoleh dari sebuah padi yang sudah di proses giling dan dibersihkan sehingga warnanya bisa menjadi lebih putih. Karena sudah melalui banyak sekali proses untuk mendapatkan warna sangat putihnya.

Beras ini jadi punya memiliki kandungan gizi lebih rendah dibanding beras yang lainnya. Teksturnya pun juga pulen ketika sudah dimasak. Untuk mengecek apakah berasnya ini berkualitas atau enggak, kamu bisa melihat dari butiran-butirannya yang sangat utuh, warnanya yang putih bersih, tidak kotor, dan pastinya gak ada kutunya.

Beras putih di Indonesia ada beberapa macam jenisnya lagi yaitu.

  • Pandan wangi, sesuai dengan namanya merupakan sebuah  beras yang punya aroma seperti pandan.
  • Setra ramos, beras yang banyak sekali beredar di pasaran karena harganya yang relatif cukup murah.
  • Rojolele, beras yang banyak sekali digunakan di  daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur dengan warna seputih susu.
  • Batang lembang, atau dikenal juga dengan beras Jepang memiliki tekstur sangat pulen kalau sudah masak.
  • IR 42, beras yang menghasilkan suatu nasi yang sedikit keras dan kering yang cocok untuk dijadikan nasi goreng, lontong, atau nasi uduk.
  • Menthik susu, jenis beras organik yang sangat kaya nutrisi dan mineral.
  • Menthik wangi, sebuah beras organik yang punya kandungan gula sangat rendah sehingga cocok sekali untuk penderita diabetes.
  • Beureum sengit, yakni sebuah  varietas lokal asal Cianjur yang sangat baik untuk menurunkan suatu kadar kolestrol. Sayangnya varietas ini sudah hampir punah sehingga sulit untuk ditemui dan harganya sangat mahal.

Itulah ulasan dari Resep Nasi Uduk Betawi. Semoga Artikel Tersebut bisa menambah wawasan dan pengalaman anda dalam belajar memasak makanan pokok. Serta bisa bermanfaat bagi anda semua dan menjadi pembelajaran bagi anda semua. Sekian dan Terima Kasih.