Cara Membuat Green Tea yang Mudah dan Enak

cara membuat green tea

Kali ini saya akan membagikan Resep Cara Membuat Green Tea yang mudah dan enak. Resep embuat minuman Green Tea Ala di Mall. Minuman Green Milk Tea yang beraroma khas ini memang sedang hits dan kekinian di jaman now saat ini.

Sejarah Teh Hijau Jepang

Matcha adalah teh hijau yang berbentuk bubuk halus. Matcha ini sendiri pada mulanya berasal dari China yang dibawa oleh seorang pendeta Zen (agama budha) pada abad 12 (zaman Kamakura) ke Jepang. Jadi, aslinya matcha bukan berasal dari Jepang tapi dari China.

Hampir di setiap kedai maupun resto menyajikan minuman asal Thailand ini dtambah banyaknya gerai dan kios menjual minuman segar teh susu Thailand ini.Thai Tea sedang menjadi tren usaha dan banyak dijual di kedai-kedai dalam mal dan plaza mapun gerai-gerai dan kios di pinggir jalan.

Padahal cara membuat green tea sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Green Tea merupakan minuman teh dengan campuran susu bisa disebut teh susu atau susu teh.Menurut situs Thai tea atau Teh Thailand adalah teh olahan khas Thailand yang sajiannya sekilas seperti dengan teh tarik tetapi memiliki rasa yang berbeda.

Sama dengan teh tarik, teh ini pun sangat terkenal di negaranya dan juga mancanegara karena rasanya yang cocok dengan lidah kebanyakan orang. Berbeda dengan teh tarik, Thai tea adalah campuran teh, gula dan juga susu evaporasi.

Cara Membuat Green Tea yang Enak dan Mudah

Teh ini memeiliki rasa pahit tak pekat dan cenderung manis. Teh ini dapat di sajikan baik panas maupun dingin. Thai tea dapat dijumpai di sekitar Bangkok dan biasanya di jual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan.

Sejarah asal – usul mula Teh Thailand (juga dikenal sebagai Thailand es teh) atau “cha-yen”  (mendengarkan), menyala “teh dingin”) di Thailand, adalah minuman yang terbuat dari sangat diseduh teh Ceylon .

Namun, karena harga tinggi Ceylon teh, sebuah landrace lokal berkembang versi (tradisional atau semi-liar) dari Assam dikenal sebagai Bai Miang  dengan makanan tambahan pewarna yang biasa digunakan.

Bahan-bahan lain mungkin termasuk ditambahkan air limau, adas bintang, hancur biji asam atau merah dan kuning pewarna makanan, dan rempah-rempah kadang-kadang lain juga. Teh ini manis dengan gula dan susu kental dan disajikan dingin.

Susu evaporated, disajikan untuk menambah rasa dan penampilan krim. Namun, di Thailand, susu kental dan gula dicampur dengan teh sebelum dituangkan di atas es dan kemudian atasnya dengan susu menguap.

Dalam restoran Thailand di seluruh penjuru dunia, disajikan dalam gelas tinggi, meskipun ketika dijual dari jalan dan pasar kios di Thailand itu lebih biasanya dituangkan di atas es yang dihancurkan dalam kantong plastik bening atau gelas plastik yang tinggi.

Resep Green Tea Milk untuk Satu Gelas

Pada pasar, dapat dilihat untuk dicampur dengan menuangkan teh di ketinggian sekitar 4 meter bolak-balik. Hal ini juga dapat dibuat menjadi frappé di vendor yang lebih kebarat-baratan.

Hal tersebut populer di Asia Tenggara dan di banyak restoran Amerika yang menyajikan makanan Thailand. Meskipun teh Thailand adalah tidak sama dengan bubble tea, dan minuman Asia Timur yang berisi mutiara tapioka besar, teh Thailand dengan mutiara tapioka adalah rasa populer bubble tea.

Sebenarnya, tidak ada resep khusus atau tehnik rahasia untuk membuat minuman asal Thailand. Menurut situs social , anda cukup sediakan 1500 ml air, 50 gram daun teh hitam atau thai tea atau teh Thailand atau pakai thai tea bubuk 125 gram gula halus, 200 ml susu evaporasi, 350 ml krimer atau susu kental manis putih, dan es batu secukupnya.

Maka jadilah minuman segar dingin yaitu es thai tea yang nikmat dan mantap. Andapun bisa mencontoh resep thai tea ala dum dum, dan anda pun bisa membuat varian dengan aneka rasa, seperti resep thai tea milo, resep thai tea green tea dengan aroma teh hijau yang harum dan wangi dll.

Apa itu susu evaporasi?. Susu tersebut merupakan susu sapi yang 60 persen kadar airnya dihilangkan dari susu segar atau susu murni. Jenis ini berbeda dengan susu kental manis, yang mengandung gula tambahan

Cara Membuat Green Tea

Anda bisa dengan mudah menemukannya jika mengunjungi supermarket. Dapat dikatakan juga, hal ini yang sering luput ketika orang membuat Thai Tea di rumah sehingga rasanya sedikit berbeda dengan yang ada di mal.

Bagaimana cara membuatnya? Anda cukup merebus air bersama daun teh hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tutup panci, biarkan selama lima menit hingga berwarna pekat.Menurut situs Wikipedia.

Teh Thailand mengeluarkan bau khas yang menjadikan minuman ini berbeda dengan teh yang dicampur susu lainnya. Setelah pekat, saring teh kemudian tambahkan gula, aduk rata. Biarkan teh agak dingin dan campur dengan susu evaporasi dan krimer dan susu kental manis.

Aduk rata dan bisa juga dikocok dengan shaker dalam kondisi teh telah dingin hingga berbuih. Buat menambah kesegaran, jangan lupa beri es batu didalamnya sehingga Thai Tea semakin dingin.Thai Milk di negara asalnya sejak tahun lalu, saking favoritnya banyak orang rela mengimpor daun tehnya ke Indonesia.

Penyajian Green Milk Tea ini mudah, anda bisa membuat minuman ini sendiri di rumah. Berikut kumpulan kreasi olahan resepi Green Tea atau Green Milk Tea sajian sedap istimewa anti gagal dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan yang simple mudah dan praktis buat sendiri.

Maupun untuk jualan usaha bisnis aneka minuman green tea ala cafe resto maupun untuk usaha franchise waralaba dengan membuat macam-macam jenis thai tea berbagai rasa untuk jualan yang lebih laris manis dengan harga murah meriah.

Bahan-bahan Green Tea :

  • 2 sdt Thai Tea Mix “Number One”
  • 250 ml air matang
  • 1 sdt gula pasir
  • 4 sdm susu kental manis atau krimer
  • 3 sdm susu evaporated
  • Es Batu Secukupnya

Cara Membuat Green Tea :

  1. Panaskan air hingga mendidih, masukkan daun teh, matikan api, diamkan 10 menit.
  2. Saring teh masukkan ke dalam gelas yang sudah diisi susu kental manis dan gula. Aduk hingga rata.
  3. Terakhir tuangkan susu Evaporated lalu aduk rata.
  4. Tunggu hingga dingin, bisa langsung diminum, bisa juga diblender bersama dengan es batu, atau disajikan dengan es batu atau disimpan di dalam kulkas tunggu hingga dingin baru diminum.
  5. Sajikan untuk porsi 1 gelas.

Resep Green Tea Milk untuk Tiga Gelas

Bahan untuk membuat Green Tea 3 Gelas:

  • 600 ml air matang
  • 50 gram daun teh Thailand
  • 60 gram gula pasir
  • 100 ml susu evaporasi
  • 185 ml susu kental manis
  • Es batu pecahan

Cara Membuat Green Tea Milk:

  1. Di dalam panci, didihkan air bersama daun teh untuk merebus. Angkat, tutup panci.
  2. Biarkan selama 5 menit hingga berwarna pekat. Masukkan gula, aduk rata. Saring, biarkan dingin.
  3. Tambahkan susu evaporasi dan susu kental manis. Aduk rata.
  4. Sajikan bersama es batu untuk 3 gelas.

Minuman teh susu ala negeri gajah yang satu ini diakui memang memiliki rasa yang tidak biasa, makanya enggak heran jika stand-stand Thai tea di Jakarta dan sekitarnya selalu ramai di borong para netizen yang kehausan.

Inovasi teh susu dengan perasa tambahan seperti green tea, kopi dan sejenisnya ini memang sedang booming banget nih. Nah! Buat kamu yang males ngantri untuk beli, mending buat ala kamu sendiri dirumah dengan resep yang satu ini.

Eits! Sebelum masuk ke dalam pembahasan resep, ada beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu berikut ini yah beautynesian.

Bahan Racikan

  1. 120 Cc susu cair (Carnation)
  2. 60 Cc air panas
  3. 2 Sendok gula cair
  4. 2 Sendok teh Thai tea mix (Bubuk Teh Thailand)
  5. Batu es secukupnya

Nah! Kalau semua bahannya lengkap, yuk langsung aja kita buat Thai tea kamu kali ini

  1. Seduh bubuk Thai tea dengan air panas. Note: Seduh bubuk teh dengan gelas terpisah selama 40-60 detik, lalu saring.
  2. Sambil nunggu bubuk Thai tea larut, panaskan susu cair dengan panci dan api kecil hingga menggolok. Note: Tambahkan gula cair kedalam adonan susu cair.
  3. Setelah semua adonan selesai, tuangkan air teh dan adonan susu cair kedalam gelas kesayangan kamu lalu aduk hingga rata. Note: Thai tea bisa disajikan panas ataupun dingin. Jika ingin dingin kamu bisa tambahkan batu es, cincau atau bubble ball jika suka.

Oh iya gaees, buat kamu yang udah bosen sama rasa Thai tea atau kepingin berinovasi, kamu bisa menambahkan racikan prisa tambahan seperti, milo, kopi atau bubuk taro sebanyak jumlah porsi yang kamu ingin buat. Cara [ 1 gelas Thai Tea = Bahan Thai tea + prisa bubuk (taro,milo,kopi) pahamkan kalian?

Siapa sih anak kekinian yang tak tahu minuman matcha atau green tea latte?Nikmat dan segarnya green tea latte yang sering kita teguk dari salah satu cafe ternama seperti starbucks memang terasa begitu lezat dan nikmat.

Hanya saja, harga per cup dari sajian ini memang cukup mahal dan cukup membuat dompet menjadi menipis jika anda terus-terusan menikmati sajian minuman ini dari cafe.
Nah, agar kamu bisa menyajikan hidangan green tea latte ala Starbucks, maka mari kita simak resep membuat sajian ini dibawah ini.

Baca juga Cara Membuat Es Coklat Dari Biji Kakao Dengan Mudah.

Bahan-Bahan Green Tea :

  • 2 sendok teh Matcha powder
  • 1 Cup susu fullcream cair
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya es batu
  • 1 sdt vanila syrup

Garnish Untuk Green tea:

  • Sedikit matcha powder

Alat-alat untuk Membuat Green Tea :

  • Gelas saji
  • Sendok teh panjang
  • Sedotan

Cara Membuat Green Tea Latter Ala Starbucks:

  • Untuk yang pertama setelah semua bahan dipersiapkan dan peralatan sudah anda dekatkan dari jangkauan anda. Selanjutnya, slahkan siapkan blender dan sambungkan kabelnya pada aliran listrik. Sebaiknya pastikan jika tangan anda dalam keadaan kering demi menjaga keamanan dan keselamatan anda.
  • Setelah itu, masukkan semua bahan ke blender dan tutup bagian atas cangkir blender dengan menggunakan tutupnya secara merata. Hal ini difungsikan agar bahan-bahan yang anda masukkan tidak berhamburan keluar dan menjadi berantakan.
  • Gunakan kecepatan tinggi dalam mesin blender untuk mencampur semua bahan dan tunggu sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  • Sementara menunggu semua bahan tercampur secara merata, silahkan siapkan gelas atau cangkir yang akan anda gunakan untuk menuangkan sajian minuman ini.
  • Nah, baru setelah itu tuangkan dan sajikan dalam gelas saji.
  • Setelah siap, berikan taburan matcha powder dibagian atasnya secara merata agar tampilannya lebih menarik. Setelah itu sajikan.

Resep Matcha Latte Jelly Float

Resep Matcha Latte Jelly Float ini akan memenuhi harapan Anda setelah sebelum tergoda melihat aneka minuman berbahan utama jeli dijajakan di mal sampai di pinggir jalan. Membeli memang lebih gampang, tapi membuat sendiri akan terasa lebih menantang.

Coba Resep Matcha Latte Jelly Float ini, dan dijamin rasanya tak kalah menyegarkan dibanding yang dijajakan di mal. Dengan membuat sendiri Anda sekaligus bisa mengajak seiisi rumah untuk sama-sama menikmati minuman segar ini.

Seperti sudah Anda perkirakan, Resep Matcha Latte Jelly Float ini tak ribet, Anda pasti bisa membuatnya sendiri di rumah baca juga artikel cara membuat es krim pisang .

Bahan Matcha Latte Jelly Float :

  • 2 sdt matcha bubuk siap pakai
  • 50 ml air mendidih
  • 550 ml air dingin
  • 100 ml susu kental manis
  • Es batu secukupnya

Bahan Jeli:

  • 1/2 bungkus jeli hijau instan
  • 75 gram gula pasir
  • 350 ml air

Cara Membuat Matcha Latte Jelly Float :

  1. Campur jeli, air, dan gula pasir, masak hingga mendidih, angkat. Tuang ke dalam wadah dan biarkan mengeras. Parut kasar jeli, sisihkan.
  2. Seduh matcha bubuk dengan air mendidih, aduk rata. Tambahkan air dan susu kental manis, aduk rata.

Siapkan gelas saji, beri es batu dan jeli. Tuang matcha latte, siap disajikan.

Bubble Tea

Bahan membuat bubble:

  • 7 sendok makan tepung kanji
  • 1 bungkus jely bubuk
  • 3 sendok makan coklat bubuk atau pasta coklat
  • Air putih secukupnya

Bahan membuat teh susu:

  • 2 kantong teh celup
  • ½ gelas air panas
  • 2 sendok makan gula pasir putih
  • 1 bungkus susu kental manis putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat bubble tea:

  1. Tahap pertama, kamu buat bubble terlebih dahulu. Caranya masukkan tepung kanji, lalu jelly bubuk, dan pasta coklat.
  2. Tuangkan sedikit air saja, sambil terus diaduk dan adonan bisa digulung. Jangan terlalu encer, uleni terus sampai adonan jadi.
  3. Bentuklah adonan tersebut menjadi bulat kecil-kecil seukuran kelereng atau lebih kecil.
  4. Kemudian rebus terlebih dahulu adonan bubble hingga mengapung ke permukaan.
  5. Sambil menunggu, kamu bisa membuat teh susunya.
  6. Masukkan air panas setengah gelas, lalu tambahkan teh celup, gula pasir, dan susu. Aduk sampai larut.
  7. Jika bubble siap, campurkan ke dalam teh susu dan tambahkan es batu ke dalamnya.

Green Tea Latte

Bahan:

  • 2 sendok makan teh hijau bubuk
  • 50 gram gula pasir
  • 120 ml air
  • 1 liter susu segar
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat es green tea latte :

    1. Larutkan teh hijau dan gula dengan air panas
    2. Panaskan susu hingga mendidih. Kocok susu menggunakan whisk atau milk froter sampai berbuih dan volumenya menjadi 2 kali lipat.
    3. Campurkan, susu, dan larutan teh hijau ke dalam blender.
    4. Blender semua campuran tersebut hingga lembut.
    5. Green  tea  latte siap untuk kamu hidangkan ke dalam gelas.

      Taro Milk Tea

      Bahan:

      • 70 gram bubuk taro
      • 180 ml air panas
      • 2-3 sendok makan creamer atau susu rendah lemak
      • 2-4 sendok makan gula cair atau sesuai selera
      • 60 gram es batu

      Cara membuatnya:

      1. Larutkan bubuk taro dengan air panas, lalu aduk hingga larut.
      2. Tuangkan ke dalam gelas shaker atau gelas tertutup. Tambahkan creamer, es batu, dan gula cair.
      3. Kocok hingga semua campuran tersebut menyatu.
      4. Taro milk tea siap disajikan di gelas. Kamu bisa menambahkan  topping sesuai selera.
      5. Sajikan di atas bubble yang sudah disiapkan ke dalam gelas saji.

       Green Tea Original

      Bahan:

      • 1 sendok makan teh bubuk
      • 2 sendok makan cincau hitam dipotong dadu
      • 100 gram es batu
      • 2 sendok makan susu kental manis
      • 150 ml susu evaporasi

      Cara membuat thai tea:

      1. Seduh teh ke dalam 200 ml air hangat, aduk rata dan saring.
      2. Campurkan susu kental manis, larutan teh, susu evaporasi, potongan cincau hitam, dan es batu.
      3. Aduk hingga rata dan segelas thai  tea siap dinikmati.

       Green Tea Madu

      Bahan Green Tea Madu :

      • 2 kantong teh celup
      • 3 sendok makan madu asli
      • 200 ml air
      • Gula pasir secukupnya
      • 10 lembar daun mint
      • Es batu serut secukupnya

      Cara membuat Green Tea Madu:

      1. Rebus air dengan daun mint sampai mendidih.
      2. Masukkan teh celup ke dalam rebusan air mendidih tersebut.
      3. Tuangkan madu serta gula pasir. Aduk sampai merata.
      4. Sambil menunggu suhunya dingin, siapkan gelas saji dan masukkan es batu.
      5. Terakhir, kamu tinggal tuangkan campuran teh, gula, dan daun mint di dalamnya.

Manfaat minum kopi hijau

  1. Menurunkan berat badan.
  2. Menurunkan darah tinggi.
  3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif.
  4. Merupakan antioksidan.

Kandungan Gizi Teh Hijau

  • Tanin (Katekin) Tanin memberikan teh hijau rasa yang khas. …
  • Kafein. Unsur pahit. …
  • Vitamin B. Teh hijau mengandung B1, B2, niasin, dan asam pantotenat. …
  • Vitamin C. Teh hijau mengandung sejumlah besar vitamin C, yang tahan terhadap panas. …
  • Vitamin E. …
  • Theanine. …
  • Pigmen tumbuhan. …
  • Alkalinitas.

Itulah tadi beberapa resep dari saya semoga bermanfaat ya buat anda semua dan jangan lupa baca artikel lain yaitu cara membuat Cheese Tea

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •