Cara Membuat Es Coklat Dari Biji Kakao Dengan Mudah

Cara Membuat Minuman Bubuk Cokelat Dari Biji Kakao

Cara Membuat Es Coklat – Tahukah anda bahwa coklat bukanlah sesuatu yang manis ketika belum di olah menjadi coklat yang manis?

Coklat adalah biji dari buah kakao yang di olah dan melewati beberapa proses pengolahan yang cukup lama hingga bisa menjadi coklat yang enak dan lezat.

Biji kakao yang akhir nya menjadi coklat ini memiliki rasa yang pahit dan harus di campur dengan bahan lain agar bisa manis.

Berikut ini ulasan cara membuat es coklat mulai dari pengolahan biji kakao sampai cara penyajian es coklat.

Pengolahan coklat memang membutuhkan banyak mesin yang akhirnya bisa membuat coklat tersebut bisa di makan. Untuk bisa mengetahui pengolahan nya, anda harus mempelajari nya terlebih dahulu.

Salah satu olahan coklat yang bisa anda buat sendiri dari bubuk cokelat adalah minuman bubuk coklat. Minuman tersebut memang sama seperti minuman coklat yang dibuat oleh pabrik.

Namun tetap saja pembuatan secara manual pasti akan membuat rasa nya agak sedikit berbeda dan khasiat nya juga akan lebih banyak karena tidak banyak campuran yang dimasukkan.

 

Bisnis Coklat

Cara Membuat Minuman Coklat

Meskipun di pabrik memiliki mesin coklat yang lebih kompleks dalam mengolah bubuk coklat menjadi minuman. Namun cara ini harus anda pelajari jika anda ingin bisa membuat es coklat dari bubuk coklat yang anda olah sendiri.

Hal ini juga bisa anda aplikasikan untuk bisnis coklat anda. Semua hal yang anda pelajari sangat bermanfaat untuk memulai suatu bisnis coklat tentunya dengan Cara Memulai Bisnis Coklat yang benar dan menguntungkan.

Kandungan gizi yang ada dalam coklat memang sangat banyak, bahkan banyak penyakit kronis yang bisa diredakan dengan mengkonsumsi coklat dalam jumlah tertentu.

Seperti coklat hitam yang bisa digunakan untuk menunjang program diet, untuk kesehatan mata, serangan jantung, diare dan penyakit lain nya.

Tentu hal ini sangat berbeda dengan perspektif masyarakat yang menilai bahwa coklat hanya mengandung lemak yang akan membuat orang menjadi gemuk ketika mengkonsumsinya.

Padahal jika anda bisa mengkonsumsi coklat hitam dalam takaran yang pas, maka anda bisa mendapatkan banyak Manfaat Coklat Bagi Kesehatan tubuh anda.

Untuk menikmati buah kakao atau biji coklat yang sudah diolah. Anda bisa memakan nya dalam bentuk batangan secara langsung atau anda bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan dan minuman.

Untuk olahan makanan seperti cake, permen coklat dan lain nya, sedangkan untuk minuman bisa membuat minuman bubuk coklat dan untuk lebih mudahnya.

Kami akan mengulas Cara Membuat Es Coklat dari buah kakao secara langsung agar anda bisa tahu proses nya.

 

Cara Membuat Es Coklat

Cara ini memang terbilang manual dan berbeda dengan cara pabrik dalam membuat Es cokelat. Namun hasilnya tentu lebih alami serta memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, berikut caranya:

  1. Pilihlah buah kakao yang memang sudah matang karena untuk mendapatkan kualitas cokelat yang bagus haruslah terbuat dari buah kakao yang sudah matang sempurna.
  2. Belah buah kakao tersebut dan ambil biji yang ada di dalam nya. Kemudian cuci biji kakao tersebut ke dalam air hingga kandungan daging buah bagian luar nya habis.
  3. Keringkan semua biji yang sudah anda hilangkan daging buah nya tersebut di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Tanda bahwa biji tersebut sudah kering adalah biji kakao tersebut bisa di patahkan dengan mudah.
  4. Alternative lain nya untuk mendapatkan biji kakao yang kering adalah dengan menggunakan oven dan mengoven biji kakao tersebut hingga kadar air yang ada pada biji kakao tersebut habis.
  5. Setelah biji kakao tersebut mengering sudah kering sempurna. Selanjutnya adalah melakukan tahap pemanggangan atau gongseng agar biji tersebut berubah warna. Kurang lebih 30 menit biji kakao tersebut untuk berubah warna. Jangan lupa untuk terus mengaduk nya agar biji kakao yang di gongseng bisa merata.
  6. Setelah biji kakao terpanggang secara merata, anda bisa mendinginkan nya terlebih dahulu kurang lebih 1 jam.
  7. Haluskan biji kakao yang yang sudah anda panggang tadi menggunakan alu, blender atau mesin penggiling tepung. Gunakan alat seadanya.
  8. Setelah semua biji kakao tersebut telah di tumbuk atau dihaluskan, langkah selanjutnya adalah menjemurnya di dalam ruangan selama 1 hari 1 malam.
  9. Bubuk yang sudah jemur itulah yang disebut dengan bubuk cokelat atau tepung coklat yang bisa langsung anda konsumsi, namun rasanya pahit.

Cara Membuat Es Coklat Dari Biji Kakao :

  1. Masukkan 4 sendok bubuk cokelat ke dalam panci atau pemasak air, kemudian tambahkan 2 gelas air ke dalam nya.
  2. Setelah itu panaskan campuran bubuk cokelat serta air tersebut hingga mendidih, sambil di aduk hingga adonan merata.
  3. Tambahkan gula secukupnya hingga larutan tersebut manis atau sesuai dengan keinginan anda.
  4. Tunggu hingga tercampur merata, lalu tambahkan es batu atau es serut dan es coklat langsung bisa dihidangkan.

 

Saran Penyajian Es Coklat

Minuman cokelat ini akan lebih enak jika anda tambahkan susu atau bahan lain nya yang sejenis, anda bisa memodifikasi nya dan membuat minuman inovasi baru versi anda.

Anda juga bisa menambahkan topping di atas nya ketika penyajian minuman bubuk cokelat ini, anda bisa menambahkan soda atau menambahkan buah-buahan sebagai pendampinga nya. Bisa anda tambahkan es atau juga di minum dalam keadaan hangat.

Baca juga Resep Cara Buat Cappucino.

Untuk minuman cokelat pabrikan dan minuman cokelat biasa seperti yang anda buat tersebut memang rasa nya berbeda.

Karena minuman cokelat pabrik sudah ditambahkan minyak kedelai, margarine dan lain nya dan cokelat nya juga hanya mengambil inti sari nya saja.

Berbeda dengan cara di atas yang mengolah secara manual dan banyak serat sehingga tidak mudah larut di dalam air. Namun khasiat untuk kesehatan nya tentu lebih bagus cokelat yang di olah secara manual seperti ini.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Es Cokelat Dari Biji Kakao yang bisa kami berikan untuk anda.

Semoga informasi di atas bisa membantu anda untuk mengolah biji cokelat menjadi bubuk cokelat dan akhirnya menjadi minuman cokelat bubuk yang enak dan manis. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •