Cara Membuat Gula Semut Dengan Bahan Dasar Gula Kelapa

Cara Membuat Gula Semut Dengan Bahan Dasar Gula Kelapa.

Anda tahu Gula Kelapa? Gula kelapa atau di Indonesia lebih sering disebut dengan gula jawa, gula merah atau gula semut, adalah pemanis alami yang dibuat dari nira pohon kelapa, kemudian sari nira pohon kelapa tersebut dipanaskan untuk menghilangkan kandungan airnya. Setelah kering baru gula kelapa bisa dicetak menjadi gula kelapa block atau Gula semut.  Banyaknya makanan yang berbahan dasar gula kelapa ini karena aroma serta rasa yang khas karamel palma sangat cocok untuk menambah citarasa pada makanan, rasa karamel dan pasta yang ada di gula kelapa memang tidak bisa digantikan dengan jenis gula lain seperti gula tebu.

Pembuatan gula ii tidaklah mudah namun juga tidak sulit. Apalagi sekarang sudah modern, dimana kita bisa membeli alat untuk membuat gula semut. Kali ini saya akan memberikan informasi cara membuat gula semut.

Cara Pembuatan

  1. Untuk menghasilkan gula semut dengan kualitas yang bagus, caranya pilih gula kelapa cetak yang bagus, tandanya gula kalau kena panas sedikit mudah meleleh, kalau yang tetap keras, hati-hati, itu biasanya sudah memakai obat kimia, nah disarankan tidak memilih yang seperti itu.
  2. Rajang Gula Kelapa Cetak tadi dengan mesin Perajang Gula Semut, usahakan tipis-tipis ya hasil rajangannya. Ini dimaksud untuk memudahkan proses pengeringan dan penghancuran.
  3. Oven atau keringkan Gula hasil rajangan tadi, lakukan pengovenan sampai mencapai kadar air 5%.
  4. Lakukan penepungan / perajangan hasil pengovenan gula tadi.
  5. Sortasi atau ayak hasil penepungan tadi yang kemudian menjadi Kristal butiran.

membuat gula semut

www.jualgulaaren.blogdetik.com

Bagaimana, mudah kan?. Kualitas gula kelapa cetak berpengaruh terhadap semua parameter yang dianalisis, sedangkan suhu titik akhir pemasakan yang tidak berpengaruh hanya terhadap kadar abu gula yang dihasilkan. Gula ini selain sebagai pengganti gula pasir juga lebih praktis, baik penggunaan maupun penyimpanannya.

Baca juga Cara Membuat Gula Semut Dengan Bahan Dasar Gula Kelapa.

Semoga artikel ini membantu dalam pengembangan usaha anda…

Selamat Mencoba…..

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •