Home » Artikel » Artikel Proses » Gak Hanya Sehat, Jus Wortel Juga Bikin Ketagihan! Yuk Cari Tahu Cara Membuat Jus Wortel Di Sini!!

Gak Hanya Sehat, Jus Wortel Juga Bikin Ketagihan! Yuk Cari Tahu Cara Membuat Jus Wortel Di Sini!!

Yuk Cari Tahu Cara Membuat Jus Wortel Di Sini!! – Jus merupakan minuman alami yang terbuat dari sari buah-buahan atau sayuran. Minuman ini menjadi sangat populer dan favorit bagi masyarakat luas karena kandungan vitamin yang terkandung didalamnya sangat tinggi. Secara umum, kandungan yang terdapat pada segelas jus sama besarnya dengan kandungan vitamin pada buah aslinya.

Hanya saja, pengolahan jus terkadang lebih menarik perhatian anak kecil atau seseorang yang tidak suka terhadap buah dan sayur untuk meminumnya. Dengan kata lain, jus bisa digunakan sebagai alternative untuk memberikan vitamin alami dalam bentuk minuman. Beberapa jenis jus yang populer adalah jus buah jeruk, stowberry, mangga, papaya, mangga, serta wortel.

Namun seiring perkembangan jaman, buah-buahan lainnya serta sayur banyak juga yang diolah menjadi jus. Bahkan beberapa diantaranya dicampur, seperti campuran jus tomat dan wortel.

Asal Usul Jus

Sebelum masuk ke topik cara membuat jus wortel, maka kita akan mengulas terlebih dahulu tentang asal usul jus. Berbicara mengenai asal-usul jus, ada banyak sekali cerita mengenai asal muasalnya. Salah satu diantaranya adalah, asal usul yang berasal dari tahun 800 sebelum masehi.

Pada tahun 8000 sebelum masehi, sekelompok pembuat anggur dipercaya membuat jus untuk pertama kalinya. Produksi yang sebenarnya lebih ke arah wine ini kemudian menyebar dan diyakini banyak orang. Entah benar atau tidak nyatanya mereka benar-benar membuat jus. Salah satu jus pertama yang sering mereka buat adalah jus Lemonade.

cara membuat jus wortel

Sumber : https://hellosehat.com

Jus Lemonade pertama kali muncuk pada abad ke 16 di Italia setelah terinspirasi ide dari Timur Tengah. Jus Jeruk pertama kali dikenalkan pada abad ke-17. Pada abad ke-18, James Lind menghubungkan kandungan buah-buah citrus dengan penyakit Scurvy (kekurangan vitamin C) yang seabad kemudian, menjadi pokok dari implementasi Merchant Shipping Act 1867, mengenai pengangkutan jus berbasis buah jeruk di ikatan kapal-kapal pengangkut di negara Inggris.

Sebagai seorang dokter gigi, Thomas B Welch, kemudian menemukan sebuah metode baru mengenai parteurisasi atau cara menyimpan jus tanpa difermentasi menjadi alcohol. Metode ini mulai dikembangkan pada tahun 1869. Awalnya metode ini dilakukan dengan memfilter jus anggur ke dalam botol, menyegelnya, dan menempatkannya kedalam air mendidih. Metode ini berhasil membunuh bakteri yang menyebabkan fermentasi. Ia kemudian menjual produk tersebut dengan nama “Dr. Welch Unfermented Wine”.

Pada akhir abad ke 18, di Amerika, sirkulasi jus impor meningkat dan dikuasai oleh grup Tariff. Bahkan pada tahun 1890, McKinley Tariff Act meningkatkan impor jus dari 38% menjadi 49.5%, serta menentukan pajak jus sama dengan minuman beralkohol. Jus dengan kandungan alcohol kurang dari 18% terkena pajak 60sen per galon, sedangkan jus yang mengandung alkohol di atas 18% dikenakan USD 2.50 per galon.

Jenis-Jenis Jus

Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara membuat jus wortel, anda harus tahu tentang jenis-jenis jus terlebih dahulu. Setelah mengalami perkembangan yang cukup lama, jenis-jenis jus yang ada saat ini sangatlah banyak. berikut beberapa jus yang paling banyak anda temui di berbagai tempat.

cara membuat jus wortel

Sumber : http://wartakesehatan.com/

  1. Jus jeruk

Buah jeruk dipercaya mengandung magnesium, asam folat, kalium, kalsium serta kaya akan vitamin C. Berdasarkan penelitian pada 2006 menunjukkan bahwa satu cangkir jus jeruk setiap hari bisa membantu mencegah terjadinya batu ginjal berulang. Penelitian lain dari Texas Agricultural Center menunjukkan bahwa kandungan jeruk jenis lemonoids dipercaya dapat mencegah kanker, tumor padat atau neuroblastoma yang sering muncul ketika usia masih kecil. Pada tahun 2000, jus jeruk disahkan oleh Departemen Obat dan Makanan Amerika, karena mengandung tinggi kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

  1. Jus delima

Selain jus jeruk, beberapa hasil studi juga menunjukkan bahwa jus delima memiliki manfaat tinggi untuk melawan beberapa penyakit. Jus delima dipercaya mengandung tinggi antioksidan yang dapat membatu merusak sel kanker. Selain itu, jus delima ini juga dipercaya efektif membantu mempertahankan sistem kardiovaskular. Penelitian yang dilakukan oleh University of California pada tahun 2007 juga menunjukkan bahwa jus buah delima dapat memperlambat perluasan kanker prostat.

  1. Jus nanas

Sama seperti jeru, Jus nanas mengandung vitamin C yang tinggi, mangan dan vitamin B1. Tak hanya itu jus nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim pencernaan alami dengan efek anti-inflamasi. Namun, bagi ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi jus nanas, karena dipercaya jus nanas dapat  merusak janin.

  1. Jus cranberry

Anda mungkin sedikit asing dengan jenis jus yang satu ini. Jus cranberry  ini pertama kali dibuat pada tahun 1683 oleh penduduk Amerika. Minuman ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan dianggap sebagai salah satu jus sehat di dunia. Di beberapa negara, Cranberry telah diakui selama bertahun-tahun sebagai pelindung saluran kemih dan memainkan peran penting dalam penyembuhan penyakit gusi dan bisul. Jus alami ini juga merupakan sumber flavonoid (anthocyanidin, cyanidin, peonidin dan quercetin) yang sangat kuat untuk memerangi sel kanker.

  1. Jus tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki kandungan lycopene. Lycopene sendiri dipercaya memiliki sifat preventif dalam perkembangan kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Medical Association menyatakn jika minum jus tomat setiap hari dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan mencegah terjadinya gumpalan. Sedangkan penelitian di Australia pada tahun 2004 juga menunjukkan jika jus tomat dapat membantu penderita diabetes tipe 2 dan mengurangi penyakit jantung.

  1. Jus apel

Selanjutnya ada jus buah Apel. Bukan rahasia lagi jika apel merupakan buah yang sangat sehat dan kaya manfaat. Dr. Shrenk dan rekan-rekannya membuktikan jika kandungan pektin dalam ekstrak apel memiliki efek anti kanker pada kanker usus besar. Tak hanya itu, Mereka juga menemukan jika kandungan dalam apel dapat memperlambat produksi histon deacetylase secara signifikan  serta menurunkan pertumbuhan sel tumor.

  1. Jus anggur

Jus anggur mengandung flavonoid yang dapat mencegah oksidasi atau kolestrol. Sedangkan kulit anggur juga mengandung resveratrol yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Tak hanya itu, jus anggur juga dapat mengurangi risiko pembentukan bekuan yang menyebabkan serangan jantung.

Fakta Tentang Jus

cara membuat jus wortel

Sumber: http://2.bp.blogspot.com/

  1. Bukan pengganti makan

jus memang mengandung banyak vitamin, namun perlu ditegaskan jika jus tidak mengandung karbohidrat sebagai sumber energy. Buah atau jus buah hanya mengandung vitamin, protein, serta beberapa kandungan lainnya. Protein dalam buah pun juga tidak dapat disamakan dengan protein hewani, sehingga mengkonsumsi jus sebagai pengganti makan sangat tidak dianjurka. Jus boleh di konsumsi, namun hanya sebagai pelengkap saja.

  1. Jus tidak akan bisa membuang racun dalam tubuh

Racun dalam tubuh biasanya dapat dinetralkan dari dalam tubuh sendiri. Hal ini juga sesuai dengan penelitian Natalie Rizzo, seorang ahli gizi dari NYC yang menyatakan jika ada sesuatu yang buruk dalam tubuh, akan dinetralkan dengan baik oleh hati dan ginjal. Anda bisa lakukan ini dengan menjaga pola makan, dan atur kebutuhan nutrisi 4 sehat 5 sempurna.

  1. Jus akan menghilangkan serat buah

Menurut Abbey Sharp, seorang ahli gizi dari Toronto sekaligus pendiri Abbey’s Kitchen, ketika buah atau sayuran dihaluskan menjadi cairan jus, kandungan serat tak larutnya dalam buah dan sayur akan ikut terbuang. Padahal serat merupakan nutrisi penting untuk pencernaan dan memberi rasa kenyang. Oleh sebab itu, jangan gunakan jus sebagai pengganti menu makan karena Anda akan tetap lapar.

  1. Seseorang tidak butuh terlalu banyak vitamin

Nutrisi dari jus tentu baik untuk kesehatan, namun sama halnya dengan pil vitamin, tubuh hanya akan menyerap yang dibutuhkan dan membuang sisanya melalui urin. Pilihlan buah yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh, karena akan sia-sia jika anda membeli buah mahal dan ternyata hanya akan dibuang oleh tubuh.

  1. Minum jus setelah diperas

Ketikan meminum jus buah segar pastikan jus terbuat dari buah murni, tanpa tambahan gula, pengawet, atau pemanis lainnya. Beberapa fakta menarik lain soal jus ini perlu Anda ketahui agar konsumsinya bermanfaat

  1. Kaya Antioksidan

Hampir semua jus kaya vitamin A, C dan E. Vitamin tersebut bertindak sebagai antikoksidan dalam tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Namun perlu diperhatikan jika sebenarnya, akumulasi radikal bebas adalah hal normal dalam proses tubuh. Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman, polusi, asap rokok, sinar matahari meningkat dan jumlah radikal bebas menjadi terlalu banyak. Hal ini yang perlu dihindari karena radikal bebas dapat menyebabkan banyak penyakit termasuk jantung dan kanker.

 Cara Membuat Jus Wortel

cara membuat jus wortel

Sumber : https://1.bp.blogspot.com

Minuman jus memang mengandung banyak vitamin, namun anda juga perlu memperhatikan cara pengolahan, pemilihan jus yang sesuai, serta meminum jus sesuai kadar dan batasnya. Nah, kali ini mari coba kita perhatikan cara membuat jus wortel.

Wortel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan betakaroten dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk terapi penyakit mata. Zat alami ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan membuat penglihatan anda tetap tajam. Wortel bisa dimasak untuk sayur, bisa digunakan sebagai masker, ataupun dibuat jus.

Kandungan Nutrisi  Dalam 100 Gram Sayuran Wortel Segar

Sebelum mengetahui cara membuat jus wortel, anda seharusnya tahu tentang kandungan nutrisi dalam wortel  itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa kandungan penting yang terdapat dalam 100 gram wortel:

  • 80 Kalori
  • Vitamin A
  • 3 miligram vitamin C
  • 0,3 mili gram vitamin E
  • 0,01 miligram vitamin B1
  • 0,02 mg vitamin B2

Daftar nutrisi diatas dapat bertambah atau berubah apabila anda menyertakan bahan-bahan lain untuk campuran resep jus wortel. Selain itu, tingkat kesegaran bahan juga berpengaruh terhadap nilai gizi serta enak tidaknya olahan juice yang anda buat, jadi usahakan memilih wortel dalam kondisi segar.

Manfaat Minum Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

  • Merangsang nafsu makan sekaligus menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.
  • Kandungan Beta-karoten dan lutein pada wortel dapat meningkatkan kesehatan serta ketajaman mata.
  • Mencegah tubuh terserang penyakit kanker payudara, usus besar, prostat, leher rahim dan kandung kemih.
  • Jika dicampur buah tomat, jus wortel dan tomat dapat berkolaborasi menjaga kesehatan mata dengan mencegah terjadinya degenerasi makula, rabun senja serta katarak pada usia lanjut.
  • Kandungan karotenoid yang tinggi berkhasiat dapat mengatur kadar gula darah, sehingga tidak terlalu tinggi atau pun terlalu rendah.
  • Selain pisang, wortel juga merupakan slah satu bahan yang tepat diolah menjadi jus bagi perokok karena bermanfaat mencegah sesak nafas, infeksi paru-paru dan mampu menghentikan kebiasaan merokok.
  • Khusus bagi pasangan suami istri, jus wortel memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan adalah merangsang kelenjar porfirin serta meningkatkan hormon seks. Khasiat ini akan lebih maksimal apabila mix juice dengan tomat dan apel.
  • Berkat kandungan vitamin A yang tinggi, jus sayur wortel berguna untuk merawat kesehatan kulit, kuku, dan rambut dari dalam.
  • Bagi ibu menyusui, jus wortel bermanfaat dalam memperbanyak produksi ASI serta menjaga kesehatan mata ibu maupun buah hati.
  • Meningkatkan fungsi hati dalam membuang racun, jika kulit anda berwarna oranye setelah minum jus wortel artinya empedu sedang dibersihkan dari racun tubuh.
  • Manfaat lain yang didapat dari segelas jus wortel adalah dapat membersihkan jerawat, melawan anemia, asma, sembelit, susah buang air besar, mengobati cacing kremi pada anak, cacar air, campak, dan mengatasi diare kronis pada bayi.

Tips Memilih Wortel Untuk Dibuat Jus Sehat

  • Perhatikan bentuk fisiknya, pilih yang tidak retak dengan tekstur mulus (halus), warna cerah (tidak kusam) dan renyah.
  • Pilih wortel berukuran sedang dengan bentuk lancip ke ujung (semakin ke ujung semakin langsing).
  • Pilih wortel yang masih muda karena rasanya akan lebih manis dan enak dibuat jus.
  • Jika pada wortel masih ada daun yang menempel dengan warna hijau segar, maka bisa dipastikan wortel tersebut akan menghasilkan jus super enak dan bergizi tinggi.

Cara Membuat Jus Wortel Yang Enak Dan Sehat

cara membuat jus wortel

Sumber : https://prelo-wordpress.s3.amazonaws.com/

Jus Wortel Jeruk

Bahan-bahan :

  • jus wortel jeruk
  • 200 gram wortel
  • 100 ml air matang
  • 4 buah jeruk manis
  • Gula pasir secukupnya (jika kurang manis)
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus wortel jeruk :

  1. Cuci wortel hingga bersih, kemudian kupas dan potong menyerupai dadu.
  2. Belah jeruk manis dan ambil airnya.
  3. Masukkan wortel, air, serta gula ke dalam blender. Haluskan.
  4. Tambahkan air jeruk lalu aduk sampai rata.
  5. Tuang ke dalam gelas saji, lalu tambahkan es batu secukupnya (opsional/sesuai selera)
  6. Sajikan untuk dua gelas.

Jus Wortel Mix Buah dan Sayur

Bahan-bahan :

  • jus wortel mix buah sayur
  • 4 buah wortel
  • 1 buah pir
  • 6 lembar daun seledri
  • Segenggam peterseli
  • Air secukupnya

Cara membuat jus wortel mix buah dan sayur :

  1. Kupas kulitnya, dan cuci hingga bersih semua bahan
  2. Masukkan semua bahan (sayur, wortel, gula, air) ke dalam blender dan proses hingga lembut.
  3. Saring dan tuang ke dalam gelas.
  4. Sajikan segera.

Smoothie Wortel Campur Jahe

Bahan-bahan :

  • smoothie wortel campur jahe
  • 1 buah pisang ambon
  • 5 wortel segar
  • 1/2 gelas yogurt plain
  • 3/4 cm jahe
  • 1 gelas es batu

Cara membuat smoothie wortel campur jahe :

  1. Cuci bersih wortel
  2. Haluskan wortel menggunakan blender kemudian tuang ke wadah.
  3. Potong pisang kecil-kecil, kemudian kupas kulit jahe dan cincang halus.
  4. Masukkan semua bahan ke dalam blender, termasuk jus wortel yang telah dibuat sebelumnya
  5. Tambahkan es batu secukupnya (sesuai selera)
  6. Sajikan selagi dingin.

Jus wortel bit

Bahan-bahan :

  • jus wortel buah bit
  • 1 buah bit ukuran sedang
  • 1 buah wortel segar
  • 2 sdm sirup gula
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus wortel bit:

  1. Cuci wortel dan bit hingga bersih, kemudian kupas dan potong-potong dadu
  2. Masukkan bit dan wortel ke dalam juicer secara bersamaan
  3. Campur hingga sari buahnya keluar
  4. Tuang ke dalam gelas, tambahkan sirup gula secukupnya, kemudian aduk rata.
  5. Sajikan bersama potongan es batu di atas jus.

Jus Wortel Susu

Bahan-bahan :

  • 200 g wortel segar
  • 100 ml susu rendah lemak
  • Potongan es batu secukupnya

Cara membuat jus wortel susu:

  1. Ambil sari wortel menggunakan juice extractor.
  2. Jika menggunakan blender, tambahkan sedikit air kemudian blender hingga halus. Saring jus untuk memisahkan ampas dan sarinya.
  3. Campur sari wortel dengan susu secukupnya (sesuai selera), kemudian aduk rata
  4. Sajikan jus dengan potongan es batu secukupnya supaya lebih segar.

 

 

By | 2018-01-30T15:47:39+00:00 Januari 30th, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Gak Hanya Sehat, Jus Wortel Juga Bikin Ketagihan! Yuk Cari Tahu Cara Membuat Jus Wortel Di Sini!!

About the Author: