Home » Artikel » Artikel Proses » Begini Cara Membuat Kebab Turki dan Peluang Bisnisnya

Begini Cara Membuat Kebab Turki dan Peluang Bisnisnya

Lebaran sudah lewat hampir dua pekan, pastinya sudah mulai jenuh dengan hidangan ala lebaran bukan? Saatnya kembali menjelajah menu lain yang lebih baru. Apakah kalian sudah pernah mencoba kebab Turki? Itu lho, makanan dari Turki yang jadi hits di Indonesia karena hampir mudah ditemui dimana-mana. Jika tertarik kalian bisa mencari tahu cara membuat kebab Turki yang enak pada artikel kali ini.

Selain cara membuat kebab Turki penulis juga akan membagikan tips dan peluang untuk usaha kebab Turki. Yuk simak artikel kali ini!

 

Sedikit Tentang Kebab Turki

Kebab merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang berasal dari daerah Timur Tengah. Dinamakan kebab sendiri karena dalam bahasa Aram (bahasa yang dipergunakan oleh sebagian wilayah asia timur) yang artinya daging bakar. Jadi, kebab merupakan daging bakar yang ditusuk.

Daging yang biasa digunakan untuk membuat kebab juga beragam, muali dari daging sapi, ayam, domba, unta, ikan, kerang, bahkan daging babi. Namun untuk kebab daging babi biasanya dimasak oleh masyarakat dari wilayang laut tengah kaukasus, asia tengah dan asia selatan.

Nah, untuk yang banyak dijumpai di indonesia sendiri sajian kebab biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, kemudian dibalut oleh tortila berwarna putih dan dipadukan dengan sayur-sayuran seperti selada, tomat, bawang bombay dan jika suka bisa ditambahkan mayonais, saus tomat, saus sambal, ataupun keju.

Kemudian balutan tortila berisi kebab dan sayuran lainnya dipanggang diatas pan datar yang sebelumnya telah dilelehkan margarin. panggang hingga tortila matang dan agak renyah. Rasa kebab cenderung mirip dengan rasa burger, hanya saja bentuk sajian kebab dibuat memanjang dan kemudian dibungkus lagi dengan menggunakan kertas minyak.

 

Macam Jenis Kebab

Shish Kebab

Cara Membuat Kebab Turki

Kebab jenis ini merupakan salah satu yang paling populer. Shish Kebab disajikan dengan menggunakan tusukan ala sate, hal ini karena kata “Shish” sendiri artinya adalah tusuk sate dalam Bahasa Turki dan Kebab yang berarti daging yang dibakar.

Nah, untuk shish kebab dalam satu tusukannya terdapat sayur mayur sepert tomat, timun dan juga paprika. Jika dilihat memang mirip dengan barbeque. Makanan ini jelas sangat sehat karena daging dipadukan dengan beberapa jenis sayur dalam satu tuukannya.

 

Doner Kebab

Cara Membuat Kebab Turki

Pasti nama ini tidak asing ditelinga kalian kan? Karena ada salah satu restoran kebab yang menggunakan nama ini. Kira-kira kalian tahu kenapa disebut dengan doner Kebab ? Ini karena doner memiliki berputar, sedangkan kebab adalah daging yang dibakar.

Doner kebab merupakan salah satu sajian yang populer karena panggangan yang digunakan berputar. Dan sekarang, jika kalian amati hampir setiap penjual kebab Turki di Indonesia menggunakan panggangan daging vertikal yang berputar-putar.

 

Kathi Kebab

Cara Membuat Kebab Turki

Jenis kebab yang ini dibuat dengan menggunakan tandoor. Apa itu tandoor? Tandoor merupakan alat panggang yang umumnya digunakan masyarakat India untuk membuat tandoori chicken. Hanya saja untuk membuat kebab daging ini dipanggang dengan dililitkan pada tusukan tandoor yang terbuat dari besi dengan ukuran yang panjang.

Kemudian daging dipanggang di atas bara yang panas. Rasa dan aroma dari kebab ini sangat berbeda dari jenis-jenis kebab yang lain.

 

Kakori Kebab

Cara Membuat Kebab Turki

Jenis kebab yang satu ini namanya diambil dari nama tempat di India. Daging kebab ini terbuat dari daging yang cincang dan kemudian daging cincang itu tusuk seperti sate lalu dibakar sampai matang. Bentuk kebab ini memanjang seperti sosis.

 

Chapli KebabCara Membuat Kebab Turki

Nah, kalau kebab yang satu ini menyerupai bentuk daging burger. Ini karena daging cincang pada kebab chapli dibentuk seperti patty atau daging burger. Banyak orang yang keliru mengira kebab jenis ini adalah burger.

Bagaimana? Sudah terbayang dengan rasa kebab gurih dan nikmat? Kalian tidak perlu repot-repot mencari pedagang kebab dan merogoh kocek untuk membeli kebab tersebut, karena sekarang kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya tidak sulit kok, yuk simak terus cara membuat kebab  turki pada artikel ini.

Cara Membuat Kebab Turki

Cara Membuat Kebab Turki

Membuat kebab turki tidaklah sulit, rasanya yang enak tidak menjadikan sulit untuk membuatnya. Memang membutuhkan beberapa tahapan dalam membuatnya. Karena kebab sendiri tersusun dari beberapa komponen diantaranya tortila, kebab (daging bakar), sayuran dan saus kebab.

Oleh karena itu membutuhkan sedikit kesabaran jika kalian ingin membuatnya satu persatu. Namun lebih baik bukan jika kalian menguasai cara membuat kebab secara keseluruhan? Berikut adalah cara membuat kulit kebab atau tortila, simak yuk!

 

Resep tortila kebab

Alat dan bahan:

  • 370 gram tepung terigu.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh baking powder.
  • 80 mili liter minyak sayur atau minyak goreng.
  • 200 mili liter air hangat.
  • Wadah
  • Wajan atau teflon

Cara membuat kulit kebab atau tortila

  1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang kira-kira dibutuhkan dalam membuat tortila atau kulit kebab ini.
  2. Selanjutnya siapan wadah untuk mencampur terigu, garam dan baking powder, dan kemudian aduk hingga rata.
  3. Jika sudah, masukkan minyak goreng ke dalam campuran terigu, baking powder dan garam, lalu aduk lagi hingga merata. Sambil diaduk, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan siap diulen.  Lalu uleni adonan hingga kalis.
  4. Jika sudah, biarkan adonan selama kurang lebih tiga puluh menit agar mengembang. Nsh, pada tahap ini kalian boleh menutup adonan dengan kain lap, tapi boleh juga tidak ditutup.
  5. Sementara mennggu, panaskan terlebih dahulu teflon atau wajan yang akan digunakan untuk membuat tortila nanti dengan api sedang.
  6. Setelah itu ambil adonan dan bagilah menjadi kurang lebih 12 bagian, untuk mendapatkan ukuran tortila yang medium dari komposisi bahan ini.
  7. Jika sudah, bulat-bulatkan bagian adonan dan kemudian gilas menggunakan rolling pin atau jika kalian tidak memiliki rolling pin bisa gunakan botol kaca bekas sirup yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu sebagai alternatif.
  8. Langkah selanjutnya, kecilkan api wajan bari setelah itu letakkan adonan yang telah dipipihkan diatas wajan tersebut.
  9. Sebagai indikasi tortila diproses dengan baik, biasanya terdapat gelembung-gelembung saat dipanggang, dan warnanya akan berubah kecokelatan.
  10. Jangan lupa untuk memanaskan sisi yang sebaliknya, agar mendapatkan warna agak kecokelatan. Tapi, jangan sampai adonan dipanggang terlalu kering, apa lagi bagian gelembung adonan. karena nanti tortila akan terlalu kering dan menjadi keripik, sehingga tidak dapat digunakan untuk membuat kebab nantinya.
  11. Apabila sudah, maka sisihkan.

Jika kulit kebab atau yang bisa juga disebut sebagai tortila yang kalian buat sudah berhasil, maka kita lanjutkan ke tahap selanjutnya. Yaitu membuat isi kebab yang utama, ya, daging kebab.

 

Resep daging kebab

Bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan:

  • 2 cup daging sapi yang sudah digiling.
  • Cabai bubuk 1 sendok teh.
  • Jintan bubuk 1 sendok teh.
  • Kayu manis bubuk 1 sendok teh.
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh.
  • Merica 1 sendok teh.
  • Pala bubuk 1 sendok teh.
  • 1/4 bawang bombai yang dicincang halus.
  • 3 siung bawang putih yang diparut atau dicincang halus.
  • Parsley kering atau yang fresh secukupnya, cincang.
  • Garam secukupnya.
  • Tusuk sate.

Cara membuat daging kebab:

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan alat yang kira-kira dibutuhkan dalam membuat daging kebab.
  2. Langkah selanjutnya campurkan bumbu-bumbu yang digunakan untuk memberikan rasa pada daging seperti cabai bubuk, jintan bubuk, kayu manis bubuk, ketumbar bubuk, merica, pala bubuk, bawang putih yang diparut atau dicincang halus, parsley kering atau yang fresh dan garam.
  3. Campurkan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan dengan daging giling, pastikan semua bahan tercampur merata dengan daging, misalnya seperti garam yang mempengaruhi rasa daging kebab nantinya.
  4. Kemudian jika dirasa sudah, maka diamkan adonan kurang lebih selama satu jam di dalam kulkas.
  5. Setelah satu jam, siapkan tusuk sate lalu ambil adonan daging kira-kira segenggaman tangan, kemudian bentuk adonan daging di tusukan sate. Ukurannya bisa menyesuaikan dengan selera kalian.
  6. Jika sudah, kalian bisa mematangkannya dengan cara dipanggang atau dibakar langsung.
  7. Apabila sudah matang sisihkan daging. Yang menandakan daging sudah matang warnanya akan berubah menjadi cokelat kemerahan.

Itulah salah satu cara membuat daging kebab yang berbahan dasar daging sapi. Jika kulit kebab dan dagingnya sudah berhasil kalian buat, maka selanjutnya kita buat sajian kebab Turki yuk! Begini nih cara membuat kebab Turki yang biasa dijual booth-booth kebab ternama.

 

Cara Membuat Kebab Turki

Bahan yang diperlukan:

  • Kulit kebab atau tortila
  • Daging kebab.
  • Daun selada.
  • Mentimun.
  • Buah tomat.
  • Saus tomat.
  • Saus sambal.
  • Mayonaise.
  • Keju.

Langkah Membuat Kebab Turki

  1. Pertama-tama siapkan kulit kebab yang telah matang tadi.
  2. Letakkan daun selada diatas kulit kebab, kemudian iris-iris buah tomat sesuai selera, ambil beberapa irisan dan letakkan diatas daun selada.
  3. Jika sudah, iris timun, ambil beberapa irisan dan letakkan diatas dua sayuran lainnya.
  4. Selanjutnya iris daging kebab tipis-tipis dan letakkan diatas sayur-sayuran, lalu parutkan keju secukupnya diatas daging kebab.
  5. Jika sudah, tambahkan saus tomat, saus sambal dan mayonaise secukupnya.
  6. Kemudian gulung kulit kebab hingga memanjang.
  7. Langkah selanjutnya, siapkan wajan atau teflon, panaskan diatas api sedang, kemudian lelehkan margarin dan letakkan gulungan kebab.
  8. Panaskan hingga kulit kebab agak garing, dan gelembung-gelembung pada kulit kebab berwarna kecokelatan. Jika sudah, artinya kebab sudah siap disajikan.

Itu tadi tahapan-tahapan dalam membuat kebab Turki secara keseluruhan. Tidak sulit bukan? kalian pasti bisa membuatnya sendiri dirumah. Namun, agar kebab yang kalian buat enak ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuatnya. Kira-kira apa saja ya?

 

Tips Dalam Membuat Kebab Turki

  1. Tips yang pertama pastikan semua sayuran yang digunakan benar-benar masih baru dan fresh. Karena kesegaran sayuran yang digunakan akan mempengaruhi rasa kebab nantinya. Jika sayuran yang digunakan segar, maka rasa kebab juga akan nikmat.
  2. Tips yang kedua, dalam memilih daging giling sebaiknya pilihlah daging utuh yang masih segar untuk kemudian minta digilngkan oleh pedagang, bukan yang sudah dijual dengan tercincang. Dan untuk memilih daging perhatikan warna, tekstur, aroma, tingkat kekenyalan dan apakah daging berair atau tidak.
  3. Tips yang ketiga, dalam membuat tortila atau kulit kebab sebaiknya ciptakan tekstur yang lunak, tapi tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering. Agar nantinya mudah dibentuk, karena dalam penyajiannya kulit kebab nantinya digulung sebelum dipanggang diatas wajan hingga benar-benar matang. Contohnya seperti dibawah ini.

    Cara Membuat Kebab Turki

    Cara Membuat Kebab Turki

  4. Tips yang keempat, dalam membuat daging kebab agar rasa yang didapatkan pas artinya semua bumbu yang digunakan harus cercampur dengan rata. Sebaiknya gunakan food processor untuk mencampurkan dan menghaluskan kembali daging beserta bumbu, dengan begitu daging akan tercampur rata dengan bumbu.
  5. Tips yang kelima, kalian yang berniat menjual kebab pasti nanti akan kerepotan jika harus memanggang satu persatu daging kebab kecil yang ditusuk menggunakan tusuk sate, oleh karena itu ada baiknya mematangkan daging kebab sekaligus banyak dengan menggunakan burner kebab. Dengan mesin ini kalian bisa memanggang daging dengan masa besar.
  6. Tips keenam, sebaiknya komposisi antara daging kebab dan sayuran yang digunakan untuk isi kebab berbanding seimbang. Dan sebaiknya juga tidak perlu membuat isian terlalu banyak, karena akan membuat kulit kebab sulit untuk dilipat dan sulit saat memanggangnya nanti. Bisa jadi malah kulit kebab hancur nantinya.

 

Peluang Usaha Kebab Turki

Kebab Turki bisa dikatakan diterima baik di lidah masyarakat Indonesia. Ini terbukti dengan mudahnya menemui penjual kebab Turki ini di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Jika kalian ingin ikut meramaikan bisnis kebab di tanah air, maka perlu kalian lihat beberapa keuntungan yang kalian miliki jika kalian berbisnis kebab, simak baik-baik.

  1. Kebab merupakan makanan siap saji yang rasanya mudah diterima di  lidah orang Indonesia. Yup, seperti kebanyakan makanan siap saji sejenis yang populer pada masyarakat Indonesia, misalnya saja burger. Kebab memiliki rasa yang mirip-mirip, sehingga mudah diterima.
  2. Para penjual kebab di Indonesia umumnya hanya menjual produk kebab daging sapi dan sebagian menjual kebab berbahan daging ayam. Jika kalian bisa lebih banyak membuat variasi rasa kebab, maka ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk kebab Turki kalian nantinya.
  3. Jika umumnya makanan siap saji sering dihindari karena kandungannya yang kurang sehat, berbeda halnya dengan kebab. Makanan ini cenderung sehat, karena banyak terdapat sayuran di dalamnya dan tidak menggunakan banyak minyak. Seperti yang kita tahu bahwa daging kebab tidak digoreng, melainkan dibakar atau dipanggang.
  4. Harga kebab sebagai kelas makanan siap saji yang enak cukup terjangkau, bahkan tidak semahal makanan siap saji lainnya, sehingga banyak disukai oleh konsumen.
  5. Untuk membuat kebab bahan-bahan yang digunakan sangatlah udah ditemui dimanapun, selain itu arga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kebab juga terjangkau, sehingga kalian tidak perlu merogoh telalu banyak modal dalam memproduksi kebab kalian.
  6. Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis dengan untung yang besar, keuntungan yang diraih dapat mencapai 100 hingga 200 persen dalam setiap itemnya. Sehingga modal yang kalian gunakan cepat kembali. Namun hal ini tergantung strategi kalian dalam mengatur modal yang kalian gunakan.

Demikian itu tadi cara membuat kebab Turki dan juga peluang usahanya yang dapat penulis bagikan untuk kalian pada kesempatan kali ini. Jika kalian mantap ingin membuka usaha kebab, maka rajin-rajinlah berlatih membuat kebab secara keseluruhan ala kalian sendiri. Tidak sulit bukan cara membuat kebab turki?

Jangan lupa juga untuk membuat inovasi rasa atau tampilan dari produk kalian dan juga kemaslah produk kalian dalam kemasan yang juga menarik, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen nantinya.

By | 2017-07-10T18:17:35+00:00 July 10th, 2017|Artikel Proses, Mesin Makanan|Comments Off on Begini Cara Membuat Kebab Turki dan Peluang Bisnisnya

About the Author: