Cara Membuat Keripik Bakso yang Enak dan Lezat

cara membuat keripik bakso

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu bagaimana cara membuat keripik bakso yang rasanya enak dan lezat. Tentunya juga mudah cara membuatnya.

Salah satu cara memanfaatkan daging sapi giling yaitu untuk dibuat keripik bakso. Sekarang ini mungkin masih banyak orang yang belum tau cara membuat cemilan keripik bakso. Mungkin terdengar sedikit asing di telinga masyarakat karena banyak orang berpikir bahwa  daging sapi hanya untuk membuat bakso saja.

Padahal sebenarnya kalau kita mau berinovasi untuk mengembangkan sedikit saja ini bisa menjadikan sebuah peluang bisnis yang  menjanjikan jika kita mau mengubah pola pikir kita untuk terus maju agar dapat mengikuti perkembangan dengan ide-ide yang kreatif dan inovatif agar kita tidak tertinggal.

Karena produk ini masih jarang di kalangan umum. Keripik bakso berbahan dasar daging sapi. Yang di giling, selain proses pembuatanya mudah bahan bakunya pun mudah di dapatkan seperti di pasar-pasar tradisional.

Jika kita menginginkan daging sapi yang bagus kualitasnya dan tentunya harga yang terjangkau langsung saja ke tempat pemotongan daging sapi salah satu contohnya di daerah Boyolali yaitu di daerah desa bakalan Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyalali. Harga di sana lebih terjangkau.

Bila di bandingkan harga di pasaran, di sana merupakan pusat daging sapi kualitasnya pun beragam. Tidak kalah menarik kita tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Bahan baku untuk membuatnya juga mudah di dapat dan proses pembuatanya pun terbilang mudah, tidak sulit dan tidak ribet modal yang relative sedikit kita dapat meraup keuntugan yang banyak dari olahan bakso menjadi keripik ini kita bisa membuat sebagai cemilan yang enak gurih renyah dan nikmat asalkan kita mampu mengemasnya dengan menarik dan merek yang menarik pula sehingga meskipun orang yang belum mecoba rasanya pasti sudah tertarik dan ingin mencicipi karena penasaran namun semua itu tidak terlepas dengan bukti dari kualitas cita rasa dari keripik bakso itu sendiri.

Asal Usul Bakso

cara membuat keripik bakso

Siapa yang nggak suka makan bakso? Pasti mayoritas dari kamu suka dong makan bakso. Hadir dalam berbagai varian, kamu bisa konsumsi bakso sesuai selramu. Oh iya, makanan satu ini identik sama bakso yang dimakan di mangkok itu kan? Biasanya, jadi salah salah satu alternatif makanan besar.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tetap ingin mengonsumsi bakso tapi dalam versi yang ringan yaitu cemilan. Maka, hadirlah keripik bakso goreng atau sering dikenal dengan basreng.

Berbagai macam bakso yang terdapat di berbagai daerah bisa didapati dengan mudah. makanan ini seolah menjadi makanan khas Indonesia sejak dikenalkan oleh masyarakat Tionghoa yang hijrah ke Indonesia sejak jaman dahulu.

Nah, maka dari itu asal usul makanan bakso di Indonesia berasal dari kuliner bangsa China, merupakan kata “Bak-So” adalah ejaan bahasa tradisional Min Selatan provinsi Fujian yang memiliki arti pemahaman bahasa Indonesia “daging giling”.

Bakso sudah jadi makanan favorit di kalangan rakyat. Di mana dalam perkembangan masa sekarang seolah menjadi makanan pengganti. Makanan pokok bagi masyarakat di daerah perkotaan. Ciri khas makanan bakso ada pada bola bola daging atau di sebut dengan bakso yang terbuat dari campuran daging dengan tepung tapioka, telor dan bumbu bawang garam serta bahan tambahan lain untuk membuat rasanya menjadi lezat.

Baca Juga : Resep Rahasia Cara Membuat Keripik Kentang Ini Dijamin Endeuss!!

Macam-Macam Bakso

cara membuat keripik bakso

Bakso-bakso memiliki berbagai macam variasi pada pemakaian bahan dasarnya beberapa jenis bakso yang ada antara lain bakso urat yang memakai bagian urat tendon sapi, bakso telur, bakso ikan dengan menggunakan ikan laut sebagai bahan dasarnya, bakso kasar yang terdapat bagian tulang rawan sapi atau bisa juga tetelan sapi, dan bakso tahu goreng atau singkatan lain adalah batagor yang di kenal dari Bandung.

Walaupun di setiap daerah ada penjual bakso namun pasti memiliki perbedaan dalam penyajian juga pembuatan kuliner bakso ini, sebut saja di Indonesia ini ada dua daerah yang terkenal dengan pembuatan baksonya sangat enak yaitu kota Malang dan Solo.

Bakso sudah tentu enak pastinya bila di makan dengan kuah bakso namun enak juga walau hanya di makan langsung dengan cocolan sauce tomat atau sambal, adapula yang di bakar seperti sate dahulu sebelum di santap dengan cocolan kecap.

Dan sekarang ini ada cara lain yang cukup unik untuk menikmati makan bakso yaitu diolah menjadi keripik bakso. Bakso daging dipotong sampai tipis dan kemudian digoreng hingga kering sehingga jadilah makanan ringan yang enak dan menggoda kita untuk segera mencicipi.

Komposisi bakso sendiri yaitu menggunakan daging sapi, tepung tapioka, telur, dan di campur dengan bumbu lain, kemudian di cetak bulat bulat dan di rebus dalam kuah yang berkaldu daging sapi. Tentu rasnya enak dan terdapat gizi yang tinggi dari daging sapinya.

Setelah melalui beberapa tahap pembuatan bakso. Dahulu tahap pengirisan bakso di mulai dari proses penggorengan sampai menjadi keripik. Supaya bakso bisa kering awet dan tahan lama. Keripik bakso ini bisa di nikmati oleh siapa saja, dan juga makanan bakso yang satu ini sudah di olah menjadi bentuk yang mudah di bawa dan di simpan.

Kita bisa menjual produk kripik bakso tersebut dengan berbagai cara, salah satunya dengan kita menitipkan ke swalayan ataupun pusat oleh-oleh di daerah anda dan juga bisa di promosikan  lewat online dengan reseller atau PO (Pre Order).

Jika kita menitipkannya ke warung-warung tentu sasarannya adalah pasar  menengah  ke bawah. Kalau ketika kita menitipkan produk kita ke swalayan tentu sasaranya adalah pasar menengah ke atas.

 Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan Dalam Keripik Bakso

cara membuat keripik bakso

  1. Mengandung berbagai gizi yang penting untuk pertumbuhan tubuh dan otak/kecerdasan.
  2. Cegah Anemia Gizi dengan Zat Besi. Anemia di sebabkan kekurangan zat besi merupakan masalah gizi yang umum terjadi di dunia. Apabila anak-anak, wanita subur, dan terutama wanita hamil yang terkena Anemia, bisa menjadi masalah yang serius. Tetapi anemia gizi bisa derita pria dan wanita yang umurnya lebih tua. Penyakit ini bisa menyebabkan tubuh yang sehat menjadi lesu, sulit konsentrasi, terhambatnya pertumbuhan, penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi, kegagalan perkembangan mental, dan motorik dalam jangka panjang, kecerdasan tidak berkembang maksimal. masalah kehamilan, hingga kematian ibu saat melahirkan.
  3. Daging sapi adalah salah satu daging yang biasa di gunakan dalam kehidupan manusia guna memenuhi kebutuhan akan makanan. Itulah mengapa daging sapi mengandung banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat bagi manusia, antara lain :
  • Zat Besi yang ada dalam Keripik Bakso

Daging sapi adalah sumber terkaya zat besi. Zat besi yang terkandung dalam daging sapi lebih mudah di serap tubuh. Daripada zat besi yang terkandung di dalam sayuran atau makanan olahan, seperti sereal. Dalam pengangkutan oksigen, zat besi itu penting, produksi energi, dan perkembangan otak.

  • Seng dan Selenium yang ada dalam Keripik Bakso

Daging merah juga menjadi sumber seng yang baik untuk tubuh kita. Kebutuhan kandungan seng 50 persen lebih tinggi bagi yang tidak memakan daging sama sekali. Seng dan selenium sangatlah berguna dan penting bagi sistem imunitas, pertumbuhan, dan juga membantu penyembuhan luka.

  • Vitamin Grup B yang ada dalam Keripik Bakso

Daging merah mempunyai vitamin B, termasuk riboflavin, niacin, pantothenic acid, vitamin B6, dan vitamin B12. Vitamin B12 tidak di temukan pada makanan dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Jika kekurangan vitamin ini maka yang akan rugi adalah fungsi neurologi, juga daya ingat dan konsentrasi.

  • Vitamin D yang ada dalam Keripik Bakso

Para pelajar di Inggris menunjukkan bahwa daging merah mengandung vitamin D. Vitamin D itu penting bagi kesehatan tulang.

  • Asam Lemak Omega 3 yang ada dalam Keripik Bakso

Daging merah adalah sumber alami omega 3. Asam Lemak Omega 3 di butuhkan untuk sistem saraf. Bermanfaat juga untuk kesehatan jantung. Daging merah biasanya mengandung lemak rendah, lemak jenuh dan lemak trans.

  • Protein yang ada dalam Keripik Bakso

Daging merah mengandung protein yang tinggi. 100 gram daging merah mentah terdapat sekitar 20-25 gram protein. Fungsi protein adalah memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh kita. Protein juga berfungsi sebagai membentuk zat-zat pengatur, seperti enzim dan hormon.

Namun dari beberapa fungsi yang ada di atas daging sapi giling untuk membuat bakso mempunyai kekurangan yaitu daging giling bakso tidak bisa tahan lama meskipun sudah di simpan di dalam lemari pendingin bisa bertahan kurang lebih 1 bulan, berbeda jika kita  mengolah daging giling bakso tersebut untuk di buat keripik bakso tentu saja lebih bertahan lama hingga berbulan-bulan karena bersifat kering tidak basah.

 

Manfaat Dari Keripik Bakso

  1. Menambah Nafsu Makan

Keripik bakso bisa membantu menambah nafsu makan. Jika dari kalian sering nafsu makan yang terus berkurang sebaiknya anda mencoba ini. Senyawa yang ada di keripik bakso sangat efektif menambah nafsu makan sehingga nafsu makan anda akan kembali seperti sebelumnya.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan terdapat dari berbagai macam organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Untuk melancarkan sistem pencernaan bisa dengan mengkonsumsi keripik bakso. Karbohidrat yang ada di dalam keripik bakso untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar sehingga bisa mencegah dari resiko gangguan pencernaan.

  1. Mengontrol Berat Badan

Berat badan berlebih akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah obesitas. Untuk mengontrol berat badan anda bisa mengkonsumsi keripik bakso. Kandungan rendah kalori bisa saja ada di dalam makanan ini sangat berguna mengontrol berat badan sehingga bisa mencegah anda dari resiko kegemukan atau obesitas.

  1. Menunjang Aktifitas Tubuh

Kandungan kalori sangat diperlukan oleh tubuh kita. Untuk menunjang aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi keripik bakso ini. Pada keripik bakso terdapat kalori yang berperan penting untuk menunjang aktifitas tubuh sehingga anda bisa beraktifitas dengan kondisi tubuh tanpa kekurangan kalori.

  1. Membantu Proses Pertumbuhan

Selain berguna untuk menunjang aktifitas untuk tubuh, makanan ini juga dapat membantu proses pertumbuhan. Hal ini karena kandungan kalori yang ada di keripik bakso dapat mendukung sistem perkembangan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Membantu Memenuhi Nutrisi Bagi Tubuh

Nutsiri sangatlah berperan penting sebagai asupan bagi tubuh. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba makanan yang satu ini. Kandungan pada vitamin C, A, kalsium, dan omega 3 yang ada dapat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh sehingga anda bisa bebas melakukan aktifitas harian anda.

  1. Sebagai Sumber Energi

Memakan keripik bakso ternyata juga mungkin sangat baik sebagai sumber energi. Karena dalam keripik bakso ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh.

  1. Membantu Fungsi Otot dan Saraf

Khasiat lainnya yang ada dari keripik bakso ini  mungkin dapat membantu fungsi otot dan saraf. Kandungan potasium yang terdapat di dalamnya berperan penting membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf sehingga bisa mencegah dari resiko kram otot.

  1. Membuat Perut Kenyang

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat pasti akan membuat perut kenyang. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi keripik bakso. Hal ini karena kandungan dari karbohidrat yang cukup tinggi yang ada di makanan ini dapat membuat perut menjadi kenyang selama beberapa waktu.

 

Setelah mengerti penjelasan yang sudah ada di atas. Tentu kita dapat mengetahui bahwa mengkomsumsi keripik bakso mempunyai kaya akan manfaat. Serta bergizi untuk kesehatan kita. Oke, pada kesempatan hari ini kita bahas langkah-langkah buat menjalankan bisnis, atau bisa juga buat membuat cemilan sekaligus bisa juga untuk menjalankan bisnis makanan ringan yang satu ini yuk!

 

Resep Keripik Bakso

cara membuat keripik bakso

Bahan-Bahan Keripik Bakso Digiling 

  • Daging sapi 250 gram, daging sampai daging halus
  • Tepung kanji dengan takaran 125 gram
  • Garam dapur sebanyak ½ sdm (sendok makan)
  • Bawang putih 2 siung. Lalu di haluskan
  • Bubuk merica sebanyak ¼ sdt (sendok teh)
  • Air 25 cc untuk membuat adonan
  • Air secukupnya, berguna untuk proses merebus bakso sapi

Bumbu-Bumbu Keripik Bakso

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung sagu
  • 100 gram kentang kukus yang di haluskan
  • 2 butir telur. Di kocok sampai rata
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk atau bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 25 gram bubuk barbeque
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Taburan/Topping Keripik Bakso (Sesuai Selera) 

  1. Bubuk Cabe
  2. Balado
  3. Bumbu Kentang Goreng
  4. Rumput Laut
  5. Daun jeruk yang sudah digoreng kering dan di tumbuk

Cara Membuat Keripik Bakso 

  1. Campur semua daging sapi. Yang sudah di giling menggunakan tepung kanji, bawang putih yang sudah di haluskan, garam dapur, serta bubuk merica. uleni adonan bakso secara perlahan dengan di tambahkan air bersih di atasnya sedikit sedikit dulu. Uleni sampai adonan bakso tercampur dengan rata semua.
  2. Masak air yang banyak hingga air mendidih, jika sudah kecilkan api kompor, dengan indikator sampai air tidak meluap luap lagi.
  3. Ambil adonan bakso yang telah jadi. Menggunakan tangan sekitar satu kepal. Lalu tekan adonan bakso sampai keluar dari lingkaran ruas jari jempol serta telunjuk. Sampai berbentuk bulat dan ambil dengan sendok.
  4. Setelah itu masukkan adonan bakso. Ke dalam air yang sudah di rebus tadi.
  5. Rebus dengan memakai kompor. Serta dengan api kecil kurang lebih 10 menit atau sampai bakso mengapung ke atas permukaan air.
  6. Lalu angkat bakso dan tiriskan. (catatan. Agar menghindari bakso pecah pada saat di rebus. Usahakan air yang untuk merebus jangan sampai bergolak-golak).
  7. Lalu selanjutnya angkat semua bakso yang sudah matang, tiriskan dan potong tipis.
  8. Semua irisan bakso yang sudah di potong tersebut kemudian di goreng hingga kering.
  9. Goreng dengan minyak goreng berkualitas sampai merekah dan renyah.
  10. Angkat semua selagi panas. Setelah itu taburi bumbu atau beri topping yang sesuai dengan keinginan kalian. Agar menempel bumbunya.
  11. Keripik bakso di biarkan selama 1-2 jam. Pada suhu ruang. Jangan langsung di kemas agar tidak cepat melempem.
  12. Setelah semua proses selesai keripik bakso kriuk siap untuk di sajikan dan bisa juga dikemas menggunakan hand sealer supaya keripik bakso bisa awet dan bisa dinikmati kapan saja.

Sekian penjelasan dari saya tentang cara membuat keripik bakso yang enak dan lezat dengan cara yang mudah.

Semoga bermanfaat ya, Thanks!

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •