Pada ulasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat keripik kentang yang praktis dan sangat enak untuk anda semua nikmati bersama kerabat dan juga keluarga anda.

Kripik merupakan jajanan khas dari Indonesia. Diindonesia banyak sekali macam kripik ada kripik pisang, kripik tempe, kripik jamur, kripik belut, kripik usus, dan banyak lagi lainnya. Tapi pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat kripik kentang.

Kripik Kentang adalah potongan tipis kentang yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang sampai kering. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai makanan ringan atau pendamping makanan utama sebagai penutupnya.

Menu keripik yang paling sederhana adalah disakjikan dengan cara digoreng dan digarami, tetapi para produsen dapat menambahkan berbagai jenis penyedap lainnya seperti rempah atupun msg.

Macam – Macam Cara Membuat Keripik Kentang

1. Kripik Kentang Balado

Kripik Kentang Balado

Resep sederhana berbahan irisan kentang dan campuran sambal ini enak juga bila disantap dengan nasi putih hangat. Cara membuatnya yang praktis sangat cocok direkomendasikan sebagai menu makan harian di rumah.

Bahan – Bahan

  • 500 gram kentang
  • 6 buah cabai merah besar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 lembar daun jeruk, buang batang, iris2
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 100 ml air
  • garam dan bumbu penyedap sesuai selera
  • minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kentang Balado

  1. Kupas dan juga cuci bersih kentang, potong-potong atau iris tipis dengan menggunakan alat pemotong agar anda bisa lebih mudah. Goreng dalam minyak panas sampai kering semua kentangnya, angkat dan lalu tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, beri garam, gula, penyedap dan air asam lalu aduk rata. Tambahkan air dan lalu aduk sampai rata, masak hingga mendidih dan matang. Matikan api, setelah dingin dan lulu campurkan kentang goreng dengan bumbu dan aduk sampai rata.
  3. Keripik kentang balado siap untuk disajikan

2. Keripik Kentang Keju

Keripik Kentang Keju

Resep sederhana berbahan kentang campur dengan keju ini enak juga bila disantap dengan kerabat dan keluarga kita. Cara membuatnya yang praktis sangat cocok direkomendasikan sebagai menu makan harian di rumah.

Bahan – Bahan

  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • ½ sendok teh garam dapur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan air es
  • 1 butir telur ayam
  • 15 gram margarin
  • 20 gram tepung maizena
  • 20 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 100 gram kentang kukus, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Kentang Keju :

  1. Campur tepung maizena, tepung terigu, kentang, baking powder, garam, kaldu ayam bubuk, dan keju cheddar parut hingga rata.
  2. Tambahkan air es, telur, dan margarin. Aduk-aduk adonan hingga menggumpal.
  3. Giling adonan kentang tersebut dengan menggunakan gilingan mie dan dengan ukuran yang paling tebal.
  4. Setelah digiling sekitar 2-3 kali, kecilkan lubang gilingan mi. Giling kembali 2-3 kali. Lakukan terus hingga ketebalan nomor 5. Selanjutnya cetak dengan diameter sekitar 4 cm.
  5. Panaskan minyak, goreng adonan tepung kentang yang telah digiling tersebut hingga kering dan matang.
  6. Keripik kentang keju siap untuk disajikan.

3. Keripik Kentang Gurih Dan Renyah

Keripik Kentang Gurih Dan Renyah

Resep sederhana berbahan kentang campur dengan bumbu halus kering ini enak juga bila disantap waktu kita sedang menonton tv atau kumpul keluarga. Cara membuatnya yang praktis sangat cocok direkomendasikan sebagai menu makan harian di rumah.

Bahan – Bahan

  • 4 buah kentang (kupas kulit, iris tipis)
  • 2 liter air kapur
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 1/2 sdt bubuk bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • Sejumput gula halus
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Keripik Kentang Gurih dan Renyah

  1. Goreng kentang hingga warnanya menjadi kuning dan kering.
  2. Angkat lalu tiriskan di wadah yang telah diberi alas tisu atau bisa di keringkan juga dengan mesin pengering minyak.
  3. Ketika keripik kentang sudah dingin,lalu campur keripik dengan bumbu halus (kering) yang telah disediakan.
  4. Keripik kentang siap untuk disajikan.

4. Keripik Kentang Pedas Manis

Keripik Kentang Pedas Manis

Resep sederhana berbahan kentang dicampur dengan bumbu-bumbu yang sedap makanan ini enak juga bila disantap waktu kita sedang menonton tv atau kumpul keluarga. Cara membuatnya yang praktis sangat cocok direkomendasikan sebagai menu makan harian di rumah.

Bahan – Bahan

  • 1 kg kentang
  • 4 lembar daun jeruk
  • 125 garam gula pasir
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • 10 butir bawang merah
  • 50 ml air
  • 10 buah cabai merah
  • 8 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 5 sdm minyak goreng
  • 4 buah mata asam jawa

Cara Membuat Keripik Kentang Pedas Manis

  1. Iris tipis-tipis kentang atau bisa serut dengan menggunakan pasah,lalu kemudian rendam kentang didalam wadah yang berisi air dan juga garam, setelah itu cuci dan ganti air rendamannya dengan air rendaman yang baru dan jangan tambahi lagi dengan garam. Hal ini dilakukan agar pada saat kentang di goreng tidak lengkat.
  2. Panaskan minyak, kemudian masukkan beberapa genggam kentang yg sebelumya sudah di tiriskan dahulu, goreng kentang sampai kentang kentang kering dengan menggunakan api sedang saja, lalu kemudian angkat kentang dan tiriskan. Lalukan hal itu sampai kentang habis.
  3. Kemudian panaskan 1 sendok makan minyak, masukan bawang merah yang telah diiris tipis dan juga masukan bawang putih yang sudah di geprek, kemudian apabila aromanya sudah wangi masukan bumbu halus seperti cabai,garam dan asam jawa yg sudah disiapkan tadi,beri tambahan gula dan juga kaldu ayam, masak sampai semua bumbu itu ,menyusut dan mengental
  4. Masukan kentang yang telah di goreng tadi, aduk lah sampai semua bumbu merata.
  5. Kripik kentang pedas manis siap untuk disajikan.

Tips Membuat Kripik Kentang

Tips Membuat Kripik Kentang

Keripik kentang terkenal dengan rasanya yang gurih, renyah dan juga enak. Tapi tidak banyak juga orang yang cara membuat keripik kentang nya itu gagal.

Nah, sedikit cerita, dulu saya pernah beberapa kali gagal saat memlakukan cara membuat keripik kentang. Kadang keripik kentangnya itu kurang garing. Ataupun kadang malah menjadi ke garingan,dan yang paling memiriskan apabila kentangnya terlalu berminyak.

Kalau sudah begitu, rasanya kering kentang saya kurang nikmat dan kurang awet untuk disimpan sebagai stok makanan kering di dapur, dan untuk cemilan kelurga saya dan juga tamu-tamu. Tetapi saya akhirya menemukan sulusi yang tepat untuk membuat keripik kentang. Mari simak tips cara membuat keripik kentang berikut.

1. Perhatikan Pemilihan Kentang

Agar mendapatkan hasil gorengan kentang yang renyah, maka anda semua harus benar-benar memperhatikan pemilihan kentang yang cukup bagus. Pastikan anda menggunakan kentang yang benar-benar segar, dengan ciri keras saat akan ditekan.

Kentang yang masih sangat segar biasanya akan menghasilkan tekstur yang garing dan sangat renyah ketika akan digoreng, sehingga akan sangat cocok apabila diolah menjadi keripik kentang.

Pastikan juga anda memilih kentang berukuran agak besar dengan permukaan yang cukup mulus dan halus agar rasa kentang tidak pahit nantinya saat akan di buat keripik.

2. Iris Kentang Dengan Ukuran Sama Rata

Hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat keripik kentang adalah ukuran irisan kentangnya hrus sesuai. Setelah dikupas dan dicuci dengan bersih, pastikan anda mengiris kentang dengan ukuran tipis yang sama rata agar matangnya pun bisa merata secara bersamaan.

Anda bisa mengiris kentang secara manual dengan bentuk korek api ataupun juga bisa dengan bentuk bulat tipis. Atau jika anda tidak punya cukup waktu, anda bisa memarutnya dengan  yang memiliki pengiris keripik berbahan stainless steel yang aman untuk digunakan.

Kalau menggunakan pengiris keripik ini, ukuran irisan kentang pasti akan sama rata besar dan juga tebalnya, anda pun bisa lebih mudah dalam menggorengnya nanti.

3. Rendam Kentang Dengan Larutan Air Garam

Meskipun anda sudah memilih kentang berkualitas cukup baik, anda tetap harus melakukan penanganan tambahan pada kentang, salah satunya adalah dengan cara merendam kentang yang sudah diiris tipis tadi kedalam air larutan garam.

Rendam kentang selama kurang lebih lima belas menit atau bisa lebih agar gentang nantinya saat digoreng tidak lengket, lalu cuci kembali kentang sampai bersih dan siap untuk digoreng.

4. Goreng Kentang Dalam Minyak Banyak

Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan keripik kentang adalah tekstur kentangnya yang tetap renyah sesudah digoreng. Agar anda bisa mendapatkan tesktur seperti itu, anda harus menggoreng kentang dalam minyak panas dengan emnggunakan teknik deep frying.

Selama menggoreng, hindari memasukkan kentang terlalu banyak, karena akan membuat kentang sulit matang secara vbersamaan dan merata semuanya. Hindari juga terlalu sering mengaduk kentang selama digoreng atau kentang tidak terlalu banyak menyerap banyak minyak.

5. Buat Bumbu Bertekstur Kasar

Saat anda membuat bumbu untuk keripik kentang, sebaiknya jangan terlalu halus. Karena justru bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan juga membuat tekstur kentang jadi tidak renyah seperti sesudah di goreng sebelumnya.

Sebaiknya buat bumbu yang bertekstur agak kasar agar tidak menggumpal dan juga bisa menyebar ke seluruh bagian kentang. Pastikan juga anda menumis bumbu dahulu sampai benar-benar matang sebelum dicampur bersama keripik kentangnya.

Kandungan & Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kandungan & Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat digemari sebagai pengganti nasi. Jenis umbi-umbian yang punya nama latin Solanum tuberosum ini tergolong mudah sekali untuk diolah dan juga dikreasikan menjadi berbagai jenis menu pembuka, utama, maupun penutup yang tentunya sangat lezat sekali.

Kali ini kami akan mambahas apa saja kandungan kentang dan apa saja manfaat kentang untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengandung Antioksidanspreadsheet

Kentang kaya sekali akan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa itu berperan sebagai antioksidan dalam tubuh kita yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh kita.

Kumpulan radikal bebas dipercayai sebagi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker.

Dalam Penelitian nutrition and cancer yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa anrioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

2. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Manfaat kentang yang lainnya adalah membantu mengendalikan gula dalam darah kita, jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi penderita diabetesi.

Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh kita. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada di dalam usus kita.

Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin pada tubuh kita, yaitu hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal.

Dalam sebuah penelitian Medicine (Baltimore) pada tahun 2015 yang penelitian itu dilakukan pada orang-orang yang mengalami diabetes tipe dua, menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan yang memiliki pati risisten gula darahnya terbukti setabil.

3. Baik Untuk Pencernaan

Masih berhubungan kembali dengan pati risisten yang dimiliki kentang yang teryata bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan tubuh kita.

Jadi saat makanan masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian, bakteri-bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita contohnya seperti dapat mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan dan juga usus besar, dan bisa mengurangi risiko kanker kolorektal atau biasa disebut kanker usus besar.

4. Bebas Gluten

Kandungan zat yang ada di dalam kentang juga bebas dengan gluten. Gluten adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti halnya gandum dan juga banyak lainya.Bagi orang-orang yang mengalami masalah dalam mengolah gluten seperti penyakit celiac, kentang bisa menjadi pilihan tepanya.

Meskipun bebas gluten tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas dari yang anamnya gluten. Beberapa hidangan kentang mengandung gluten seperti halnya dalam saus, atau roti kentang dan lainnya.

5. Menjaga Tekanan Darah Normal

Manfaat kentang yang sangat penting lainya adalah membantu menstabilkan darah kita. Kentang merupakan sumber kalium yang sangat baik buat kwsehatan tubuh kita, bahkan jumlahnya pun lebih banyak dari pada buah pisang pisang.

Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah kita dengan cara merangsang pembulu darah untuk melebarkan ukuranya.Selain itu kentang juga memiliki kandungan kalium dan juga magnesium, yang berperan untuk menormalkan tekanan darah kita agar normal.

6. Menjaga Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Vitamin B6 dalam kentang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak yaitu, termasuk serotonin, dopamin, dan juga noreprinefrin menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center.

Berarti saat kita mengonsumsi kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stres. Selain itu, kalium dalam kentang juga bisa membantu  mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang yang terakhir adalah menjaga kesehatan jantung. Karotenoid dalam kentang bisa membantu menjaga fungsi jantung kita dengan baik. Vitamin C dan B6 juga bisa membantu mengurangi radikal bebas yang ada pada sel jantung kita dan juga sel-sel tubuh lainnya.

Vitamin B6 juga memiliki peranan yang penting sekali dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi. Proses ini salah satu fungsinya mengubah homosistein, molekul yang berbahaya menjadi metionin, struktur komponen baru dalam protein yang ada dalam tubuh kita.

Terlalu banyak homosistein dapat juga merusak dinding pembuluh darah dan kadarnya yang semakin tinggi memiliki kaitan terjadinya peningkatan risiko serangan jantung dan juga stroke.

Dari ulasan diatas anda dapat mengetahui tentang cara membuat keripik kentang, manfaat kentang, dan juga bagaimana tips supaya saat membuat keripik kentang tidak gagal.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari kami dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat tongseng sapi yang sangat lezat dan bikin ketagihan anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana cara membuat keripik kentang di atas? Selamat mencoba dan semoga resep ini bermanfaat bagi anda semua.