Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat keripik jamur yang nampol banget, sebelum itu udah pada tau belum nih apa si itu jamur.

Jamur atau bisa juga disebut cendawan adalah tumbuhan yang tidak punya klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada 2 macam yaitu uniseluler dan multiseluler. Tubuh jamur sendiri terdiri dari benang-benang yang disebut dengan hifa. Hifa bisa membentuk anyaman yang bercabang-cabang dan itu disebut miselium.

Tentu banyak orang yang tidak asing lagi dengan jenis tumbuhan ini. Jamur memang menjadi salah satu bahan makanan yang keberadaanya saat ini cukup popular. Seperti namanya jamur memang kini telah menjamur keberadaannya di kalangan masyarakat. Harganya yang murah dan khasiatnya yang banyak membuat banyak orang suka mengkonsumsi jamur. Jamur memang menjadi salah satu bahan makanan sehat yang disukai banyak orang. Salah satu jenis jamur yang banyak diburu atau dicari orang adalah jamur tiram.

Nah udah pada tau kan apa itu jamur, tapi jangan asal ya guys kalau mau konsumsi jamur karena kalau salah pilih anda bisa keracunan. Berikut ini ada beberapa jamur yang bisa anda makan dan juga kandungan nutrisinya

15 Jamur yang aman untuk dikonsumsi

Berbagai macam camilan bisa kamu nikmati untuk menemani aktivitas harian kalian, salah satunya adalah jamur. Berbagai jenis jamur tersedia di pasaran, mulai dari jamur premium hingga jamur yang tergolong murah yang bisa anda dapatkannya di pasar atau di pinggir jalan.

Pastinya kamu sudah tahu bahwa jamur adalah salah satu makanan yang enak untuk disantap, berbagai macam jenis olahan dari jamur pun sekarang banyak bermunculan untuk disajikan. Makanan yang satu ini juga memiliki jenis yang beragam dan mempunyai tekstur berbeda-beda. Selain enak, jamur juga diketahui mengandung protein yang tinggi lho.

Namun, tidak semua jamur dapat kita dikonsumsi ya, karena terdapat juga jamur yang mengandung racun di dalamnya. Contoh jamur yang dapat kamu makan tersebar di dunia seperti, portobello, shiitake, hingga jamur kancing yang kaya akan nutrisi penting dan juga pastinya rendah kalori.

Oleh karena itu, yuk ketahui jenis-jenis jamur yang dapat kamu konsumsi dan kamu olah menjadi hidangan yang enak dan spesial!

  • Jamur Kuping

Jenis seperti, jamur kuping putih, jamur kuping hitam, dan jamur kuping merah ini merupakan salah satu jamur yang paling familiar karena kita dapat menjumpainya di banyak tempat. Jamur kuping ini cocok untuk disajikan bersama sayur sop dengan kuah penuh rempah.

Rasanya yang lembut dan juga gurih di mulut pasti akan menggugah selera makan anda. Jamur kuping mempunyai khasiat yaitu bisa mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan melancarkan penyumbatan pembuluh darah.

  • Jamur Tiram

Penggila jamur krispi pastinya sudah sangat samiliar dengan jenis jamur yang satu ini. Di Indonesia jamur ini biasanya diolah menjadi gorengan tepung, jamur tiram dapat menjadi kudapan yang istimewa. Anda bisa mengkombinasikannya dengan memberikan bumbu pedas ataupun manis sesuai selera untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Jamur tiram ini mempunyai bentuk seperti kerang dengan ukiran di bawah kelopaknya. Warna jamur tiram biasanya putih kusam.

  • Jamur Enoki

Salah satu jamur premium yang ini cukup banyak dinikmati dengan kuah gurih yang panas dengan taburan bawang putih didalamnya. Jamur yang memiliki nama latin Flammulina velutipes ini cuman bisa ditemukan di tempat atau negara yang punya iklim dingin saja loh!

Tetapi kamu jangan khawatir karena jamur enoki sudah banyak dijual di pasaran Indonesia loh. Jamur ini mempunyai khasiat yaitu dapat melancarkan buang air besar dan membersihkan pencernaan anda.

  • Jamur Merang

Sering dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan cream soup, ataupun pasta lainnya karena memiliki tekstur yang lembut. Manfaat dari jamur merang sendiri cukup banyak, diantaranya yaitu sebagai mencegah pertumbuhan kanker, memperkuat sistem imun tubuh sampai dapat mendukung program diet kamu.

Jamur lezat yang satu ini juga gampang ditemukan di pasaran, karena sangat mudah dibudidayakan di iklim tropis.

  • Jamur Kancing

Sama seperti jamur merang, jamur kancingpun biasanya dimasak bersama pasta ataupun makanan western yang lain. Sedikit perbedaanya adalah jamur ini lebih sering dan cocok disajikan bersama tumisan sayur yang biasa anda lihat di Chinese food.

Nama ilmiah jamur kancing yaitu Agaricus bisporus, manfaatnya yaitu dapat menurunkan kolesterol, menangkal radikal bebas dan menambah jumlah sel darah merah karena mengandung asam folat.

Teksturnya yang sedikit besar tentunya akan menambah cita rasa gurih pada tumisan sayur anda, bukan?

  • Jamur Shimeji

Macam jamur memanglah sangat beragam serta tersebar di seluruh dunia. Jenis jamur Shimeji yang memiliki bayang tipis, ringan, dan topi cokelat memang membuatnya menjadi agak mirip dengan jamur Enokitake yang membedakannya adalah tangkainya untuk jamur ini ukurannya lebih pendek.

Jamur Shimeji cocok dicampurkan pada nasi goreng, sup dan disiram saus.Untuk pengolahannya sendiri jamur satu ini wajib dimasak hingga matang. Shimeji dapat mengatasi nyeri ulu hati, membantu massa otot, mengobati meriang dan masuk angin wah cukup banyak ya manfaatnya.

  • Jamur Shiitake

Jamur yang berasal dari Jepang ini sangat dibudidayakan dengan serius di asal negaranya yaitu Jepang. Di Tiongkok, jamur shiitake telah dibudidayakan secara turun temurun, tidak heran kalau harga jamur yang satu ini sedikit lebih mahal.

Anda dapat memasak jamur ini menjadi banyak hidangan salah satunya sebagai campuran sup miso atau gorengan pendamping tempura. Manfaat yang anda dapatkan jika mengonsumsi jamur shiitake adalah melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kekuatan tubuh, dan memelihara kesehatan jantung, hingga mengontrol kolesterol pada tubuh anda.

  • Jamur Matsutake

Matsutake merupakan salah satu jamur premium yang mahal. Jamur ini hanya bisa dipanen pada musim gugur, dan itu artinya jamur ini tidak cocok ditanam di iklim tropis. Aroma wangi yang terdapat pada jamur ini juga sangat menggugah selera anda untuk memakannya.

Jamur ini bisa anda makan dengan berbagai cara salah satunya dipanggang sebentar ataupun di olah sebentar sehingga terasa fresh saat masuk pada mulut anda.

  • Jamur Truffle

Berikutnya adalah salah satu jamur premium yang banyak dikonsumsi di benua Eropa. Jamur eksklusif yang satu ini hanya tumbuh di akar pohon. Penyebaran spora jamur Truffle ini didapatkan melalui fungivora, hewan yang mengkonsumsi jamur-jamuran.

Karena untuk mendapatkan jamur ini sangat sulit karena terbilang cukup langka, jadi jamur truffle dijual dengan harga yang sangat mahal. Biasanya anda bisa menemukan jamur Truffle hanya di hotel-hotel bintang lima, dan disajikan dengan sup atau pun pasta.

  • Lingzhi

Jamur Lingzhi dahulu disebut jamurnya para raja, karena hanya para raja saja yang dapat menikmatinya. Lingzhi dipercaya oleh masyarakat mempunyai khasiat yang luar biasa, salah satunya yaitu mengandung zat anti HIV dan anti alergi alami.

Jamur yang berasal dari Negara bambu ini bisa anda dapatkan di pasaran, meskipun dengan harga yang terbilang cukup mahal.

  • Maitake

Jenis jamur yang satu ini tergolong langka dan harganya yang mahal. Jamur Maitake biasa disajikan untuk campuran nasi panas untuk sushi dan juga kecap asin ala Jepang. Meskipun jamur yang satu ini bukan termasuk obat herbal tetapi jamur maitake memiliki khasiat yang sangat luar biasa.

Didedikasi sebagai salah satu jamur yang bisa melawan kanker, jamur ini menjadi salah satu jamur yang dicari. Selain itu, maanfaat dari jamur ini juga dapat menurunkan tekanan darah serta mengendalikan kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Maka tidak heran maitake dibanderol sengan harga mahal.

  • Portobello

Portobello mempunyai warna kecoklatan ini termasuk dalam jenis jamur besar. Dengan lingkar kelopak yang mencapai 13 centimeter, jamur portobello ini cocok dikonsumsi dengan cara dipanggang, ditumis ataupun dicincang menjadi campuran hamburger.

Sebelum anda mengonsumsi ini alangkah baiknya jika kamu mencuci portobello karena baunya yang cukup tajam. Jamur ini mempunyai manfaat yaitu dapat men regenerasi sel-sel yang rusak dalam tubuh dan mengandung vit B kompleks.

  • Morel

Morel adalah salah satu jamur yang mengandung antioksidan yang terbilang tinggi. Jamur ini disebut sebagai salah satu jamur yang termahal, karena sangat sulit untuk ditemukan dan susah untuk dibudidayakan.

Tahukah anda jamur morel menjadi jamur termahal berasal dari gunung Rinjani? Jamur yang satu ini menjadi jamur termahal kedua setelah jamur Truffle. Morel mempunyai bentuk yang sangat unik dengan kelopak bolong-bolong kecil.

  • Lion’s Mane

Lion’s Mane ini memiliki nama latin Hericium erinaceus, anda bisa menemukannya di China, Jepang, Amerika utara dan juga Eropa. Jamur ini tampak seperti gumpalan berambut yang memiliki warna putih ada juga krem.

Rata-rata ukurannya adalah 5-40 cm. Jika dimasak, memiliki rasa seperti daging lobster yang dimasak dengan mentega. Jamur yang biasa dipanggil jamur pompom ini biasa digunakan pada pengobatan tradisional Tiongkok.

Karena dipercaya berkhasiat guna menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mengobati diabetes. Dengan khasiatnya yang sangat banyak maka tidak heran jika harga jamur ini cukup mahal.

  • Porcino

Satu lagi jamur yang memiliki khasiat luar biasa, yaitu jamur porcino. Jamur yang mempunyai warna kecoklatan ini bisa menangkal penyakit saat bertambahnya usia anda.

Karena porcino mengandung antioksidan yang tinggi jamur ini dapat meregenerasikan tubuh anda. Jamur yang berasal dari Italia ini biasa disebut juga dengan jamur si bayi babi dikarenakan topi jamur dan juga batangnya yang lembut serta tebal mirip dengan anak babi.

Jamur ini dijual dengan harga relatif mahal di Jakarta, oleh karena itu sebaiknya anda cari tahu terlebih dulu bagaimana cara mengolah jamur satu ini dengan benar.

Itu tadi adalah jenis-jenis dari jamur yang berprotein dan berkhasiat tinggi bagi kesehatan yang aman untuk kamu konsumsi. Jamur bisa jadi pengganti daging lho, bagi kamu para vegetarian yang ingin tetap mendapat asupan protein.

Cara Membuat Keripik Jamur

Cara membuat keripik jamur tiram

Bahan keripik jamur tiram :

  • 4 bungkus jamur tiram
  • 2 siung bawang putih
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 2 sdm tepung meizena
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Pembuatan:

  1. Suwir-suwir jamur tiram sesuai dengan selera, tetapi usahakan jangan terlalu besar. Cuci bersih jamur yang sudah disuwir lalu peras jamur sampai kering.
  2. Haluskan bawang putih, setelah halus masukkan ke jamur tiram masukkan juga garam dan gula. Aduk jamur tiram tersebut dengan sedikit di takan – tekan sedikit agar bumbunya bisa menyerap. Cicipi rasanya, jika dirasa ada yang kurang maka tambahkan bumbu.
  3. Setelah itu campurkan dua tepung tersebut sampai merata di wadah berbeda, dan pastikan wadah yang dipakai datar.
  4. Lalu peras kembali jamur agar saat di goreng jamur bisa renyah. Setelah di peras masukkan jamur ke dalam campuran tepung tadi, aduk hingga jamaur terbaluri oleh tepung dengan merata. Saya menyaring jamur tersebut setelah terbalur tepung agar saat di goreng tidak banyak tepung yg ikut ke dalam minyak.
  5. Selanjutnya masukkan minyak goreng ke dalam wajan dan nyalakan api dengan api yang sedang (apinya jangan terlalu besar dikhawatirkan akan cepat gosong). Jika minyak sudah panas masukkan jamur yang telah di saring tadi.
  6. Goreng sambil di aduk – aduk sampai kecoklatan. Setelah keripik dirasa matang, angkat dan tiriskan agar minyak nya tidak ikut terlalu banyak.
  7. Lalu anda bisa simpan di toples atau langsung di makan sebagai lauk, dijadikan camilan juga bisa loh.

Cara membuat keripik jamur kuping

cara membuat keripik jamur kuping

Bahan keripik jamur kuping:

  • 200 gr tepung beras (Sediakan 250 gram, 50 gram untuk persiapan jika adonan keenceran)
  • 1 bungkus jamur kuping (Kurang lebih 250 gr)
  • 1 butir kuning telur ukuran besar
Bumbu Halus:
  • 1 sdm munjung ketumbar
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Sedikit kencur (opsional)
Bumbu Pelengkap:
  • kaldu bubuk
  • lada bubuk
  • air

Cara pembuatan:

  1. Cuci jamur di air yang mengalir satu – satu. Potong sesuai selera dan sisihkan.
  2. Campur tepung beras, bumbu halus & bumbu pelengkap pada wadah lalu tambahkan air sedikit demi sedikit, selanjutnya tambah kuning telur dan aduk rata. Penambahan air bisa dihentikan jika dirasa sudah pas. Tandanya kekentalan sedang, kalau adonan diaduk agak berat. Setelah dirasa kekentalan adonan sudah pas, cobalah rasanya
  3. Panaskan minyak, ambil jamur memakai tangan saja agar anda bisa mengatur jumlahnya, goreng dengan api kecil sampai garing. Balik jamur, pertama pada saat bagian atas sudah mengering dan yang ke dua pada saat jamur akan di angkat (biarkan pada minyak beberapa saat) agar warnanya merata, angkat jika dirasa sudah matang. Tanda keripik sudah matang adalah minyak menjadi tenang. Setelah dingin masukkan kedalam toples.

Cara membuat keripik jamur enoki

cara membuat keripik jamur enoki

Bahan keripik jamur enoki:

  • 1 bungkus jamur enoki
  • 1 bks tepung bumbu serbaguna
  • Secukupnya tepung beras
  • tepung maizena
  • minyak goreng

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih jamur lalu tiriskan ditisue makan. Potong akarnya dan pisahkan jamurnya per batang. Taburi secukupnya tepung bumbu dan aduk rata, pisah – pisahkan per batang jika jamur menempel satu sama lain.
  2. Siapkan toples plastik atau wadah lain yang mempunyai tutup. Beri tepung bumbu sebanyak 6sdm, tepung beras 1 sdm dan maizena 1 sdm. Aduk hingga rata. Masukkan jamur yang telah ditaburi tepung tadi. Tutup toplesnya lalu kocok hingga rata.
  3. Ayak dengan ayakan tepung, supaya tidak ada kelebihan tepung yang bisa mengotori minyak goreng.
  4. Goreng dengan minyak yang sudah panas, dengan api yang kecil. Masukkan satu per satu jamur agar tidak menempel. Goreng hingga warnanya kuning kecoklatan. Tiriskan keripik jamur ditissue makan setelah dingin simpan di toples. Atau bisa disajikan langsung.

Selain untuk konsumsi pribadi anda juga bisa mencoba menjualnya loh dengan mengemas keripik jamur tadi dengan menarik. Salah satunya membungkus keripik tadi pada plastik khusus makanan dan merekatkannya, jika anda bingung bagaimana cara merekatkan plastik tersebut anda bisa menggunakan mesin hand sealer

Terima kasih guys sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda ya! sampai jumpa di artikel lainnya.

 

WhatsApp chat