Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Es Krim Jamur Tiram yang Enak dan Menyehatkan

Cara Membuat Es Krim Jamur Tiram yang Enak dan Menyehatkan

Tentang  Jamur Tiram

Jamur tiram adalah salah satu jamur yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia karena memang permintaan pasar akan jamur tiram cukup tinggi. Apalagi banyak olahan makanan jamur tiram yang dijual di indonesia. Termasuk untuk es krim, maka disini kami hadirkan cara membuat es krim jamur tiram.

Ada banyak waralaba yang juga mengandalkan jamur tiram sebagai olahan utamanya. Biasanya di mall atau di waralaba lain nya sering dijumpai jamur tiram yang dijual dengan cara di goreng crispy, atau biasa disebut dengan jamur crispy.

Namun tahukah anda bahwa jamur tiram bukan hanya bisa dijadikan keripik, atau lauk saja? Jamur tiram juga bisa dijadikan dessert dalam makan malam, jamur tiram juga bisa dijadikan makanan yang sangat popular dan terasa manis.

Apakah makanan manis tersebut? Es Krim. Iya jawabannya adalah Es Krim. Makanan yang biasa digunakan untuk menu dessert ini memang sudah banyak dijual, mulai dari pedagang kecil hingga restoran ternama biasa nya menjual makanan yang satu ini.

Bisnis Es Krim memang menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan bagi kebanyakan orang, asalkan tau pakemnya.

Baca Juga Es Krim Unik dari Bekatul….! Tips Cara Membuat Es Krim Bekatul yang Sehat

Cara membuat Es Krim jamur Tiram

Es Krim Jamur Tiram

Es Krim memang menjadi salah satu menu makanan yang sangat digemari karena rasa nya yang manis serta dingin membuat orang suka memakannya.

Mungkin Es Krim dengan rasa coklat, rasa vanilla dan lain sebagainya sudah bisa anda dengar dan anda makan karena memang kebanyakan produsen ice cream lebih banyak menggunakan perasa tersebut di bandingkan dengan rasa lainnya.

Namun tahukah anda bahwa jamur tiram juga bisa dijadikan Es Krim? Bagaimana bisa? Hal ini tentu agak membuat anda bingung, namun inovasi dalam dunia kuliner memang terus meningkat dan membuat suatu produk seperti Es Krim jamur tiram.

Jamur tiram yang merupakan makanan yang mengandung banyak nutisi, seperti vitamin, besi, kalsium, fosfor, karbohidrat dan protein ini memang banyak dicari dan memang rasa nya juga enak.

Apalagi manfaat yang diberikan nya juga cukup banyak, yaitu sebagai makanan yang mengenyangkan karena mengandung karbohidrat.

Jamur tiram sendiri dapat menurunkan kolesterol, berperan sebagai anti bacterial, anti tumor dan menghasilkan enzim hidrolis serta enzim oksidasi yang bisa membuat tubuh anda sehat jika memakan nya.

Atau Anda ingin menjaga kesehatan mata dengan wortel, Ikuti artikel menarik ini…..!  tips cara membuat es krim wortel

Cara Membuat Es Krim Jamur Tiram

Bagaimana jika jamur tiram dijadikan Es Krim? Apakah kandungan nya akan berkurang? Tentu jawaban nya adalah tidak dan ice cream jamur tiram tetap menyehatkan bagi keluarga anda dan lain nya.

Sehingga bagi anda yang ingin mencoba membuat ice cream jamur tiram bisa mengikuti resep ice cream jamur tiram. Oleh karena itu kami akan mengulas tentang cara membuat Es Krim jamur tiram yang enak dan menyehatkan:

Cara Membuat Ice Cream jamur Tiram

Bahan Es Krim Jamur Tiram :

  • 250 gram jamur tiram, atau maksimal 500 gram.
  • ½ kaleng susu kental manis.
  • 500 ml susu segar atau susu UHT.
  • 2 butir kuning telur.
  • 1-2 santan kara.
  • 2 sendok makan tepung maizena.
  • Gula pasir atau gula halus sebanyak 100 gram.
  • 2 sendok the vanilli.
  • Garam secukupnya.

Berikut Tata Cara Membuat Es Krim Jamur Tiram :

Berikut ini adalah urutan dalam Cara Membuat Es Krim jamur Tiram:

  1. Cuci jamur tiram yang sudah anda siapkan tadi, kemudian potong jamur tiram dengan potongan kecil-kecil agar mudah untuk di blender atau di haluskan.
  2. Kemudian rebus jamur tiram selama 20 menit, tiriskan jamur tiram tersebut, dan setelah jamur tiram dingin, anda peras jamur tiram tersebut agar kadar air di dalam jamur tiram bisa berkurang.

Setelah anda melakukan cara di atas, ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan, untuk alternatif 1 adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan jamur tiram yang sudah anda bersihkan dan anda rebus tadi ke dalam blender.
  2. Masukkan susu segar ke dalam nya, kemudian blender jamur tersebut hingga benar-benar halus.
  3. Kemudian di wadah terpisah, anda harus mengocok susu kental manis, kuning telur dan gua, kemudian tambahkan santan dan garam.
  4. Setelah itu masukkan adonan tersebut ke dalam blender yang berisi jamur tiram, blender adonan yang sudah di campurkan tadi selama kurang lebih 10 menit sambil tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit.

Itu adalah cara pertama, anda bisa memilih alternatif lain jika memang jamur tiram yang anda buat banyak. Berikut adalah alternatif kedua:

  1. Jika jamur tiram anda banyak, maka jamur tidak bisa langsung di blender dengan susu, sehingga anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu.
  2. Masukkan jamur tiram yang sudah di basuh dan direbus ke dalam blender, dan haluskan hingga jamur benar-benar halus.
  3. Kemudian diamkan jamur tiram yang sudah halus tersebut kira-kira 12 jam agar air nya bisa terpisah dari jamur tersebut.
  4. Setelah 12 jam, air nya di bagian bawah dan jamur nya pada bagian atas, sehingga anda ambil jamur nya saja.
  5. Kemudian tambahkan susu segar, susu kental manis, kuning telur dan gula yang dikocok terpisah, kemudian tambahkan juga santan dan garam ke dalam nya.
  6. Setelah semuanya sudah tercampur, anda blender atau mixer adonan tersebut hingga tercampur rata sambil di tambah tepung maizena sedikit demi sedikit.

Tips Lain yang mau Es Krim Pedas, Baca Tips Menarik ini….! Cara Membuat Es Krim Pedas atau Rujak Es Krim

Setelah anda selesai melakukan alternatif pertama atau yang kedua, tergantung dari seberapa banyak jamur yang anda gunakan, maka langkah selanjutnya dalam Cara Membuat Es Krim Jamur Tiram yang Enak dan Menyehatkan adalah sebagai berikut:

  1. Tuang adonan yang sudah anda mixer tadi ke dalam panci.
  2. Kemudian panaskan adonan tersebut dengan api kecil, dan aduk-aduk hingga adonan menjadi lebih kental dan mendidih.
  3. Angkat adonan tersebut agar dingin, kemudian masukkan vanilli ke dalam nya dan aduk kembali hingga merata.
  4. Setelah adonan sudah benar-benar dingin, masukkan adonan ke dalam wadah, kemudian masukkan ke dalam freezer.
  5. Saat di dalam freezer, setiap 1-2 jam, anda harus mengaduk nya atau di mixer ulang agar adonan ice cream menjadi lebih halus, kemudian masukkan ke dalam freezer kembali.
  6. Ulangi mixer ice cream sebanyak 3-4 kali agar adonan menjadi lebih lembut, baru setelah benar-benar lembut, anda bisa memasukkan nya kembali ke dalam freezer hingga membeku.
  7. Es Krim jamur tiram siap untuk di sajikan.

Cara di atas merupakan cara yang tradisional, jika anda memiliki Mesin Es Krim, anda tidak perlu mengulangi langkah mixer 5 dan 6 secara berulang-ulang.

Karena anda hanya perlu memasukkan nya ke dalam mesin ice cream dan semua nya akan menjadi halus atau menjadi Es Krim dengan sendirinya, sehingga lebih menghemat waktu, tenaga dan uang.

Ingatlah untuk memilih alternatif cara pertama atau yang kedua, karena langkah di atas memberikana anda 2 opsi, tergantung dari seberapa banyak jamur tiram yang akan anda gunakan. Bagaimana? Anda ingin mencoba nya?

Segera praktikkan dan buatlah ice cream jamur tiram yang enak dan menyehatkan. Atau ingin es krim yang lebih sehat, dengan Es Krim Herbal, disini ada Cara Membuat Es Krim Herbal yang menyehatkan.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Es Krim jamur Tiram yang enak dan menyehatkan yang bisa kami berikan untuk anda.

Semoga informasi di atas bisa membantu anda untuk membuat ice cream jamur tiram yang enak untuk keluarga anda. Serta dapat anda jadikan referensi untuk Usaha Es Krim anda kedepannya.

Atas perhatian nya, kami ucapkan terima kasih banyak.

By |2018-07-16T14:07:22+00:00April 18th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Es Krim Jamur Tiram yang Enak dan Menyehatkan

About the Author:

WhatsApp chat