Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat Yang Enak

Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat Yang Enak

Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat Yang Enak – Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak mengandung manfaat. Selain digunakan untuk mendapatkan energi karena kandungan kerbohidarat nya, singkong merupakan bahan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai makanan. Kebanyakan adalah makanan tradisional, namun untuk saat ini singkong sudah banyak beralih fungsi menjadi makanan yang cukup modern pengolahan nya.

Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat Yang Enak
Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat Yang Enak

Singkong adalah ketela rambat yang tumbuh nya dengan cara menanam pohon singkong nya yang kemudian akar nya merambat dan membentuk gumpalan dan menjadi daging dari ketela pohon tersebut. Hal ini memang cukup menarik mengingat rasa yang diberikan oleh singkong atau ketela pohon ini cukup unik dan enak untuk di makan.

Singkong memiliki banyak sekali jenis nya, ada singkong yang memang bisa digunakan dalam membuat makanan dan tidak berbahaya, ada juga singkong yang tidak bisa dimakan atau hanya bisa di makan ketika sudah di lakukan proses pembuangan racun yang ada pada singkong tersebut.

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dihasilkan dari singkong, selain bisa dijadikan pengganti nasi oleh sebagian orang, singkong ini banyak digunakan dalam membuat keripik, keripik singkong memang salah satu makanan yang bisa digunakan untuk camilan ketika waktu santai atau waktu lain nya karena memang rasa dari keripik singkong ini sangat gurih, renyah dan enak.

Cara Membuat Keripik Singkong

Ketela pohon ini bisa dijadikan berbagai variasi keripik singkong, ada banyak sekali variasi yang bisa anda pilih dalam membuat keripik singkong yang enak dan gurih, tentu saja hal ini dikarenakan banyak nya orang yang bereksperimen dengan berbagai tambahan bahan dalam membuat keripik singkong ini bisa menjadi makanan yang memiliki harga nilai jual yang tinggi.

Singkong yang memang merupakan umbi-umbian yang tidak begitu memiliki nilai jual tinggi, di rubah menjadi sebuah makanan atau keripik yang nilai jual nya cukup tinggi, sehingga bisa membantu para petani singkong yang ada di setiap daerah yang ada di Indonesia ini.

Salah satu jenis keripik singkong yang ada di Indonesia saat ini adalah keripik singkong rasa cokelat, keripik singkong rasa cokelat ini memang dibuat dengan cara yang sama seperti pembuatan keripik singkong lain nya, hanya saja keripik singkong yang satu ini memang memiliki tambahan bahan seperti coklat yang akan membuat rasa nya berubah menjadi rasa coklat.

Anda pasti sudah penasaran bagaimana cara pembuatan keripik singkong cokelat ini? Berikut kami akan mengulaskan cara membuat keripik singkong cokelat yang enak di bawah ini, berkut ulasan nya:

Bahan dan Bumbu Keripik Singkong Cokelat:

  • 750 gram singkong yang di iris tipis dan panjang (setelah di iris 500 gram)
  • 1 sendok teh air kapur sirih.
  • 1 sendok teh garam.
  • 500 ml air es.
  • minyak untuk menggoreng.

Bahan untuk Pelapis Dalam Membuat Keripik Singkong Rasa Cokelat:

  • 200 gram gula pasir.
  • 200 ml air.
  • 2 sendok teh cokelat bubuk.
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/4 sendok teh garam.

Baca Juga Resep Keripik Singkong Yang Lezat dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat yang Enak:

  1. Hal pertama dalam membuat keripik singkong rasa cokelat yang enak alah mengupas kulit singkong terlebih dahulu.
  2. Kemudian basuh singkong tersebut yang sudah anda kupas tersebut.
  3. Setelah itu campurkan air kapur sirih, garam dan air es yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  4. Setelah itu rendamkan singkong yang sudah anda kupas dan dibersihkan tadi ke dalam nya dan tunggu hingga 30 menit berlalu.
  5. Jika sudah 30 menit, tiriskan singkong yang sudah anda rendam tadi dan lap hingga singkong tersebut kering.
  6. Setelah itu potong dengan ukuran yang sesuai dengan selera anda.
  7. Kemudian goreng singkong yang sudah anda rendam dan anda potong tersebut dalam minyak yang sudah di panaskan hingga keripik singkong tersebut renyah.
  8. Setelah itu, anda siapkan bahan yang akan anda gunakan untuk membuat pelapis nya, campurkan gula pasir, air, cokelat bubuk, garam secukupnya dan kayu manis bubuk, setelah itu aduk hingga merata.
  9. Setelah itu masak hingga berbusa, dan masukkan singkong tersebut ke dalam nya dan aduk hingga merata.
  10. Matikan api dan aduk hingga kering.

Tips Cara Membuat Keripik Singkong

Keripik singkong cokelat ini takaran nya pas untuk 350 gram keripik singkong jadi, anda bisa menambahkan beberapa bahan lain yang ingin anda gunakan dalam pembuatan keripik singkong cokelat ini, atau anda bisa mengganti coklat dengan rasa lain nya sesuai dengan selera anda. Jika anda ingin membuat keripik singkong rasa cokelat dalam jumlah yang lebih banyak, anda hanya perlu mengalikan semua jumlah bahan nya dalam beberapa kali lipat saja.

Sebaiknya anda menggunakan mesin penggoreng hampa yang akan membuat keripik singkong anda lebih enak, gurih serta tidak akan menghabiskan banyak minyak, sehingga akan lebih menghemat pembiayaan dalam membuat keripik singkong ini. Selain itu anda juga tidak perlu mengeringkan atau meniriskan minyak yang ada, karena minyaknya langsung meniris sendiri. Jadi keripik singkong anda akan terhindar dari rasa atau bau apek yang disebabkan minyak yang belum meniris secara sempurna.

Untuk perendaman menggunakan kapur sirih adalah untuk membuat keripik menjadi gurih dan lebih renyah. Sehingga anda harus merendamnya dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu 30 menit. Sebaiknya tidak lebih atau tidak kurang dari 30 menit karena jika kurang maka akibatnya keripik akan agak keras, dan jika lebih maka rasa nya juga tidak akan sama. Pemberian kapur nya juga jangan terlalu banyak, karena pemberian kapur yang terlalu banyak akan membuat rasa dari keripik nantinya menjadi pahit.

Demikian informasi tentang cara membuat keripik singkong cokelat yang enak yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin mencoba membuat keripik singkong dalam rasa yang berbeda, seperti keripik singkong rasa cokelat ini misalnya. Namun alat yang digunakan dalam membuatnya tetap sama, yaitu mesin keripik singkong. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •