Keripik singkong adalah salah satu jenis cemilan khas Indonesia yang disukai banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dan juga sudah menjadi tren dari dulu hingga sekarang. Resep keripik singkong pun sangat mudah oleh sebab itu banyak orang membuat sendiri untuk dijual ataupun dijadikan cemilan dirumah.

Singkong sendiri adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Singkong dikenal luas sebagai makanan pokok yang mengandung karbohidrat dan daunnya bisa menjadi sayuran. Umbi singkong memiliki sumber energi karbohidrat yang  kaya akan karbohidrat namun sedikit kandungan proteinnya.

Tidak sulit untuk menemukan keripik singkong, mulai dari warung yang ada di pinggir jalan sampai buatan pabrik besar dengan kemasan yang menarik. Keripik Singkong bisa dijual dengan berbagai macam varian rasa, sebut saja rasa balado, keju, dan masih banyak lagi yang tentu sangat renyah dan lezat untuk dinikmati.

Jenis keripik yang sangat banyak saat ini, membuat tingkat persaingan dalam dunia bisnis keripik semakin tinggi. Misalnya saja keripik kentang, keripik pisang, dan lain-lain. Namun yang paling banyak dicari saat ini tetap keripik singkong karena memang cara membuat keripik singkong cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapat.

Selain itu keripik singkong juga mempunyai rasa yang khas dan juga mempunyai daya tarik tersendiri untuk membuat orang yang memakannya, oleh sebab itulah lumayan banyak orang yang membuka usaha keripik singkong, mulai dari yang per kilo sampai yang menggunakan kemasan yang cukup menarik.

Keripik singkong memak sangat banyak dijual tetapi daripada membeli, tidak ada salahnya jik kita ingin membuat sendiri keripik singkong tersebut. Salah satu alasan utamanya yaitu jika membuat keripik singkong sendiri pasti akan lebih sehat dan higienis dan juga bisa dibuat sesuai dengan keinginan.

Untuk resep keripik singkong yang mudah dan lezat, kamu bisa ikuti resep keripik singkong yang lezat dan mudah dibuat berikut ini.

Resep Keripik Singkong yang Lezat dan Mudah Dibuat

Resep Keripik Singkong yang Lezat dan Mudah Dibuat

Untuk membuat keripik singkong yang enak, kamu harus memilih bahan singkong yang tentunya berkualitas bagus. Dalam memilih singkong yang berkualitas bagus, kamu harus teliti yaitu dengan memilih singkong yang masih segar, kulitnya masih menempel.

Selain itu perhatikan juga bagian pangkal singkongnya, karena singkong yang bagus masih kelihatan putih dan juga terdapat garis-garis biru kehitaman pada daging singkongnya. Ada banyak sekali jenis singkong yang bisa diolah menjadi keripik singkong.

Tapi singkong yang paling bagus untuk diolah menjadi keripik adalah singkong mentega, karena rasanya yang enak, manis, dan teksturnya empuk saat dimakan. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang mencari jenis singkong ini untuk dijadikan keripik singkong.

Selin itu, singkong mentega juga enak dinikmati dalam keadaan digoreng atau direbus, dan bisa juga dijadikan tape. Sekarang langsung saja kita masuk ke pembahasan cara membuat keripik singkong yang mudah dan lezat.

1. Resep Keripik Singkong Balado

Bahan-bahan Utama yang Dibutuhkan:

  • 1 kg singkong.
  • 1 sendok makan kapur sirih.
  • 5 siung bawang putih untuk rendaman.
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu.
  • 5 sendok makan garam untuk rendaman.
  • 300 ml air matang.
  • minyak goreng secukupnya.
Bumbu Halus:
  • 150 gram cabai merah keriting.
  • 1 setengah sendok teh garam.
  • 8 butir bawang merah.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu kupas terlebih dahulu singkong kemudian cuci bersih. Setelah itu iris tipis dengan memakai alat pengiris untuk membuat keripik jika ada, atau bisa menggunakan pisau, tetapi usahakan ukuran irisan sama tipis dan tidak tebal sebelah.
  2. Setelah selesai mengiris singkong, selanjutnya campurlah air bersih dengan menggunakan air kapur sirih, beri garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan kemudian aduk sampai rata. Lalu masukkan irisan singkong kedalamnya kemudian rendam hingga 30 menit.
  3. Jika sudah selesai merendam, angkat lalu tiriskan. Setelah itu siapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng untuk menggoreng singkong, masukkan singkong kedalam wajan lalu goreng singkong sampai matang dan kering. Kemudian angkat lalu tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak berminyak.
  4. Selanjutnya panaskan minyak lagi untuk bumbu balado. Masukkan bumbu halus yaitu cabai merah keriting, garam, dan bawang merah lalu aduk-aduk. Masukkan gula pasir kemudian aduk-aduk lagi bumbu hingga mengering.
  5. Setelah bumbu mengering, kecilkan api lalu masukkan keripik singkong kemudian aduk sampai merata. Angkat lalu tiriskan, setelah itu diamkan hingga dingin lalu sajikan.

Itulah tadi resep keripik singkong balado. Cara membuatnya sangat mudah dan tentunya rasanya sangat lezat untuk dinikmati sebagai camilan.

2. Resep Keripik Singkong Pedas Gula Merah

Bahan-bahan Utama yang Dibutuhkan:

  • 1 kg singkong yang sudah dikupas, iris tipis.
  • 2,5 liter air bersih.
  • 25 mililiter air kapur sirih.
  • 100 gram gula merah yang digerus.
  • Setengah sendok makan garam.
  • satu sendok teh garam.
  • 50 mililiter larutan air asam jawa.
  • 30 mililiter minyak sayur untuk menumis.
Bumbu yang Dihaluskan:
  • 42 gram bawang putih.
  • 100 gram bawang merah.
  • 10 gram cabai rawit.
  • 85 gram cabai merah keriting atau banyaknya bisa sesuai selera.
  • Setengah sendok makan ketumbar.

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Gula Merah:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah iris tipis singkong kemudian cuci bersih.
  2. Kemudian siapkan air bersih dan campur dengan air kapur sirih, lalu tambahkan garam sebanyak setengah sendok makan setelah itu larutkan.
  3. Setelah selesai, masukkan singkong yang sudah diirs kedaram air kapur sirih selama 30 menit. Setelah selesai angkat lalu tiriskan.
  4. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng.
  5. Selanjutnya masukkan singkong yang sudah direndam lalu goreng sampai matang kecoklatan, setelah itu angkat lalu tiriskan dan sisihkan.
  6. Siapkan minyak goreng lalu pansakan lagi. Tumis bumbu halus yaitu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah keriting, dan ketumbar. Tumis hingga harum.
  7. Selanjutnya tambahkan gula merah, garam, air larutan asam jawa, dan air secukupnya, masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup dan mengental. Setelah matang matikan kompornya.
  8. Setelah itu masukkan juga irisan singkong yang sudah digoreng kedalam wajan berisi bumbu, aduk hingga merata, setelah selesai angkat lalu dinginkan.
  9. Terakhir adalah sajikan di piring saji dan siap dinikmati.

Itulah tadi resep keripik singkong pedas gula merah. Rasa keripik singkong yang satu ini tak kalah lezat. Selain pedas, ada rasa manis sedikit dari gula merahnya.

3. Resep Keripik Singkong Pedas

Bahan-bahan Utama yang Dibutuhkan:

  • Singkong pilihan yang masih segar dan bagus sebanyak 1 kg.
  • 1 sendok makan kapur sirih.
  • 5 sendok makan garam.
  • 300 ml air bersih.
  • 5 siung bawang putih.
  • 2 sendok makan gula pasir.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 150 gram cabai merah keriting.
  • 1 setengah sendok teh garam.
  • 8 butir bawang merah.

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas:

  1. Langkah pertama harus dilakukan untuk resep keripik singkong pedas adalah mengupas terlebih dahulu kulit singkong, setelah selesai lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu potong atau iris singkong tersebut dengan ukuran yang sama, yaitu tebal antara satu dengan yang lain usahakan sama. Dalam hal ini anda bisa menggunakan pisau yang tajam untuk mengiris singkong dalam jumlah banyak, atau bisa juga menggunakan mesin pemotong singkong jika ada. Setelah selesai memotong, sisihkan singkong.
  3. Selanjutnya siapkan air bersih sebanyak 300 ml lalu campurkan air dengan kapur sirih setelah itu aduk-aduk sampai merata.
  4. Setelah itu ambil singkong yang sudah di iris lalu masukkan ke dalam larutan air kapur sirih tersebut selama kurang lebih 30 menit, kemudian angkat lalu tiriskan. Merendam singkong di larutan air kapur sirih ini bertujuan supaya singkong terasa lebih renyah, dan juga inilah hal yang utama yang tidak boleh kamu lupakan dalam membuat keripik singkong yang renyah.
  5. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng, pastikan minyak goreng sudah benar-benar panas. Setelah itu goreng irisan singkong sampai matang yaitu sampai berwarna agak kekuningan. Setelah matang, angkat lalu tiriskan dan sisihkan.
  6. Selanjutnya haluskan bumbu halus, yaitu cabai merah keriting, garam, dan bawang merah. Setelah halus, masukkan kedalam wajan lalu tumis sampai bumbu halus merata, kemudian tambahkan gula pasir, lalu aduk-aduk lagi hingga merata  dan meletup-meletup.
  7. Setelah itu kecilkan api kemudian masukkan irisan singkong yang sudah digoreng tadi kedalam wajan bersama bumbu halus tadi. Kemudian aduk-aduk keripik singkong hingga tercampur merata dengan bumbu.
  8. Jika sudah merata, matikan kompor kemudian diamkan keripik singkong pedas hingga dingin.
  9. Setelah dingin, keripik singkong pedas bisa disajikan atau bisa dikemas jika ingin dijual.

Itulah tadi resep keripik singkong pedas. Keripik singkong rasa pedas ini tentu sudah tak asing lagi bagi kita dan pasti pernah mengkonsumsinya. Bagi pecinta cemilan pedas, keripik singkong ini biasa jadi pilihan utama untuk dinikmati.

 

Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan

Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan

Meski terlihat sederhana dan seringkali dianggap sebagai makanan kalangan bawah, ternyata singkong menyimpan banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan karena kandungan gizinya yang cukup lengkap. Begitu pula dengan olahan singkong yang satu ini yaitu keripik singkong.

Keripik singkong juga mempunyai beberapa manfaat. Berikut ini akan kita bahas manfaat keripik singkong bagi kesehatan.

1. Sumber Mineral

Singkong adalah bahan makanan yang  memiliki beberapa kandungan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Diantaranya adalah magnesium, seng, mangan, tembaga, besi, dan kalium. Kandungan kalium pada singkong juga lumayan tinggi, yaitu sekitar 271 mg per 100 gram singkong.

Kalium adalah bagian yang sangat penting dari cairan tubuh dan sel, serta mempunyai peran dalam membantu mengatur denyut jantung dan juga tekanan darah.

Jika tubuh kekurangan kalium, bisa menyebabkan gangguan pada irama jantung atau yang disebut aritmia. Selain itu, kalium juga membantu mengatur tekanan darah sehingga dapat mencegah hipertensi.

2. Sumber Energi

Singkong adalah bahan makanan yang rendah kolesterol dan lemak, tetapi memiliki kandungan kalori yang tinggi, yaitu 160 kalori per 100 gram singkong. Pada saat dahulu, singkong pernah menjadi makanan pokok rakyat Indonesia.

Di masa sekarang pun pemerintah kembali menyuarakan gerakan agar umbi-umbian termasuk juga singkong menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi. Singkong merupakan umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori yang tertinggi.

Yang terutama berasal dari sukrosa yang mana membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. Kandungan kalori singkong dua kali lebih tinggi dari kentang. Singkong bisa memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Sumber Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membangun massa tulang dengan cara memicu aktivitas osteotrophic pada tulang. Tulang adalah organ yang berfungsi melindungi tubuh dari benturan benda tumpul, mengkonsumsi singkong secara teratur dapat menjaga tulang tetap kuat.

Vitamin K juga ternyata dapat membantu mengurangi kerusakan syaraf pada otak, oleh sebab itu bisa berguna dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer dapat dilihat dari tandanya yaitu menurunnya kemampuan berpikir dan bicara.

4. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong adalah bahan makanan yang merupakan sumber vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin lainnya seperti folat, riboflavin, thiamin, piridoksin (vitamin B6), serta asam patotenat. Riboflavin bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

Singkong juga ternyata mengandung vitamin B17 atau amygdaline yang mana berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab penyakit kanker. Vitamin B17 bermanfaat sebagai alat pengobatan penyakit kanker tanpa kemoterapi.

5. Sumber Serat

Serat pangan seperti yang terkandung dalam singkong sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki beberapa kegunaan, antara lain adalah:

  • Mencegah obesitas, karena singkong memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah lemak.
  • Menurunkan tekanan darah, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi.
  • Mengurangi risiko diabetes, karena serat dapat mengendalikan kadar gula darah agar tetap berada dalam batas normal.
  • Menjaga kadar kolesterol dalam darah, yang mana berguna untuk mencegah penyakit jantung. Dahulu, penyakit jantung banyak menyerang kaum lansia, tetapi kini kaum usia muda pun banyak terserang penyakit ini dikarenakan oleh gaya hidup, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, kurangnya olahraga, dan tingkat sres yang tinggi.
  • Mengurangi risiko stroke, yaitu hilangnya fungsi otak dengan cepat yang diakibatkan oleh gangguan aliran darah menuju ke otak.
  • Mencegah kanker usus besar, dikarenakan oleh kandungan serat yang ada di dalamnya yang membantu proses buang air besar menjadi lancar.
  • Membantu untuk memperlancar sistem pencernaan.

6. Bebas Gluten

Belakangan ini, makanan yang bebas gluten sedang menjadi tren di masyarakat yang menggandrungi gaya hidup sehat. Kandungan gluten yang ada pada makanan diketahui bisa menyebabkan penyakit celiac, yaitu reaksi tubuh akibat intoleransi terhadap zat gluten.

Celiac ditandai dengan kerusakan usus halus sehingga usus menjadi kehilangan kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu. Bagi para penderita celiac, mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti sakit perut, kembung, diare, dan juga sering merasa lelah.

Pada anak, celiac menyebabkan terhambatnya proses pertumbuhan dan berat bayi lahir rendah. Konsumsi gluten juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti osteoporosis dan juga kanker usus.

Singkong merupakan salah satu jenis makanan yang bebas gluten. Oleh karena itu, singkong adalah makanan yang aman dikonsumsi oleh para penderita celiac. Singkong bisa menggantikan bahan makanan yang diketahui mengandung gluten.

Terbukti bahwa singkong banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, perhatikan juga cara mengolah dan mengkonsumsi singkong. Cara pengolahan singkong yang salah justru bisa menimbulkan risiko kesehatan lainnya.

 

Sekian artikel tentang resep keripik singkong yang lezat dan mudah dibuat dan juga juga mengenai beberapa fakta manfaat singkong bagi kesehatan yang bisa penulis rumahmesin.com berikan. Semoga bermanfaat.