Siapa Nih Yang Suka Sama Kerupuk Terasi? Yuk Simak Cara Membuat Kerupuk Terasi

Masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dengan makanan yang bernama kerupuk, makan seperti ada yang kurang apabila tidak ada kerupuk, ada berbagai jenis kerupuk dan memiliki citarasa yang berbeda. Rasa gurih dari kerupuk memang dapat menambah selera dan pelengkap makanan. Di sini saya akan membahas mengenai Bagaimana cara membuat kerupuk terasi. Bahan Bakunya sama seperti kerupuk pada umumnya.

Tepung tapioka merupakan bahan utama atau bahan dasar untuk membuat kerupuk yang di campur dengan terasi agar memiliki rasa yang khas dan enak. Cara membuat kerupuk terasi ini kami sajikan untuk anda yang gemar sekali menyantap hidangan dengan pelengkap kerupuk. Langsung saja yuk kita simak untuk cara pembuatannya

Cara Membuat Kerupuk Terasi

Bahan Pembuat Kerupuk Terasi:

  • Tapioka : 1 kg
  • Terigu : 1/4 kg
  • Terasi : 100 gr
  • Garam : 100 gr
  • Gula Pasir : 75 gr
  • Bumbu Masak : secukupnya
  • Bawang putih : 75 gr

Cara membuat kerupuk terasi:

  1. Haluskan bawang putih, kemudian tumis lalu angkat jika sudah harum
  2. Masukkan garam, gula pasir, bumbu masak, tumisan bawang putih dan terasi ke dalam wadah. Aduk sampai rata
  3. Campurkan tepung tapioka dan terigu. Ambil sedikit dan larutkan dengan 1/4 ltr air.
  4. Setelah tepung larut, tambahkan adonan bumbu yang sudah kita buat tadi.
  5. Panaskan adonan pada wajan sambil diaduk sampai menjadi bubur yang kental.
  6. Pindahkan adonan yang sudah dipanaskan dan kental tersebut ke dalam baskom yang bersih.
  7. Masukkan sisa tepung ke dalam adonan dan tambahkan sedikit demi sedikit air sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis dan sudah tidak lengket di wajan.
  8. Masukkanlah adonan kerupuk tadi ke dalam plastik yang berbentuk silinder dengan panjang kurang lebih 20 cm dan diameter 5 – 7 cm. Setelah dimasukkan, padatkan adonan dan tutup kedua ujungnya.
  9. Kukus plastik yang berisi adonan dengan menggunakan dandang / kukusan sampai matang.
  10. Setelah adonan matang, adonan bisa dikatakan matang apabila warnanya berubah menjadi bening, angkat adonan dan tiriskan diatas tampah selama 8 – 12 jam sampai mengeras. Adonan yang sudah keras dan kering akan mudah di iris dan tidak akan mudah patah.
  11. Iris adonan dengan menggunakan pisau yang sangat tajam agar mudah mengatur tebal tipis potongan. Iris setebal 2 mm
  12. Kemudian keringkan kerupuk yang sudah di iris tipis tadi. Cara mengeringkan kerupuk terdiri dari 2 tahap. Pada tahap awal, angin-anginkan adonan kerupuk selama kurang lebih 24 jam. Setelah itu, baru dijemur di bawah sinar matahari secara langsung.
  13. Lama pengeringan tergantung pada cuaca. Pastikan kerupuk sudah sangat kering dan keras, baru kemudian kerupuk siap untuk di goreng.

Jika Anda ingin membuat kerupuk terasi tapi tidak mau ribet saya ada resep lain cara membuat kerupuk terasi nih langsung aja yuk simak

Bahan-bahan kerupuk terasi

  • 500 gr tepung tapioka
  • 200 ml air
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 sdt garam
  • 2 sdt terasi goreng

Langkah – langkah membuat kerupuk terasi

  1. Haluskan semua bumbu dan campurkan dengan air.
  2. Campur larutan air dengan 1 sdm tepung tapioka, aduk rata dan rebus hingga menjadi lengket seperti lem.
  3. Saat masih panas tuang adonan kerupuk ke dalam baskom dan tambahkan sisa tapioka tadi sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga bisa dibentuk.
  4. Bentuk memanjang seperti pempek lenjer atau silindris dan baluri dengan minyak goreng.
  5. Kukus selama kurang lebih 45 menit, dinginkan dan simpan di dalam kulkas semalaman.
  6. Iris tipis dengan pisau yang tajam dan tata di atas loyang atau tampah.
  7. Jemur di bawah sinar matahari hingga kerupuk menjadi benar – benar kering.
  8. Goreng dengan minyak panas yang banyak.

Anda juga bisa nih mengkreasikan kerupuk terasi dengan nasi sisa, biasanya kalau anda mempunyai nasi sisa pasti langsung dibuang kan? wah sayang sekali padahal bisa diolah olah loh yuk simak cara membuat kerupuk terasi nasi sisa

Bahan – bahan kerupuk terasi

  • Siapkan Nasi sisa seadanya.
  • Siapkan Bawang putih 2 (tergantung banyak nya nasi).
  • Tambahkan 1 bungkus Terasi.
  • Tambahkan Penyedap rasa.
  • Ambil Aci atau tepung tapioka.

Cara Membuat kerupuk

  1. Cuci nasi yang akan bau sampai bau nya hilang, kalau tidak bau maka tidak perlu di cuci.
  2. Setelah nasi dicuci bersih, kukus nasi sekitar 15 menit
  3. Sambil menunggu nasi, haluskan bawang putih dan terasi
  4. Angkat nasi dan taburkan tepung tapioka atau aci ketika masih panas secukupnya, kalau nasi sebanyak satu piring taburkan saja satu sendok. Aduk rata dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tambahkan penyedap rasa.
  5. Tunggu agak dingin lalu di cetak menggunakan plastik dan di lumuri minyak sedikit.
  6. Lalu di jemur sampai kering, setelah sudah benar – benar kering bisa di goreng.

Sangat mudah bukan Cara membuat terasi di atas. Anda bisa membuat kerupuk ini dalam jumlah yang banyak untuk stok, namun tipsdari saya yaitu untuk mengusahakan pembuatan kerupuk terasi ini di musim kemarau karena panas matahari yang sangat baik. Bila musim penghujan anda akan kesulitan dalam proses penjemuran bahan kerupuk tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo

Peluang Bisnis Kerupuk Terasi

cara membuat kerupuk udang

Anda tertarik menjalankan bisnis kerupuk? Bagaimana cara menjalankan bisnis kerupuk terasi dengan cara yang mudah? Untuk memulai bisnis kerupuk sendiri memang bisa dikatakan sangat mudah. Dengan memiliki beberapa modal maka usaha kerupuk Anda dapat berjalan dengan mudah. Potensi bisnsi kerupuk yang terbilang cukup bagus dan berprospek cerah membuat usaha ini patut Anda coba.

Sasaran pasar bisnis untuk kerupuk yang luas dan besar memang membuat usaha kerupuk terasi ini sangat menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis kerupuk memang bisa dengan mempelajari lebih dalam bisnis tersebut dahulu.

Untuk memperdalam bisnis kerupuk, anda harus mengetahui dan memahami mengenai potensi, bagaimana peluang, bagaimana pemasaran, apa kelebihan, kekurangan dan juga mengetahui analisa usahanya. Untuk Anda yang tertarik dengan bisnis kerupuk terasi maka anda bisa menjalankan usahanya yang saya jelaskan di bawah ini :

Peluang usaha untuk kerupuk terasi

Peluang untuk usaha kerupuk terasi dapat dibilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha ini bisa menjadi salah satu pilihan usaha camilan yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik dan menekuni usaha tersebut. Peluang untuk usaha olahan kerupuk masih sangat terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja yang ingin melakukan usaha ini.

Prospek dalam menjalankan usaha kerupuk terasi

Prospek untuk usaha kerupuk dapat dikatakan sangat cemerlang . Dimana melalui usaha kerupuk, anda dapat mendatangkan keuntungan yang bombastis. Usaha yang bergelut dengan camilan kerupuk memiliki prospek sangat bagus dalam jangka panjang.

Memulai usaha kerupuk terasi

Ketika anda akan menjalankan usaha kerupuk terasi dapat dimulai dengan langkah yang mudah. Dalam usaha kerupuk bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Usaha kerupuk bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang bisa dikatakan kecil.

Pelaku usaha kerupuk terasi

Usaha kerupuk terasi bisa dilakukan bagi semua orang yang menginginkan usaha kerupuk yang menguntungkan tersebut mulai dari remaja hingga dewasa. Bagi siapa saja ingin menjalankan usaha kerupuk sangatlah mudah,selain cara membuat kerupuk terasi yang mudah, juga laba menguntungkan.

Konsumen usaha kerupuk

Konsumen kerupuk bisa dikatakan besar dan tak terbatas mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan baku usaha kerupuk terasi

Dalam menjalankan usaha kerupuk terasi membutuhkan bahan baku untuk membuatnya. Untuk membuat kerupuk yang nikmat dan enak anda membutuhkan bahan baku sebagai berikut: tepung tapioka, tepung sagu, udang, bahan lain, ketumbar, bawang putih, penyedap rasa, garam, minyak goreng dan pewarna makanan secukupnya (pewarna makanan yang dipakai harus benar benar aman). Untuk bahan baku kerupuk dapat dijumpai di pasar atau toko besar. Pastikan dalam menjalankan bisnis kerupuk terasi untuk memilih bahan kerupuk berkualitas, selain agar rasanya nikmat juga untuk menjaga kualitas kerupuk terasi.

Peralatan usaha

Untuk menjalankan usaha kerupuk terasi ini anda membutuhkan beberapa peralatan seperti tempat produksi, kompor gas, mesin pengaduk adonan, mesin penggiling bahan, mesin pengering kerupuk, panci, timbangan, tampah, pisau, wajan, peralatan penggoreng, mesin peniris minyak, baskom, toples, serbet, Hand Sealer dan peralatan pendukung lainnya.

Lokasi strategis dalam berjualan kerupuk terasi

Dalam berjualan camilan kerupuk terasi, Anda harus memilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Usaha ini bisa dijalankan dengan membuka kios sendiri. Atau anda dapat menitipkan produk kerupuk ke toko, warung, swalayan atau rumah makan.

Karyawan usaha kerupuk terasi

Untuk karyawan dalam menjalankan usaha kerupuk ini, anda bisa mempekerjakan satu orang terlebih dahulu untuk permulaan.

Harga jual

Untuk harganya, kerupuk terasi yang anda jual dapat dibuat dalam hitungan per kemasan dengan harga mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000. Atau disesuaikan dengan harga bahan baku.

Strategi promosi usaha kerupuk terasi

Pemasaran usaha kerupuk terasi bisa dilakukan dengan cara membuat racikan resep kerupuk yang enak dan nikmat. Selain itu dapat juga memanfaatkan promosi bisnis kerupuk dari media sosial seperti facebook, path, whatsApp, line, bbm, instagram dan lainnya. Anda juga dapat promosi dengan strategi pemasaran kerupuk lewat menyebarkan berbagai brosur.

Keuntungan dalam menjalankan usaha kerupuk

Keuntungan bila Anda memilih peluang usaha kerupuk terasi ini yakni merupakan camilan nikmat yang sangat digandrungi banyak kalangan. Sehingga sangat bagus dijadikan usaha

Kekurangan usaha kerupuk

Kekurangan yang dimiliki usaha kerupuk ialah kerupuk memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan kerupuk terasi anda dapat meminimalisir dengan cara anda membuat kerupuk terasi dengan tampilan berbeda dan unik dalam memenangkan persaingan.

Manfaat dan Risiko Kerupuk Bagi Kesehatan

Manfaat Kerupuk Bagi Kesehatan

Meskipun kerupuk adalah pendamping makan, manfaat makan kerupuk ternyata baik untuk kesehatan loh. Nah, ini dia berbagai manfaat kerupuk yang dikumpulkan dari berbagai sumber, di antaranya:

Kerupuk bermanfaat Menyehatkan gigi

Karena kandungan gizi yang terdapat pada kerupuk seperti kalsium dan fosfor (terutama kerupuk terasi dan udang), makan kerupuk dapat membantu memperkuat gigi. Tidak hanya itu, sering mengonsumsi kerupuk juga dapat membantu pertumbuhan gigi anda.

Menjaga kesehatan tulang

Selain menguatkan gigi, manfaat memakan kerupuk ternyata juga mampu menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor yang ada pada kerupuk. Tentu manfaat ini dapat mencegah anda dari penyakit pengeroposan tulang.

Kerupuk dapat meningkatkan energi

Meski jarang terdengar karena kerupuk adalah makanan yang tergolong ringan, manfaat memakan kerupuk ternyata dapat menambah energi anda loh, kenapa? karena di dalam kerupuk terasi mengandung banyak protein dan karbohidrat. Kedua kandungan gizi kerupuk itulah yang dapat membantu pembentukan energi pada tubuh.

Kerupuk membantu meredakan rasa pedas di mulut

Kepedasan? Mulai sekarang bukan hanya minum air saja yang dapat meredakan rasa pedas di mulut, Anda juga bisa segera makan kerupuk. Ini dikarenakan kandungan minyak pada kerupuk terasi. Saat Anda mengunyah kerupuk, minyak pada kerupuk akan melumasi dan bisa membantu menetralisir rasa pedas yang ada pada mulut anda.

Kerupuk menurunkan berat badan

Anda sedang diet menurunkan bedan? Ternyata manfaat makan kerupuk terasi juga dapat membantu anda penurunan berat badan, lho! Kok bisa? Itu karena kerupuk mengandung kalori yang tergolong rendah, jadi cocok bagi mereka yang ingin memiliki berat badan yang ideal atau sedang mengontrol berat badan tetap stabil. Ingat walaupun kalorinya sedikit kalau makannya banyak juga kalorinya akan ikut bertambah jadi sebaiknya jangan terlalu banyak makan kerupuk ya, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik.

Kerupuk dapat meningkatkan massa otot

Bagi Anda yang ingin atau sedang membentuk badan atau menambah masa otot, sertakan kerupuk setiap kali Anda makan berat, karena manfaat kerupuk juga bisa membentuk otot Anda. Itu karena kandungan protein di dalam kerupuk udang atau kerupuk ikan, yang bisa membantu menambahkan masa otot menjadi kekar. Meskipun mengandung protein, anda harus tetap mengonsumsi makanan berprotein lainnya seperti protein hewani dan nabati, seperti daging dan kacang-kacangan.

Kerupuk mengatasi maag

Satu lagi yang bisa dibilang unik dan aneh, ketika maag menyerang anda tiba-tiba, Anda bisa mengatasinya dengan makan kerupuk kulit. Meski belum terbukti kebenarannya, namun banyak yang meyakini bahwa manfaat dari memakan kerupuk bisa mengatasi maag. Namun, yang sebaiknya adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mencoba tips ini.

Adakah risiko makan kerupuk terlalu banyak?

Masyarakat Indonesia memang sangat menyukai atau bisa dibilang pecinta kerupuk salah satunya adalah kerupuk terasi. Bahkan, hampir setiap orang merasa tidak lengkap jika makan tanpa ada kerupuk sebagai pendampingnya. Mengingat banyak orang yang hampir setiap harinya makan kerupuk, Anda juga harus mempertimbangkan dampak atau efek buruknya bagi tubuh bila terlalu berlebihan makan kerupuk. Lantas apa saja bahayanya apabila terlalu banyak makan kerupuk?
Nah, berikut ini ada beberapa dampak buruk yang harus Anda waspadai jika terlalu banyak memakan kerupuk:

Hipertensi

Kerupuk mengandung minyak, natrium atau garam, dan penyedap. Apabila dikonsumsi terlalu banyak tentu akan membuat Anda beresiko terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Berisiko diabetes

Terkadang kandungan minyak yang ada pada kerupuk terlampau banyak karena kerupuk menyerap banyak minyak ketika melalui proses penggorengan, belum lagi kualitas minyak yang digunakan tidak diketahui. Selain kandungan minyak, kerupuk juga mengandung kalori dan juga lemak. Itulah alasan yang membuat Anda berisiko mengalami obesitas apabila berlebihan dalam mengkonsumsi kerupuk.

Gagal ginjal

Terlalu banyak mengkonsumsi kerupuk juga berisiko mengalami gagal ginjal karena ginjal bekerja terlalu keras, karena tidak sedikit kandungan yang berdampak buruk yang berasal dari kerupuk.

Kerusakan otak

Selain kandungan dalam kerupuk, ada bahan tambahan lagi yakni pewarna pada kerupuk. Mungkin Anda sering menemukan atau bahkan juga pernah mengongumsi kerupuk  yang memiliki berbagai macam warna yang menarik. Kerupuk yang mempunyai berbagai macam warna ternyata mengandung bahan kimia yang dapat memicu kerusakan pada otak dan pusat koordinasi pada tubuh. Jadi, pilihlah dengan teliti kerupuk yang menggunakan pewarna makanan yang aman bagi tubuh, atau pilihlah kerupuk yang tidak memiliki warna.

Kanker

Tidak kalah berbahayanya, berlebihan makan kerupuk yang berwarna juga berisiko menyebabkan kanker! Ini karena zat pewarna berbahaya yang bersifat karsinogen atau pemiocu kanker.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel cara membuat kerupuk terasi, peluang usaha dan manfaatnya ini semoga bermanfaat dan membantu ya! sampai bertemu di artikel selanjutnya.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •