Cara Mudah Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo

Cara Mudah Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo

Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo

Cara Buat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo – Kerupuk adalah makanan atau cemilan yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih memang bisa membuat orang yang memakan nya ingin selalu menguyahnya. Jadi tidak heran jika banyak orang Indonesia yang menjadi pembuat kerupuk dan telah banyak menghasilkan kerupuk dengan berbagai jenis dan bahan yang digunakan.

 

Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele

 

Meskipun begitu persaingan dalam dunia industri kerupuk juga tetap stabil karena memang kerupuk memiliki penggemar tersendiri. Apalagi untuk kerupuk yang satu ini. Kerupuk ini memang merupakan kerupuk yang paling enak karena bahan nya yang berbeda. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ini adalah tulang ikan.

Kerupuk ikan yang semula menjadi primadona, memang harus mengakui bahwa kerupuk tulang ikan juga merupakan salah satu jenis kerupuk yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya. Inovasi dalam dunia kerupuk memang tidak pernah berhenti. Sehingga selalu ada saja inovasi baru atau produk baru dari bahan yang awalnya tidak di inginkan menjadi makanan yang sangat diminati banyak orang karena rasanya yang gurih.

Kerupuk tulang ikan hampir sama dengan kerupuk ikan karena memang proses pembuatan nya hampir sama. Banyak nya orang yang menyukai bukan hanya karena keunikan nya. Namun karena rasanya yang enak dan gurih di tambah dengan kandungan kalsium dan fosfor yang dimilikinya sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga : Siapa Nih Yang Suka Sama Kerupuk Terasi? Yuk Simak Cara Membuat Kerupuk Terasi

Salah satu ikan yang biasa digunakan dalam pembuatan kerupuk tulang ini adalah ikan lele jenis dumbo. Hal ini tentu bertolak belakang dengan anggapan yang selama ini mengarah pada ikan lele dumbo yang di anggap sebagai limbah. Dan sekarang lele dumbo menjadi bahan utama dalam pembuatan kerupuk. Bahkan mengandung kalsium hingga 7.999 miligram dalam 100 gram nya.Cara Mudah Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo

 

Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Dumbo

Bahkan jika di bandingkan dengan kerupuk ikan, kerupuk udang dan kerupuk aci, kerupuk tulang dari bahan ikan lele dumbo ini lebih tinggi kalsium nya sehingga sangat benyak memberikan keuntungan bagi orang yang memakan nya. Pasti anda penasaran dengan kerupuk tulang ikan lele dumbo? :

  1. Kali ini kita akan menggunakan bahan dari tulang ikan lele dumbo. Langkah pertama adalah cuci tulang dan kepala ikan lele yang akan anda gunakan hingga bersih.
  2. Kemudian presto tulang-tulang tersebut agar menjadi lunak dalam waktu kurang lebih 2 jam.
  3. Kemudian haluskan tulang ikan yang akan anda gunakan tersebut, dengan mesin penggiling daging agar lebih cepat. Karena memang tekstur dari kepala lele keras sehinggs jika anda menggunakan blender tentu butuh waktu yang lebih lama atau jika memang terpaksa tidak masalah, namun anda harus menunggu lebih lama agar tulang benar-benar halus.
  4. Kemudian saat anda menghaluskan nya, jangan lupa untuk memasukkan bumbu dalam yang sudah anda siapkan agar bumbu bisa tercampur secara merata dengan adonan tulang ikan tersebut.
  5. Bahan yang dimasukkan adalah bawang merah, bawang putih, garam dan rempah-rempah sebagai penyedapnya.
  6. Setelah itu anda campurkan tepung kanji sedikit demi sedikit agar bisa tercampur dengan merata dan tambahkan air agar adonan menjadi lebih padat.
  7. Kemudian aduk adonan tersebut hingga merata dan menjadi kalis atau bisa di gulung dan dibentuk.
  8. Kemudian gulung adonan tersebut atau cetak dengan cetaka plastic, kemudian masukkan ke dalam alat pengukus.
  9. Kukus adonan selama 15 menit hingga adonan kerupuk tulang ikan menjadi lebih pulen.
  10. Setelah itu dinginkan adonan tersebut, dan potong tipis-tipis agar mudah dalam penjemuran nya.
  11. Jika sudah dipotong, anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung selama sehari penuh jika memang cuaca nya sedang bagus. Atau anda bisa mengeringkan nya dengan menggunakan mesin pengering kerupuk ikan karena memang tahapan nya sama.
  12. Setelah kerupuk benar-benar kering, anda bisa langsung menggorengnya dengan minyak panas. Anda bisa menyimpan nya dalam wadah dan kerupuk tulang bisa bertahan hingga beberapa lama.

Tips Tambahan

Dalam pembuatan kerupuk tulang ikan ini memang sama dengan kerupuk ikan, hanya bahan nya saja yang berubah, namun untuk rasa tentu juga agak berbeda. Untuk bisa menyimpan kerupuk tulang ini, anda harus benar-benar menjemurnya dengan baik agar kering nya merata dan ketika di simpan kerupuk tulang ikan tidak menjadi berjamur atau lain sebagainya.

Untuk menghasilkan potongan kerupuk yang pas, Gunakanlah mesin pemotong kerupuk ikan. Untuk cara penggunaanya, simaklah video berikut ini.

Demikian informasi tentang Cara mudah membuat kerupuk tulang ikan lele dumbo yang bisa kami berikan untuk anda. Cara ini bisa saja berbeda dengan pembuatan kerupuk tulang ikan lain nya karena memang tergantung dari inovasi si pembuat nya. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih banyak.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •