Pengen Tau, Cara Membuat Kerupuk untuk Dijual dengan Baik?? Yukk Kepoin!

cara membuat kerupuk untuk dijual

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan aertikel tentang kerupuk dan juga cara membuat kerupuk untuk dijual. Pastinya mudah dan terjamin enak banget loh!

Apa Itu Krupuk?

cara membuat kerupuk untuk dijual

 

Kerupuk atau krupuk

merupakan makanan ringan yang biasanya terbuat menggunakan adonan tepung tapioka dan di campur dengan bahan lain seperti udang, ikan, ataupun ayam. Kerupuk di buat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian di potong secara tipis-tipis.

Di jemur di bawah sinar matahari hingga kering dan di goreng dengan minyak yang banyak. Kerupuk ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba makanan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Tulang Ikan Lele Renyah Dan Gurih

Manfaat Kerupuk Bagi Kesehatan

Kerupuk merupakan makanan ringan sebagai pendamping yang sering di makan dan di senangi oleh setiap orang. Salah satu jenis makanan ringan ini yang banyak di minati oleh masyarakat adalah kerupuk uyel atau kerupuk kaleng yang bisa dibeli di warung kelontong atau tersedia di warung makan.

Tetapi masih terdapat banyak macam-macam kerupuk, seperti kerupuk udang, kerupuk bawang dan berbagai jenis kerupuk lainnya. Walaupun kerupuk sebagai makanan pendamping, apakah ada manfaat kerupuk bagi kesehatan tubuh?

Nah untuk lengkapnya kalian simak penjelasan kandungan dan nutrisi yang ada pada kerupuk dan manfaat makan kerupuk berikut ini yaa…

  • Menyehatkan Gigi

Karena kandungan gizi pada kerupuk seperti kalsium dan fosfor (pada kerupuk udang), manfaat makan kerupuk dapat membantu memperkuat gigi. Bukan itu saja, dengan sering memakan kerupuk juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan gigi.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kerupuk ternyata juga dapat untuk menjaga kesehatan tulang karena terdapat kandungan zat kalsium dan fosfor yang ada di dalam makanan tersebut. Tentu saja hal ini bisa mencegah pengeroposan pada tulang anda.

  • Meningkatkan Energi

Walaupun terdengar aneh karena kerupuk itu makanan yang tergolong ringan, manfaat makan kerupuk ternyata dapat menambah energi karena di dalamnya mengandung banyak protein dan karbohidrat. Kedua gizi yang terkandung di kerupuk ini yang mampu membantu pembentukan energi.

  • Membantu Meredakan Rasa Pedas di Mulut

Kepedasan? Jika sedang merasa kepedasan sekarang kita tidak hanya minum air sebagai rasa untuk meredakan rasa pedas di mulut, kalian bisa mengatasinya dengan memakan kerupuk. Ini berkat kandungan minyak dalam kerupuk.

Jika kalian mengunyahnya, minyak yang ada di kerupuk akan melumasi dan bisa membantu menetralisir rasa pedas pada mulut kalian.

  • Menurunkan Berat Badan

Sedang diet menurunkan bedan? Manfaat jika makan kerupuk juga bisa membantu penurunan berat badan, lho! Kok bisa?

Kandungan kalori pada kerupuk itu tergolong kalori yang rendah. Karena itulah cocok bagi kalian yang ingin memiliki berat badan yang ideal atau mengontrol berat badan tetap stabil.

Dan ingat juga, jangan terlalu banyak makan kerupuk ya, karena yang berlebihan itu tidak baik.

  • Meningkatkan Masa Otot

Sementara untuk kalian yang ingin membentuk badan atau menambah masa otot, makanlah kerupuk setiap kali makan berat, karena manfaat kerupuk ini bisa membentuk otot anda.

Di karenakan kandungan zat protein pada kerupuk udang atau kerupuk ikan, yang bisa membantu menambah masa otot menjadi lebih kekar.

Meski mengandung protein, kalian harus juga mengonsumsi makanan berprotein lainnya sepeti protein hewani dan nabati, contohnya pada daging dan kacang-kacangan.

  • Mengatasi Maag

Ada satu hal lagi yang mungkin terbilang unik, jika maag sedang menyerang secara tiba-tiba, kalian bisa mengatasinya dengan makan kerupuk kulit.

Walaupun masih belum tau kejelasan dan kebenarannya, tetapi tidak sedikit orang yang meyakini bahwa manfaat makan kerupuk dapat mengatasi maag.

Tetapi, yang terbaik adalah kalian berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum mencoba tips yang satu ini.

Tips Makan Kerupuk Yang Sehat Untuk Tubuh

cara membuat kerupuk untuk dijual

Pabrik-pabrik yang memproduksi kerupuk lalu di edarkan dalam keadaan sudah matang mungkin cukup berisiko pada cara menggorengnya, walaupun bisa di konsumsi dalam jumlah terbatas.

Supaya risiko yang di timbulkan kerupuk tidak terjadi, anda di sarankan untuk membeli kerupuk mentah dan menggorengnya sendiri dengan minyak terbaik, misal menggunakan minyak kelapa bukan minyak kelapa sawit.

Selain itu, agar mendapatkan nutrisi, pilihlah kerupuk dengan menggunakan bahan dasar dari ikan atau udang. Kerupuk jenis ini masih mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsi kerupuk udang dan juga kerupuk ikan sebagai pendamping makanan.

Adakah Risiko Makan Kerupuk Terlalu Banyak??

Masyarakat Indonesia sangat mengemari atau bisa di bilang pecinta kerupuk. Bahkan, hampir setiap orang merasa tidak lengkap jika makan tanpa kerupuk.

Mengingat banyak orang yang setiap hari makan kerupuk, Anda harus mempertimbangkan dampak dan buruk jika terlalu berlebihan makan kerupuk.

Lantas apa saja bahaya terlalu banyak makan kerupuk? Nah, berikut ini beberapa dampak buruk jika terlalu banyak makan kerupuk :

  • Hipertensi

Kerupuk mengandung minyak, natrium (garam), penyedap. Bila di konsumsi berlebihan tentu akan membuat Anda beresiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi).

  • Berisiko Diabetes

Terkadang kandungan minyak dalam kerupuk terlampau banyak karena kerupuk dapat menyerap banyak minyak ketika melalui proses penggorengan, belum lagi kualitas minyak yang di gunakan.

Selain minyak, kerupuk juga mengandung kalori dan lemak. Itulah sebab yang membuat anda menjadi berisiko mengalami obesitas bila belebihan makan kerupuk.

  • Gagal Ginjal

Terlalu banyak mengonsumsi kerupuk juga berisiko mengalami gagal ginjal karena ginjal bekerja terlalu keras, sebab tidak sedikit kandungan yang berdampak buruk dari kerupuk.

  • Kerusakan Otak

Selain zat yang ada dalam kerupuk, ada bahan lain yaitu pewarna kerupuk. Mungkin diantara kalian sering menemukan atau bahkan pernah mengongumsi kerupuk yang memiliki berbagai macam warna-warni.

Kerupuk yang mempunyai macam warna-warni ternyata mengandung bahan kimia yang dapat memicu kerusakan pada otak dan pusat koordinasi tubuh.

Oleh karena itu, pilih kerupuk yang menggunakan pewarna alami yang aman untuk tubuh, atau pilihlah kerupuk yang tidak memiliki warna.

  • Kanker

Tidak kalah berbahaya, jika berlebihan mengonsumsi kerupuk yang mempunyai warna juga dapat berisiko kanker! Ini karena zat pewarna berbahaya yang bersifak karsinogen atau pemicu kanker.

 

Jenis-jenis dan Cara Membuat Kerupuk untuk Dijual

cara membuat kerupuk untuk dijual

  • Kerupuk Nasi/Gendar

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Nasi/Gendar untuk Dijual :

  1. Nasi 2 mangkok
  2. Tepung tapioka 1/2 magkok
  3. Garam 1 sdt
  4. Penyedap rasa 1 bungkus
  5. Bawang putih 2 siung
  6. Daun bawang 2 batang
  7. Gula pasir 2 sdm

Cara Membuat Kerupuk Nasi/Gendar untuk Dijual :

  1. Sisa nasi di kukus, lalu tumbuk secara kasar, tambahkan tepung tapioka
  2. Haluskan garam dengan bawang putih
  3. Potong daun bawang secara lembut dan tipis
  4. Masukkan gula dan penyedap rasa
  5. Tambahkan setengah gelas air kemudian aduk secara merata
  6. Masukkan adonan kerupuk gendar ke dalam panci lalu kukus selama 1/2 jam
  7. Matikan kompor kemudian dinginkan
  8. Jika sudah dingin, potong-potong adonan kerupuk gendar kemudian jemur selama 2 hari
  9. Goreng kerupuk gendar di minyak panas sampai mengembang, angkat kemudian tiriskan
  10. Kerupuk gendar siap di sajikan dan di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman
  • Kerupuk Kulit

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Kulit untuk Dijual :

  1. 1 kg kulit sapi
  2. Minyak goreng secukupnya
  3. Air kapur secukupnya

Bumbu Halus Untuk Membuat Kerupuk Kulit untuk Dijual :

  1. 3 sdm garam
  2. 2 sdm gula pasir
  3. 15 siung bawang putih

Cara Membuat Kerupuk Kulit untuk Dijual :

  1. Kulit sapi di rendam terlebih dahulu di dalam air kapur kurang lebih 2 hari. Kemudian kulit sapi di bersihkan dari bulu-bulu pada kulit sapi memakai pisau.
  2. Jemurlah kulit sapi di bawah panas sinar matahari hingga kering.
  3. Potonglah kulit sapi yang sudah kering, jika sudah lalu dsisihkan.
  4. Rebus potongan kulit sapi bersama dengan bumbu yang sudah di haluskan hingga kulit matang. Angkat kemudian tiriskan.
  5. Lalu kulit sapi yang telah di beri bumbu dengan rata di jemur hingga kulit kering.
  6. Panaskan minyak goreng, pada suhu minyak yang sedang lalu gorenglah kerupuk kulit sapi atau rambak sampai sedikit mengembang. Dan di tiriskan.
  7. Goreng lagi kerupuk kulit/rambak pada minyak yang panas dengan memakai api yang besar sampai kerupuk rambak mekar, angkat lalu tiriskan sampai kerupuk dingin.
  8. Kerupuk kulit siap di sajikan dan di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Ikan Tenggiri

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri untuk Dijual :

  1. Ikan tenggiri 3 kg (pilih dagingnya saja 1,5 kg)
  2. 1 sdm garam
  3. 1 kg tepung tapioa
  4. 1/4 sdm soda kue

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri untuk Dijual :

  1. Pisahkan duri dari daging ikan menggunakan mesin atau secara manual, lalu  cuci ikan terlebih dahulu.
  2. Giling ikan ke dalam mesin penggiling sampai halus.
  3. Haluskan bawang putih bersama dengan garam dan soda.
  4. Campurkan daging ikan yang sudah di haluskan dan juga dengan bumbu yang telah di haluskan kemudian ulek sampai adonan mengembang.
  5. Tambahkan tepung tapioka kira-kira 300 gram dan uleni hingga adonan tercampur rata dengan daging ikan.
  6. Uleni adonan dengan tangan hingga adonan menjadi kenyal dan mudah di bentuk. Bentuk menggunakan cetakan atau masukkan ke dalam plastik bisa juga dengan daun pisang.
  7. Kukus adonan kerupuk yang sudah di cetak sampai matang (tanda matang adalah ketika adonan sudah tidak terasa lengket apabila di sentuh).
  8. Angkat adonan kerupuk ikan tenggiri itu lalu di diamkan sampai dingin dan mengeras, lalu iris tipis adonan.
  9. Jemur kerupuk ikan mentah yang sudah di iris hingga benar-benar kering.
  10. Jika sudah kering, goreng ke dalam minyak panas sampai mengembang.
  11. Kerupuk ikan tenggiri siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Udang

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Udang untuk Dijual :

  1. 2 kg tepung tapioka
  2. 2 kg udang segar
  3. 10 siung bawang putih, haluskan
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. Gula secukupnya
  7. Penyedap rasa secukupnya
  8. Air bersih secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Udang untuk Dijual :

  1. Buang bagian kulit dan kepala udang, kemudian cuci sampai bersih, lalu ditiriskan
  2. Cuci udang kemudian haluskan udang menggunakan blender. Lalu pindahkan ke dalam wadah.
  3. Campurkan udang yang sudah di haluskan beri tepung tapioka, dan aduk hingga merata.
  4. Masukkan bumbu-bumbu seperti penyedap rasa, gula, garam dan bawang putih yang telah di haluskan, aduk lagi hingga semuanya merata.
  5. Beri air sedikit demi sedikit sampai adonan di rasa pas lalu uleni dengan tangan hingga adonan terasa kalis dan tidak lengket di tangan.
  6. Bungkus adonan dengan daun pisang lalu gulung berbentuk panjang
  7. Kukus adonan kerupuk yang telah di bungkus selama 3 jam sampai adonan matang, angkat kemudian dinginkan.
  8. Jika sudah dingin, potong tipis adonan kerupuk yang telah di kukus, kemudian jemur di bawah terik matahari sampai kering semuanya, kurang lebih selama 2-3 hari.
  9. Panaskan minyak goreng, lau goreng adonan kerupuk udang yang masih mentah sampai mengembang dan matang.
  10. Angkat kemudian tiriskan, kerupuk udang siap disajikan.
  11. Kerupuk udang siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Ikan Teri

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Ikan Teri untuk Dijual :

  1. 5 kg ikan teri
  2. 2,5 kg tepung tapioka
  3. 5 siung bawang putih
  4. 30 gram garam
  5. 2 sdt penyedap rasa

Cara Membuat Kerupuk Ikan Teri untuk Dijual :

  1. Pilihlah ikan teri terlebih dahulu, lalu cuci ikan teri sampai bersih.
  2. Kemudian beri ikan teri dengan bumbu bawang putih, penyedap rasa dan juga garam secukupnya. Diamkan selama 15 menit agar bumbu benar-benar menyerap.
  3. Masukkan ikan teri yang sudah di campur bumbu ke dalam tepung terigu hingga ikan teri terlapisi oleh tepung terigu, lalu tampi agar tepung terigu yang menempel tidak terlalu banyak.
  4. Setelah di tampi, lalu goreng ikan teri ke dalam minyak yang sudah panas hingga berwarna kecokelatan.
  5. Angkat semua kemudian kerupuk ikan teri, agar lebih nikmat goreng kerupuk kembali atau 2 kali penggorengan.
  6. Kerupuk ikan teri siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Bawang

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Bawang untuk Dijual :

  1. 50 gram tepung sagu
  2. 200 gram tepung terigu
  3. 1 sdt garam
  4. 1/2 sdt baking powder
  5. 5 butir bawang merah, haluskan
  6. 1 butir telur, kocok lepas
  7. 2 siung bawang putih, haluskan
  8. Santan cair secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya
  10. 2 batang daun bawang kecil, iris halus

Cara Membuat Kerupuk Bawang untuk Dijual :

  1. Campurkan tepung terigu dengan tepung sagu, baking powder.
  2. Beri garam secukupnya kemudian aduk semua bahan sampai rata.
  3. Campur bawang yang sudah di haluskan ke dalam adonan tepung, kemudian masukkan telur dan santan, uleni adonan sampai kalis.
  4. Tambahkan daun bawang pada adonan yang telah kalis.
  5. Potong tipis adonan kerupuk sesuai selera.
  6. Panaskan minyak, kemudian goreng adonan sampai mengembang.
  7. Angkat kemudian tiriskan dan siap disajikan.
  8. Kerupuk bawang siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Pangsit

Bahan-bahan Untuk Membuat Pangsit untuk Dijual :

  1. 110 gram tepung terigu protein sedang
  2. 1/4 sdt garam
  3.  1 sdm tepung tapioka
  4.  1/2 sdm minyak goreng
  5.  75 ml air

Cara Membuat Pangsit untuk Dijual :

  1. Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka dan garam.
  2. Rebus air hingga matang, masukkan minyak sayur, aduk sampai rata.
  3. Beri air pada campuran tepung, aduk dengan garpu lalu uleni hingga tidak lengket di tangan.
  4. Bulatkan adonan kerupuk, bungkus dengan plastik wrap. Kemudian dinginkan selama 15 menit.
  5. Bagilah adonan kerupuk menjadi 4 sampai 6 bagian kemudian giling dengan alat giling pasta atau mie, berturur-turut mulai dari bagian satu sampai enam.
  6. Beri taburan tepung tapioka pada adonan lalu potong-potong sesuai selera.
  7. Goreng kerupuk pangsit pada minyak yang panas sampai berwarna kecokelatan dan matang.
  8. Angkat, kerupuk pangsit siap dinikmati.
  9. Kerupuk pangsit siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Opak

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Opak untuk Dijual :

  1. 2 buah singkong
  2. Ketumbar
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 batang seledri
  5. 1/2 sdm garam
  6. Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Opak untuk Dijual :

  1. Siapkan bahan kemudian haluskan ketumbar, bawang putih dan garam.
  2. Campurkan parutan singkong dengan bumbu halus dan seledri.
  3. Aduk parutan singkong dengan bumbu halus sampai merata.
  4. Siapkan alas plastik atau apapun, ambil 1 sdm adonan lalu pipihkan dengan tangan sampai terlihat agak tipis.
  5. Kukus adonan kerupuk opak menggunakan pengukus cukup 3 biji sampai matang kurang lebih 3 menit.
  6. Setelah matang, angkat kemudian jemur dengan plastik agar tidak lengket sekitar 2 hari.
  7. Panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas dengan api sedang, lalu goreng kerupuk sebentar saja sampai terlihat sedikit matang.
  8. Angkat kemudian tiriskan, kerupuk opak siap disajikan.
  9. Kerupuk opak siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.
  • Kerupuk Keju

Bahan-bahan Untuk Membuat Kerupuk Keju untuk Dijual :

  1. 100 gram keju parutan
  2. 250 gram tepung tapioka
  3. 50 gram mentega
  4. 2 butir telur
  5. 1/2 sdt garam halus
  6. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Keju untuk Dijual :

  1. Kocok mentega sampai halus kemudian tambahkan telur dan keju yang telah diparut terlebih dahulu. Aduk rata bahan tersebut sampai rata.
  2. Masukkan tepung tapioka dan garam ke dalam adonan kemudian aduk sampai menyatu dan bisa dibentuk.
  3. Jika adonan sudah menyatu semua dengan baik, pipihkan adonan dengan rolling pin. Dan kemudian otong adonan dengan bentuk stick.
  4. Panaskan minyak goreng lalu goreng kerupuk keju sampai matang dan garing.
  5. Angkat kemudian tiriskan, kerupuk keju siap untuk disajikan.
  6. Kerupuk keju siap di kemas menggunakan hand sealer dan bisa di jual dengan aman.

Nahh itu dia penjelasan mengenai beberapa macam-macam kerupuk sampai dengan berbagai resep-resep kerupuk untuk dijual.

Semoga bermanfaat yaa!!!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •