Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu

Kue

Hallo teman teman,disini persilahkan saya untuk memberi tau bagaimana cara membuat kue dari tepung terigu dan bagaimana resep resep membuat kue yang enak dan mudah.

Kue

Kue Lumpur

Tepung terigu adalah tepung serba bisa.Tepung terigu juga telah menjadi bahan utama semua pembuatan kue.Namun,bukan berarti kita jadi ceroboh dengan asal-asalan memilih tepung terigu.Nah,BP-Guide akan memberikan tips memilih tepung terigu yang baik yang biasa dibuat dengan mesin penepung diskmill serbaguna.

Biasanya tepung terigu dijual bebas di pasaran dalam merek berbeda.Apa pun merek terigu yang Anda pilih,pastikan saja terigunya higienis agar kesehatan keluarga terjamin.

Beberapa Tepung terigu hadir dalam aneka variasi.Ini memang sengaja karena penggunaannya berbeda.Ada terigu yang khusus untuk membuat roti dan mie,terigu yang khusus untuk membuat kue kering,dan terigu serba guna untuk aneka masakan.

Apabila bisa salah memilih terigu bisa berakibat terhadap tekstur dan rasa yang berbeda pula pada masakan maupun kue.Oleh karenanya,pahami betul resep dan pilih terigu yang tepat untuk makanan yang akan anda buat.Mencari resep yang efisien namun mantap istimewa bakal keluarga?

Selanjutnya adalah preferensi resep terbaik untukmu.Yuk, anda coba!Gorengan mudah,murah dan simpel ala laras shine.Camilan stick keju atau stick bawang itu dah biasa ya,kalo ini saya buat yang luar biasa,airnya diganti dengan susu,jadilah mamanya STICK SUSU.

Namun,bukan berarti kita jadi ceroboh dengan asal-asalan memilih tepung terigu.Nanti dibawah berikut ini akan memberikan tips untuk  memilih tepung terigu yang baik dan benar.Nah,berikut ini adalah resep simple camilan pisang yang lezat dan bikin ngiler.Kamu bisa buat Camilan terigu susu simpel memakai 6 bahan dan 6 langkah.

Jenis Jenis Kue

1. Cotton Cake

Cotton Cake juga dikenal sebagai cheese cake karena menggunakan krim keju sebagai basis adonannya.Meski berasal dari Prancis,namun cotton cake justru berkembang pesat di Jepang,di mana kemudian hadir dalam beragam varian uniknya yang mendunia.

2. Chiffon Cake

Chiffon cake,atau kue sifon,memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan sponge cake.Komposisinya terdiri dari minyak sayur,telur,gula,tepung terigu,baking powder,dan perasa.Penggunaan minyak sayur menjadikan kue ini tampak tebal namun dengan rongga yang berbentuk menyerupai serat,sehingga terasa ringan saat disantap.

3.Sponge Cake

Sponge Cake ini lebih dikenal sebagai kue bolu,dan merupakan jenis yang paling mudah untuk dikreasikan menjadi beragam varian.Disebut sponge karena memang teksturnya ringan,di mana hal tersebut berasal dari adonan telur,tepung terigu,dan gula, yang terkadang juga ditambahkan dengan baking powder untuk menjadikannya mengembang.
Konon,kue ini  juga telah eksis sejak era Renaissance sekitar 500 an tahun lalu,di mana kemungkinan besar berasal dari era pemerintah Kerajaan Spanyol klasik.

4. Butter Cake

Butter Cake biasa juga terbuat dari bahan yang dasar yaitu mentega dan sajian klasik khas Amerika Serikat.Namun,jika ditilik dari sejarahnya,kue ini berkerabat dengan pound cake asal Inggris.Secara tradisional,butter cake dibuat dari campuran tepung terigu,gula,dan telur dengan ukuran yang sama untuk membentuk tekstur kue padat dan legit.
Kabar baiknya,butter cake yang nikmat kini bisa kamu cicipi di Tous Les Jours,dengan kualitas bersaing dan harga ramah di kantong.

5. Mousse Cake

Mousse Cake adalah cake super lembut yang memiliki gelembung udara sebagai pembentuk tekstur ringan dan moist saat disantap.Biasanya disajikan sebagai hidangan penutup,mousse kerap diracik dengan kuning telur yang banyak untuk memadatkan bahan baku utamanya, cokelat.
Cake biasanya terdapat khas Prancis ini juga bisa kamu temukan di Tous Les Jours,di mana selain itu terbuat dari bahan baku yang berkualitas,selalu disajikan dalam kondisi yang fresh guna memaksimalkan cita rasanya.

Mari Mengenal Jenis Cake dan Variasinya

Di saat saat seperti itu,hadirkan keceriaan di tengah keluarga Anda dengan cake yang lezat.Di saat seperti itu menyiapkan berbagai jenis cake istimewa,untuk keluarga di rumah maupun untuk hantaran.

Agar dapat untuk mendapatkan jenis cake istimewa.Anda bisa mengunjungi bakery atau toko kue yang menjual berbagai jenis cake dan bolu ataupun bisa membuatnya sendiri.Lalu,apa saja sih jenis cake itu?Penting untuk diketahui juga agar bisa menentukan jenis cake apa yang akan anda sajikan untuk keluarga ataupun untuk hantaran.

Dengan berdasarkan cara pembuatannya,cake terdiri dari sponge cake,butter cake,chiffon cake, cotton cake.Masing-masing jenis cake ini memiliki ciri khusus yang membedakan,dan tentu saja metode pembuatannya juga berbeda.

Ini merupakan kata dalam bahasa Inggris untuk menyebut sejenis kue yang bahan dasarnya gula,tepung terigu dan telur.Nah bagi yang masih awam mengenai jenis-jenis cake,perbedaan dan cara membuatnya,simak ulasannya berikut ini ya:

1. Sponge Cake

Ciri khas sponge cake adalah bolu dengan tekstur yang empuk seperti sponge.Spone Cake merupakan jenis cake yang sering sekali dijumpai dan paling banyak variasinya.

Cake ini juga memiliki tekstur yang empuk dan cenderung berongga-rongga seperti sponge,misalkan roti bolu tape,marmer,tart, bolu ubi cilembu khas sumedang dan masih banyak lagi.

Jenis ini juga membutuhkan emulsifier seperti SP atau cream of tartar serta baking soda dan baking powder untuk membuatnya mengembang.Selain itu,mentega/margarine-nya juga harus dicairkan terlebih dahulu.

2. Butter Cake

Butter Cake mempunyai beberapa ciri yang lebih padat dari sponge cake.Sesuai dengan namanya,butter cake menggunakan beberapa jenis lemak,salah satunya adalah mentega (butter) atau margarine dengan komposisi lebih banyak.Namun terkadang baking powder atau juga baking oil biasa digunakan untuk bisa membuat mengembang.

Adapun juga metode yang buat pembuatan butter cake adalah mentega dan gula dikocok terlebih dahulu hingga lembut,kemudian masukkan telur,terigu,dll.Adonan ini tidak mengembang seperti sponge cake,bahan-bahan cukup dikocok hingga lembut.

Jika yang digunakan adalah mentega maka adonannya dikombinasikan untuk menghasilkan creaming yaitu teknik pencampuran gula dan mentega dengan mixer listrik berkecepatan tinggi.Contoh atau jenis butter cake adalah cupcake(kue mangkok)dan pounde cake.

3. Chiffon Cake

Chiffon cake adalah jenis bolu yang halus.Pembuatannya juga unik karena putih telur dan gula dikocok secara bersamaan hingga benar-benar kaku,artinya harus menggunakan mixer listrik berkecepatan tinggi.Sedangkan kuning telur dikocok terpisah dalam wadah berbeda bersama bahan-bahan lainnya.Kemudian setelah itu,kedua bahan adonan disatukan,keduanya diaduk merata

4. Cotton Cake

Cotton cake merupakan jenis kue pada mula ditemukan langsung jadi populer dan digemari karena teksturnya lembut seperti kapas.Adapun salah satu jenis cotton cake yang paling terkenal adalah Japanese cotton cheesecake,kemudian ada juga cotton layer cake.

Metode Dasar Pembuatan Cake

Sugar Batter Method/ Creaming Method

Sugar battet method/Creaming method adalah metode pembuatan cake dengan cara mengocok lemak dengan gula terlebih dahulu.Cara ini biasa digunakan untuk membuat cake dengan komposisi lemak dan gula yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tepung yang bisa untuk digunakan.Agar hasilnya lebih maksimal,pengocokan gula dengan lemak (bisa berupa margarin atau mentega) dilakukan sampai gula benar-benar larut dan adonan mengembang.

Flour Batter Method

Metodeflour batter memungkinkan orang untuk membuat kue berkualitas baik dari resep yang murah/ ekonomis.Cara ini juga mampu mengurangi resiko adonan pecah,karena sejak awal sebagian tepung sudah dicampur dengan lemak.Langkah awalnya adalah mencampur sebagian tepung dan lemak (margarin atau mentega) dengan mikser hingga lembut. 

Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu

1.Cara Membuat Kue Cubit

Bahan-Bahan:

  • Siapkan 150 gr tepung terigu.
  • 200 ml susu cair (saya pakai Indomilk UHT stroberi).
  • Siapkan 3 sdm gula pasir (sesuai selera).
  • Sedikit garam.
  • Mentega cair (opsional).
  • Butuh Topping (saya pakai SKM dan meises)

Cara Membuat Kue Cubit:

  1. Cairkan mentega lalu dinginkan (bisa diskip jika tidak ada).
  2. Lalu masukkan tepung terigu dalam wadah, beri gula dan garam.
  3. Kemudian masukkan susu UHT dan mentega cair.
  4. Aduk hingga rata.
  5. Goreng seperti telur dadar dengan api kecil.
  6. Sajikan dengan topping.

2.Cara Membuat Kue Ulet

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 300 gram mentega
  • 1 sachet susu kental manis
  • Susu bubuk 1/2 sachet
  • Pewarna hijau
  • keju parut secukupnya
  • Chococips secukupnya

Cara Membuat Kue Ulet:

  1. Campur mentega,keju,susu,dan keju hingga rata.
  2. Jangan lupa tambahkan tepung terigu secara perlahan ke dalam campuran tadi hingga rata.
  3. Lalu masukan pewarna hijau sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  4. Bulatkanlah adonan kecil-kecil.Lalu ambil satu bulatan dan cetak di atas sisir atau cetakan bergerigi hingga menyerupai ulat.
  5. Letakkan adonan di atas loyang dan jangan lupa tambahkan chococips sebagai mata ulatnya.
  6. Kemudian pangganglah di dalam oven hingga matang dan siap untuk disajikan.

3.Cara Membuat Kue Chiffon Cake

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • Gula pasir 200 gram
  • Santan 200 ml
  • 75 ml minyak goreng
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 tetes pewarna hijau
  • 8 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya)
  • 1/2 sendok teh garam
  • Sendok teh cream of tartar 1/4 sendok
  • Vanili bubuk 1/2 sdt
  • 1 sendok teh pasta pandan

Cara Membuat Kue Chiffon Cake:

  1. Rebus santan dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih dengan api kecil,sisihkan.
  2. Campurlah dengan kuning telur, minyak, dan santan.Tambahkan terigu,baking powder,dan vanilli.Aduk rata.
  3. Tambahkanlah pada pasta pandan dan aduk rata.Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi selama lima menit.
  4. Kemudian tambahkan cream of tartar.
  5. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit.Kocok perlahan hingga lembut selama 10 menit.
  6. Campurkanlah dengan kocokan putih telur dan campuran kuning telur hingga rata.
  7. Masukkan adonan ini ke dalam loyang.
  8. Lalu pangganglah dengan suhu 160-180 derajat Celsius selama 60 menit.

4.Cara Membuat Kue Kastangel

Bahan-Bahan:

  • 300 gr margarin.
  • 400 gr tepung terigu protein sedang.
  • 2 kuning telur.
  • 200 gr keju parut.
  • Susu bubuk 2 sdm.
  • kuning telur untuk olesan.
  • keju parut untuk taburan.

Cara Membuat Kue Kastangel:

  1. Kocoklah pada mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, asal tercampur rata.
  2. Masukkan keju,aduk rata.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dan susu bubuk,aduk hingga merata.
  4. Cetak adonan sesuai bentuk yang diinginkan,tata di loyang,dan beri keju parut sebagai taburan.
  5. Pangganglah hingga sampai matang dengan suhu 125 derajat Celsius.

5.Cara Membuat Kue Nastar

Kue Nastar

Bahan-Bahan:

  • 250 gr mentega
  • Margarin 250 gr
  • 100 gr gula halus
  • 4 butir kuning telur
  • 700 gr terigu
  • Susu bubuk fullcream 4 sdm
  • Isian berupa selai nanas
  • kuning telur sebagai olesan

Cara Membuat Kue Nastar:

  1. Campur margarin,mentega,dan gula lalu kocok dengan mikser.
  2. Tambahkan kuning telur dan kocok lagi.
  3. Masukkanlah pada terigu dan susu ke dalam adonan dan aduk pakai spatula hingga adonan bisa dibentuk.
  4. Ambillah adonan dan pipihkan didalam wadah,lalu isi dengan selai.Bentuk sesuai selera.
  5. Kemudian letakkan adonan di loyang dan panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 30 menit.
  6. Oleskan pada kuning telur dan panggang lagi 15 menit hingga matang.

6.Cara Membuat Kue Apem

Bahan-Bahan:

  • 250 gram terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 130 gram gula merah
  • 500 ml santan
  • ragi dan garam secukupnya

Cara Membuat Kue Apem:

  1. Aduklah dengan santan dan gula merah hingga larut lalu dinginkan.
  2. Setelah itu ratakan sisa santan bersama tepung,garam,serta ragi.
  3. Tambahkan pada larutan gula hingga tercampur rata.
  4. Oleslah cetakan dengan minyak goreng lalu tuang adonan ke dalam cetakan.
  5. Kemudian biarkan hingga adonan mengembang.
  6. Panaskan didalam dandang,lalu kukus dengan api besar 20 menit sampai matang.

7.Cara Membuat Kue Bakpau

Bahan-Bahan:

  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 1,5 sendok teh ragi instan
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 270 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 50 gram susu bubuk
  • 4 sendok teh baking powder
  • 800 gram tepung terigu protein tinggi
  • 60 gram mentega putih
  • 330 ml air
  • isiannya menggunakan kacang hijau yang sudah direbus.

Cara Membuat Kue Bakpau:

  1. Aduklah pada bahan tepung terigu protein sedang,ragi instan,2 sendok teh gula pasir,dan 270 ml air sampai kalis.
  2. Diamkan selama 30 menit.Tambahkan 250 gram gula pasir, susu bubuk, dan baking powder.
  3. Oleskan pada adonan hingga sampai merata.
  4. Tambahkan tepung terigu protein tinggi,mentega putih,dan 330 ml air.
  5. Kemudian olesi hingga sampai elastis.Diamkan pada waktu 30 menit.
  6. Kempiskan adonan dan timbang 20 gram.Lalu bulatkan.
  7. Setelah itu diamkan lagi 10 menit.Pipihkan adonan.Masukkan isi.Bentuk bulat.
  8. Letakkan di kertas roti.Diamkan 20 menit.
  9. Kukuslah selama 5 menit dengan api sedang.

8.Cara Membuat Kue Donat

Bahan-Bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi
  • 175 ml air hangat kuku
  • Mentega 1 sdm
  • Telur 1 butir

Cara Membuat Kue Donat:

  1. Campurkan dengan terigu,telur,bersama mentega.
  2. Tambahkan pada ragi,gula,dan air hangat.
  3. Olesi adonan hingga sampai kalis kemudian diamkan adonan 30 menit.
  4. Bentuklah dengan adonan hingga menjadi bulat dengan lubang di bagian tengah,lalu goreng hingga matang.
  5. Kemudian donat siap untuk diberi topping sesuai selera seperti meises atau cokelat yang dilelehkan.

9.Cara Membuat Kue Coklat Kukus

Bahan-Bahan:

  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok makan sp
  • Sendok makan bp 1/2
  • 6 sendok makam gula pasir
  • 7 sendok makan tepung terigu
  • 5 sendok makan minyak sayur
  • 1 sachet susu kental manis
  • Secukupnya mesis ceres
  • Sendok makan keju secukupnya
  • Coklat bubuk 2 sendok

Cara Membuat Kue Coklat Kukus:

  1. Mixerlah terlebih dulu telur,bp,sp sampai berwarna putih mengembang
  2. Masukkan campuran pada tepung terigu beserta susu kental manis dan coklat bubuk,mixer sampai semua tercampur rata.
  3. Panaskan lalu kukus terlebih dulu,setelah panas masukan adonan ke dalm loyang yg sudah diolesi dengan mentega.
  4. Lalu setelah itu kukus adonan yg sudah di masukkan ke loyang,tutup kukusan menggunakan serbet,kukus kurleb 30 menit.
  5. Kemudian setelah matang tinggal kasih ceres ke atasnya bisa terlebih dulu kue di oles pake mentega.Selamat mencoba.

10.Cara Membuat Kue Coklat Susu

Bahan-Bahan:

  • 120 gr Mentega
  • 240 gula pasir halus (aku : 200gr)
  • 2 butir telur utuh
  • 1 sdm ovalet/sp
  • 250 ml susu cair

Bahan kering (ayak jadi satu):

  • 240 gr Tepung Terigu protein sedang
  • 40 gr coklat bubuk
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat Kue Coklat Susu:

  1. Siapkan bahan.Panaskan oven dengan suhu 180 derajat.Siapkan loyang kotak ukuran 18 cm.Olesi margarin dan lapisi kertas roti. Sisihkan.
  2. Kocoklah pada mentega,gula pasir, dan ovalet/sp sampai mengembang,lalu masukkan telur kocok lagi sampai merata
  3. Lalu di masukkan campuran tepung yang sudah diayak dalam 3 tahap,aduk rata bergantian dengan susu cair (speed rendah).
  4. Masukkan ke adonan yang loyang lalu di panggang selama 35-45 menit. Atau sesuaikan dengan suhu oven masing2.Test tusuk sebelum diangkat.
  5. Potong dengan sesuai selera.Bisa langsung dinikmati atau bisa juga dihias buttercream.
  6. Sebagian adonan oleskan buttercream dan taburi keju parut.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dan saya contohkan bagaimana cara membuat kue dari tepung terigu.Apabila ada salah kata saya minta maaf yang banyak sebanyaknya.Sekian dan Terimakasih.Assalamualaikum,Wr,Wb.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •