Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri di Rumah, Hasilnya Bikin Ketagihan!

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri di Rumah, Hasilnya Bikin Ketagihan!

Cara Membuat Kue Ulang Tahun – Hari kelahiran selalu di peringati dengan perayaan, baik itu perayaan besar maupun perayaan sederhana. Perayaan tersebut merupakan salah satu wujud rasa syukur. Selain perayaannya, ulang tahun juga tidak ketinggalan dengan yang namanya tradisi tiup lilin dan potong kue.

Ya, kue ulang tahun selalu menjadi pelengkap sekaligus menjadi simbol untuk memperingati hari kelahiran dan juga menandai bahwa seseorang telah bertambah usianya. Bahkan pada pesta ulang tahun anak-anak, mereka akan sangat tidak sabar menunggu saat potong kue dan tiup lilin daripada menikmati makanannya.

Kue ulang tahun yang biasa disajikan dalam perayaan ulang tahun memiliki berbagai bentuk dan selalu dihias dengan cantik. Dibalik keindahnnya tersebut, ternyata dalam sejarahnya kue ulang tahun sudah ada sejak masa Yunani Kuno. Kue cantik ini dulunya merupakan suguhan untuk Dewa sekaligus simbol permohonan.

Sejarah Kue Ulang Tahun

Kue ulang tahun dalam sejarahnya sudah ada sejak masa Yunani Kuno. Pada masa itu masyarakat membuat kue aatau roti madu dengan bentuk bulan yang nantinya akan diantarkan ke kuil Dewi Bulan, Artemis. Pada jaman itu kue ulang tahun kebanyakan berbentuk bulat. Hal ini dikarenakan bulat menyimbolkan kue ini sebagai suguhan untuk Dewi Bulan. Bentuk kue yang bulat menyimbolkan bentuk bulan tersebut.

cara membuat kue ulang tahun

Kenapa Bentuk Kue Ulang Tahun Bulat?

Pada masa Yunani Kuno kue-kue yang ada kebanyakan memang dibuat dengan bentuk bulat. Selain karena memang dahulu kue hanya dibentuk menggunakan tangan kosong tanpa alat cetak lain, ternyata para ahli memiliki pelambangan tersendiri terhadap bentuk bulat tersebut.

Para ahli meyakini kue di masa dunia kuno memiliki hubungan dengan siklus tahunan yang juga melambangkan siklus kehidupan, terutama Matahari dan Bulan. Semakin berkembangnya waktu, banyak diciptakan loyang dengan berbagai bentuk sehingga bentuk kue tidak hanya bulat saja, namun lebih beragam.

Filosofi Lilin Pada Kue Ulang Tahun

Dalam kue ulang tahun tidak lupa mereka juga menambahkan lilin. Ini diyakini sebagai simbol bulan yang bercahaya. Ketika kue bulat berlilin tersebut dibawa ke kuil Artemis, asap lilin tersebut dipercaya akan membawa keinginan mereka kepada dewa-dewa yang ada di langit.

Mereka percaya jika kita mengucapkan permohonan dalam hati dengan mata tertutup dan meniup lilin pada kue ulang tahun dalam sekali tarikan nafas maka permohonan tersebut akan menjadi kenyataan di waktu yang akan datang. Mereka juga menuliskan nama pada kue yang diharapkan membawa keberuntungan bagi si pemilik nama.

Sejarah Kue Ulang Tahun di Abad Pertengahan

Selain kepercayaan kue ulang tahun sebagai kue persembahan untuk Dewi Bulan, sejarah kue ulang tahun juga sempat disebutkan muncul pada abad pertengahan di Jerman sebagai kue ulang tahun anak-anak muda. Di Jerman kue ulang tahun dibentuk dengan berlapis-lapis dan dipanggang. Teksturnya lebih kasar dan manis seperti kue-kue yang ada pada saat itu.

Dalam abad pertengahan juga orang Inggris menempatkan benda simbolik seperti koin dan bidal di dalam adonan kue. Jika nanti yang memakannya menemukan koin maka ia akan menjadi kaya, sedangkan jika ada yang menemukan bidal maka ia akan mendapat kesialan tidak dapat menikah.

Saat ini benda simbolik yang diselipkan dalam kue sudah berbeda. Mereka biasanya menyelipkan koin palsu atau permen yang jika jatuh akan dianggap sebagai pertanda buruk di masa mendatang.

Istilah cake sendiri sebenarnya baru digunakan pada abad ke-13 dari kata kaka yang berasal dari bahasa Norse Lama. Dalam budaya barat saat ini kue ulang tahun dijadikan pastry atau dessert yang disajikan dalam pesta ulang tahun.

Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai Negara

Walaupun awal kemunculannya diyakini berasal dari masa Yunani Kuno dan Jerman, namun beberapa negara ternyata juga memiliki kue ulang tahun khasnya masing-masing. Selain rasa, bentuknya juga tak kalah unik, lho!

  1. Perancis

Perancis memiliki kue ulang tahun yang khas dengan krim kocok coklatnya. Tidak lupa diatasnya dilapisi berbagai jenis buah-buahan segar. Di Indonesia kue ala negeri mode ini juga sudah banyak ditemukan.

  1. India

Di India kue untuk perayaan ulang tahun menggunakan kue tradisional yaitu kue susu atau yogurt yang disajikan dengan kacang dan sirup beraneka rasa. Selain cara membuat kue ulang tahun dan jenis kuenya berbeda, cara memakannya juga tidak perlu di potong seperti cake ulang tahun umumnya. Kue-kue ini disajikan di wadah-wadah kecil dan langsung bisa dinikmati.

  1. Denmark

Kue ulang tahun untuk anak-anak dan orang dewasa di Denmark disajikan secara berbeda. Kue ulang tahun untuk anak-anak terbuat dari coklat, permen dan lapisan gula yang digulung agar menyerupai bentuk tubuh anak yang berulang tahun.

Sedangkan untuk orang dewasa, kue ulang tahunnya terdiri atas lapisan krim, berry dan puding serta campuran lainnya.

  1. Ghana

Hampir sama dengan India, Ghana juga menyajikan makanan khasnya yaitu Kelewele dalam perayaan ulang tahun. Kelewele ini adalah makanan yang terbuat dari pisang matang yang diberi bumbu jahe dan merica kemudian di goreng hingga berwarna coklat keemasan. Hampir sama dengan pisang goreng di Indonesia namun dengan rasa pedas lezatnya.

  1. Selandia Baru

Selandia baru memiliki kue ulang tahun yang khas. Kue ulang tahun dari negara ini ditandai dengan buah dan krim dengan lapisan pavlova meringue. Lapisan ini memunculkan warna-warni yang cantik.

Tidak lupa buah-buahan lokal seperti kiwi juga menjadi penghias utama yang menambah kesan segar dan manis kue ini.

  1. Tiongkok

Di Tiongkok hampir semua pesta ulang tahun menyajikan kue berbentuk menyerupai buah persik yang diisi pasta teratai di dalamnya.

Hal ini dikarenakan buah Persik mengandung arti umur panjang dan keabadian dalam literasi Tiongkok. Kue ini menjadi simbol harapan bagi yang berulang tahun.

  1. Inggris

Inggris ternyata masih menerapkan tradisi lama untuk kue dalam perayaan ulang tahun. Mereka akan memasukkan koin, cincin atau bidal dalam adonan.

Koin akan melambangkan kekayaan dan cincin akan melambangkan pernikahan yang akan didapatkan di tahun tersebut. Sedangkan jika mendapatkan bidal maka artinya ia tidak akan pernah menikah.

Jenis-Jenis Kue Ulang Tahun

Kue ulang tahun adalah hidangan yang tidak bisa kita hindari ketika berada dalam pesta ulang tahun. Jika kita lihat sekilas, semua bentuk dan jenisnya pasti terlihat sama. Ada kue ulang tahun yang berbentuk bulat dengan hiasan di luar lapisannya. Ada juga yang berbentuk persegi dengan hiasan berlapis di dalamnya.

Hiasan ini juga menjadi ciri khas tersendiri bagi kue-kue tersebut. Hiasan dari bahan coklat adalah yang sering muncul. Selain coklat, vanilla, strawberry atau buah-buahan juga memiliki fans masing-masing.

Kendati dalam sejarahnya kue ulang tahun hanya berbentuk bulat dari bahan dasar madu dengan lilin yang menyimbolkan cahaya bulan untuk Dewi Artemis, namun sekarang jenis kue ulang tahun sudah sangat beragam. Teknologi memudahkan pembuat kue untuk menciptakan kreasi yang beragam serta memiliki nilai artistik yang menarik.

  1. Black Forest

Nama Black Forest merupakan klaim dari tempat asalnya yaitu Schwarzwalder (Black Forest). Kue khas dari Jerman ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, cherry, serutan coklat dan direndam dalam Kirschwasser. Kue ini sudah sangat terkenal dikalangan pecinta cake coklat. Kue ini juga merupakan salah satu kue ulang tahun yang sering muncul.

  1. Tiramisu

Jika Jerman dapat membanggakan Black Forestnya yang sudah memiliki banyak fans, Italia juga tidak kalah bangganya dengan Tiramisunya. Tiramisu dibuat dari bahan dasar biskuit yang direndam dalam cairan kopi dan keju mascarpone.

Tiramisu memiliki ciri khas yaitu bentuknya yang berlapis-lapis diselingi krim kocok dengan taburan bubuk kopi diatasnya. Kue ini dibuat dengan proses pemanggangan.

  1. Cheese Cake

Jika kita melihat tampilan dari cake yang satu ini yang terbayang adalah nuansa segar. Pasalnya cheese cake biasanya dihiasi dengan buah segar atau selai buah. Cheese cake tidak di panggang kecuali menggunakan bahan dasar telur.

Bagian dasar Cheese Cake biasanya menggunakan biskuit dan kacang yang dihancurkan. Cheese cake masuk dalam kategori pai yang dilelehkan dengan air sehingga air dapat mengental dan kemudian didinginkan di lemari es.

  1. Rainbow Cake

Sama dengan namanya, kue ini memang terdiri dari lapisan-lapisan sponge cake yang berwarna-warni. Kue ini banyak dipilih untuk pesta ulang tahun anak-anak karena tampilan warnannya yang sangat menarik. Bahan dasarnya dari sponge cake berbagai warna yang disusun menggunakan lapisan butter cream.

Sepertinya kue yang satu ini sangat lezat. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat kue ulang tahun seperti ini?

  1. Red Velvet

Seperti namanya, kue ini berwarna merah cerah dengan hiasan strawberry dan Cherry di sekelilingnya. Cake yang satu ini dijadikan sebagai makanan pembuka oleh warga Amerika.

Kue yang terkenal setelah kemunculannya dalam film Julia Roberts, Steel Magnolias ini memiliki teksturnya yang lembut dan harum sehingga sangat memanjakan lidah. Red Velvet saat ini sekarang menjadi kue ulang tahun favorit. Warna merahnya menyimbolkan perasaan cinta pemiliknya.

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Sebelumnya kita telah membahas sejarah kue ulang tahun, ciri khas kue ulang tahun dibeberapa negara yang berbeda-beda serta beberapa jenis kue ulang tahun yang banyak ditemukan. Sekarang saatnya kita mempraktekan sendiri bagaimana cara membuat kue ulang tahun untuk orang tercinta. Resep kue ulang tahun kali ini adalah Red Velvet..

Jenis kue ulang tahun           : Red Velvet

Waktu memasak                    : 70 menit

Hasil                                        : 1 set kue

Bahan-bahan kue :

  • Mentega tawar @160 g
  • Vanilla Ekstak @1/8 sdt
  • Bit @200 g
  • Telur ayam @4 butir
  • Gula Pasir @400 g
  • Butter Milk @20 ml
  • Garam @1/8 sdt
  • Jeruk Lemon @1 sdm

Bahan yang diayak :

  • Tepung Terigu @400 g
  • Soda Kue @1/2 sdt
  • Coklat Bubuk @2 sdm
  • Baking powder @1 ½ sdt

Bahan frosting keju   :

  • Cream cheese @250 g
  • Ekstrak vanilla @ ½ sdt
  • Keju Mascarpone @250 g
  • Krim kental @350 ml
  • Gula Halus @100 G

Alat pembuat kue :

  • Panci ukuran sedang
  • Pisau
  • 3 Loyang dengan diameter 22 cm dan tinggi 5 cm
  • Sebagai referensi anda bisa menggunakan oven gas untuk mempercepat pemanggangan 3 loyang sekaligus karena kapasitas oven gas lebih besar serta telah dilengkapi oleh sistem pengoperasian digital.
  • Gunakan mixer yang memiliki spesifikasi yang lengkap dan memadai serta memudahkan proses pengadukan.

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Adonan Kue :

  1. Rebus buah bit sampai menjadi lembut merata dalam sebuah panci.
  2. Setelah lembut angkat buah bit dari panci dan tiriskan.
  3. Kemudian kupas buah bit sampai bersih dengan menggunakan pisau.
  4. Haluskan dengan menggunakan Blander atau garpu. Sisihkan.
  5. Siapkan wadah untuk mengadon yang cukup besar.
  6. Masukan mentega dan gula, kocok dengan menggunakan mixer.
  7. Setelah merata dan mengembang masukan telur secara perlahan sampai merata kesemua adonan dan lebih mengembang
  8. Masukkan butter milk, air jeruk, pewarna dan vanilla ekstak. Aduk perlahan.
  9. Tuangkan bahan kering yang telah diayak kemudian aduk dengan mixer dengan kecepatan rendah.
  10. Setelah itu masukan ke dalam loyang. Jangan lupa mengolesi loyang dengan margarin terlebih dahulu.
  11. Panggang adonan dalam oven ± 20 menit dengan suhu 1900C sampai matang dan berwarna kekuningan.

Adonan Frosting :

  1. Kocok krim kental dengan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai bahan kaku dan merata. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah. Kocok cream cheese dan gula sampai rata dan mengembang.
  3. Setelah itu masukan bahan krim kental yang sudah di kocok tadi (step 1) dan aduk kembali sampai lembut dan merata.
  4. Untuk menghias, iris bagian permukaan kue kemudian olesi dengan adonan frosting. Kemudian tumpuk lagi dan lapisi dengan frosting sampai seluruh roti habis dan tertutup frosting seluruhnya.
  5. Tambahkan cherry atau strowberry sebagai pemanis.
  6. Red Velvet istimewa siap di sajikan.

Nah Ternyata mudah kan cara membuat kue ulang tahun? Anda berani mencoba resep di atas atau Anda memiliki keberanian lebih untuk bereksperimen dalam cara membuat kue ulang tahun Anda sendiri?

Tips Anti Gagal Membuat Kue Ulang Tahun

cara membuat kue ulang tahun

Bagi anda yang sudah sering membuat kue ulang tahun atau kue-kue lainnya mungkin cara membuat kue ulang tahun  diatas tentu bukan hal baru dan tentunya lebih besar kemungkinan untuk berhasil. Namun beberapa orang yang masih awam dalam membuat kue ini bisa saja gagal.

Jika anda termasuk yang gagal, jangan menyerah begitu saja. Anda harus berhasil membuat kue pertama anda untuk dihidangan kepada orang-orang tercinta. Bagi anda yang gagal mungkin tips dibawah ini perlu anda perhatikan agar kue yang anda masak kemudian bisa matang dengan benar.

  1. Jangan gunakan telur yang lama berada di lemari es. Telur yang dalam keadaan dingin sulit naik ketika dikocok. Akibatnya kue tidak dapat mengembang dengan benar.
  2. Periksa kebersihan wadah pengocok telur. Jika terdapat noda seperti mentega atau tepung di dalam wadah ini akan mengakibatkan telur juga gagal mengembang.
  3. Mungkin anda berfikir baking powder bisa membuat adonan kue anda lebih mengembang. Namun nyatanya kebanyakan baking powder malah akan membuat roti anda menghasilkan banyak remah-remah.
  4. Ketika mencampur tepung dalam adonan telur, usahakan untuk mengaduk secara perlahan agar udara dalam telur tidak terbuang dan menjadi gluten.
  5. Jangan menghentikan mixer yang sedang mengocok adonan jika adonan belum mengembang dan tercampur stabil. Gunakan mixer dengan kecepatan yang stabil dan dapat di atur sesuai kebutuhan.

Mixer Spiral

Kebanyakan pembuat kue menghentikan kegiatan mengocok dengan mixer ditengah-tengah proses pengocokan dikarenakan kelelahan. Membuat kue ulang tahun memang memerlukan waktu yang cukup lama agar dapat mengembang sempurna.

Agar anda tidak kelelahan ada alternatif untuk menggunakan mixer spiral. Mixer spiral ini lebih banyak digunakan karena pengaduk dan wadahnya dapat berputar sendiri sehingga anda tidak kelelahan memutarnya.

Cara Menyimpan Kue Ulang Tahun

Setelah tahu cara membuat kue ulang tahun, tentu sekarang Anda harus tahu bagaimana cara menyimpannya dengan benar. Kue ulang tahun memang banyak disajikan dalam pesta ulang tahun. Namun tidak jarang ada yang membuatnya dengan tujuan komersil. Kebutuhan beberapa orang yang lebih memilih untuk membeli daripada membuat sendiri bisa dijadikan kesempatan memperoleh keuntungan.

Namun karena kue ulang tahun adalah jenis makanan yang tidak dapat bertahan di suhu ruang biasa terlalu lama, akan lebih baik jika penjual menyediakan showcase lemari pendingin atau pemanas agar kue ulang tahun ini bisa lebih awet dan terjaga kualitasnya sebelum sampai ketangan pelanggan.

Semoga informasi tentang cara membuat kue ulang tahun di atas bermanfaat untuk Anda semua

By | 2017-10-10T10:13:21+00:00 October 10th, 2017|Artikel Proses|Comments Off on Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri di Rumah, Hasilnya Bikin Ketagihan!

About the Author: