Resep Roti – “Fresh from the oven”, itulah salah satu ungkapan yang paling terkenal, khususnya di dunia kuliner. Roti yang baru dipanggang menjadi salah satu kesenangan terbesar dalam hidup bagi banyak orang. Ada banyak resep roti dan cara membuat roti yang bisa kita temukan, dan membuat roti ternyata suatu hal yang mudah dari yang Anda kira.

Anda bisa membuat dari berbagai macam resep roti sendiri di rumah, seperti Roti Prancis yang lezat, Roti Sandwich yang lembut, serta macam-macam roti lainnya yang manis dan nikmat sebagai cara yang menarik untuk bisa menghemat uang dan memenuhi rumah Anda dengan aroma harum khas roti yang baru dipanggang. Siapapun bisa membuat roti dengan bahan-bahan sederhana meskipun memiliki sedikit pengetahuan tentang resep roti dan cara membuat roti.

Resep Roti

1.) Resep Roti Prancis Dasar

Macam-macam Roti

Bahan-bahan

  • 6 cangkir tepung putih serbaguna
  • 1 sdt garam
  • 2 cangkir air hangat
  • 3 sdt atau 1 bungkus ragi kering aktif

Cara Membuat Roti Prancis Dasar

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengaktifkan ragi. Caranya, siapkan wadah atau mangkuk kecil, masukkan ragi dan campur dengan 1/4 cangkir air hangat (sekitar 38-43 derajat Celcius). Pastikan air yang dimasukkan itu hangat dan tidak panas, karena kalau air terlalu panas, ragi akan mati, sedangkan kalau air terlalu dingin, ragi tidak akan cukup aktif untuk bisa membuat roti mengembang dengan baik dan sempurna.
  2. Setelah satu atau dua menit, campuran itu akan mulai mengental, teksturnya menjadi berbusa, dan akan memunculkan aroma seperti bir. Kalau campurannya itu sudah berbusa dan kental, berarti ragi sudah aktif dengan baik dan siap digunakan.Sedikit catatan, kalau Anda menggunakan “Rapid Rise” atau ragi yang bisa aktif sendiri, Anda tidak perlu mengaktifkannya ragi sebelum mencampurnya dengan tepung. Anda bisa langsung menuju ke tahap berikutnya.
  3. Campur tepung dan garam sampai tercampur rata di dalam wadah atau mangkuk besar. Setelah mencampur bahan-bahan kering, Anda juga bisa menambahkan ragi, baik menggunakan ragi instan atau campuran ragi kental dan berbusa yang sudah diaktifkan tadi. Kemudian aduk bersama tepung sampai tercampur dengan rata.
  4. Supaya bisa mempermudah proses pencampuran adonan, Anda bisa menggunakan mixer roti. Tapi bagaimana pun juga, pencampuran adonan ini hanyalah bagian kecil dalam pembuatan roti Prancis.
  5. Kemudian tambahkan air, aduk sampai merata. Caranya dengan menuangkan air ke dalam mangku secara perlahan dengan satu tangan, sementara tangan yang lain mengaduk tepung. Perlu Anda perhatikan, adonan harus dibentuk sejak awal, jadi sangat penting untuk terus mengaduk adonan pada saat menuangkan air.
  6. Jumlah air yang Anda perlukan untuk membuat adonan ini sangat bervariasi, semua itu tergantung dari iklim, kalau Anda tinggal di daerah dengan beriklim lembab, jumlah air yang digunakan lebih sedikit, begitu sebaliknya. Jadi sebaiknya tambahkan air secara perlahan sambil terus diaduk, setelah adonan rotinya mulai tecampur rata, Anda tidak perlu menambahkan air lagi.
  7. Setelah itu balikkan adonan di atas permukaan loyang atau telenan yang sudah ditaburi tepung supaya tidak terlalu lengket. Kemudian diamkan adonan selama 5 menit. Nah pada tahap ini, untaian gluten mulai terbentuk, jadi rotinya akan memiliki tekstur kenyal yang bagus.
  8. Kalau sudah, tahap selanjutnya itu menguleni adonan. Uleni adonan secara terus-menerus selama 5-10 menit atau sampai adonan terasa halus. Permukaan adonan harus sampai lembut dan sebagian besar kelihatan seragam, tidak lengket atau kental. Tapi kalau adonan masih terlihat kasar pada permukaannya, uleni lagi, Anda bisa menambahkan tepung kalau perlu.
  9. Setelah itu biarkan adonan mengembang selama sekitar 3 jam. Taruh kembali adonan ke dalam wadah atau mangkuk yang bersih, lalu tutup bagian atasnya dengan plastik pembungkus atau kain bersih. Kemudian simpan adonan di tempat yang hangat.
  10. Kalau adonan sudah mengembang dengan sempurna, gulunglah sebanyak beberapa kali pada permukaan meja yang sudah ditaburi tepung dan kembalikan adonannya ke dalam wadah lagi untuk pengembangan kedua, dan biarkan selama 1,5 jam. Proses ini tidak akan memakan waktu yang lama, tujuannya ini untuk bisa membuat adonan roti jadi lebih mudah diuleni karena teksturnya yang sudah jadi halus dan lembut.
  11. Barulah setelah itu Anda bisa memulai membentuk adonan roti Prancisnya menjadi bentuk apapun yang Anda inginkan.
  12. Kemudian diamkan adonan roti yang sudah dibentuk selama 45 menit sebelum dimasukkan ke dalam oven. Anda bisa membuat sayatan pada bagian atas roti dengan pola X atau sesuai keinginan Anda sebelum memasukkannya ke dalam oven, tujuannya itu supaya adonan bisa mengembang secara merata saat dipanggang.
  13. Langkah yang terakhir adalah memanggang roti di dalam oven dengan suhu 222 derajat Celcius selama sekitar 30 menit, atau sampai bagian atas kulit roti berwarna coklat keemasan yang bagus dan bagian bawah roti sudah mengeras.
  14. Roti Prancis siap disajikan.

Begini Cara Pengoperasian Mixer Roti.


2.) Resep Roti Sandwich

Resep Roti

Bahan-bahan

  • 6 cangkir tepung serbaguna (tepung putih atau gandum)
  • 1 cangkir air
  • 1 cangkir susu
  • 2 sdm butter tawar
  • 2 sdm gula atau madu
  • 1 sdm garam
  • minyak
  • 1 butir telur yang telah dikocok

Cara Membuat Roti Sandwich

  1. Langkah pertama sama seperti membuat roti Prancis, yaitu mengaktifkan ragi. Caranya siapkan 1 cangkir air hangat (sekitar 50 derajat Celcius), kemudian masukkan ragi ke dalam wadah atau mangkuk, lalu tuangkan air hangatnya secara perlahan sambil diaduk.
  2. Kemudian panaskan susu dengan cepat di atas kompor dengan api besar. Tapi sebelum susu mendidih, segera angkat dari kompor, lalu tambahkan butter dan gula, aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata. Susu yang dipanaskan tidak boleh dipanaskan sampai mendidih karena susu cenderung cepat menghasilkan buih. Biarkan susu agak mendingin sebelum Anda campurkan dengan ragi.
  3. Campur susu yang sudah dipanaskan tadi dengan 1 cangkir tepung, Anda bisa menggunakan mixer roti untuk mengaduknya. Aduk terus selama sekitar 2 menit dengan kecepatan sedang. Nah kalau adonan sudah mulai terbentuk, teruslah tambahkan sisa tepung secara bertahap, satu cangkir tepung sekali tuang.
  4. Jumlah tepung yang Anda gunakan tergantung dari seberapa lembab adonannya itu. Kalau Anda seorang pemula, sebaiknya menggunakan setengah tepung gandum dan setengah tepung putih supaya terbiasa melihat perbedaannya.
  5. Kalau adonan sudah mulai terbentuk, Anda bisa langsung menguleninya. Adonan diuleni sampai memiliki permukaan dengan tekstur yang halus dan lembut, serta adonan akan mengembang dengan sendirinya kalau ditekan.
  6. Sebagai alternatif, Anda boleh menguleni adonan dengan mixer, asalkan Anda memiliki alat pencampur adonan roti. Pengulenan akan jauh lebih mudah dibandingkan menggunakan tangan. Uleni adonan di dalam mikser selama sekitar 10 menit untuk membentuk untaian gluten yang akan memberi tekstur kenyal yang bagus pada roti.
  7. Setelah itu lumuri adonan dengan minyak dan masukkan ke dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak. Cara ini akan mencegah permukaan adonan mengering dan retak saat adonan mengembang. Kemudian tutupi bagian atas mangkuk dengan kain bersih atau plastik pembungkus dan diamkan selama 90 menit agar adonan bisa mengembang dengan sempurna.
  8. Kalau adonan sudah mengembang, bentuk bola adonannya sampai ukurannya berubah seperti semula. Anda tidak perlu menguleninya lagi, karena adonan sudah lembut dan kenyal. Bagilah adonan menjadi dua bagian yang sama menggunakan pisau koki atau pisau kue untuk membentuk roti sesuai dengan yang Anda inginkan.
  9. Gulunglah adonan dengan tangan di atas permukaan datar. Ratakan adonan terlebih dahulu menjadi semacam persegi panjang yang tinggi, kemudian lipatlah bagian bawah dan atas ke arah tengah dan cubit-cubit bekas lipatan sampai tertutup. Ini akan menjadi bagian bawah roti.
  10. Setelah itu letakkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak, lalu tutup lagi loyangnya itu dengan kain bersih supaya adonan mengembang lagi selama 30-45 menit.
  11. Panggang roti pada suhu 200 derajat Celcius selama 35 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, jangan lupa untuk beri celah pada adonan sebanyak 3 atau 4 kali sedalam sekitar 1 cm pada permukaan, kemudian oleskan telur kocok atau minyak di bagian atas roti kalau Anda mau membuat kulit roti yang renyah dan mengkilap.
  12. Roti Sandwich siap untuk disajikan.

3.) Resep Roti Manis

Resep Roti

Bahan-bahan

  • 500 gram Tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur
  • 75 gram margarin
  • ½ sendok teh garam
  • 11 gram Ragi
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml Air ( atau secukupnya)

Cara Membuat Roti Manis

  1. Langkah pertama yaitu mengaktifkan raginya terlebih dahulu dengan 1/2 sendok teh gula dan 50 ml air hangat, lalu diamkan selama 10-15 menit.
  2. Sambil menunggu raginya aktif, kita bisa melelehkan mentega bersama air dan tambahkan gula sampai larut untuk bisa mempermudah menguleni.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dan garam ke dalam wadah yang sudah disiapkan dan campur sampai rata.
  4. Kalau sudah tercampur rata, masukkan telur yang sudah dikocok lepas, kemudian tambahkan ragi yang sudah diaktifkan tadi, lalu aduk semuanya sampai rata.
  5. Tambahkan mentega yang dilelehkan dengan gula dan air tadi secara perlahan sambil diuleni.
  6. Untuk bisa mempermudah proses pengulenan, kita bisa menggunakan plastik yang lebar, kemudian ambil adonan dari wadah, lalu uleni kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit.
  7. Setelah kalis, masukkan adonan yang sudah diuleni tadi ke dalam wadah tertutup dengan menggunakan plastik atau kain bersih, lalu diamkan selama 30 menit agar adonannya mengembang dengan sempurna.
  8. Kalau sudah mengembang, pukul-pukul atau kempiskan adonannya, lalu uleni adonan dengan cepat sekitar 3-4 menit. Setelah itu potong dan timbang adonan masing-masing 30 gram, atau sesuai dengan keinginan Anda.
  9. Bentuk bulat-bulat sampai adonannya habis, lalu letakkan pada loyang dan tutup dengan plastik atau kain bersih, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  10. Kalau sudah 15 menit, Anda pun sudah bisa membuat kreasi pada adonan roti sesuai dengan keinginan dan imajinasi Anda, seperti menambahkan taburan gula, meses, keju, selai, dan lain sebagainya. Lalu diamkan lagi selama 30-45 menit sampai bentuk roti mengembang lagi.
  11. Setelah itu panggang adonan rotinya di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 15 menit.
  12. Roti manis siap untuk disajikan.


Tips Dalam Pembuatan Roti

  • Bahan cair yang Anda gunakan akan mengubah rasa roti. Susu dan mentega putih akan membuat roti memiliki warna putih terang. Air dan minyak zaitun akan membuat tekstur roti jadi lebih keras. Anda bisa menggunakan tepung gandum, tepung putih, atau bahkan campuran keduanya. Anda juga bisa menambahkan biji-bijian pada roti sebagai pelengkap.
  • Letakkan adonan-adonan roti yang kecil di atas loyang yang sudah diolesi dengan minyak, jangan lupa untuk memberi jarak antar adonan roti karena adonan itu akan mengembang dan saling bersentuhan satu sama lain.
  • Anda bisa mengoleskan susu ke bagian atas roti dengan menggunakan kuas kalau Anda menginginkan hasil akhir yang lembut, atau juga bisa oleskan telur pada bagian atasnya supaya roti yang dihasilkan terlihat mengkilap. Kalau Anda mau menaburkan biji-bijian atau bahan-bahan lain diatas roti, lakukan sebelum pemanggangan.
  • Pastikan Anda memilih bahan-bahan yang tepat. Tepung kue atau pastry terlalu “lembut” untuk roti–karena roti harus memiliki tekstur yang agak kenyal. Selain itu, hindari tepung self-rising. Tepung serbaguna boleh Anda gunakan, tetapi tepung roti (pada kemasan biasanya tertulis “bread flour”/tepung roti, “high protein flour”/tepung protein tinggi, atau “flour for bread machines”/tepung khusus untuk mesin roti) merupakan pilihan yang paling baik, tepung ini memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi, sehingga akan merespons pengulenan dengan lebih baik.
  • Saat roti keluar dari oven, jangan coba-coba untuk segera memotongnya karena roti kemungkinan akan hancur, atau paling tidak bagian dalamnya yang lembut akan robek. Roti akan siap dipotong dalam waktu 30-60 menit setelah keluar dari oven. Lebarkan beberapa serbet bersih di atasnya agar menjaga roti tetap hangat, tapi pastikan Anda mempertahankan sirkulasi udara yang baik agar kulit roti tidak menjadi lembab.

Demikian informasi mengenai Resep Roti dan Cara Membuat Roti Berkelas Yang Bisa Anda Coba di Rumah. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda kalau mau membuat kreasi resep roti sendiri, karena kalau Anda sudah mengetahui berbagai macam resep roti ini, sudah tentu Anda bisa membuatnya dengan mudah, apalagi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti pun sangat mudah ditemukan. Selamat berkreasi dan terima kasih.