Cara Membuat Roti Jala dan Kari Sapi Mudah dan Lezat

cara membuat roti jala

Cara Membuat Roti Jala – Makanan dalam bentuk jala atau jaring sering disebut sebagai roti jala atau roti riang gembira. Hidangan ini paling baik dimakan dengan saus kari kambing, kari ayam, atau kari daging sapi. Roti jala dengan saus kari sangat populer sebagai menu makanan Melayu dan India dan bahkan Timur Tengah.

Di Indonesia sendiri cukup terkenal dengan roti jala khas Riau, Melayu Sumatera Utara dan sangat banyak variasi dan bentuk yang unik. Meski kita tahu makanan khas ini dari Tanjung Pinang, Riau. Makanan ini berasal dari wilayah timur tengah atau tepatnya India. Jaring ikan juga hampir seperti pancake atau crepes yang sangat populer selama bulan puasa Ramadhan dan juga sangat populer sebagai camilan teh sore hari.

Pada artikel Cara Membuat Roti Jala ini Akan saya bagikan Cara Membuat Roti Jala yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri dan tentunya enak dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Penasaran bagaimana Cara Membuat Roti Jala ? Simak Cara Membuat Roti Jala berikut ini

Cara Membuat Roti Jala

cara membuat roti jala mudah

Bahan

  • 300 gram Tepung.
  • 500 ml Santan encer.
  • 4 butir Telur.
  • 4 sendok makan Minyak sayur.
  • 1 sendok teh Garam.
  • Margarin secukupnya.

Langkah dan Cara Membuat Roti Jala

  1. Campur dan campur tepung dan garam dalam wadah.
  2. Tambahkan telur dan aduk rata menggunakan pengocok kemudian tuangkan santan dan minyak sayur.
  3. Aduk lagi sampai benar-benar rata, lalu saring agar campuran tidak menggumpal.
  4. Tambahkan campuran ke wadah roti mesh, plastik segitiga atau gunakan botol plastik dan tekan tutupnya untuk sedotan kecil gelas mineral, sehingga nantinya bisa membentuk mesh yang indah saat campuran dituang.
  5. Panaskan Teflon atau wajan antilengket di atas api kecil, oleskan sedikit dengan margarin.
  6. Tuang adonan secara horizontal, vertikal dan sirkuler atau acak sesuai selera penting untuk membentuk jaring.
  7. Setelah campuran matang, lipat menjadi bentuk segitiga atau bentuk sesuai selera.

Baca Juga : Spesial! Ini 10 Kreasi Baru Cara Membuat Roti Bakar, Yuk Dicoba..!

Cara Membuat Kari Sapi untuk Roti Jala

Bahan

  • 250 gram Daging sapi.
  • 1,5 liter Air untuk merebus daging.
  • 600 ml Santan.
  • 2 daun Salam.
  • 2 daun Jeruk.
  • 4 butir Cengkeh.
  • 2 buah Kapulaga.
  • Kayu Manis 5 cm.
  • 1 buah Rusa (bunga pala).
  • 1/2 sendok teh bubuk Pala.
  • 1 sendok teh Gula.
  • 1/2 sendok teh Garam.
  • Minyak secukupnya untuk menumis.

Bahan yang Dihaluskan

  • 6 Cabai merah keriting.
  • 6 Bawang merah.
  • 3 Siung Bawang putih.
  • 4 Kacang kemiri.
  • Jahe 4 cm.
  • Kunyit 4 cm.
  • 1 sendok teh Adas manis.
  • 1/2 sendok teh Jintan.
  • 1 sendok makan Ketumbar.

Cara Membuat Kari Daging Sapi untuk Roti Jala

  1. Cuci daging sapi lalu rebus dengan 1,5 liter air sampai empuk.
  2. Angkat dan tiriskan daging sapi lalu potong dadu lalu sisihkan air rebusan untuk kaldu.
  3. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus sampai harum.
  4. Masukkan potongan daging bersama dengan 500 ml kaldu, masukkan juga daun salam, daun jeruk, kapulaga, cengkeh, kayu manis, bubuk tuli dan pala dan aduk rata.
  5. Setelah mendidih, tuangkan santan dan masak sambil diaduk sampai mendidih lagi.
  6. Tambahkan garam dan gula, aduk sesekali dan masak sampai matang.
  7. Roti jala siap disajikan dengan saus.

Roti Jala

roti jala

Roti Jala adalah makanan yang berasal dari Melayu Sumatra Utara. Biasanya makanan ini disajikan dengan saus kari Melayu. Di Deli, makanan ini terkenal karena disajikan dengan kari kambing dan acar nanas.

Menurut humanis M Muhar Omtatok, roti jala adalah makanan Melayu yang dapat diadaptasi dari elemen India. Roti jala juga ditemukan di Kepulauan Riau dengan nama roti kirai.

Cara membuat roti jala adalah latihan yang sangat menyenangkan karena cetakannya sangat mudah digunakan. Makanan ini memiliki banyak variasi sehingga sangat menarik dan tidak membosankan.

Ada banyak kreasi dalam cara membuat roti jala yang mudah dan sederhana termasuk penggunaan bahan utama telur dan susu sebagai alternatif dari santan atau dikombinasikan dengan bahan lain untuk menambah rasa.

Begitu juga dengan aneka hidangan bisa dengan saus durian atau disajikan dengan saus cokelat dan sebagainya. Tenang saja bagi teman-teman yang ingin menikmati roti mie lezat khas Riau, tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke Riau karena Saya akan berbagi resep tentang cara membuat roti jala lezat ini.

Ini tentu lebih murah daripada harus datang langsung ke Riau. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi resep roei mesh ini sesuai dengan selera Anda. Untuk teman-teman yang sudah penasaran tentang cara membuat roti jala, tidak perlu terlalu lama. Lihat di atas untuk resep lezat dan lezat cara membuat roti jala.

Manfaat Tepung Terigu untuk Kesehatan

manfaat tepung untuk kesehatan

Dalam cara membuat roti jala kita menggunakan Tepung Terigu. Ternyata pada tepung terigu terdapat banyak manfaat yang dapat kita ambil.

Tepung terigu terbuat dari biji gandum sedangkan tepung gandum terbuat dari gandum utuh. Ini membuat tepung terigu memiliki tekstur lebih halus dan gluten dan elastisitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung gandum. Gluten itu sendiri adalah jenis protein yang ditemukan dalam tepung dan gandum.

Nah, berdasarkan kandungan gluten, tepung terigu ini dibagi menjadi tepung protein tinggi, tepung protein sedang dan tepung protein rendah. Dalam pembuatannya, tepung terigu telah melalui banyak proses dari mengolah biji gandum menjadi tepung dan pencampuran bahan kimia sehingga membuatnya kehilangan banyak kandungan nutrisi.

Karena itu, tepung terigu hampir tidak memberikan manfaat apa pun bagi tubuh kecuali asupan karbohidrat, kalori dan protein yang merupakan gluten itu sendiri. Tapi tepung terigu masih mempunyai manfaat untuk Kesehatan, penasaran? Simak berikut ini

1. Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu protein tinggi memiliki tingkat gluten tertinggi, yang berkisar antara 13% -14% sehingga memiliki kemampuan untuk mengikat dan menjebak gas yang membuat adonan mengembang sempurna dan teksturnya lebih kenyal. Namun kelemahannya, tepung jenis ini cepat basi dan berjamur sehingga tidak bisa bertahan lama. Tepung terigu jenis ini sangat cocok untuk membuat adonan makanan yang membutuhkan elastisitas tinggi. 

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein adalah kadar gluten sedang yang berkisar antara 11% -12% dan sering digunakan sebagai tepung serbaguna dalam pembuatan makanan.

Tepung terigu dengan protein sangat baik untuk makanan dengan tekstur lembut namun cukup halus. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari jenis tepung ini termasuk beberapa jenis kue seperti spons, kue pisang, brownies, roti gulung, roti manis, wafel, martabak manis atau kegunaan lain yang lebih luas.

3. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah memiliki tingkat gluten terendah tidak lebih dari 11% dan sangat baik untuk membuat kue renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini memiliki daya tahan lebih lama karena kadar proteinnya rendah. Tepung jenis ini digunakan untuk membuat makanan yang tidak memprioritaskan volume dan elastisitas.

Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu berprotein rendah termasuk kue dan biskuit, serta bakpia, kue bolu, hutan hitam, kue coklat, lapisan Surabaya, roti Swiss, lapis legit, pancake, kue sifon, kue, tetesan telur, dan lainnya seperti untuk membuat bahan goreng.

Manfaat Santan untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat santan kelapa untuk kesehatan

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan

Dalam cara membuat roti jala juga terdapat bahan santan, dan ternyata di dalam santan juga terdapat banyak khasiat yang cukup banyak. Ada beberapa manfaat santan untuk kesehatan tubuh, tetapi umumnya jarang diketahui. Apakah mereka?

1. Cegah Anemia

Rendahnya produksi hemoglobin dalam tubuh Anda dapat menyebabkan anemia. Kondisi anemia sering dialami oleh banyak orang dan tidak sering diabaikan. Padahal, anemia akan menyebabkan produktivitas Anda menurun. Solusinya sangat mudah. Anda bisa makan diolah dengan bahan santan.

Santan memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk mengatasi anemia. Manfaat yang dirasakan tubuh juga akan lebih besar jika Anda mengonsumsi santan murni.

2. Meningkatkan Kekebalan

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa santan memiliki kandungan antioksidan tinggi dalam bentuk vitamin C. Kandungan ini mendukung proses peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh Anda. Hasilnya, Anda akan lebih tahan terhadap infeksi virus dan bakteri.

3. Menekan Resiko Penyakit Jantung

Siapa bilang santan bisa menimbulkan risiko masalah jantung? Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi minyak kelapa dan santan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada mereka yang menggunakan minyak nabati atau minyak hewani.

4. Tingkatkan Kerapatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor yang tinggi dalam santan membuatnya baik untuk tulang dan gigi. Inilah mengapa Anda harus mulai mengonsumsi santan secara teratur, untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

5. Mendukung Diet Sehat

Diet yang benar adalah diet teratur yang menghindari penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Santan memiliki kandungan asam lemak dengan rantai pendek. Hal ini mengakibatkan kandungan asam lemak sangat mudah untuk mengolah tubuh menjadi cadangan energi.

6. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Meski sering disebut sebagai santan, namun santan memiliki asam lemak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lain halnya jika Anda mengonsumsi susu hewan yang justru dapat memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh.

7. Mendukung Peremajaan Sel Tubuh

Kandungan nutrisi, serat, dan asam lemak yang berkualitas, menyebabkan santan memiliki kemampuan untuk mendorong pembentukan sel-sel baru. Dalam hal ini Anda bisa mendapatkan peremajaan sel tubuh saat Anda secara teratur mengonsumsi santan.

Manfaat Santan Kelapa untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat santan untuk kecantikan Anda. Siapa tahu Anda tertarik mencoba perawatan alami ini.

1. Kembalikan Kecerahan Kulit

Kulit cerah dan penampilan sehat selalu menjadi incaran setiap wanita. Padahal, kini sang Adam menginginkan penampilan kulit yang cerah. Solusinya sangat mudah. Anda bisa menggunakan santan untuk meningkatkan kecerahan kulit. Cara menggunakan santan untuk mencerahkan kulit sangat sederhana.

Anda hanya perlu menggunakan santan kental sebagai masker. Biarkan santan tetap di kulit selama sekitar 10-15 menit lalu bersihkan kulit dengan air bersih. Jika Anda melakukan perawatan santan ini secara teratur, kulit wajah akan menjadi lebih cerah. Tapi jangan berharap hasil instan.

2. Membersihkan Kulit ke Pori-pori

Bingung mencari pembersih kulit wajah yang aman dan alami? Mungkin sudah saatnya mencoba santan untuk membersihkan kulit Anda. Cara menggunakan santan sangat mudah. Pertama, campurkan 4 sendok makan santan dengan 1,5 liter minyak kelapa.

Kedua, tambahkan 1 cangkir kecil garam halus, lalu aduk sampai semua bagian tercampur rata. Ketiga, gosok kulit wajah Anda dengan campuran sambil memijat dengan lembut berputar. Terakhir, bilas wajah Anda dengan air bersih.

3. Mencegah Terjadinya Jerawat dan Komedo

Kemampuan santan untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori, membuatnya juga mampu menghambat terjadinya jerawat bahkan komedo di kulit. Tentu ini hanya terjadi jika Anda melakukan perawatan menggunakan santan secara teratur.

4. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Tidak hanya membuat kulit bersih, masker santan juga bisa melembutkan kulit Anda. Kandungannya yang tinggi nutrisi, membuat santan juga bisa meningkatkan kelembaban kulit. Manfaat duo sangat dicari oleh setiap wanita. susu kelapa

5. Menghambat Munculnya Tanda – Tanda Penuaan

Kandungan vitamin C dalam santan menjadikannya antioksidan yang baik untuk menyamarkan kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, santan juga dikenal menghambat berbagai tanda penuaan yang sering muncul di wajah.

6. Mengatasi Masalah Kulit Sensitif, Terlalu Kering, Alergi, Hingga Kulit Berminyak

Semua bisa diatasi dengan menggunakan santan sebagai masker. Karena nutrisi yang terkandung dalam santan akan memenuhi kebutuhan kulit untuk kembali sehat.

7. Membantu Membersihkan Sisa – Sisa Kosmetik

Kulit kotor karena sisa-sisa kosmetik rentan terhadap iritasi. Akibatnya, jerawat hingga komedo kerap muncul di kulit wajah. Solusinya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan santan untuk membersihkan kosmetik yang tersisa. Caranya, oleskan santan ke permukaan kulit diamkan sekitar 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

8. Mengatasi Gangguan Kesehatan Kulit Kepala

Ketombe jelas akan mengganggu penampilan Anda. Belum lagi rasa gatal dan rambut rontok yang biasanya mengikuti kondisi rambut ketombe. Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah.

Caranya adalah membagikan santan ke kulit kepala. Oleskan santan secara merata di permukaan kulit kepala. Selanjutnya, pijat kulit kepala Anda agar santan terserap optimal. Biarkan santan di kulit kepala Anda selama 10-15 menit. Kemudian bilas rambut dan kulit kepala Anda dengan air sampai bersih.

Terlepas dari semua manfaat dan keunggulan santan, Anda masih harus memperhatikan prosedur untuk pemrosesan dan konsumsi. Sama seperti bahan makanan lainnya, jika santan direbus terlalu lama atau diproses dalam jangka waktu yang terlalu lama, maka efektivitas santan bisa hilang.

Santan kelapa Tidak hanya itu, santan juga dapat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda. Apalagi jika santan yang akan Anda konsumsi sudah dipanaskan berulang kali. Ini adalah alasan mengapa tidak sedikit orang kemudian beralih dari mengkonsumsi santan olahan.

Sekarang, cukup banyak orang mengkonsumsi santan mentah untuk kesehatan. Tidak hanya itu, santan mentah adalah pilihan terbaik untuk perawatan kulit wajah ke rambut Anda. 

Dalam perkembangannya, sekarang ada juga santan instan atau siap pakai. Kehadiran santan instan tidak lain untuk memenuhi preferensi pasar yang menyukai produk siap pakai. Santan siap makan dibuat dengan metode pasteurisasi. Santan dikemas tanpa aditif atau aditif lainnya.

Untuk alasan ini, ingatlah untuk memprioritaskan kemurnian, kebersihan kemasan, dan kesegaran bahan santan yang Anda hasilkan. Dengan begitu, khasiat santan yang akan dirasakan oleh konsumen menjadi lebih optimal.

Mungkin sekian dahulu artikel Cara Membuat Roti Jala dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuat Kentang Goreng Garing dan Krispy Ala Restoran atau mungkin Cara Membuat Manisan Mangga Basah, Kering dan Pedas, Mudah Loh ! yang tentunya uenak banget dan mudah. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •