Bagi Anda yang sudah pernah menjajakan kaki di Jogja pasti sudah mengenal ‘bakpia’, yaitu kue cemilan khas Kota Jogja yang melegenda. Meskipun resep bakpia pathok ini cukup sederhana, tapi cita rasanya yang begitu nikmat membuat bakpia menjadi makanan khas wajib dicicipi ketika Anda berada di Jogja.

Cita rasanya yang nikmat dari kue bakpia serta isi bagian dalamnya yang begitu lembut membuat hidangan ini tersaji istimewa. Tidak heran kalau banyak orang atau wisatawan yang berkunjung ke kota Jogja ini yang langsung memburu bakpia ini untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman.

Selain di Jogja, kue bakpia ini juga banyak dijual di daerah lain di Indonesia, hanya saja bakpia yang dijual di Jogja mempunyai rasa dan ciri khas tersendiri. Menikmati kue bakpia akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan segelas kopi atau secangkir teh hangat beramai-ramai bersama dengan keluarga atau menyendiri saat menonton televisi atau membaca majalah.

Nah pertanyaanya, siapa yang belum pernah mencicipi kue lezat ini? Kue yang satu ini memang selalu bikin kangen karena cita rasanya dan juga suasana kota asalnya yang tentram.

Resep Bakpia Pathok

Kalau Anda penasaran seperti apa nikmatnya bakpia pathok, Anda bisa datang langsung ke Jogja, karena akan lebih terasa dengan menikmati kota pelajar sekaligus kota budaya ini. Tekstur kue yang renyah di luar dan lembut di adlam ini akan memanjakan lidah dan selera Anda. Saat ini sudah ada beragam varian bakpia dengan isi yang berbeda-beda, seperti kacang hijau, keju, durian, coklat, dan masih banyak lainnya. Tentunya tujuannya itu untuk menyesuaikan dengan selera masing-masing pembeli biar bisa lebih puas dengan rasa yang disukai.

Kue bakpia ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan terlihat renyah, sehingga seringkali dihadirkan di momen yang sangat penting dan spesial. Anak-anak biasanya paling senang dengan dihidangkanya kue bakpia ini, karena sangat enak dan lezat. Kue bakpia ini terbuat dari bahan utama tepung terigu dan dicampur dengan beberapa bahan lain seperti ragi, margarin, gula dan lain-lain, dan juga tambahan bahan-bahan isi di dalamnya yang menarik dan sesuai selera.

Tapi bagi Anda yang tidak punya waktu banyak untuk bepergian, Anda tidak harus jauh-jauh pergi ke Jogja untuk bisa menemukan resep bakpia pathok, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan selera Anda. Tentunya, hasil bakpia yang anda buat tidak akan jauh berbeda dengan yang biasa Anda beli di jogja, karena resep bakpia pathok ini kami rangkum agar rasanya dapat menjadi semirip mungkin dan selezat mungkin seperti bakpia di Kota Jogja.

Sekilas Tentang Bakpia

Resep Bakpia Pathok

Sebelum membahas tentang resep bakpia pathok, kami mau share sekilas tentang cemilan khas yang satu ini. Jadi, bakpia itu adalah makanan atau kue yang terbuat dari campuran kacang hijau (bisa juga dengan bahan lainnya), yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Nah istilah ‘bakpia’ itu sendiri berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, jadi secara harfiah bakpia itu artinya roti atau kue yang berisikan daging. Kalau di beberapa daerah di Indonesia sendiri, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama ‘pia’ atau ‘kue pia’.

Bakpia ini termasuk salah satu makanan populer dari keluarga Tionghoa. Nah ada bakpia yang sangat terkenal, salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk) di Yogyakarta. Mengingat masyarakat di Kota Jogja ini cukup banyak yang Muslim, jadi pada perkembangannya isi bakpia yang semula daging babi pun akhirnya diubah menjadi kacang hijau yang sudah kita kenal selama ini.

Bakpia pada saat itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.

Pada tahun 1980 mulai tampil kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang nomer berlainan. Resep bakpia pathok pada saat itu semakin banyak dicari, demikian pesatnya perkembangan “kue oleh-oleh” itu hingga mencapai booming sejak sekitar tahun 1992.

Seperti yang sudah kita ketahui, bakpia merupakan salah satu jajanan khas yang melegenda dari Kota Jogja yang sering dijadikan oleh-oleh kalau berkunjung kesana. Resep bakpia pathok pada umumnya ada dua jenis, yaitu bakpia basah dan bakpia kering. Bahan-bahan yang digunakan kedua jenis bakpia ini sebetulnya hampir sama, hanya beda pada cara membuat kulitnya, untuk filling-nya pun bisa diisi dengan berbagai macam rasa, seperti kacang-kacangan, keju, coklat, selai, bahkan ada juga yang diisi dengan ubi ungu.

Perbedaan bakpia basah dan bakpia yang kering yaitu dicara membuat kulitnya. Untuk bakpia basah, setelah kedua lapisan kulit dijadikan satu cukup sekali saja melipat adonan kulitnya kemudian dibulatkan dan rendam dalam minyak terlebih dahulu, baru diberi isian. Sedangkan untuk bakpia kering, kedua lapisan dijadikan satu kemudian dibentuk seperti amplop digilas lagi dan bentuk lagi seperti amplop lakukan sampai tiga kali, tujuannya itu supaya kulit berlapis-lapis, jadi bisa menghasilkan kulit yang renyah. Bakpia kering tidak perlu direndam dalam minyak sebelum diberi bahan isian, jadi setelah proses lipat gilas bisa langsung diberi filling.

Apakah anda sudah pernah membuatnya? Jika belum pernah Anda bisa mencobanya dengan mengikuti resep kue bakpia isi kacang hijau lengkap dengan bahan-bahan dan cara membuatnya, Anda juga memerlukan mesin pembuat bakpia yang akan memudahkan proses pembuatan bakpia. Yuk simak resep bakpia pathok berikut ini.

Resep Bakpia Pathok

Resep Bakpia Pathok

Bahan-bahan

Bahan Kulit Bakpia:

  • 125 gram tepung terigu rendah protein
  • 65 gram tepung terigu tinggi protein
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 200 ml minyak sayur (untuk campuran adonan 50 ml dan untuk rendaman 150 ml)

Bahan Lapisan Bakpia:

  • 65 gram tepung terigu rendah protein
  • 25 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok makan margarine

Bahan Isian Bakpia:

  • 100 gram kacang ijo/kacang hijau yang telah dikupas (rendam semalaman)
  • 150 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 25 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah atau gula jawa
  • 1 sendok makan minyak

Cara Membuat Bakpia Pathok Khas Jogja:

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat bahan isian bakpianya terlebih dahulu. Caranya itu dengan mengukus kacang hijau yang sudah ditiriskan selama kurang lebih 20-30 menut sampai kacang hijaunya mengembang, lalu angkat.
  2. Kemudian masukkan gula pasir, gula merah, garam, santan, dan daun pandan, masak sampai mengental dengan rata atau kalis, jangan lupa untuk menambahkan minyak sebelum api dimatikan. Aduk campuran itu sampai mengental rata dan terasa licin. Angkat lalu tunggu sampai agak dingin, baru setelah itu bentuk menjadi bola-bola kecil.
  3. Kalau sudah, kita buat bahan lapisan bakpianya dengan cara mengaduk semua bahan lapisan sampai rata, lalu sisihkan.
  4. Untuk membuat kulit bakpia, panaskan air tapi jangan sampai mendidih, kemudian masukkan gula, adk sampai gula larut semua dan merata, lalu angkat. Setelah itu campuur tepung terigu dan garam sampai rata, tuangkan air larutan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai merata.
  5. Tuangkan minyak sayur sambil diuleni hingga merata dan kalis.
  6. Ambil adonan kira-kira 10 gram. Pipihkan adonan, lalu ambil sedikit adonan lapisan, ratakan diatas permukaan adonan sebelumnya hingga rata.
  7. Lipat adonan dan rekatkan ujungnya membentuk bulatan.
  8. Rendam adonan bulat ke dalam minyak yang tersisa selama kira-kira 15 menit.
  9. Pipihkan adonan sampai agak tipis, lalu isi dengan adonan bahan isian, bentuk bulat pipih.
  10. Panggang adonan yang sudah diisi kedalam oven bakpia dengan temperatur 200 derajat Celcius sampai matang kira-kira 15-20 menit. Agar warna kuning merata di bagian atas bakia Anda bisa membolak-balik adonan. Sekiranya sudah sesuai keinginan angkat.


Cara Membuat Bakpia Kacang Ijo

Resep Bakpia Pathok

Bakpia kacang hijau atau biasa disebut bakpia kacang ijo memang sudah menjadi cemilan ciri khas Kota Jogja dan memang sudah sejak lama dijadikan cemilan untuk siapa saja yang mau menikmatinya. Hampir di setiap sudut kota selalu ada toko yang menjual bakpia kacang ijo ini. Setiap kali ada orang yang pergi ke Jogja, kue ini tak pernah ketinggalan untuk dibeli dan dibawa pulang, selain untuk sekedar oleh-oleh juga sering dinikmati sendiri.

Untuk varian resep bakpia pathok ini memang banyak, tapi paling sering kita menemukannya dengan isian kacang hijau kupas. Rasa gurih nan renyah dari kulit pia, ditambah manis dan aroma yang nikmat dari isian kue memang menjadi cita rasa yang tersendiri.

Nah cara membuat bakpia kacang ijo ini tidaklah sesulit apa yang kita bayangkan, bahkan bisa dibilang cukup mudah. Jadi siapapun bisa mencobanya sendiri di rumah, termasuk Anda. Selain itu, bahan-bahan pembuatannya juga cukup mudah untuk ditemukan di pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Bahan Kulit Bakpia Isi Kacang Hijau I

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok makan mentega putih
  • 75 ml susu
  • 40 gram tepung gula

Bahan Kulit Bakpia Isi Kacang Hijau II

  • 60 gram minyak goreng
  • 175 gram tepung terigu protein sedang

Bahan Isi Bakpia Kacang Hijau

  • 100 gram kacang hijau kupas
  • 1/8 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 50 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa

Cara Membuat Kulit Bakpia Kering Isi Kacang Hijau

  1. Langkah pertama, siapkan wadah yang hendak digunakan untuk membuat adonan. Jika wadah sudah siap, masukan semua bahan kulit bakpia yang pertama seperti tepug terigu, mentega putih, tepung gula dan susuk. Aduk merata dan uleni bahan-bahan tersebut sampai kalis. Selanjutnya, sisihkan.
  2. Siapkan kembali wadah. Lalu masukan bahan kulit II seperti misalkan tepung terigu dan minyak goreng. Aduk merata sampai kalis. Jika sudah, sisihkan.
  3. Gulung adonan I dengan bentuk memanjang, kemudian timbang seberat masing-masing 5 gram.
  4. Begitu pula dengan adonan B, lakukan langkah yang sama seperti adonan I. Gulung adonan II engan bentuk memanjang, timbang juga masing-masing seberat 5 gram.
  5. Setelah masing-masing ditimbang, giling adonan I. Kemudian tambahkan adonan II di atasnya. Giling tipis, lalu gulung.
  6. Diamkan selama sekitar 1 jam sambil ditutup.

Cara Membuat Isi Bakpia Kering Isi Kacang Hijau

  1. Siapkan panci yang sudah diisi dengan air. Lalu rebus air sampai mendidih.
  2. Jika air sudah mendidih, masukan kacang hijau yang sudah anda siapkan. Rebus kacang hijau selama kurang lebih 10 menit.
  3. Jika kacang hijau sudah empuk dan matang, diamkan sampai dingin.
  4. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus kacang hijau selama kurang lebih 30 menit.
  5. Jika sudah, haluskan kacang hijau tersebut.
  6. Tambahkan garam, gula dan santan. Masak campuran tersebut sambil diaduk hingga kering.
  7. Jika sudah seperti itu, angkat dan dinginkan. Lalu timbang masing-masing 10 gram.

Cara Membuat Bakpia Kering Isi Kacang Hijau

  1. Giling tipis adonan kulit yang sudah dibuat tadi. Lalu tambahkan bahan isi di tengah-tengahnya. Tutup bakpia, lalu pipihkan dan rapikan.
  2. Siapkan loyang, lalu beri sedikit minyak goreng atau margarin. Simpan adonan yang sudah dibentuk tadi di dalam loyang dengan diberi jarak.
  3. Oven adonan tersebut selama kurang lebih 7 menit dengan suhu 160 derajat Celcius. Jangan lupa untuk membalikannya agar matang merata.
  4. Apabila kue sudah matang, anda bisa langsung mengangkat dan mendinginkannya terlebih dahulu.
  5. Siapkan piring atau tempat saji, lalu sajikan atau hidangan bakpia di atas piring itu.

Tips:

  • Jika sulit untuk menemukan kacang hijau yang sudah di kupas, kita bisa menggunakan kacang hijau yang belum kupasan.
  • Caranya dengan merebus kacang hijau selama kurang lebih 10 menit, kemudian angkat dan tunggu agak dingin.
  • Remas-remas kacang hingga kulit terkelupas dengan sendirinya, tidak perlu kencang-kencang saat meremat. Baru setelah terkelupas kita bisa menambahkan gula dan bahan lainnya.

Cara Membuat Bakpia Basah

Resep Bakpia Pathok

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, bakpia itu ada dua jenis, yaitu bakpia kering dan bakpia basah. Nah bakpia basah ini juga cukup terkenal dimana-mana. Selain rasanya yang enak, bakpia basah ini sangat bersahabat dengan lidah kita karena teksturnya yang lembut.

Kue ini begitu spesial dan sangat cocok disajikan ketika sedang bersantai sambil minum kopi ataupun sedang nonton tv bersama keluarga. Banyak yang mengetahui kue ini memiliki rasa yang enak namun tidak banyak orang yang mengetahui proses pembuatannya.

Untuk itu, disini kami akan mencoba membuat resep tentang cara membuat kue pia basah yang sangat cocok untuk Anda praktekkan sehingga anda dapat menikmati resep bakpia pathok hasil buatan anda sendiri. Sebelum membuatnya tentu saja anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya dan berikut akan kami paparkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue pia basah ini.

Bahan Isi:

  • 125 gr kacang ijo
  • 500 ml air
  • 50 gr gula merah
  • 25 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk (2 lbr daun pandan)
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan Kulit:

  • 250 gr tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 bungkus ragi instan
  • 150 ml air hangat (penggunaan air disesuaikan degngan kelembaban tepung)
  • 1/4 sdt garam halus

Cara Membuat Bakpia Basah Yang Empuk

Cara Membuat Isi:

  1. Langkah pertama adalah membuat isinya terlebih dahulu dengan cara rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan kacang ijo, kalau dirasa sudah cukup matang bisa segera matikan apinya dan biarkan semalaman dalam kondisi panci tertutup. Keesokan harinya rebus kacang ijo sampai empung tanpa mengganti airnya. Setelah itu saring dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya blender kacang ijo sampai halus, kemudian tuang ke dalam wajan yang sudah disiapkan. Masukkan gula merah, gula pasir, vanili, dan garam. Masak sampai kering dan kalis. Kalau sudah bisa segera matikan apinya.
  3. Masukkan minyak goreng, aduk rata, dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin bisa dibagi menjadi 30 bagian dan bentuk bulat.

Cara Membuat Kulit:

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan ke dalam baskom/wadah yang sudah disiapkan, kemudian aduk sampai rata. Masukkan air sambil diuleni sampai rata dan lembab. Kemudian masukkan margarin dan garam, ulen sampai kalis (tidak terasa lengket di tangan).
  2. Fermentasikan adonan di tempat yang hangat selama kurang lebih 45 menit. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
  3. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 30 bagian atau sesuai dengan selera Anda. Beri adonan dengan isi kacang ijo yang sudah dibuat tadi.
  4. Bulatkan dan pipihkan. Letakkan di atas loyang. Jangan lupa untuk memberi jarak diantaranya karena kue bakpianya akan sedikit mengembang. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit.
  5. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius dan panggang adonan bakpianya selama 10 menit.
  6. Keluarkan dari oven dan balikkan kue bakpianya. Panggang lagi selama 5 menit. Kemudian angkat dan dinginkan.

Demikian informasi mengenai Resep Bakpia Pathok dan Cara Membuat Bakpia Khas Jogja yang bisa Anda coba. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda semua yang penasaran dan ingin mencoba membuat bakpia sendiri di rumah untuk merasakan sensasi Kota Jogja yang memang ngangenin. Selamat mencoba dan terima kasih.

WhatsApp chat